Barang Belanja di Shopee Belum Diterima, Tetapi Status Sudah Diterima

No. Pesanan: 18092515034K75U
Barang: Case for Xiaomi 3S
Total: Rp 89.100
No. Resi. 94781373908137 (tapi tidak ada nama perusahaan kurirnya seperti JNE, POS, atau lainnya, sehingga tidak bisa dilacak).

Terlihat pada notifikasi laman Shopee:

  • 25 September, setelah konfirmasi pembayaran, saya menunggu barang.
  • 26 September, barang dikirim. Note dari Shopee barang sudah diterima sebelum tanggal 1 Oktober. Bisa dibatalkan atau minta diperpanjang 3 hari.
  • 1 Oktober, minta diperpanjang hingga tanggal 4 Oktober.
  • 2 Oktober, chat kepada penjual

Saya: ” kenapa barang belum juga sampai gan?!”
Penjual: ” Iya kak, paling lama 60 hari”

  • 4 Oktober, barang belum juga datang.
  • 5 Oktober, status barang sudah diterima (selesai) – tercatat pukul 02: 12 (tengah malam/subuh).

Karena belum diterima maka:

  • 5 Oktober, lapor (via telepon) kepada CS Shopee – dengan menceritakan semua kejadian di atas.

Jawaban CS Shopee: Karena sudah melewati batas waktu garansi pengembalian uang . Kami hanya bisa coba hubungi pihak penjual, untuk menanyakan kasus pembelian bapak. Dan nanti kami hubungi via telepon atau email.

Catatan/Keterangan: Masih tidak puas dengan jawaban pihak Shopee saya hubungi pihak penjual (chat):

  • 5 Oktober, chatting dengan penjual:

Saya: “Saya belum terima barang dari Anda, koq ada pemberitahuan SUDAH DITERIMA??? Siapa yang terima ?”
Penjual: “Gini kak , pengiriman otomatis selesai dari Shopee karena Shopee hanya menjamin dana 15 hari saja, sedangkan kan estimasinya 20-45 harian, untuk itu mohon tunggu yah kak kami jamin barang pasti sampai ke alamat kakak” (copy/paste).
Saya: “Baiklah kalau begitu… saya tunggu. Mudah-mudahan barangnya bisa sampai gan. Thanks ”
Penjual : “Ok kakk ..terima kasih”

Masalahnya adalah, Barang tsb dari China, yang dalam laman penjual disebutkan bahwa waktu pengiriman 25-40 hari. Sementara Shopee hanya menjamin (garansi uang kembali) hanya untuk 15 hari.

Artinya, kalau memang Shopee HANYA menjamin proses pengiriman 15 hari saja, kenapa Shopee menerima proses penjualan (+pengiriman) barang yang memakan waktu lebih dari itu (terutama dari LN).

Shopee tidak mau tahu bila proses pengiriman lebih dari 15 hari, tapi tetap “terima” atau mau memproses penjualan yang lebih dari 15 hari.

Harusnya TEGAS, dalam aturan Shopee kepada pihak penjual – bahwa barang yang pengirimannya lebih dari 15 hari TIDAK BOLEH dijajakan dalam laman Shopee.

Atau Shopee buat pemberitahuan (reminder) di awal: Bahwa proses pembelian + pengiriman yang lebih 15 hari di luar tanggungjawab kami. Sehingga para pembeli tidak terjebak seperti saya. Dan penjualpun tidak akan menjajakan barangnya di Shopee (mungkin di tempat lain).

Seharusnya Shopee juga memberikan kenyamanan baik kepada pembeli dan penjual, agar dapat ketemu dan bertransaksi dengan AMAN dan TERPERCAYA.

Jangan enaknya saja menyebut : “Itu sudah diluar masa garansi kami”. Tapi tetap MENERIMA atau MEMPROSES transaksinya.

Saya ketahui bahwa Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce yang besar di negeri ini. Ternyata tidak se-qualified yang saya bayangkan. Hanya iklan Anda di pelbagai media yang luar biasa getolnya, seolah-olah “pantas/layak” untuk dipercaya.

