Surat Pembaca

Pelayanan Terburuk JNE

Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi Public/Media Relations JNE terkait buruknya pelayanan mereka dan mental tim operasional mereka yg sangat perlu untuk diperbaiki. Saya merasa perlu mempublikasikan ini, karena saya merasa dirugikan dalam hal waktu (dan lainnya).

Paket saya dengan nomor resi 410260089770518, dari Malang ke Jakarta menggunakan JNE pada 21 Oktober 2018 dengan estimasi sampai maksimal 23 Oktober 2018 pukul 23:59. Awalnya saya membuat laporan karena status sejak tanggal 23 Oktober pukul 00:28 sudah sampai di Jakarta, tapi belum dilakukan pengantaran hingga surat terbuka ini diterbitkan. Berikut kronologinya:

  • Laporan saya ajukan pada 23/10, 2:07 PM via Twitter, dan responnya sama sekali tidak membantu.
  • Saya telepon CS, dan jawaban juga tidak membantu.
  • Saya email CS 23/10, 4:14 PM dan jawabannya template, dan saya dapat nomor tiket laporan CAS-8522973-K8H8L4.
  • Saya telepon kembali CS untuk memastikan, namun paket masih dalam proses (percakapan telepon akan saya upload menyusul).
  • Oke baik, saya tunggu kembali hingga malam untuk mendapatkan telepon seperti yg dijanjikan pihak JNE untuk konfirmasi ke saya, nyatanya tidak ada sama sekali telepon.
  • Saya membalas email tsb dengan menginfokan bahwa saya menunda keberangkatan hanya untuk menunggu paket tersebut – dan ternyata responnya adalah jawaban yg saya terima adalah berupa template lagi dan lagi.
  • Paginya 24/10 7:19 saya respon email tsb.
  • Hingga pukul 11:05, CS membalas email saya dengan jawaban standar ‘sedang dalam investigasi’.
  • Pukul 2:32 PM CS JNE +622129858333 menghubungi saya, dan memberikan keterangan yang ‘template banget’ dengan nada bicara yang kurang baik menurut saya (rekaman percakapan ada, di-upload menyusul).
  • Saya kembali email CS JNE untuk memastikan kembali dan hingga malam ini pukul 11:07 PM saya belum mendapatkan respon.
  • Saya menunggu JNE hingga pukul 07:30 di kantor (alamat tujuan pengiriman), tapi sangat disayangkan hasilnya NOL besar.
  • Pukul 09:35 PM saya kirim pesan via Twitter, dan lagi-lagi jawaban template yang saya terima, yang entah di FU ke tim terkait atau tidak.
  • Hingga pukul 10:42 PM berbalasan DM dengan keterangan detail pun masih dibalas dengan template, dan saya meminta agar CS Backline Dept. merespon email saya.
  • Hingga Pukul 11:59 PM belum ada respon email, mengecewakan.
  • Sampai akhirnya pagi, saya mendapatkan email yang lagi-lagi template.

Hingga surat terbuka ini tayang, tidak ada itikad baik dari pihak JNE untuk merespon pertanyaan saya dengan baik dan jelas. Sangat disayangkan, pelayanan ekspedisi sekelas JNE sangat buruk. Sekali lagi, saya rasa bukan sistem JNE-nya yang salah, tapi mental tim operasional JNE lah yang perlu diperbaiki.

Saya merasa dirugikan dalam hal waktu karena sudah menunggu, dan menunda keberangkatan ke luar kota yg harusnya tanggal 24/10 siang.

Tolong sekali, jangan hanya memberikan jawaban template tapi dikoordinasikan dengan tim operasional di lapangan. Paket saya memang hal sepele, cuma gadget senilai Rp6.000.000, tapi paket tsb sangat penting bagi saya, dan saya ragu paket saya dalam posisi ‘aman’.

Itu baru satu masalah, saya ada masalah untuk paket dengan resi 410030097924218 yang sejak tanggal 11/10 hingga hari ini belum ada kejelasan sama sekali.Sekali lagi, sangat mengecewakan.

Ardi Yuliyanto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • wow sekelas JNE customer servicesnya seperti itu? tidak berfikir bahwa saingan anda sudah bermunculan dan siap untuk mengeser...

