Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

Akun Akulaku saya dibobol pelaku kejahatan, limit Rp6.810.000 ludes. Pada tanggal 13 Oktober 2018 saya ditelepon oleh nomor +1500620, yang mengaku pihak dari Akulaku, menanyakan tentang pelayanan Akulaku, puas/kurang puas/ada keluhan atau tidak. Saya jawab keluhan mah pasti ada, ini itu bla bla bla. Herannya dia tahu data-data saya. Kenapa data-data saya mudah sekali dia tahu?

Next, lanjut demi lanjut, dia menanyakan pembayaran tagihan saya yang katanya bulan kemarin belum dibayarkan, di sistem pembayaran Akulaku belum masuk. Saya jawab, saya sudah bayar koq sejumlah sekian rupiah…bla bla, di email pun ada bukti pelunasannya. Namun dia bersikukuh bahwa pembayaran saya belum masuk di sistem pembayaran Akulakunya.

Saya sempat tidak percaya dia itu (pelaku) adalah orang dari pihak Akulaku. Dua kali saya ragu/tidak percaya. Tapi dia terus meyakinkan saya dengan nomor yang menghubungi saya yaitu +1500620. Saya masih ragu juga, tapi dia meyakinkan lagi dengan bilang, “Benar Pak, masa saya bohong,” katanya. “Saya tahu data-data bapak.”

Next terus tanpa sadar, saking capeknya saya sehabis pulang kerja, bekas macet di jalan, rebahan di kamar. Katanya sistem pembayaran saya sedang di-refresh supaya pembayaran bapak diterima, dia menyakinkan itu. Terus dia minta kode OTP yang masuk ke SMS saya. Itu tanpa sadar saya kasih. “Akun Bapak sedang di-refresh biar pembayarannya masuk, jangan login dulu sementara, gak bisa login” katanya.

Wah di situ saya ragu dan langsung tutup telepon dan menelepon CS Akulaku di 1500920 yang saya tahu lewat Google/Playstore, soalnya saya tahunya nomor pelaku itu. Maklum member lama sudah jalan 3 tahun, tapi tahunya sudah berubah nomor CS-nya, hmm. Berkali menelepon awalnya belum tersambung, setelah tersambung CS menanyakan nomor terdaftar di Akulaku berapa. Saya sebutkan dong nomor saya bla bla bla. CS cek dan jawab: “Maaf data tidak ditemukan!”

Wah koq tidak ditemukan? Jangan-jangan akun saya di-hack soalnya tadi ada yang menelepon mengatasnamakan Akulaku. Saya sebutkan nomor pelakunya, kemudian CS menanyakan lagi nomor NIK, KTP saya, alamat dan data-data lainnya. Saya sebutkan, dan data muncul atas nama saya. Benar apa yang saya duga bahwa akun saya di-hack, sudah berubah ke nomor pelaku yang saat itu memakai provider XL dan CS bilang ada transaksi di Shopee, untuk 4 kali pembelian pulsa senilai total Rp6.810.000. Ludes limit saya, sisa Rp3 ribu. Padahal belum beberapa menit kata saya, langsung hubungi CS. Saya bilang saya tidak melakukan transaksi itu, mohon di-cancel secepatnya. CS bilang tidak bisa karena by system. Hmm.. lagi-lagi sistem.

Keluhan saya, kenapa gak bisa cancel manual di CS untuk mencegah pelaku kejahatan? Intinya saya sudah melaporkan ke CS Akulaku, datang ke kantornya dan kepolisian juga sudah menyerahkan berkasnya. Tetapi dari pihak Akulaku malah membebankan seluruh tagihan ke saya. Hmm, nangis rasanya dan panas hati ini.

Jadi mohon diperbaiki sistem pengamanannya dan sistem cancel transaksi oleh CS. Seharusnya kan Akulaku wajib meng-cancel transaksi yang tidak diinginkan, hubungi Shopee ke sebagai pihak ketiga supaya transaksi dibatalkan. Kenapa tidak bisa dan tidak ditindaklanjuti supaya transaksi saya batal?Hmm.. Kecewa berat…

Intinya saya gak mau bayar. Bukti berkas sudah ada di kepolisian dan hp saya. Percakapan dengan CS Akulaku dan pelaku juga saya sempat rekam. Mohon kebijaksanaan dari pihak Akulaku supaya masalah ini terselesaikan dengan damai.