Saudin P.
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Barang Belanja di Shopee Belum Diterima, Tetapi Status Sudah Diterima

    • 11 Juni 2019 - (19:50 WIB)
      Permalink

      Kasus yang sama sedang saya alami, saya pesan celana dari LN(china) lewat aplikasi Shopee.no pesanan: 19052614405U7XF. Tanggal 29mei2019. Yang aneh pelapak mengirim pesanan tetapi tidak ada nomor resi. Dan status telah dikirim. Saya tunggu sampai tanggal 6juni2019 barang belum saya terima, dan saya klik perpanjangan masa garansi. Dan tanggal 9juni2019 masa garansi habis barang juga belum sampai. Tanggal 10juni2019 Tiba2 sistem shopee menyatakan barang sudah diterima dan diminta memberikan penilaian pelapak. Sudah nilai bintang 1. Kl bisa nol akan lebih baik. Saya ajukan kompline ke pihak shopee, diminta menunggu, sampai kapan? Setiap mendapat email dari pihak shopee nama pengirim staff shopee lain2. Sejak 2 hari kompline email masuk nama staff shopee 6 orang yang email isinya hampir sama. Apakah yang membalas email saya adalah Robot Shopee??? Sekarang saya tunggu perkembangan selanjutnyah usaha dari shopee atas barang pesanan saya yang belum sampai. Dan tidak terlacak di jasa kurir manapun.!. Saya juga akan beli lagi di lapak yang sama, sekalian mantau modus modus pelapak nakal yang dibiarkan oleh shopee…..terimakasih

      • 14 Agustus 2019 - (00:57 WIB)
        Permalink

        Melihat kasus kasus sodara sodara disini saya barusan berinisiatif untuk tidak berdebat dan kasih saja uangnya ke pedagangnya. Sepertinya shopee masih banyak kelemahan sistem. Apalagi beberapa perusahaan kurir yang memang karyawannya ga jujur. Cuma yang saya sesalkan juga pedagangnya cuek aja ga peduli. Jadi kita doakan para penipu itu segera kena balasan yang setimpal. Dan doakan juga shopee untuk lebih konsen melayani keluham konsumen.

  • 6 Agustus 2019 - (09:31 WIB)
    Permalink

    @sigit-ario Kasus anda sama persis dengan saya
    Saya pesan sepatu nike air kalo ga salah nama id Shady.id
    No Pesanan 19072506108PP92
    barang kata dari penjual sudah dikirim dari 26 July 2019 ( tetapi tidak dikasih no resi dari pihak pengirim) dan estimasi pengiriman 10-14 hari..ehhhh kenapa shopee baru seminggu bilang pesanan selesai?
    tau2 kemarin tgl 4 Agustus dapat notifikasi dari shopee bahwa Pesanan sudah selesai dan disuruh kasih penilaian sebelum 19 agustus 2019 tapi tidak saya kasih penilaian
    kemudian saya segera email ke CS shopee & yayasan konsumen Indonesia untuk pengaduan saya..apakah uang saya bisa kembali/ barang akan dikirim tetapi tidak ada no resi dari penjual dari LUar negeri.. Terima kasih

  • 3 Oktober 2019 - (19:06 WIB)
    Permalink

    No order : 19100202102UM3G
    Resi : ID19010232331D

    Kejadian yang hampir sama menimpa saya.
    Hari ini tanggal 3 oktober 2019 paket saya di tracking telah terkirim. Padahal ga ada sama sekali barang yang saya terima.

    Rincian nya saya melakukan pemesanan produk aukey melalui metode pengiriman sameday service dari shopee.

    Tgl 2 oktober 2019 melakukan pemesanan dan pembayaran.
    Tgl 3 oktober paket ditracking melalui aplikasi sukses delivery.

    Pada kenyataan nya saya tidak menerima sama sekali paket tersebut. Dan dinotifikasi paket terkirim pada jam yang saat itu saya sedang berada di tempat.

    Tanya kerabat tidak ada paket yang dititipkan.
    Tanya cs jawaban berbelit belit dan hampir tidak ada penyelesaiian secara konkrit.
    Cuma disarankan perpanjang masa garansi shopee.