      • Halo kak. Kejadian nya sama seperti saya yg menggunakan jasa jne yess yg seharus nya sehari sampai malah sampai 4 hari belum sampai" juga. Saya menggunakan aplikasi shopee dan pengiriman melalui jne yes. Jne mengklaim bahwa paketan saya telah dikirim dan diterima oleh kaka saya padahal kaka saya tidak menerima dan saat pengiriman pukul 17.44 kaka saya sudah tidak ada ditempat. Saya komplain setiap hari jawaban nya selalu sedang di investigasi dan akan di follow up. Selalu seperti itu tidak ada jawaban yg memuaskan. Saya hanya ingin pesanan saya sampai ketangan saya dengan selamat atau ganti rugi sesuai pesanan yg saya pesan. Saya sudah koordinasi dengan pihak jne, shopee maupun penjual tapi seperti tidak ada titik terangnya. 8819912007682644 ini no resi saya. Demi allah saya gak ikhlas dan kecewa sama pelayanan jne yes yg saya kira bakalan dateng cepat karna pengiriman dari jkt-jkt.

  • Wah ini persis kejadiannya seperti saya waktu itu. Saya sampai bentak-bentak itu customer service JNE karena paket YES saya tidak dikirim-kirim padahal saya dengan urgentnya membutuhkan barang tersebut. Karena kegigihan saya, akhirnya saya diberikan ganti rugi sesuai harga barang.

    Dan rupanya kasus saya itu ga bikin JNE jera ya. Kayaknya semua konsumen mesti galakin dengan cara saya baru deh mereka jera

    • Sebetulnya jika mereka punya alur komunikasi yang baik, langsung direspon dan diteruskan ke tim terkait untuk segera diselesaikan. Tapi sayangnya tidak. Memang customer banyak, tapi jika kembali ke kalimat pertama, komplain dari konsumen harusnya sih bisa terminimalisir.

    • Ka tolong kasih tips nya bagaimana agar saya dapat ganti rugi dari pihak jne yes. Pesanan saya memang gak semahal perusahaan nya tapi buat saya pesanan saya amat penting saya nunggu berbulan" untuk membeli barang tersebut

  • kata kata yang saya dapatkan selama 17 hari komplain (setiap hari) sampai hari ini :
    1. masih investigasi
    2. sedang proses
    3. kami akan followup
    4. kami akan prioritaskan
    5. mohon bersabar
    6. tim sedang mengupayakan
    7. paket anda terkendala karena penerbangan yang di batalkan
    8. ulang lagi dr no 1

    • betul sekali mas. Ujung-ujungnya CS menelepon dan meminta maaf. Dan sekadar info untuk paket saya 410030097924218 telah dinyatakan hilang, dan pihak JNE hanya menelpon meminta maaf dan menyarankan untuk menghubungi pengirim dan meminta pengirim untuk mengurus ini itu. Saya sudah mentolerir hal itu, dan yasudah direlakan saja. Namun jika tiap kali mengirimkan menggunakan YES, tapi sampainya bisa tiga hari bahkan lebih, buat apa. Capek komplainnya.

  • saya baru saja mengalami pelayanan sangat buruk dari JNE, saya sebagaj penerima barang, barang yg sudah dikirim dari tgl 2 februari 2019 hingga saat ini pun belum saya terima. saya sudah 5 kali menelepon pihak jne pusat sejak tanggal 6,7,dan 8 feb 2019 tapi sampai sekarang pun responnya hanya akan dikonfirmasi, padahal yg saya butuhkan hanya barang saya sampai. bahkan, semapt disinggung apakah barangnya terceceh subhanallah sungguh bisaa dijawab seperti inikah?sangat kecewa, saya tidak akan pakai jasa jne lagi, takut bila saya mengirim barang yg benar akan digunakan tidak bisa sampai tepat waktu, sebaiknya teman2 lain lebih waspada ya jangan sampai terjadi seperti saya lebih cermat lagi mngkin untuk memilih jasa kirim antar yang lain...

  • Idem sepertinya, saya kirim paket hari senin menggunakan YES. Padahal CTC. Dalam laporan bahwa paket suda diterima oleh tetangga nya. Ketika saya konfirmasi, tidak ada tetangga yang betnama seperti tercantum dalam Tracking JNE.
    Lapor ke CS via email jawaban Standar, akan kami INVESTIGASI... Selalu jawaban yg sama setiap konsumen mendapatkan masalah dengan pengiriman... Ke depannya sy gak aka gunakan lagi JNE, karena ini ke 5 kali nya bermasalah.