Apakah Begini SOP Cara Penagihan Kredivo?

Saya salah satu pelanggan Kredivo. Saya mempunyai keterlambatan pembayaran pada bulan Oktober tepatnya tanggal 3 Oktober jatuh tempo pembayaran dan saya belum bisa melakukan pembayaran tersebut dikarenakan saya membutuhkan biaya untuk pengobatan rawat jalan dengan dokter spesialis Onkologi yang terbilang tidak sedikit.

Pada hari Selasa tanggal 13 November tim debt collector Kredivo yang bernama De*** melakukan kunjungan ke kantor yang pada saat itu saya sedang cuti. Bpk De*** melakukan foto-foto untuk dokumentasi TANPA meminta izin terlebih dahulu kepada security yang sedang bertugas di sana sehingga menimbulkan keributan di kantor dan sampai terdengar oleh pimpinan saya. Bp De***mengatakan kalau saya tidak dapat dihubungi, padahal pada hari Sabtu sebelumnya Bp. De*** sudah menghubungi saya dan sudah saya katakan perihal permasalahan yang sedang saya hadapi dan saya akan bayarkan semampu saya.

Pada tanggal 9 dan 12 November saya sudah mencicil pembayaran semampu saya tetapi pihak debt collector tetap mendatangi kantor saya esoknya dan menimbulkan keributan. Parahnya Bpk. De*** tidak mau tahu mengenai permasalahan yang sedang saya hadapi dan terus menekan saya untuk melakukan pembayaran dan mengancam akan melakukan kunjungan kembali jika tidak ada pembayaran. Pemberitahuan dilakukan melalui pesan pukul 22.30, apa cara penagihan seperti ini termasuk SOP kah?!!

Ada 3 debt collector yang melakukan penekanan terhadap saya di sini. Saya infokan di sini kalo saya TIDAK ada niat untuk TIDAK melakukan kewajiban, tetapi memang kondisi saya yang lagi tidak ada uang karena habis untuk biaya berobat. Dan juga karena gajian saya pun hanya satu hari setiap bulan bukan setiap hari. Lagipula saya juga sudah usaha melakukan pembayaran walaupun tidak sesuai dengan yang dibebankan. Tolong hargailah itikad baik seseorang jangan malah menekan mereka dengan segala cara dan tidak memperdulikan kondisi seperti apa yang sedang mereka hadapi saat ini. Kita sama-sama manusia yang harusnya bisa lebih berperikemanusiaan.

Tolong Kredivo dipantau dan di-brief kembali para debt collector, apa sudah sesuai SOP kah cara penagihan yang dilakukan? Dan infokan saya juga biar saya tahu SOP penagihan yang diterapkan oleh Kredivo itu seperti apa, agar bisa saya info ke khalayak biar tidak terjadi kesalapahaman lagi. Dan mungkin team OJK nanti pun dapat membantu untuk mengoreksi jika terdapat kesalahan prosedur di dalamnya.

Bukankah begitu alur dan tugasnya masing-masing pihak? Mohon jika ada kesalahan kata dapat dikoreksi. Terima kasih.

Dwi Chandra
081135781**
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Penagihan Kredivo:
[Total:65    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Dwi Chandra

Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberi tanggapan atas surat yang ditulis oleh Ibu Dwi Chandra di Media Konsumen pada...
Baca Selengkapnya

Loading...

40 komentar untuk “Apakah Begini SOP Cara Penagihan Kredivo?

  • 15 November 2018 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Kredivo sudah terdaftar OJK tetapi tidak punya hati, sayapun mengalaminya mba, janganpun mba yang sakit tidak terlalu parah masih bisa bekerja, ini saya stroke berat istilahnya sudah cacat terbaring dikursi roda tidak berdaya, kolektor kredivo marah2 bak preman jalanan beranting pula telinganya minta dibayar penuh tunggakan saya, saya bilang maaf pak saya sedang sakit, apa bpk tidak bisa lihat kondisi saya, dia jawab “itu bukan urusan saya toh bpk yang sakit”, malah dia berkata saya sudah biasa masuk keluar penjara (wow hebat sekali, sangat hina dimata Tuhan tetapi dia bangga sekali) saya harap kredivo pilihlah kolektor yang berkualitas cara penagihannya , malu lah udah masuk OJK ko Premanisme

    • 16 November 2018 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Sepertinya belum terdaftar pak, karena saya tanyakan ke salah satu debtnya dia bilang “emang penting ya udah terdaftar atau belum di OJK?” Jelas disini mereka minim akan “Product Knowledge”, mereka hanya tau “Premanisme Performance” dengan cara melakukan berbagai penekanan terhadap customernya untuk membayar dan sudah tidak melihat SOP yang berlaku lagi.

