Terjerat Pinjaman Online, Saya Makin Terpuruk

Saya melakukan pinjaman online di banyak tempat karena kebutuhan. Selama ini jalan lancar saja karena saya bisa membayar. Tapi lama kelamaan karena sistem bunga uang dipotong di depan dan ditambahkan di belakang lama lama saya gak sanggup untuk membayar. Bahkan saya tak tahu lagi jadi berapa hutang saya karena setiap keterlambatan akan dikenakan denda.

Saya semakin takut karena banyak kolektor yang menagih saya dan karena itu lama-lama saya sakit dan semakin tidak bisa membayar semua hutang saya. Salah satu kolektor dari salah satu aplikasi mengancam saya dengan membuat grup WA yang isinya Semua kontak saya. Dia juga mengancam mau melaporkan saya kepada pimpinan saya. Nominal hutang saya Rp300 ribu tapi karena katanya kesalahan sistem mengirim 2 kali.

Saya benar-benar ketakutan saat ini dan ini memperburuk keadaan saya, karena sekarang ini saya sakit tidak sembuh-sembuh dan perlu pengobatan.

Apakah ada yang seperti saya?? Ditagih di semua kontak di no hp?? Mohon solusinya. Saya benar-benar tidak tahu harus bagaimana lagi karena kondisi saya yang masih sakit.

Novita Indriyani Soedadi
0857013466**
Laweyan Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Komentar

  • Berhubung yg komen ada DC kayaknya so saya sebagai korban pnjol akan kasih saran buat mbanya

    Saar mereka ancem mu sebar data kitabdi kontak wa silahkan aja dengan demikian kita impas ngapain juga bayar klo udah dibuat jelek namanya

    Yg mereka lakukan kan pencemaran nama baik toh jd ga usah pusing dibayar mba ngapain? Udah diancam,dimaki2, diintimidasi masih minta dibayar ? Enak amat

    Kedua klo emd DC itu ngejar kita ya temuin aja sama2 masih manusia n makan nasi kok .. Klo mereka melakukan hal yg tidak pantas tinggal teriak aja sayabkira kita masih inget kejadian dimana dc dikeroyok karena cara penagihan mereka yg kasar itu (walaupun ga semua ya)

    Perusahaan jasa dr awal harusnya bener2 ngecek detail dong klo perlubdatang ke perusahaan untuk ngecek betul atau tidak. Dan dimana2 klo uang udah keluar buat dipinjemin ya wayahna aja kalau ada yg telat balikin or ga dibayar sama sekali mu gkin krn perlakuan ancaman mereka yg ga pantas

    Krn percuma bu nama kita sudah jelk juga kok walaupun telat sehari apalg klo lancang sebar2 masalah kita di kontak wa yg gada sangkut pautnya

  • Saya jg sama lg terjerat dengan pinjol..
    Malahan pada saat saya menulis komen ini. Saya lg berdebat dengan dc pinjol dana rupiah..
    Ternyeta mereka pun tidak berani saat ingin menyebarkan data saya ke semua kontak yg ada di hp saya. Karena saya bilang akan melaporkan penyalahgunaan data orang.

    Bagi yg ingin saling berbagi masalah pinjol. WA 085210628473

  • Sy jg terjebak pinjol...solusi nya gimana hadapi dc nya yg sdh terlanjur tlp ke pimpinan sy dan jg keluarga..sy malu jd nya..

  • Iya mbk saya juga kena maslah yg sma..
    Lebih parahnya lagi blm trlat udh di ancem..
    Telat 1 hati udh di bikinnin grup wa..
    Sumpah bikin malu bgt..
    Cash cepat bilajgnya trdftr diojk tp, cara penangihan seperti tidak manusiawi

  • Saya korban pinjol..saya ingin ikut grup tolongmasukan saya ke grup..no:0878298845**

  • Tolong masukin sy ke grup donk... St korban pinjol ini ... Ini wa sy 0819080836**

  • Kalau dibilang aplikasi pinjol lending "mirip" rentenir online ada benarnya. Dari sisi bunga dan denda super tinggi dan cara penagihan mereka sangat kasar dan melanggar peraturan OJK dan UU ITE.

    Berdasarkan peraturan POJK 77, sudah jelas aturan mainnya tetapi seringkali SOP yang dijalankan oleh aplikator pinjol tidak mengindahkan aturan OJK. Mereka seenaknya melakukan teror, mempermalukan hingga mengancam nasabah.

    Berdasarkan POJK 77 sudah jelas, jika gagal bayar atau macet, bunga tidak boleh dibebankan kepada nasabah selama 3 (tiga) hari. Artinya, nasabah tidak boleh dikenakan bunga dan denda selama 3 hari jika pinjaman macet. Tetapi dalam prakteknya, 1 (satu) hari saja terlambat
    pihak pinjol sudah membebankan bunga dan denda seenak perutnya. Bukankah ini pelanggaran POJK 77?

    Lebih lanjut, berdasarkan POJK 77, pinjol hanya BOLEH MENAGIH SELAMA 90 HARI, LEWAT 90 HARI UTANG HANGUS. Bagi nasabah yang pinjamannya macet lebih dari 90 hari, PINJOL atau DEBT COLECTOR tidak boleh menagih lagi kepada nasabah. CATAT!!!

    Jika nasabah mengalami gagal bayar lebih dari 90 hari, utang HANGUS. Memang ada konsekuensinya bagi nasabah, yaitu masuk kedalam blacklist. Untuk membersihkan nama dari blacklist BI, bisa diselesaikan sesuai peraturan BI tentang BI Checking.

    So, bagi nasabah yang terlanjur terjerat dan jadi korban dari apk pinjol lending, tidak perlu resah, utang-piutang adalah perdata, jika tidak ada kemampuan untuk bayar sekaligus, bisa bayar 1.000 perak per bulan atau sesuai kemampuan.

    Tentang pinjol atau DC yang bertindak arogan, bisa diambil langkah hukum, seret ke meja hijau melalui UU ITE atau pencemaran nama baik.

    Demikian sekedar sharing, mohon maaf jika kurang tepat karena saya bukan praktisi hukum. Terima kasih untuk mediakonsumen.com.