Surat Pembaca

Berusaha Keluar dari Pinjaman Online

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya Tyo, umur 24 tahun, tinggal di Cikarang di sebuah rumah kontrakan. Saya bekerja di suatu perusahaan otomotif dan status masih sebagai karyawan kontrak. Saya sudah menikah di akhir tahun 2017 lalu. Saya lahir di keluarga yang kurang mampu.

Saya mau bercerita sedikit tentang kesalahan saya yaitu terjerumus pada riba. Sekarang saya menyesal dan ingin mengakhiri riba ini tapi teramat sulit, karena pendapatan saya akhir-akhir hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan tidak ada dana lebih untuk membayar hutang saya. Di perusahaan tempat saya bekerja juga lagi sepi lemburan.

Hari semakin hari bunga pinjaman saya terus bertambah banyak, karena saya meminjam uang di beberapa apk pinjaman online (mungkin itu hal terbodoh saya), tapi apa boleh dikata pada saat itu situasi sangatlah mendesak. Karena bagaimanapun saya seorang suami yang punya tanggung jawab besar kepada istri saya. Saya tidak mungkin membiarkan keluarga saya kelaparan. Terpaksa waktu itu dari 2 pinjaman online yang saya pakai, saya mencari pinjaman online lainnya. Dalam pikiran saya yang penting saya bisa mencukupi kebutuhan keluarga. Tanpa sadar sudahlah banyak bagi saya, dan sekarang saya harus gali lubang tutup lubang untuk melunasi hutang saya.

Hidup saya jadi tidak tenang, karena takutnya hal ini mengganggu pikiran istri saya dan berdampak pada kehamilannya. Saya juga ingin memulai sebuah usaha untuk tambahan penghasilan tapi apalah daya kalau riba saya terlalu banyak, untuk menabung saja tidak bisa. Saya sekarang bingung mau bagaimana, karena target saya lebaran tahun depan harus sudah bersih semua hutang-hutang saya dan saya ingin memulai hidup baru dengan tenang. Dan ingin keluarga kecil saya juga bisa harmonis.

Melalui surat ini saya berharap ada salah satu atau bahkan banyak pembaca yang berkenan membantu saya. Sebenarnya saya ingin mencari seseorang yang berkenan membantu saya untuk meminjamkan uang dan tidak ada bunga pinjaman. Supaya saya bisa melunasi hutang riba saya. Saya berjanji akan melunasinya tapi dengan cara cicilan.

Saya percaya di setiap kesusahan ada jalan menuju kemudahan, semoga di sini saya menemukan jalan itu.. Aamiin. Terima kasih atas perhatian dari saudara-saudara.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tri Budi Prasetyo
Cikarang Selatan
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Saya punya pinjaman di kredit pintar sdh telat 10 hari,, apakah dc akan mendatangi rumah

    • Mohon minta wa nya mba mau tanya sedikit boleh,atau invite wa sya mba please 0812243245**

  • Assalamu'alaikum.
    yuk,kita sama2 tuk keluar dari masalah ini, kalo yang saya coba ; 1.selesaikan nominal yg terkecil dulu( kita fokus salah satu dulu untuk diselesaikan )
    2.jika diaplikasi ada tawaran cicilan, lakukan cicilan dulu, dan fokus kan selesai sampai lunas.
    3.jangan malu cari usaha sampingan
    4.jangan cari pinjaman untuk bayar hutang.
    5.sabar dan tabah dalam menjalaninya, juga optimis pasti akan lunas semua.
    6.sementara itu dulu, dan slamat berjuang, yakinlah kita pasti bisa melewati semua ini.
    Wassalamu'alaikum.

  • Mohon solusinya ,,saya juga pinjam ke beberapa pinjol ,,ada 1 yg sering ngancam2 saya dan keluarga ,,mohon pencerahan nya

  • ternyata banyak yg ngalamin ya.saya kira cumn saya saja.saya mulai pinjol bulan januari th ini sebesar 500rb. dan itu mudh bagi saya untuk bayar. tetepi di bulan april/mei ada kebutuhan yg mendesak.karna pinjm yg gk pake bunga gk ada,teman entah kmn.akhrnya ke pinjol lagi.dan sekarang saya punya 8 apk dngn totl sekitr 11jt. untuk ngasih bunga aja sebuln 3jt lbh. klo ada yg bisa bntu keluar dari maslh ini.

    • Sama mba/mas dan rekan2 yg lain, saya juga awalnya hanya 2 pinjol di akhir bln Januari 2018, namun karena ada kebutuhan mendesak ditambah musibah penipuan yg menimpa saya sebesar 5,2 jt, membuat saya hrs meminjam kembali ke bbrp pinjol, hingga saat ini sdh ada 13 aplikasi pinjol. Saya sdh menunggak di 7 aplikasi, sisanya saya bingung harus bayar dgn apa? Karena uang gaji saya pun habis utk bayar pinjol dgn bunga+administrasi+denda keterlambatan.
      Ternyata prinsip gali lubang tutup lobang atau cari pinjol lain utk menutup pinjol lainnya itu tidak menyelesaikan masalah, malah menambah masalah, hutang saya pun semakin membengkak, hingga kalo ditotal sekitar 17 jutaan.
      Saya bingung harus cari pinjaman kemana lagi? Karena dari pinjol2 sblmnya pun membuat saya hrs pinjam kasbon sebesar 21jt dan pinjam ke leasing dgn jaminan BPKB motor utk menutup bunga dan administrasi di pinjol2 sblmnya.

      • sama saya jg begitu pak..apakah ada grup yang bisa memberikan solusi untuk ini semua

        • Tolong masukan saya digrub.saya termasuk korban pinjol jg....ke wa saya 0815414777**...saya mohon bantuannya

  • Saya juga punya kasus yg sama bisa tolong masukan saya ke group wa juga ini no saya 0882-1312-6130

  • Saya juga sama bagaimana caranya keluar dari jeratan hutang, terlebih lagi pinjol,bknya GK mau bayar, biasanya pun saya GK pernah telat bayar cuma nagihnya jgn kasar,bisa tolong masukin saya ke grup 081222817288

    • Assalamualaikum kak... Maaf kalau boleh tau itu nomer kakak tau siapa yg bisa membantu masalah terlilit pinjam?

Penulis
Tri Budi Prasetyo