Bolehkah XL Center Meminta Kode 3 Digit CVC Kartu Kredit CIMB Niaga?

Saya adalah pelanggan XL Prioritas dengan nomor 08189999** & 08198002**. Karena tertarik pada program diskon 60% berlangganan XL Prioritas, maka pada tanggal 12/11/2018 saya memutuskan untuk mengunjungi XL Center Summarecon Mall untuk menambah 1 nomor pascabayar dengan paket ultima.

Setelah saya melengkapi seluruh persyaratan (copy KTP, copy Kartu Kredit CIMB Niaga, 1 lembar materai Rp6.000, kartu kredit saya sudah di-swipe Rp50.000 untuk deposit). Saya rasa sudah cukup (apalagi saya adalah existing customer XL Prioritas). Petugas yang ada di sana malah meminta 3 digit CVC (3 angka di balik kartu kredit) yang mana sepengetahuan saya bahwa 3 digit CVC tersebut sifatnya adalah rahasia (tidak boleh diketahui/difoto/di-copy oleh pihak manapun dan dengan alasan apapun juga).

Menurut saya ini sudah jelas melanggar, karena tentu saja apabila data nomor kartu kredit tersebut sampai disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab (misalnya: dipakai untuk belanja online) apalagi pihak XL center sudah mengetahui data-data pribadi saya secara lengkap yang terdapat pada database XL.

Namun ketika saya tanyakan kepada petugas tersebut “untuk apa 3 digit CVC tersebut?” Lalu dijawab bahwa memang itu adalah salah satu prosedur wajib yang harus dilalui (sesuai dengan SOP yang berlaku untuk proses aktivasi pelanggan XL Prioritas yang ingin berlangganan paket “ULTIMA”).

Saya ingin mendapatkan penjelasan mengenai hal ini (baik dari pihak XL atau CIMB Niaga) Apakah tindakan meminta 3 digit CVC ini memang sudah benar dan sudah sesuai dengan prosedur XL atau bagaimana?

Hendri Tjahjadi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Bolehkah XL Center Meminta Kode 3 Digit CVC Kartu Kredit CIMB Niaga?

    • 13 November 2018 - (13:54 WIB)
      Permalink

      Sepengetahuan saya juga memang seperti itu.

      Saya pun juga tidak habis pikir bagaimana bisa2nya pihak XL Center (Summarecon Mall Serpong) menerapkan SOP seperti itu. Seharusnya untuk proses aktivasi pembayaran auto debit kartu kredit cukup dengan menandatangani form surat kuasa auto debit kartu kredit (dengan di bubuhi materai Ro.6.000), foto copy KTP, foto copy bagian depan kartu kredit, & apalagi kemarin jg sdh sempat di swipe Rp.50.000 (yang katanya untuk deposit awal, yang katanya akan memotong tagihan di bulan ke-2).

      Namun disini kenapa untuk proses aktivasi XL Prioritas “paket ULTIMA” pihak XL Center mewajibkan pelanggan untuk memberitahukan kode CVC (3 angka di balik kartu kredit)? sungguh sangat aneh bukan….?

  • 14 November 2018 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Saya mencoba memberi sedikit pandangan dari sisi teknologi yang saya ketahui berdasarkan dari pengalaman pribadi.

    Untuk dapat melakukan transaksi autodebit dari jaringan VISA , Mastercard atau sejenisnya yang terdapat pada kartu debit maupun kredit yang sudah online, salah satunya memang diperlukan CVC atau 3 angka yang bisa kita temukan di balik kartu atau 3 angka yang diberikan pihak bank jika kita menyewa virtual mastercard.

    Pada kasus anda, sangat disayangkan jika permintaan CVC ini dilakukan secara transparan dan itu sangat tidak baik untuk kelangsungan branding XL.

    Bagi anda yang biasa berlangganan bulanan maupun tahunan pada salah satu jasa yang menggunakan pembayaran online seperti VISA, Mastercard atau sejenisnya, permintaan CVC ini dilakukan melalui form online dan diamankan oleh sistem enkripsi sehingga CVC tidak dengan mudah di”decrypt” dan dilihat maupun diketahui. Ini adalah bentuk tanggung jawab merchant untuk memberikan rasa aman kepada pelanggannya.

    Idealnya, pihak bank penyedia kartu tentu memastikan CVC diamankan oleh pemegang kartu dengan tidak dibagikan kepada siapapun. Pihak bank tidak bertanggung jawab jika CVC diketahui dan disalahgunakan oleh pihak lain kecuali kondisi paket pengiriman kartu diterima dalam keadaan rusak.

    Sementara untuk merchant seperti kasus anda dalam hal ini XL, semestinya memberikan rasa aman kepada calon customernya misalnya tidak meminta secara langsung detail kartu kredit (CVC), melainkan mempersilahkan calon customernya untuk input data secara online di official websitenya.

    Ada baiknya disiapkan dulu sistemnya baik teknologi dan SOPnya agar kepercayaan konsumen tetap terjaga.

    • 14 November 2018 - (11:07 WIB)
      Permalink

      Saya sangat sependapat dengan penjelasan/keterangan dari sdr. Afumado Us, Terima kasih banyak atas pencerahannya. Semoga pihak XL Center dapat segera merubah prosedurnya yang menurut saya sangat aneh dengan meminta kode CVC kartu kredit (untuk alasan apapun jg). Menurut saya dengan: memfoto copy bagian depan kartu kredit, menandatangani surat kuasa auto debit(dibubuhi materai secukupnya) itu sudah lebih dari cukup. Apalagi pada waktu itu kartu kredit saya tersebut pun juga sudah di swipe Rp 50.000(yang katanya untuk deposit awal / pre payment)

    • 14 November 2018 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Jika pembayaran melalui payment gateway (oleh subscriber resmi VISA & MASTERCARD) barulah saya bersedia memberikan informasi terkait CVC tersebut (itupun harus pemilik & pemegang kartu kredit yang input sendiri melalui official web portal) sebab benar adanya bahwa ketika kita input info CVC tersebut di situs resmi yang telah di enkripsi oleh sistem pembayaran yang aman (TRUSTED SECURED PAYMENT yang sudah tersertifikasi secara global) barulah kita merasa aman atas data2 kartu kredit kita tersebut tidak dapat disalahgunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggungjawab

  • 14 November 2018 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Lah kenapa petugas meminta CVC kartu kredit? Untuk berlangganan paket XL yang normal saja secara autodebet saya tidak pernah menginfokan CVC saya. Rasanya mungkin permainan oleh oknum XL Summarecon

 Apa Komentar Anda mengenai XL Center?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Bolehkah XL Center Meminta Kode 3 Digit CVC Kartu Kredit CIMB Niaga?

oleh Hendri T dibaca dalam: 1 menit
6