Mahmudi
Tangerang – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Akulaku:
[Penilaian Rata-rata: 2.2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

38 komentar untuk “Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

  • 27 Oktober 2018 - (09:32 WIB)
    Hmmm lagi2 Akulaku dan lagi2 XL… Sepertinya modus standar pencucian dana hasil penipuan skrg dilarikan ke pulsa XL, karena kalo beli barang bisa dilacak alamat kirimnya, kalo ditarik ke rekening jg mudah dilacak oleh pihak perbankan. Kalo dilarikan ke pulsa XL, para penipu ini merasa aman, karena pulsanya bisa ditransfer lagi ke nomor2 XL lainnya, dan selama ini XL jg seolah tutup mata. Untuk itu semoga saja pihak e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dll segera membatasi nominal pembelian pulsa XL.

    Pihak Akulaku jg harus segera menindaklanjuti masalah ini dengan serius, karena sudah banyak korban berjatuhan. Jangan berdiam diri saja! Transaksi kartu kredit saja ada yg namanya prosedur sanggahan transaksi. Bagaimana dengan Akulaku? ?

    Buat para konsumen, sebaiknya jangan dulu pake Akulaku sampai mereka memperbaiki sistem dan prosedur keamanan mereka. Masih ada alternatif fintech kredit online lainnya.

    • 27 Oktober 2018 - (10:45 WIB)
      Tidak ada yg namanya surat sanggahan transaksi,ada jg org kantor Akulakunya membebankan semua tagihan kepemilik akun…
      Kecurigaan saya mah ada pihak dalam yg membocorkan data2 saya.
    • 27 Oktober 2018 - (11:29 WIB)
      Padahal saya jarang berbelanja dgn nominal besar…
      Dan bulan kemarin cuma utang 187rb itupun sudah saya bayar kemarin pertanggal 25okt…
      Klo saya yg melakukan transaksi pasti saya kan bayar berapapun nominalnya…
      Lah ini pelaku kejahatan yg melakukan transaksi illegal,mana saya yg harus dibebankan semua pembayarannya..
      Proses hukum atao pengadilan siap saya hadapi,klo saya yg melakukan tindakan ini.
      Mohon dibantu para mediakonsumen dimanapun daerahnya(NKRI),thnks.
        • 19 September 2019 - (20:47 WIB)
          Saya juga mengalami hal yang serupa..
          Cuma saya lagi beli hp dengan uang muka 2.480.000 di cancel sama yang nyuri akun saya, lalu uang tersebut masuk ke akun yang nyuri.. Saya tanya pihak akulaku kenapa bisa masuk ke akun bank yang bukan milik saya tidak ada tanggapan dan jawaban yang memuaskan.. Belum lagi limit kredit saya yang di pakai kurang lebih 6.000.000. Dan tagihan seluruhnya di bebankan kepada saya..
          Saya tanya data pelaku pencurian akun saya tidak di tanggapi sama akulaku.. Terus terang saya tidak mampu bayar dan tidak akan membayar tagihan yang bukan saya yang melakukan..
          Saya ingin tau apa bapak sudah ada solusi dan teman² yg lain gimana?
          Terima kasih..
  • 27 Oktober 2018 - (11:42 WIB)
    Permalink
    @AkulakuCare @ShopeeCare Sudah cek DM yah min…
    Saya juga udh telpon ke 817 tgl 22 okt
  • 30 Oktober 2018 - (15:56 WIB)
    OTP. Jangan pernah kasih kode OTP, sekalipun kepada pihak Akulaku. That’s it!
  • 9 November 2018 - (11:43 WIB)
    Akun saya di hack oknum mengatasnamakan admin AL dibobol senilai 1,1 jt kasusnya hampir sama dg smua korban akulaku,tolong di tindak lanjuti donk buat Aklaku sdh banyak korbanya dg kasus yg hampir smaa ?
  • 16 Maret 2019 - (20:50 WIB)
    lalu smpe skrg bapak msh di tagih tdk?? atau bapak bayar?? sama saya jg 2 hri kmrn habis kena hack ,krna otp tsb mgkn merka memakai hipnitis jg😫😫😫

    lalu yg kwetipu pd bayar tidak?
    sm saya kena hack dan limites d kuras 5 juta….