      Saya yakin siapapun yg mempunyai hutang disini akan membayar kewajibannya jika memang mereka mempunyai uang untuk membayar (tidak dlm unexpected condition).

      Jika mereka tidak ada niat untuk membayar, hilang dari peredaraan, kabur dan sudah tidak dapat ditemukan, silahkan lakukan yg bisa dilakukan oleh team debcall kalo perlu minta bantuan pihak berwajib biar masuk dalam pencarian orang (DPO).

      Tetapi jika mereka memang dalam keadaan yg sulit, mereka tidak menghilang, mereka masih dapat ditemukan dikantor/dirumah, mereka masih berusaha membayar semampu mereka, berusaha berkomunikasi baik dengan debcoll apa pantas diperlakukan penekanan seperti ini, seperti yg telah Bapak alami juga.

      Saya turut prihatin atas apa yang terjadi terhadap Bapak.

      Semoga Bapak diberi kekuatan dalam menghadapi cobaan yang ada, diberi kesembuhan atas penyakit Bapak dan diberi kemudahan akan penyelesaian tanggungan Bapak.

      “Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya bila dibicarakan dengan baik”.

      Tetap Semangat ya Pak, Allah Hafiz 🙂

      • 16 November 2018 - (12:56 WIB)
        Permalink

        Amin ya Allah terima kasih atas doanya, Alhamdullilah kondisi saya sekarang tidak lagi di kursi roda hanya bisa membaca berita di internet, melihat TV, sedangkan istri menjadi tulang punggung keluarga dengan bekerja cuci gosok, sementara saya belum bisa bekerja dengan kondisi seperti ini , daftar kredivo di OJK no 33 https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Penyelenggara-Fintech-Terdaftar-di-OJK-per-Oktober-2018.aspx , kalau sudah terdaftar ada laporan negatif dari nasabah bisa dicabut tuh izinnya dan ketentuan penagihan tidak boleh diatas jam 20.00 WIB

      • 21 April 2020 - (15:51 WIB)
        Permalink

        Saya kemaren di telpon dengan pihak kredivo dan mereka ancam kalau tidak dibayar kemaren jam 18.00 akan di blacklist dan debt colector datang
        Saya sudah jelaskan saya akan bayar kalau saya sudah ada uang pasti saya langsung bayar, saya sudah tidak bekerja dari maret dan dia blg kenapa belum dibayar, sy blg sya sudah bayar kurang lebih 150 ribu saat bulan maret. Trus dia ngotot malah saya disuruh jual aja barang2 ibu yang dirumah ada tv dll. Sy blg mana adaborg mau beli tv jelek laku juga berapa dan itupun tidak bisa membayar, saya sudah jelaskan dan meminta keringganan sampai corona bisa kita bekerja lagi. Sedangkan pekerjaan kita sampingan aja mati karena corona. Tapi dia tidak mau tau itu perempuan lho yang ancam2 saya. Apakah sebenarnya kredivo ini resmi atau tidak dan aapakah itu cara mereka menekan orang. Dan apakah memang mereka gabung sama OJK trus kenapa mereka bertindak begitu. Saya miris banget membaca cerita teman2 disini. Saya sampek bilang saya pasti akan bayar, sy sampek berusaha pinjam ke adek saya, sama aja adek saya bekerja diramayana sedangkan dia pun sudah tidak bekerja full lg. Hanya hari sabtu dan minggu gajinya cuma 800 rb buat makanya aja susah gmn sy mau pinjam kedia. Tp saya terus berusaha dan akan melunasi, tp kalu mereka ancam lagi jujur saya akan cari bantuan kepihak yang bisa menolong saya untuk keluar dari kredivo ini.. teman2 bosa gak sih ini kita lapor kepolisi…?

        • 13 Mei 2020 - (01:04 WIB)
          Permalink

          Saya pelanggan kredivo. Saya belanja Online dgn menggunakan kredivo.padahal selama belanja pake kredivo record saya bagus, fine2 aja selalu tepat waktu. Karena… Gara2 covid ini saya belum bisa bayar. Bukan karena tak ada niat byr. Tapi karena situasi nya. Klo sudah normal pasti saya byr ko. Hutang belanja Online saya dgn kredivo hanya 500,000an ko di tlp2 trus kayak saya punya hutang milyaran.
          Bagaimana solusi nya ada yang bisa bantu?