    Pengiriman yang dilakukan seakan akan fiktif dan tidak bisa dilacak siapa penerima paket tersebut. Ditanyakan ke cs pun begitu, selalu di lempar ke tim yang sedang menangani.
    Sedangkan di keterangan ada tertulis jika tidak konfirmasi terima barang 1×24 jam dana akan diteruskan kepada penjual.
    Sedangkan saya disuruh menunggu proses oleh tim terkait yang sampai kapan nya saya tidak dikasih penjelasan yang pasti.

    Untuk pertama dan terakhir kalinya saya menggunakan metode pengiriman express sameday delivery dari shopee .
    Sudah tidak ada jaminan sampai di hari yang sama dan tidak ada kompensasi apabila barang kiriman terkirim yang melebihi ketentuan sameday .

    Intinya KAPOK.
    Kalaupun barang tidak dikirimkan saya anggap saja sedekah sama orang tidak mampu. Contohnya shopee, mereka tidak mampu mengelola menejemen nya dengan baik.
    Semoga diberikan balasan yang setimpal atas pengecewaan terhadap konsumen kecil seperti saya.

    Salam.
    Wahyu – jakarta pusat

  • 3 Oktober 2019 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Membaca keluhan diatas, kita sebagai costumers perlu berhati-hati dalam berbelanja on-line, khususnya harus memilih seller / merchant partner olshop yang benar-benar bisa dipercaya dan punya track record yang baik. Kuncinya adalah harus memilih merchant yang bonafid, bukan merchant abal-abal.

    Jika ingin berbelanja barang yang nilainya besar, seperti smartphone, laptop, fashion, dan lainnya melalui olshop, sebaiknya memilih seller / merchant resmi, bukan merchant pengecer yang tidak jelas. Sehingga jika terjadi kendala akan lebih mudah untuk melakukan komplain.

    Disisi lain, olshop juga tidak boleh lepas tangan karena merchant yang menjajakan dagangannya di olshop tersebut adalah partner mereka, termasuk merchant luar negeri. Jika terjadi komplain, olshop dapat menahan uang pembayaran sampai urusan selesai.

  • 20 Januari 2020 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Bru krjdian sma saya brpaa hari yg lalu dn smpai skrg brg kiriman sya belum sampai,, tapi sttus pengirman telah di terima,sudh komplain sna sini sma cs shopee sma penjual dn sma kurir sma skli ngk ada yg bisa bantu dn brtanggung jwb, nilai brg bukanya sikit..
    Jdi kira” hal sprti ini spa yg akan brtanggung jwb..? Sangat kecwa sya blnja online d shopee, pdhal slma ini baik” aja..

  • 21 Februari 2020 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Sama seperti yg saya alami barang kiriman dari LN, dengan nomer pesanan 20012188EH55C6 dan no resi LWE 0111752000187940 barang belum di terima tp di keterangan shopee sudah di terima dan saya di minta untuk memberi penilaian.. konfirmasi ke penjual masih belum direspon.. klo dilihat di keterangan resi barang masih dalam proses kirim dari luar negeri ke Indonesia.. Untuk saat ini masih terus saya pantau resinya semoga aja benar² bisa sampai ke saya..

    • 28 April 2020 - (23:47 WIB)
      Permalink

      Mau tanya setelah app shopee saya perbarui, barang msh di perjalanan tapi sudah di konfirmasi “pesanan di terima”secara otomatis, apakah memang seperti itu? Atau ada pengaturan agar tidak terkonfirmasi secara otomatis?