    mohon info fia inbokk fb..trimakasih

  • 19 Maret 2019 - (18:54 WIB)
    Ka feny feny aku jga baru di hack kyknya deh, tiba tiba aku di tlpon dari akulaku ada tagihan dana sbesar 900 dan sudah berbunga mencapai 1.070.000, dana cair ke no rek BNI, pdhal sya tdk pnya rek BNI. Smpai skrg msih tlpon trus, besok saya mau lapor polisi, gmn kalau kita para korban buat akulaku jera yuuuuk, siapa mau langsung wa saya ya 0815754189**. Terimakasih
  • 9 April 2019 - (23:54 WIB)
    Iya saya hari ini baru saja kena tipu sama seperti korban yang lainnya sampai memberikan kode otp dalam keadaan tdk sadar seperti di hipnotis ka.
  • 11 April 2019 - (05:53 WIB)
    Sama saya juga kena tipu si pelaku minjem uang di akun saya sekarang udah jatuh tempo saya juga pusing sekarang buat bayar nya pake apa dan paling naas lagi saya juga ga kerja
  • 13 April 2019 - (15:42 WIB)
    Selamat sore, salam sejahtera bagi kita semua, baru tadi siang aku juga kena hack akun akulaku, krologinya begini, setelah bayar dp untuk kredit hp, keesokan harinya masih memunggu pembayaran merchant, karena barangnya lagi aku butuhin, iseng2 aku nyari ig aku laku pas dapat, aku follow kan, eh tiba2 ada dua akun bodong (sebelumnya kagak tahu siapa itu, kirain cs akulaku) dm aku tnya, nanti d bantu, minta nope aku kasih kan, trs tlp dia +6281806215225 tuh nomernya, minta otp ini itu bolak balik, lah aku pun juga saat itu memang lagi posisi bingung gtw knp, dan ujung2nya dimatiin tuh tlp, trs d sruuh nunggu, pas aku buka app di hp eh gk bisa aku kalang kabut, disitu ada dp hp 290.000 kan lumyan, trs aku nyari google, dan aku mulai berpikir kyknya aku d tipu deh, astga aku sadar aku kirim email ke cs.akulaku, dm lewat ig, gk ada balasan, coba pkek otorisasi fb dan akhrnya baru bisa masuk 1 jam, setelah itu aku tenangin pikiranku, aku buka appnya lagi, ternyata bisa dan naasnya lagi ada tagihan baru sebesar 672.000 wow, sipelaku emg tega bgt paling yaa, astagfirullah, kan bukan aku yang makek tolong donk pihak akulaku solusinya gimna, uang nyarinya susah tahu, jadi total khilangan 290.000 ketambah 672.000 berapa tuh, kan bisa buat jalan2 kan, memang sih, aku tergiur dengan kemudahan akulaku, cicil dan dp murahnya, tapi gtw nya keamannya kurang, ya salah Ku juga sih, tapi kan seenggaknya ada pencegahan kek, tolong donk akulaku bantu balikan uangku,.. Dan untuk tagihan tersebut nggk bakalan aku bayar wong bukan aku yang gunain, aku nggk bisa cek sih kemana si pelaku ngirim uangnya,.. Bapak presiden, pak polisi tolongin donk, kasihan juga buat teman2 yang lain, dan untuk antisipasi mending jangan pakek akulaku dulu, trs tlp nomer asing mnding nggk usah d angkat, ujung2nya tipu2 soalnya, mohon di dengarkan uraian cerita saya..
  • 13 April 2019 - (15:49 WIB)
    Kalau cuman otp gitu buat orang awam mungkin kagak tw, meskipun disitu ada tulisan awas berhati-hati jangan sembarangan membagikan otp anda, untuo orang yang lagi bingung kta2 ini nggk bakal di hiraukan, beneran, karena mereka dalam posisi ini bingung, menghubungi pihak cs akulaku pun susahnya minta ampun, lihat ig bnyak tuh ponsitnnganya py pas di dm nggk ada balasan.. Di emailpun juga begitu, tadi aku kirim email juga lama balesnya, mungkin ini yang dijadikan oknum2 yang tidak bertanggung jawab menggunakan cela ini, buat akulaku, aku kecewa, tapi tolong keamanan di perketat, mungkin bisa di abntu memperbanyak cs, dalam membimbing para pengguna, jangan cs abal2 astaga, terima kasih…
    • 4 Agustus 2019 - (20:12 WIB)
      Kak saya jg baru kena hack di akun akulaku.. Pdhal dr pertama daftar sya lgsung uninstal aplikasinya krna gak minat tp baru” ini sya diteror ditelfon sm pihak akulaku yg ktnya sya ada tunggakan yg belum dibayar sebanyak 900rb pdhal sy gak pnya apps nya sya jg gak bisa buka apps nya lg krna lupa kta sandinya.. Solusinya gimana ya kak, masa sya mau bayar kan bukan sya yg makai, dan dr pihak akulaku mengancam mw nelfon semua nmor yg ada dlam kontak hp sya.. Sya hrus gmn apa sya harus bayar atau gmn tolong yg sudah berpengalaman soal ini tolong komentarnya atau bisa chat pribadi ke fb ku.. Trimakasih
  • 17 April 2019 - (22:34 WIB)
    kasusnya sama persis yang saya alami, tgl 13 Apr kmaren saya di telpun yg mengaku dari cs akulaku,, karena sudah malam sekitar jam 9 malam saya setengah sadar menanyakan keluhan terkait akulaku, saya bilang kenapa untuk solusiku kok tidak bs di gunakan,, lanjut mereka mengirim Sms OTP untuk membantu merefres sistem, tanpa sadar saya menyebutkan hingga 2 kali, dan terakr malah akun saya di ganti dg nomer lain dengan nomer 083802782396, saya coba tlp ke cs tidak bs karena sudah malam, saya email pun baru balasnya tgl 16 apr, limit saya 4.500.000 ludes, kepakek saya cuma sekitar 500 rb, lanjut pengaduan ke cs akulaku tetap membebankan ke saya, mohon pencerahanya
    • 29 Juli 2019 - (04:01 WIB)
      Mas minta contaknya dong mau sharing masalah penipuan atas nama akulaku .. Aku jg sama akunya di hack orang mass .. Limit ku di kuras 4jt .. Minta tolong pencerahanya .. Saya bingung gak tau mesti gimana .. Tolong di bales
  • 5 Juni 2019 - (00:18 WIB)
    Tolong ikutkan nomor 0857139001** ke wa grup yang sama2 kena penipuan, saya malam ini terkena juga modua yang sama, menanyakan otp lalu kemudian nomor saya diambil alih.. Tolong ya masukkan saya, kalau perlu kita kumpuk semua yang kena penipuan dan bikin petisi
  • 17 Juni 2019 - (21:01 WIB)
    Saya juga sama kena tipu di akulaku.. mohon bantuan nya.. soalnya akun yg kena tipu ada 3.. jumlah limit kredit yang di tipu ampir 9jt.. saya sudah buat laporan polisi.. trus saya harys gimana??
  • 25 Juni 2019 - (14:40 WIB)
    Saya juga sama baru ketipu, sy sadar2 akun saya udh logout..
    Transaksi trakhir sy gak kasih kode Otp nya, hampir 700rb kena..
    Tapi sy sudah kena 1,5jt..akulaku pun tidak ada solusi, tagihan pun di bebankan ke sy.. Saldo 2,5 sy bisa selamat kan saldo 1jt. Terpaksa harus sy lunasin, sy kapok pake aku laku, klw udh lunas bakalan unistal
  • 3 Agustus 2019 - (23:33 WIB)
    Saya habis kena 2.5 boleh saya minta no tlp mau sharing wa aku 08953848129** wa aja makasih
  • 4 Agustus 2019 - (09:32 WIB)
    Saya juga mengalami hal yg sama.
    Pihak AL yg akhirnya membebankan itu smua ke pihak yg di bobol 😢
    • 4 Agustus 2019 - (20:30 WIB)
      Maaf ka laily ika sya jg habis kena hack tlong japri di fb ya kak sya mw sharing

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Akulaku?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Akun Akulaku Dibobol Penipu yang Mengatasnamakan Akulaku

Mahmud Mudi 2 menit
38