          • 20 Mei 2020 - (21:56 WIB)
            Permalink

            Saya udah Ga kebayar 3 bulan Dan masih aja ditagih, sop kan Kalau udah 3 bulan kayanya gaboleh nagih lagi. Gimana Mau bayar dibilang gaada uang Ga faham. Terus tadi pagi saya dapat wa saya di intimidasi sebagai penggelapan uang wtf, ini parah sih. Lagian Mau ngerespon gabisa HP saya rusak

      • 13 Mei 2020 - (00:55 WIB)
        Permalink

        Saya pelanggan kredivo. Saya belanja Online dgn menggunakan kredivo. Gara2 covid ini saya belum bisa bayar. Bukan karena tak ada niat byr. Tapi karena situasi nya. Klo sudah normal pasti saya byr ko. Hutang belanja Online saya dgn kredivo hanya 500,000an ko di tlp2 trus kayak saya punya hutang milyaran.
        Bagaimana solusi nya ada yang bisa bantu?

    • 17 April 2020 - (18:15 WIB)
      Permalink

      Wah saya juga mengalami hal yang sama dengan kredivo …..pokoke kalau lunas jangan pinjem lagi aja. Semua kontak ditelpon. Parah….

    • 28 Mei 2020 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Saya juga bingung ini… Semenjak corona saya di liburkan trus di phk tanpa upah. Kredivo gk mau tau. Ngancam mau dtang. Saya uda jelasin tapi tetep aja gk mau tau… Mna tlpon keluarga saya. Saya asli tuban saya tinggl di batu saya gk bsa pulang jdi saya jual hp saya untuk biaya hidup. Bukan mau lari saya sudah email kok ke kredivo tagihan. Tpi gk prnh ada respon . Pusing klau kredivo gk mau tau gini… Saya pasti bayar kok

      • 2 Juni 2020 - (16:18 WIB)
        Permalink

        Trus di datangin gak? Saya juga dipaksa bayar..2 tahun pake kredivo pembayaran gak ada telat sama sekali pas covid jadi telat hampir sebulan..rencananya sih nunggu debt collect yg galak2 datang kerumah..mau didokumentasikan buat laporan ke lbh mawar saron..teman2 yg lain dah ngumpulin juga nunggu bukti kuat aja..jadi kalo bisa teman2 disini usahain ada bukti buat laporan tindakan tidak menyenangkan.

  • 16 November 2018 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Coba lihat dari 2 sisi, di satu sisi anda menanyakan sop penagihan dan disatu sisi nasabah melanggar sop bahkan perjanjian kreditur,sebelum anda membuat tulisan ini apa anda sudah membaca syarat dan ketentuan? Banyak yg janggal ketika melihat penagihan, disatu sisi pihak tertagih merasa tidak nyaman akan kehadiran collector, disatu sisi anda sudah menggunakan dana pinjaman dan barang pembiayaan, anda mempertanyakan sop yg menurut anda salah, tp anda tidak melihat itu semua terjadi karena kesalahan kredit anda yg macet dan pada intinya jika anda memang muslim yg taat anda tau apa itu riba dan anda tau hukum riba tp anda melakukan praktek riba, muslim mengajarkan juga bahwa hutang dibawa sampel ujung hayat. Terima kasih

    • 11 Mei 2020 - (16:37 WIB)
      Permalink

      Okelah masuk di akal pernyataan anda..
      Tapi apakah tidak ada toleransi terhadap debt ? Apalagi sekarang ada wabah covid19 saya di liburkan yg tidak tahu sampai kapan kebijakan dari dki, Mereka juga tahu kebijakan dari dki seperti apa, apakah mereka tutup mata? Sedangkan debt sudah setia berlangganan 3thn dengannya tanpa cacat pembayaran…

      Sekarang coba kita balikan keadaan, pihak mereka yg libur dan tidak bisa melakukan transaksi apapun, apakah debt menuntut?

      Jika telat pembayaran di teror, apakah pembayaran tepat waktu mendapatkan penghargaan? 3thn saya transaksi dengan ini tanpa telat sampai di tlp tidak dapat penghargaan apapun…

      Kasar katanya gue sama pinjol ini udah kaya sahabat, gue butuh uang, dia meminjamkan dengan adanya keuntungan untuk mereka, masa dengan adanya seperti ini mereka tidak mau tahu? Bahkan menjadi seperti musuh?
      Coba lo pikirin dengan baik…
      Berfikirnya jangan di dunia lo, mungkin dunia lo selalu berkecukupan bahkan lebih dari cukup, coba lo berfikirnya dari sisi org lain…

      • 23 Juni 2020 - (19:05 WIB)
        Permalink

        Iya bener saya setuju toh kenyataannya kita telat juga dikasih denda yang besar dan emang kita nuntut buat bayar denda? Kan ngga, karna itu udah konsekuensi kita dan tetep aja dibayarkan sampe lunas. Lagian juga mau setelat apapun tetep dibayarkan kok bukan GAMAU BAYAR karna tau itu kewajiban.

