Barang Belanja di Shopee Belum Diterima, Tetapi Status Sudah Diterima

No. Pesanan: 18092515034K75U
Barang: Case for Xiaomi 3S
Total: Rp 89.100
No. Resi. 94781373908137 (tapi tidak ada nama perusahaan kurirnya seperti JNE, POS, atau lainnya, sehingga tidak bisa dilacak).

Terlihat pada notifikasi laman Shopee:

  • 25 September, setelah konfirmasi pembayaran, saya menunggu barang.
  • 26 September, barang dikirim. Note dari Shopee barang sudah diterima sebelum tanggal 1 Oktober. Bisa dibatalkan atau minta diperpanjang 3 hari.
  • 1 Oktober, minta diperpanjang hingga tanggal 4 Oktober.
  • 2 Oktober, chat kepada penjual

Saya: ” kenapa barang belum juga sampai gan?!”
Penjual: ” Iya kak, paling lama 60 hari”

  • 4 Oktober, barang belum juga datang.
  • 5 Oktober, status barang sudah diterima (selesai) – tercatat pukul 02: 12 (tengah malam/subuh).

Karena belum diterima maka:

  • 5 Oktober, lapor (via telepon) kepada CS Shopee – dengan menceritakan semua kejadian di atas.

Jawaban CS Shopee: Karena sudah melewati batas waktu garansi pengembalian uang . Kami hanya bisa coba hubungi pihak penjual, untuk menanyakan kasus pembelian bapak. Dan nanti kami hubungi via telepon atau email.

Catatan/Keterangan: Masih tidak puas dengan jawaban pihak Shopee saya hubungi pihak penjual (chat):

  • 5 Oktober, chatting dengan penjual:

Saya: “Saya belum terima barang dari Anda, koq ada pemberitahuan SUDAH DITERIMA??? Siapa yang terima ?”
Penjual: “Gini kak , pengiriman otomatis selesai dari Shopee karena Shopee hanya menjamin dana 15 hari saja, sedangkan kan estimasinya 20-45 harian, untuk itu mohon tunggu yah kak kami jamin barang pasti sampai ke alamat kakak” (copy/paste).
Saya: “Baiklah kalau begitu… saya tunggu. Mudah-mudahan barangnya bisa sampai gan. Thanks ”
Penjual : “Ok kakk ..terima kasih”

Masalahnya adalah, Barang tsb dari China, yang dalam laman penjual disebutkan bahwa waktu pengiriman 25-40 hari. Sementara Shopee hanya menjamin (garansi uang kembali) hanya untuk 15 hari.

Artinya, kalau memang Shopee HANYA menjamin proses pengiriman 15 hari saja, kenapa Shopee menerima proses penjualan (+pengiriman) barang yang memakan waktu lebih dari itu (terutama dari LN).

Shopee tidak mau tahu bila proses pengiriman lebih dari 15 hari, tapi tetap “terima” atau mau memproses penjualan yang lebih dari 15 hari.

Harusnya TEGAS, dalam aturan Shopee kepada pihak penjual – bahwa barang yang pengirimannya lebih dari 15 hari TIDAK BOLEH dijajakan dalam laman Shopee.

Atau Shopee buat pemberitahuan (reminder) di awal: Bahwa proses pembelian + pengiriman yang lebih 15 hari di luar tanggungjawab kami. Sehingga para pembeli tidak terjebak seperti saya. Dan penjualpun tidak akan menjajakan barangnya di Shopee (mungkin di tempat lain).

Seharusnya Shopee juga memberikan kenyamanan baik kepada pembeli dan penjual, agar dapat ketemu dan bertransaksi dengan AMAN dan TERPERCAYA.

Jangan enaknya saja menyebut : “Itu sudah diluar masa garansi kami”. Tapi tetap MENERIMA atau MEMPROSES transaksinya.

Saya ketahui bahwa Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce yang besar di negeri ini. Ternyata tidak se-qualified yang saya bayangkan. Hanya iklan Anda di pelbagai media yang luar biasa getolnya, seolah-olah “pantas/layak” untuk dipercaya.

Saudin P.
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Barang Belanja di Shopee Belum Diterima, Tetapi Status Sudah Diterima

    • 11 Juni 2019 - (19:50 WIB)
      Kasus yang sama sedang saya alami, saya pesan celana dari LN(china) lewat aplikasi Shopee.no pesanan: 19052614405U7XF. Tanggal 29mei2019. Yang aneh pelapak mengirim pesanan tetapi tidak ada nomor resi. Dan status telah dikirim. Saya tunggu sampai tanggal 6juni2019 barang belum saya terima, dan saya klik perpanjangan masa garansi. Dan tanggal 9juni2019 masa garansi habis barang juga belum sampai. Tanggal 10juni2019 Tiba2 sistem shopee menyatakan barang sudah diterima dan diminta memberikan penilaian pelapak. Sudah nilai bintang 1. Kl bisa nol akan lebih baik. Saya ajukan kompline ke pihak shopee, diminta menunggu, sampai kapan? Setiap mendapat email dari pihak shopee nama pengirim staff shopee lain2. Sejak 2 hari kompline email masuk nama staff shopee 6 orang yang email isinya hampir sama. Apakah yang membalas email saya adalah Robot Shopee??? Sekarang saya tunggu perkembangan selanjutnyah usaha dari shopee atas barang pesanan saya yang belum sampai. Dan tidak terlacak di jasa kurir manapun.!. Saya juga akan beli lagi di lapak yang sama, sekalian mantau modus modus pelapak nakal yang dibiarkan oleh shopee…..terimakasih
      • 14 Agustus 2019 - (00:57 WIB)
        Melihat kasus kasus sodara sodara disini saya barusan berinisiatif untuk tidak berdebat dan kasih saja uangnya ke pedagangnya. Sepertinya shopee masih banyak kelemahan sistem. Apalagi beberapa perusahaan kurir yang memang karyawannya ga jujur. Cuma yang saya sesalkan juga pedagangnya cuek aja ga peduli. Jadi kita doakan para penipu itu segera kena balasan yang setimpal. Dan doakan juga shopee untuk lebih konsen melayani keluham konsumen.
  • 6 Agustus 2019 - (09:31 WIB)
    Kasus anda sama persis dengan saya
    Saya pesan sepatu nike air kalo ga salah nama id Shady.id
    No Pesanan 19072506108PP92
    barang kata dari penjual sudah dikirim dari 26 July 2019 ( tetapi tidak dikasih no resi dari pihak pengirim) dan estimasi pengiriman 10-14 hari..ehhhh kenapa shopee baru seminggu bilang pesanan selesai?
    tau2 kemarin tgl 4 Agustus dapat notifikasi dari shopee bahwa Pesanan sudah selesai dan disuruh kasih penilaian sebelum 19 agustus 2019 tapi tidak saya kasih penilaian
    kemudian saya segera email ke CS shopee & yayasan konsumen Indonesia untuk pengaduan saya..apakah uang saya bisa kembali/ barang akan dikirim tetapi tidak ada no resi dari penjual dari LUar negeri.. Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Barang Belanja di Shopee Belum Diterima, Tetapi Status Sudah Diterima…

Bambusa Sp 2 menit
4