Surat Pembaca

Telkom Indihome Memaksa Pelanggan Ikut Paket Tambahan Internet

Saya pelanggan Indihome dengan nomor pelanggan 152401223319 atas nama Eko Setiawan. Saya merasa kecewa dengan pelayanan Indihome. Bermula dari penggantian kabel menjadi fiber (optik). Internet kami yang semula ikut paketan 2 Mbps, menjadi tidak bisa digunakan, dan disarankan oleh pihak Indihome untuk mengganti menjadi 10Mbps.

Sewaktu itu kakak saya sudah menanyakan untuk penggantian ke 10Mbps apa ada kenaikan harga, pihak Indihome menjawab hanya perlu menambah 40 ribu rupiah saja dengan paket yang sama seperti sebelumnya (intinya tidak ada penambahan paket lain, hanya upgrade kecepatan ke 10Mbps). Kakak saya setuju untuk itu. Ternyata di tagihan bulan depannya, tagihan membengkak menjadi 2 kali lipat (tagihan telepon & internet saya terpisah). Setelah saya konfirmasi kenapa bisa membengkak 2 kali lipat, menurut pihak Indihome tagihan saya sudah sesuai dengan paket internet yang saya ambil namun tidak menjelaskan secara detail di mana yang menyebabkan tagihan saya membengkak.

Kemudian saya membandingkan sendiri tagihan saya di bulan sebelumnya, dan menemukan penyebab tagihan saya membengkak. Pada Agustus 2018 internet content saya hanya Rp645 dan abonemen saya Rp259.192, kemudian pada September 2018 internet content saya menjadi Rp10.000 dengan abonemennya Rp405.000. Kemudian saya minta pihak Indihome untuk merinci apa saja abonemen internet saya, ternyata sebagai berikut, paket internet dan UseeTV dengan tambahan Add On Channel Inditainment Lite, Catchplay, Hooq, fitur wifi.id seamless dan MelOn, di mana saya tidak pernah dikonfirmasi untuk tambahan layanan tersebut, dan tidak ada keinginan sama sekali untuk meng-upgrade/menggunakan tambahan layanan tersebut.

Saya bertanya kepada pihak Indihome mengenai hal tersebut, dan dikatakan tambahan layanan tersebut sudah bundling dengan paket 10Mbps. Jadi dengan kata lain pihak Indihome memaksa pelanggan untuk membayar tagihan tambahan internet yang pelanggan sendiri tidak tahu dan tidak ingin menggunakan fitur tambahan layanan tersebut.

Ketika saya konfirmasi untuk mengembalikan paket saya kembali seperti sebelumnya (2Mbps) sehingga saya tidak perlu tambahan layanan dan lain-lain tersebut, pihak Indihome mengatakan tidak bisa kembali ke paket sebelumnya karena jaringan saya sudah fiber. Nah kalau sudah seperti ini sangat merugikan pelanggan, sudah menipu, memaksa pelanggan untuk tetap membayar tagihan walaupun pelanggan tidak tertarik dengan fitur-fitur tambahan layanan tersebut.

Mohon pihak Indihome jika ingin mencari keuntungan, jangan seperti ini caranya dengan membohongi pelanggan. Terima kasih.

Ivana Valencia
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Buset deh parah banget memang BUMN yang satu ini. Saya sering sekali dengar kasus-kasus seperti ini. Apalagi sekarang kalau mau pasang PSTN harus pasang internet juga. Padahal untuk layanan internet saya lebih suka pakai provider swasta dikarenakan mereka secara kualitas lebih bersaing dan mentalitas perusahaannya tidak seperti Telkom yang berlindung dibalik monopoli telepon rumah

  • Saya jg minta dikembalikan ke paket asal sesuai awal karena Sy ikut perintah adanya paket tambahan tau2 nya jg tidak pernah digunakan hanya pembayaran menjadi bertambah,mau berhenti suruh hubungi nomor

  • Saya jg minta dikembalikan ke paket awal karena Sy mendapatkan Telpon dari Pihak Indihome untuk menawarkan Paket tambahan,Yg namakan Orang baru jadi setuju aja dan ujung2 nya paket tambahan tersebut tidak pernah digunakan namun pembayaran bertambah dan Sy mau hentikan suruh hubungi 147 tp mana pernah aktiv...jd tolong ya dikembalikan ke awal,,Terimakasih nomor pelanggan 060E377439060001 dan nomor jastel 162229202430 atas nama Busri..Tolong ya ???

  • Tidak heran jika telkom seperti itu. Saya dari tahun 2009 dari mulai speedy memang marketingnya sudah sperti itu. apalagi pas naik ke ganti ke fiber (indihome) tiba2 ada tagihan wifi id seemless. saya datengin lgsg kantor telkomnya akhirnya mereka merubah nilai tagihan. Jika merasa dirugikan segera komplain. Bygkan brapa juta org brlgganan indihome, dan brapa keuntungan telkom dengan system marketing yg tipu2

  • saya juga pelanggan indihome yg merasa tertipu dgn layanan indihome, dimana add-on movin phone aktif sendiri tanpa saya aktifkan. saya ngeh setelah 2 bulan saya mau mengecek tagihan saya dan melihat kok ada layanan tambahan (movin phone) di aplikasi indihome. saya jg sdh mencoba konfirmasi indihome melalui twitter indihome utk minta layanan tsd di non-aktifkan dan setiap hari di jawab bergantian beberapa operator dgn menanyakan ini itu, tapi ujung-ujungnya mengarahkan hapus sendiri di aplikasi. sedang di aplikasi tidak ada pilihan utk itu, dan saya sdh coba dari web indihome dgn beberapa tutorial di youtube tapi tetap tidak bisa. saya berencana untuk pindah provider saja.

  • Tiba-tiba tagihan saya ada internet content 120.000 padahal sy tidak pernah membuat persetujuan untuk penambahan apapun. Semoga YLKI atau pihak manapun yg melindungi konsumen bisa menegur telkom atas hal ini. Karena kasus seperti ini sudah banyak....

  • Saya kena hal yg sama. Kata nya layanan MELON = gratis setelah saya cek tagihan ternyata saya dikenakan tagihan. Parahnya saat saya konfirmasi via telkom kata nya sudah bundling dengan paket yg saya pilih dan muncul tagihan dan di twitter jawaban nya suruh maksimalkan make layanan tersebut! Parah banget ini indihome

  • kasus yang sama terhadap saya sebagai pelanggan indihome, pihak telkom indihome telah menambahkan layanan yang tidak ada gunanya tanpa sepengetahuan saya, dan saya diwajibkan membayar tagihan tambahan untuk itu.... sangat merugikan konsumen dan saya bilang itu bisnis kotor

Penulis
Anti Parahgrup