  • 24 November 2018 - (17:36 WIB)
    Permalink

    saya juga strezzz dg tagihan kredivo…sehari bisa 20× telpon…kalo ada uang saya akan tutup semua,,,kapok deh

    • 31 Maret 2020 - (17:25 WIB)
      Permalink

      Kacau emang mas, saya ditagih seolah2 saya maling, saya sudah jelaskan kalau saya habis diphk dan tidak dapat tunjangan apapun dari perusahaan kecuali bpjs ketenagakerjaan, saya sudah jelaskan bakal saya bayar seminggu setelah bpjs cair, mba2 yg nelponya ngamuk2 wkwk, cuma tetep saya tau hukum, gak bisa perkara ini dibawa kerana hukum, karna saya ada etika baik untuk melunasi, namun dalam kondisi seperti ini saya cuma minta jangka sampau bpjs cair, malah saya disuruh pinjem ke keluarga wkwk, kata mbanya: emang kamu gak punya keluarga didunia ini, pinjem sana dan bayar jam 9 malam wkwk

  • 5 Juni 2019 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Hello Semua Yang merasa Kecewa dengan Kredivo,Saya Sumpah Menyesal Mendaftar di Kredivo ,akun saya sangat mudah di hack orang dan langsung ada tagihan 800ribu Saya menyesal sekali.
    Kenapa Data Mudah di gunakan orang lain Belum ada 1 bln daftar dan belum pernah menggunakan limit kenapa akun saya langsung di hack orang . apakah saya wajib membayar sedangkan saya tidak menggunakan limit seperakpun. mohon tanggapanya kawan.

  • 22 Juli 2019 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Sama juga sangat kecewa dengan sistem penagihan kredivo, saya telat sebulan karena kena pemutusan kerja dan gaji saya belum dibayarkan.
    Pada saat itu ada 3 debt collector yang menagih secara bersamaan dengan 2 melalui telpon dan 1 melalui email.
    Dan saya merespon dengan cukup baik dan bahkan saya mencoba beriktikad baik dengan melakukan cicilan pembayaran secara bertahap setiap 2-3hari dari hasil jualan saya selama tidak bekerja.
    Tapi disini debt collector tidak melihat iktikad baik saya dan selalu menekan bahkan berkata kasar melalui wa. Bahkan sampai tengah malam menghubungi saya. Dan begitu juga yang melalui email sampai membuat somasi, melaporkan saya ke polisi dan melaporkan saya dalam sidang pengadilan , bukan masalah piutang, melainkan daftar pencairian orang dan pengelapan dana ? ???
    Astaga..
    Padahal saya baru sekali ini telat sebagai konsumen setia selama 2tahun. Dan mereka juga tau record saya baik dalam pembayaran . Tapi bisanya mengirimkan email somasi, pelaporan kepolisian pengelapan dana, dan juga sidang pengadilan. Padahal debtcollertor direspon dan pembayaran selalu saya cicil walau masih alakadarnya.

  • 24 Agustus 2019 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Jangan takut kalau debt collectornya datang ke rumah dan maksa untuk membayar, di daerah rumah saya ada 2 orang debt collector kredivo berlagak preman sudah babak belur di hajar teman saya, padahal tarung 1 lawan 1 sama teman saya, nangis nangis minta maaf, bilang mereka hanya digaji kecil dan hanya di suruh.. gaya orang timur, pake foto profile wa “satu darah maluku”, biar apa?? Biar kami takut??

    Coba kalau ada orang bogor yang di datengin debt collector kredivo, kirim message ke saya, biar saya bantu selesaikan dengan cara yang baik, bukan dengan cara marah marah menagih bahkan memeras.. ga usah takut.. masa di daerah sendiri takut sama pendatang.. mau gaya baku potong, baku pukul, diladenin..

    Nagih ya nagih, dibayar juga kok, ya saling ngerti aja, yang di tagih harus tetap usaha membayar pelan pelan untuk melunasi tagihan.. kalau yang menagihnya sopan, ya harus tetap di hormatin, tapi kalau yang nagihnya berlagak sok preman.. habisin aja..

    • 15 Oktober 2019 - (13:24 WIB)
      Permalink

      mohon bantu saya karena saya juga ada penagiahan kredivo, padahal sy sdh ada itikad baik mencicil 20% nya tapi mereka tidak mau tahu.

