Buruknya Sistem Layanan Purna Jual Carrefour

Minggu, 14 Oktober 2018
Malam hari pada pukul 21.00 saya pergi ke Carrefour CCM, membeli sebuah barang elektronik air conditioner merk Denpoo 1/2 pk. Saya bawa langsung karena sedang membawa kendaraan roda 4. Perjanjian sales akan dikerjakan pada hari Senin ataupun maksimal Selasa 16 Oktober 2018.

Senin, 15 Oktober 2018
Tidak ada konfirmasi dari pihak manapun, saya pikir ya berarti esok untuk pemasangannya.

Selasa, 16 Oktober 2018
Sekitar pukul 09.45 ada konfirmasi dari orang Denpoo untuk pemasangan besok (Rabu, 17 Oktober 2018). Saya tolak mentah-mentah dan mau dipasang hari ini.

Akhirnya pukul 10.09 saya diberikan no teknisi 1 oleh pihak Denpoo. Tidak ada konfirmasi sekitar pukul 11.45 akhirnya istri saya chat teknisi 1 untuk kesanggupannya. Dia menyanggupi dan akan dipasang hari ini serta tidak lupa meminta share lokasi pada waktu yang tidak jelas akan datang pukul berapa.

Sore 17.30 saya meminta konfirmasi hanya dibaca saja. Sehabis magrib dia menjawab untuk dialihkan besok. Saya mau hari ini, lalu saya berniat untuk melaporkan ke bagian pengaduan. Buruknya dari balasan teknisi 1 “silahkan pak, saya tunggu”. Lalu saya melaporkan ke bagian Carrefour sempat salah karena saya menghubungi Carrefour Cibinong bukan CCM. Akhirnya setelah diberikan kontak dari pihak tersebut saya menghubungi Carrefour CCM.

Orang pertama pria “Baik pak akan saya sambungkan bagian elektronik, nanti akan dihubungi oleh pihak kami.”

Beberapa menit kemudian, seorang dari Carrefour perempuan, “Bapak harusnya konfirmasi ke bagian teknisi”

Di sini saya geram, kenapa saya yang harus konfirmasi, harusnya teknisi datang setelah dapat konfirmasi dari pihak Carrefour. Saya langsung membalas “Saya tidak mau tahu harus malam ini dipasang!, walaupun malam.” Akhirnya dia mengiyakan.

Sekitar 1 jam saya telepon kembali karena tidak ada respon lagi, lalu pria yang menjawab dan akan diberikan kabar mohon menunggu. Kembali lagi saya menunggu.

Tidak lama dengan nomor konsumen Carrefour CCM yang suaranya tidak asing (sales Carrefour) “Pak teknisinya sedang dalam perjalanan”.

“Oke, berapa lama?” Saya kembali bertanya.

“Tidak bisa dipastikan pak”…. Jawaban untuk mengulur waktu seperti dugaan saya.

Saya tanyakan kembali, akhirnya dia jawab pak braketnya habis. Mau dicarikan dulu ke toko material (sekitar pukul 20.00). Hal yang mustahil bahwa perusahaan besar kehabisan braket, lalu saya kembali menjawab “jika ada bagaimana?”.

“Bisa pak, nanti dibeli sama teknisi Denpoonya.” Jawab sales Carrefour.

Saya ambil ke rumah mertua saya dan kembali sekitar pukul 22.30. Sampai dirumah saya kembali telepon sales Carrefournya.

“Sudah dimana teknisinya?”

“Dalam perjalanan pak.”

“Saya minta kontak teknisinya?”

“Sebentar pak”

Setelah diberikan saya langsung chat teknisinya, hanya dibalas. Akhirnya saya meminta konfirmasi kepada sales Carrefournya kembali. Lalu tidak lama teknisi menjawab.

“Mohon maaf pak besok pagi aja saya pasang pertama boleh?”

Ternyata hanya tipuan belaka untuk minta braketnya. Mengulur waktu agar hari ini terlewati dan dikerjakan besok.
Dan banyak sekali alasan yang sebenarnya diutarakan untuk besok pengerjaannya.

Akhirnya saya berdiskusi dengan istri saya dan akhirnya tidak masalah besok pagi. Dan saya konfirmasi besok pemasangan dan sales Denpoo memberikan lagi teknisi yang akan datang besok pagi pukul 08.00 pagi.

Rabu, 17 Oktober 2018
Dan parahnya sales Carrefour malah di akhir pada pukul 00.20 malah bilang teknisi 1 atau teknisi 2 yang datang, jelas-jelas sales Denpoo bilang teknisi 3 yang datang. Lalu saya memberikan arahan agar teknisi 3 yang datang tepat waktu pukul 08.00

Setelah ini saya tidak akan belanja elektronik di Carrefour lagi. Kapok dan sangat kecewa, untung ada media konsumen yang memberikan saya tempat untuk bercerita tentang masalah yang sedang terjadi. Agar konsumen lebih jeli dan teliti serta tidak dipermainkan oleh sales. Terima kasih.

Best regards,

Athra
0812192620**
Depok 16444, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: