Berusaha Keluar dari Pinjaman Online

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya Tyo, umur 24 tahun, tinggal di Cikarang di sebuah rumah kontrakan. Saya bekerja di suatu perusahaan otomotif dan status masih sebagai karyawan kontrak. Saya sudah menikah di akhir tahun 2017 lalu. Saya lahir di keluarga yang kurang mampu.

Saya mau bercerita sedikit tentang kesalahan saya yaitu terjerumus pada riba. Sekarang saya menyesal dan ingin mengakhiri riba ini tapi teramat sulit, karena pendapatan saya akhir-akhir hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan tidak ada dana lebih untuk membayar hutang saya. Di perusahaan tempat saya bekerja juga lagi sepi lemburan.

Hari semakin hari bunga pinjaman saya terus bertambah banyak, karena saya meminjam uang di beberapa apk pinjaman online (mungkin itu hal terbodoh saya), tapi apa boleh dikata pada saat itu situasi sangatlah mendesak. Karena bagaimanapun saya seorang suami yang punya tanggung jawab besar kepada istri saya. Saya tidak mungkin membiarkan keluarga saya kelaparan. Terpaksa waktu itu dari 2 pinjaman online yang saya pakai, saya mencari pinjaman online lainnya. Dalam pikiran saya yang penting saya bisa mencukupi kebutuhan keluarga. Tanpa sadar sudahlah banyak bagi saya, dan sekarang saya harus gali lubang tutup lubang untuk melunasi hutang saya.

Hidup saya jadi tidak tenang, karena takutnya hal ini mengganggu pikiran istri saya dan berdampak pada kehamilannya. Saya juga ingin memulai sebuah usaha untuk tambahan penghasilan tapi apalah daya kalau riba saya terlalu banyak, untuk menabung saja tidak bisa. Saya sekarang bingung mau bagaimana, karena target saya lebaran tahun depan harus sudah bersih semua hutang-hutang saya dan saya ingin memulai hidup baru dengan tenang. Dan ingin keluarga kecil saya juga bisa harmonis.

Melalui surat ini saya berharap ada salah satu atau bahkan banyak pembaca yang berkenan membantu saya. Sebenarnya saya ingin mencari seseorang yang berkenan membantu saya untuk meminjamkan uang dan tidak ada bunga pinjaman. Supaya saya bisa melunasi hutang riba saya. Saya berjanji akan melunasinya tapi dengan cara cicilan.

Saya percaya di setiap kesusahan ada jalan menuju kemudahan, semoga di sini saya menemukan jalan itu.. Aamiin. Terima kasih atas perhatian dari saudara-saudara.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tri Budi Prasetyo
Cikarang Selatan
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]

60 komentar untuk “Berusaha Keluar dari Pinjaman Online

  • 28 Oktober 2018 - (14:21 WIB)
    Apa sudah ada yg mau bantu untuk memberi pinjaman mas? Saya senasib bisa kasih pencerahan lah saya dr karawang
  • 28 Oktober 2018 - (16:42 WIB)
    riba, gali lubang tutup lubang, minta bantuan. laki-laki kok begitu…
    yah semoga ada yang bantu ya
  • 29 Oktober 2018 - (09:28 WIB)
    Saya juga sama..hutang online..cara mengakhirinya bagaimana yahh..ada yg tau cara negosiasi agar bisa di cicil…
    • 3 November 2018 - (23:19 WIB)
      Ada dc pinjol yg baik ada yg kasar, saya ngalami dc yg baik dri pinjol aplikasi kuredi dan koocash. Mreka bisa diajak negosiasi dan bahasanya pun sopan. Beda dengan tunaikan dan sakurupiah, kasar main ancam dan sebar data
      • 4 November 2018 - (22:18 WIB)
        Mba saya hampir putus asa dan stres,pengen akhirinya Pinjol yg makin lama makin membengkak sekitar 15jt blm ada yg jatuh tempo sih cmn saya mau akhirinya gmn yah,gaji saya abis buat tutup gali lobang,sampe saya sakit mikirin utang di Pinjol….saya cmn takut mereka ngehubungin kontak saya yg bikin saya Malu nanti na,gmn yah solusi na???
  • 29 Oktober 2018 - (18:37 WIB)
    saya juga punya beberapa aplikasi..bingung mau bayarnya gmna
  • 30 Oktober 2018 - (13:49 WIB)
    jgn membayar hutang dengan berhutang , ga akan selesai
    solusinya hadapi , penghasilan kita 50% buat kehidupan 50% lagi buat bayar hutg
    klo kurg cicil saja , pelan pelan tapi pasti .
    yg penting fokus untuk bayar hutg , cari kerja sampingan
    plissss hilangkan rasa minta di tolong
    ingat pertolongan itu datang dari Allah bukan dari manusia .
    ini cara saya menghadapi hutg hutg saya
    di samperin atau pun d maki maki sama dc , itu wajar aja,
    jdikan itu motivasi kita untuk trs kuat .
    apa lagi km seorang laki laki pasti dan seharusnya bisa lebih kuat kn
    • 30 Oktober 2018 - (15:01 WIB)
      setujuh mba inge, selama kita ada niat pasti ada jalan

      kadang DC pada suka ga pake etika, bawa suku emang klo orang ambon, batak atau orang apalah terus ada pengaruhnya ya. mo teriak2 dirumah kita juga emang ada pengaruhnya toh yg bayar utang kita sediri bukan mereka.

      saya ga takut sama DC saya cuma takut sama Tuhan, semua kalau sudah ada niat pasti bisa kita selesaikan baik2 dan intinya niat tidak perlu pakai caci maki atau Bahasa kasar.

      yang namanya penyesalan datang pasti belakangan sekarang kita selesaikan semua pakai akal sehat bukan pakai akal kebon binatang.

      jangan gampang down buat teman2 yg masih bermasalah dengan Pinjaman Online, saya juga masih punya sangkutan di pinjaman online tapi semua harus saya hadapi, yg penting niat saya bayar dan sudah 3 pinjaman yg saya bayar dan masih ada beberapa sisanya yg masih blm terbayar. tapi saya yakin klo kita niat pasti bisa kita lunasi.

      semangat, tetap bekerja dengan semangat, ingat roda kehidupan ga selamanya dibawah, dan ingat DC itu manusia juga dan mereka punya keluarga juga doakan aja yg terbaik supaya berkat kita juga bertambah.

      inget SEMANGAT dan mari kita hadapi dengan BERANI. ingat Tuhan tidak perna jauh dari kita. berdoa pasti ada jalan keluar walaupun tidak kita dapat langsung tapi yakin pasti ada solusi.

      • 3 November 2018 - (23:26 WIB)
        Semangat mba tere, sebenarnya mreka seperti itu malah menunjukkan bahwa mreka memiliki kelemahan. Dan saya tau kelemahan mreka, diotak DC hanya target penagihan dan komisi. Jika target tidak tercapai alhasil DC tersebut akan dipecat. 😁 itu sebabnya mreka keras sma nasabah2 yg menunggak. Agar tercapainya smua targetnya, berbagai cara ia lakukan dri cara halus sampai kasar dan main ancam. Ga usah takut teman2 kita hidup dinegara hukum, kita punya hak utk minta perlindungan dari org2 macam mreka yg kasar arogan yg sukanya ancam dan intimidasi kita. Semangat ya teman²…jangan lemah kita harus kuat hadapi mreka
        • 5 November 2018 - (11:22 WIB)
          Thanks mba dian, semoga kita juga bisa kasih semangat teman2 semua yg dalam kesulitan ya mba.
      • 13 November 2018 - (09:24 WIB)
        mbk boleh minta wa nya?
        saya juga punya pinjol 4 mbk bingung cara lunasi nya
  • 30 Oktober 2018 - (17:47 WIB)
    Haloo bang, om tante, saya kebetulan korban juga sama seperti abang, cuma disini kalau mw mencari jalan keluar bukan mencari pinjaman lagi bang, yg ada tetap menderita krn hutang,, kebetulan saya bergabung dgn group Bela Korban Pinjol dimana dsitu ada slh 1 lawyer yg bersedia membantu tanpa imbalan jasa fee, beliau sdh mulai melancarkan aksiny dgn langkah pelaporan ke pihak berwajib atas tindakan2 depkolektor yang meresahkan yg mengancam, mencemarkan nama baik dll, dan juga tahap berikutny lawyer dan teamnya mw melaporkan ke pihak2 tertinggi diranah hukum, dll. apabila abang or tmn2 lain mw tnya2 bsa wa saya, ke 081316304442 untuk lebih jelasnya
  • 1 November 2018 - (13:54 WIB)
    Assalamu’alaikum.
    yuk,kita sama2 tuk keluar dari masalah ini, kalo yang saya coba ; 1.selesaikan nominal yg terkecil dulu( kita fokus salah satu dulu untuk diselesaikan )
    2.jika diaplikasi ada tawaran cicilan, lakukan cicilan dulu, dan fokus kan selesai sampai lunas.
    3.jangan malu cari usaha sampingan
    4.jangan cari pinjaman untuk bayar hutang.
    5.sabar dan tabah dalam menjalaninya, juga optimis pasti akan lunas semua.
    6.sementara itu dulu, dan slamat berjuang, yakinlah kita pasti bisa melewati semua ini.
    Wassalamu’alaikum.
  • 1 November 2018 - (16:41 WIB)
    ternyata banyak yg ngalamin ya.saya kira cumn saya saja.saya mulai pinjol bulan januari th ini sebesar 500rb. dan itu mudh bagi saya untuk bayar. tetepi di bulan april/mei ada kebutuhan yg mendesak.karna pinjm yg gk pake bunga gk ada,teman entah kmn.akhrnya ke pinjol lagi.dan sekarang saya punya 8 apk dngn totl sekitr 11jt. untuk ngasih bunga aja sebuln 3jt lbh. klo ada yg bisa bntu keluar dari maslh ini.
    • 5 November 2018 - (13:12 WIB)
      Sama mba/mas dan rekan2 yg lain, saya juga awalnya hanya 2 pinjol di akhir bln Januari 2018, namun karena ada kebutuhan mendesak ditambah musibah penipuan yg menimpa saya sebesar 5,2 jt, membuat saya hrs meminjam kembali ke bbrp pinjol, hingga saat ini sdh ada 13 aplikasi pinjol. Saya sdh menunggak di 7 aplikasi, sisanya saya bingung harus bayar dgn apa? Karena uang gaji saya pun habis utk bayar pinjol dgn bunga+administrasi+denda keterlambatan.
      Ternyata prinsip gali lubang tutup lobang atau cari pinjol lain utk menutup pinjol lainnya itu tidak menyelesaikan masalah, malah menambah masalah, hutang saya pun semakin membengkak, hingga kalo ditotal sekitar 17 jutaan.
      Saya bingung harus cari pinjaman kemana lagi? Karena dari pinjol2 sblmnya pun membuat saya hrs pinjam kasbon sebesar 21jt dan pinjam ke leasing dgn jaminan BPKB motor utk menutup bunga dan administrasi di pinjol2 sblmnya.
  • 2 November 2018 - (11:34 WIB)
    Saya juga punya kasus yg sama bisa tolong masukan saya ke group wa juga ini no saya 0882-1312-6130
  • 3 November 2018 - (16:51 WIB)
    Saya juga sama bagaimana caranya keluar dari jeratan hutang, terlebih lagi pinjol,bknya GK mau bayar, biasanya pun saya GK pernah telat bayar cuma nagihnya jgn kasar,bisa tolong masukin saya ke grup 081222817288
    • 5 November 2018 - (23:11 WIB)
      Assalamualaikum kak… Maaf kalau boleh tau itu nomer kakak tau siapa yg bisa membantu masalah terlilit pinjam?
  • 6 November 2018 - (11:43 WIB)
    Saya juga mengalami hal yang sama di teror dan dipermalukan oleh pinjol. tolong masukan saya ke group wa sehingga saya bisa dapat informasi untuk jalan keluarnya. no saya : 081806201481
  • 6 November 2018 - (14:50 WIB)
    Alhamdulillah saya tidak pernah acc pakai pinjol,g tau kenapa,,mungkin emang g boleh pinjem2 online mungkin
  • 6 November 2018 - (17:30 WIB)
    halo selamat sore semua

    untuk informasi, bahwa mulai tanggal 4 November 2018, LBH – Jakarta, sudah resmi membuka POS Pengaduan terkait korban FINTECH di seluruh indononesia, kenapa seluruh indonesia?karena pos yang sya mksudkan di sini adalah POS yang bisa di akses temen2 korban semua di daerah manapun, link nya http://www.bantuanhukum.or.id, kemudian klik “dokumen” kemudian klik “publikasi”, di situ ada form yang temen2 harus isi, dan ceritakan bagaimana kerumitan yang temen2 alami, sejak gagal bayar fintech, dan setelah isi, nanti akan di undang dalam 1 group WA khusus korban, dan lawyer LBH – Jakarta langsung.

    *note :

    Bahwa untuk mengisi form, dan langkah selanjutnya, LBH – Jakarta, tidak memungut biaya sepeserpun, tau yah kenapa, karena LBH kan LSM ” think smart” temen2….
    tidak ada biaya meterai, tidak ada biaya akomodasi, apalagi fee lawyer,,,

    Terimakasih

    • 15 November 2018 - (13:29 WIB)
      saya sdh isi formulirnya mohon dengan sangat utk ditindak lanjuti, saya sdh sangat resah menghadapi ini, nomor wa saya 081298126174, tolong masukkan ke grup, saya bener2 ingin terlepas dari ini semua, bukan berarti saya tidak mau bayar, cuma cara penagihan, dan saya minta keringanan, malah di perlakukan kasar oleh mereka
  • 9 November 2018 - (02:36 WIB)
    Tolong masukkan saya ke group wa. Saya mau cerita ke siapa pun juga gak tau. Yang ada tinggal ketakutan nya aja
    085959722340
  • 10 November 2018 - (22:57 WIB)
    Saya juga mengalami hal yang sama mohon masuk kan saya ke group WA agar dapat solusi untuk keluar dari pinjaman online ini no WA saya 087887142132.tks
  • 12 November 2018 - (23:53 WIB)
    Bagi semua pemilik HP yg pernah melakukan pinjaman online, silakan cek di file manager , ketik di search nya , dana atau, uang,pinjam, atau nama aplikasi.jika anda sudah menemukan foldernya, hapussegera. Contoh aplikasi RP menggunakan folder dengan nama Banda atau yinshan, disitu akan ada 3-4 file berakhiran .GZ. copy file itu ke komputer buka dengan winrar,didalmnya akan ada file berakhiran .CSV, Buka file itu dengan excel. Anda akan lihat , kontak anda, sms anda, call register anda, yg terupload ke server RP . makanya jangan aneh ketika aplikasi ini bisa nelpon ke semua kontak hp kita. Sekedar info saja, trims

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 60 komentar sampai saat ini..

Berusaha Keluar dari Pinjaman Online

Tri Budi Prasetyo 1 menit
60