    • 4 November 2019 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Ini tiap hari nungguin kolektor kredivo kerumah tapi gak dateng2.
      Nagihnya dari chat Wa gak ada sopan2nya, pengen kalo ketemu langsung tonjok mulutnya.
      Kira2 kebal gak ya?
      Salam dari Kota Malang om 🙂

    • 6 Maret 2020 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Saya domisili Cibubur, bekerja di Sudirman. telat 11 hari tagihan kredivo dan sudah saya infokan kalo saya blm bisa bayar namun katanya mereka mau dateng (entah ke kantor atau ke rumah) sekarang. Saya sudah bilang percuma saja datang krn saya blm bisa kasih dana. kalau bgini maksudnya gimana? Mau cari keributan dan buat saya malu?

  • 21 November 2019 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Gw kesel sama kredivo gara” yang punya hutang siapa, yang di teror gw. Gak jelas bener berkali” kasih nomor orang yang ngutang tetap aja nelponin gw. Kurang ajar emang

  • 31 Desember 2019 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Sya infokan cra penagihan kolektor tdk mempedulikan kondisi konsumen,bnayak sekali pengancaman, contoh akan bermalam di depan rumah aknan ijin rt rw,padhl sdh info ada kendla hbis lahiran .akan ambil barang suruh gadai atau jual.

  • 6 Januari 2020 - (09:51 WIB)
    Permalink

    saya pagi ini tanggal 6 Januari 2020, pukul 9.14 ditelp pihak kredivo telat 11 hari, saya sudah utarakan anak saya dirawat di RS, nanti saya lihat dananya dulu dirumah, kolektor yang mengaku Rey terus mendesak saya, intimidasi saya agar hari ini segera dibayarkan. Permasalahannya apa betul kolektor kredivo membicarakan hal jumlah gaji saya, saya pergunakan beli susu, pampers dll sampai dibahas dalam penagihan?
    kurang etis sekali. Apakah mereka sudah bersetifikasi?

      • 7 Januari 2020 - (11:03 WIB)
        Permalink

        Kemudian, setelah lapor ke mereka-mereka itu, ada sudah terlihat ada manfaat/faedah dari tindakan pelaporan tersebut? Apa kemudian ada tindakan perlindungan, atau peneguran terhadap perusahaan ybs?
        Atau cuma “ditampung” saja pelaporannya?

  • 7 Januari 2020 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Semua ada aturan dan ada lembaganya masing2. Untuk hanya ditampung atau ada tindakan nya silakan tanyakan langsung kepada mereka.

    Kalo mau mengadukan ke polisi juga bisa kalo adanya ancaman, ke team cyber crime mereka.

    Yang saya infokan disini hanya lembaga pelayanan akan perihal penagihan yang tidak sesuai SOP, karena masih banyak juga orang2 yang belum tau akan lembaga tersebut.

    Terimakasih.

  • 10 Maret 2020 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Saya Daftar Kredivo Dan Di Beri Limit 20 Juta Tahun 2018 Dan Belum Pernah Nyicil Sama Sekali Sampai Sekarang, Kalau Di Tagih Aku Selow Ga Pernah Terpancing Emosi Senjataku Cuman 1 (Saya Ga Punya Uang) Lama Lama Juga Capek Mereka Nagih Nya, Dari Yang Setiap Hari Nagih Sampe Setahun Ga Nagih Nagih, Mungkin Capek Kali Ya Ktemu Orang Seperti Saya Hahahhahahaha

  • 23 Maret 2020 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Masa pendemi virus corona masih saja tiddak ikuti aturan ojk dan pemerintah. Debt kolektor makassar diperintah oleh bosnya dari kredivo jakarta untuk mendatangi rumah” yang orangnya pinjol sama kredivo tapi nunggak meskipun dikasi alasan baik juga mrk nda akan terima. Kredivo pro virus corona ..krn percuma saja kita dirumah tapi didatangi orang dari luar tdk pake masker dsb. Apakah itu tdk pro virus namanya?sayangnya kredivo belum dapat sanksi dari ojk. Tutup saja kalo membahayakan masyarakat dan tidak tunduk aturan pemerintah. Nama bosnya itu niko dari kredivo jakarta yg ngotot supaya menagih di makassar.

  • 6 April 2020 - (16:56 WIB)
    Permalink

    Masa saya baru telat 15 hari itu pun saya sudah cicil setengah , dan sisanya gak bisa cicil lagi karna posisi pandemi virus corona ini saya udah gak kerja lagi , tapi pihak kredivo gak mau tau dan mengancam akan ke rumah saya bila tidak di bayarkan hari ini juha

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Kredivo?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Apakah Begini SOP Cara Penagihan Kredivo?

oleh DCP dibaca dalam: 1 min
40