    • 13 Juni 2020 - (11:48 WIB)
      Permalink

      Gan apakah saat ini barang sudah diterima maaf karena sy juga mengalami saat ini keterangan barang sudah diterima padahal sy blm terima sudah satu bulan sejak sy pesan Trim’s

    • 23 Agustus 2020 - (06:29 WIB)
      Permalink

      Terus gimana kak, apa pesananya sekarang sudah sampai, soalnya maslahnya sama , saya juga punya permasalahn kyk gini

  • 30 Maret 2020 - (12:18 WIB)
    Permalink

    tolong saya
    barang belum di terima sudah di kolom selesai .
    saya chat operator belum menemukan jawab nya sudah di matikan .
    no pesanan : 200302RW3TSNU8
    no resi : 0111752000460263
    semoga ada yg membantu saya …
    nuwun.
    adam,

  • 11 April 2020 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Sama emang *** sistem shopee lebih 1bulan dah gak ada garansi walaupun ada resi masih d tahan d China barang harganya lumayan ***

  • 13 Oktober 2020 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Kasus yang sama
    Jasa ID express
    No resi: ID209674400031S
    Kurir : MR HU
    Status pesanan saya pada tgl 12 Oktober 2020 telah di terima oleh pak satpam , namun kenyataannya pak satpam di kantor saya tidak merasa menerima. Lalu bagaimana solusinya? Sya sudah kedua kalinya mengalami hal seperti ini di shopee

  • 22 Desember 2020 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Halo semuanya,
    Saya baru alami hal ini sekarang. Saya pesan tas pada saat 12.12 shopee. Dengan alasan overload kata penjual, saya sabar menunggu. Tapi tepat hari ini, tanggal 22 Desember jam 8:49 malam saya cek shopee ternyata sudah diterima barangnya padahal saya sama sekali belum terima barangnya. Saya panik dong karna saya butuh banget barangnya. Saya sampai tanya orang rumah katanya gadak tukang paket datang. Makin panik saya. Saya bingung dengan barang saya sekarang nasibnya gimana malah barang sudah saya bayar. Padahal selalu pake shopee ga pernah kena kejadian gini. Baru kali ini. Lalu apa saya harus telpon CS?

  • 17 Februari 2022 - (22:04 WIB)
    Permalink

    JANGAN SETUJU KALAU ADA WHATSAPP DARI KURIR YG MEMINTA STATUS PESANAN TELAH DELIVERY PADAHAL BARANG BELUM DITERIMA.

    HAL TSB TERJADI PADA SAYA BARUSAN,SAYA LANGSUNG KOMPLAIN VIA CS SHOPEE AGAR PIHAK SHOPEE MENGEVALUASI DIVISI KURIR (SHOPEE EXPRESS)

    SAYA BALAS WA KURIR NYA DGN MENGATAKAN TIDAK SETUJU DENGAN STATUS PENGIRIMAN PALSU YG KURIR INGINKAN, ALASAN NYA KARENA BILA ITU DILAKUKAN,DAN BARANG TIDAK SAMPAI, SAYA TIDAK AKAN BISA KOMPLAIN/ KLAIM PENGEMBALIAN DANA KARENA STATUS SUDAH SAMPAI.

    JADI YA ITU AJA SIH YG MAU SAYA SHARE, PIHAK CS SHOPEE PUN SETUJU DGN KEPUTUSAN SAYA UNTUK MENOLAK KEINGINAN KURIR,DAN BERKATA ABAIKAN SAJA.

    YG BIKIN SAYA KESAL, SAAT SAYA BILANG GA SETUJU KE KURIR, DIA LANGSUNG BILANG STATUS NYA AKAN DIA RUBAH JADI ON HOLD YG ESTIMASI SAMPAI NYA 3 HARI, SAYA MERASA TERANCAM, KASARNYA KLO SAYA GA SETUJU DGN STATUS PENGIRIMAN PALSU, MAKA BARANG SAYA AKAN BERPOTENSI DIKIRIM LEBIH LAMA. PADAHAL BARANGNYA UDH JELAS2 DI TANGAN KURIR KARENA DIA KIRIM FOTONYA JUGA.

    SAYA GA NYANGKA AJA KLO ADA KURIR SHOPEE YG MINTA STATUS PENGIRIMAN PALSU (STATUS DELIVERY TP BARANG BELUM SAYA TERIMA)

    SEMOGA JADI WARNING & PEMBELAJARAN. TERIMA KASIH

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Barang Belanja di Shopee Belum Diterima, Tetapi Status Sudah Diterima…

oleh Bambusa Sp dibaca dalam: 2 menit
18