Apakah Begini SOP Cara Penagihan Kredivo?

Saya salah satu pelanggan Kredivo. Saya mempunyai keterlambatan pembayaran pada bulan Oktober tepatnya tanggal 3 Oktober jatuh tempo pembayaran dan saya belum bisa melakukan pembayaran tersebut dikarenakan saya membutuhkan biaya untuk pengobatan rawat jalan dengan dokter spesialis Onkologi yang terbilang tidak sedikit.

Pada hari Selasa tanggal 13 November tim debt collector Kredivo yang bernama De*** melakukan kunjungan ke kantor yang pada saat itu saya sedang cuti. Bpk De*** melakukan foto-foto untuk dokumentasi TANPA meminta izin terlebih dahulu kepada security yang sedang bertugas di sana sehingga menimbulkan keributan di kantor dan sampai terdengar oleh pimpinan saya. Bp De***mengatakan kalau saya tidak dapat dihubungi, padahal pada hari Sabtu sebelumnya Bp. De*** sudah menghubungi saya dan sudah saya katakan perihal permasalahan yang sedang saya hadapi dan saya akan bayarkan semampu saya.

Pada tanggal 9 dan 12 November saya sudah mencicil pembayaran semampu saya tetapi pihak debt collector tetap mendatangi kantor saya esoknya dan menimbulkan keributan. Parahnya Bpk. De*** tidak mau tahu mengenai permasalahan yang sedang saya hadapi dan terus menekan saya untuk melakukan pembayaran dan mengancam akan melakukan kunjungan kembali jika tidak ada pembayaran. Pemberitahuan dilakukan melalui pesan pukul 22.30, apa cara penagihan seperti ini termasuk SOP kah?!!

Ada 3 debt collector yang melakukan penekanan terhadap saya di sini. Saya infokan di sini kalo saya TIDAK ada niat untuk TIDAK melakukan kewajiban, tetapi memang kondisi saya yang lagi tidak ada uang karena habis untuk biaya berobat. Dan juga karena gajian saya pun hanya satu hari setiap bulan bukan setiap hari. Lagipula saya juga sudah usaha melakukan pembayaran walaupun tidak sesuai dengan yang dibebankan. Tolong hargailah itikad baik seseorang jangan malah menekan mereka dengan segala cara dan tidak memperdulikan kondisi seperti apa yang sedang mereka hadapi saat ini. Kita sama-sama manusia yang harusnya bisa lebih berperikemanusiaan.

Tolong Kredivo dipantau dan di-brief kembali para debt collector, apa sudah sesuai SOP kah cara penagihan yang dilakukan? Dan infokan saya juga biar saya tahu SOP penagihan yang diterapkan oleh Kredivo itu seperti apa, agar bisa saya info ke khalayak biar tidak terjadi kesalapahaman lagi. Dan mungkin team OJK nanti pun dapat membantu untuk mengoreksi jika terdapat kesalahan prosedur di dalamnya.

Bukankah begitu alur dan tugasnya masing-masing pihak? Mohon jika ada kesalahan kata dapat dikoreksi. Terima kasih.

Dwi Chandra
081135781**
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Penagihan Kredivo:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Dwi Chandra

Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberi tanggapan atas surat yang ditulis oleh Ibu Dwi Chandra di Media Konsumen pada...
Baca Selengkapnya

Loading...
Tentang Penulis
Dwi Chandra  

Remind yourself : The Life is a Test !

9 komentar untuk “Apakah Begini SOP Cara Penagihan Kredivo?

  • 15 November 2018 - (14:08 WIB)
    Kredivo sudah terdaftar OJK tetapi tidak punya hati, sayapun mengalaminya mba, janganpun mba yang sakit tidak terlalu parah masih bisa bekerja, ini saya stroke berat istilahnya sudah cacat terbaring dikursi roda tidak berdaya, kolektor kredivo marah2 bak preman jalanan beranting pula telinganya minta dibayar penuh tunggakan saya, saya bilang maaf pak saya sedang sakit, apa bpk tidak bisa lihat kondisi saya, dia jawab “itu bukan urusan saya toh bpk yang sakit”, malah dia berkata saya sudah biasa masuk keluar penjara (wow hebat sekali, sangat hina dimata Tuhan tetapi dia bangga sekali) saya harap kredivo pilihlah kolektor yang berkualitas cara penagihannya , malu lah udah masuk OJK ko Premanisme
    • 16 November 2018 - (08:55 WIB)
      Sepertinya belum terdaftar pak, karena saya tanyakan ke salah satu debtnya dia bilang “emang penting ya udah terdaftar atau belum di OJK?” Jelas disini mereka minim akan “Product Knowledge”, mereka hanya tau “Premanisme Performance” dengan cara melakukan berbagai penekanan terhadap customernya untuk membayar dan sudah tidak melihat SOP yang berlaku lagi.

      Saya yakin siapapun yg mempunyai hutang disini akan membayar kewajibannya jika memang mereka mempunyai uang untuk membayar (tidak dlm unexpected condition).

      Jika mereka tidak ada niat untuk membayar, hilang dari peredaraan, kabur dan sudah tidak dapat ditemukan, silahkan lakukan yg bisa dilakukan oleh team debcall kalo perlu minta bantuan pihak berwajib biar masuk dalam pencarian orang (DPO).

      Tetapi jika mereka memang dalam keadaan yg sulit, mereka tidak menghilang, mereka masih dapat ditemukan dikantor/dirumah, mereka masih berusaha membayar semampu mereka, berusaha berkomunikasi baik dengan debcoll apa pantas diperlakukan penekanan seperti ini, seperti yg telah Bapak alami juga.

      Saya turut prihatin atas apa yang terjadi terhadap Bapak.

      Semoga Bapak diberi kekuatan dalam menghadapi cobaan yang ada, diberi kesembuhan atas penyakit Bapak dan diberi kemudahan akan penyelesaian tanggungan Bapak.

      “Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya bila dibicarakan dengan baik”.

      Tetap Semangat ya Pak, Allah Hafiz 🙂

  • 16 November 2018 - (22:01 WIB)
    Coba lihat dari 2 sisi, di satu sisi anda menanyakan sop penagihan dan disatu sisi nasabah melanggar sop bahkan perjanjian kreditur,sebelum anda membuat tulisan ini apa anda sudah membaca syarat dan ketentuan? Banyak yg janggal ketika melihat penagihan, disatu sisi pihak tertagih merasa tidak nyaman akan kehadiran collector, disatu sisi anda sudah menggunakan dana pinjaman dan barang pembiayaan, anda mempertanyakan sop yg menurut anda salah, tp anda tidak melihat itu semua terjadi karena kesalahan kredit anda yg macet dan pada intinya jika anda memang muslim yg taat anda tau apa itu riba dan anda tau hukum riba tp anda melakukan praktek riba, muslim mengajarkan juga bahwa hutang dibawa sampel ujung hayat. Terima kasih
  • 24 November 2018 - (17:36 WIB)
    saya juga strezzz dg tagihan kredivo…sehari bisa 20× telpon…kalo ada uang saya akan tutup semua,,,kapok deh
  • 5 Juni 2019 - (19:02 WIB)
    Hello Semua Yang merasa Kecewa dengan Kredivo,Saya Sumpah Menyesal Mendaftar di Kredivo ,akun saya sangat mudah di hack orang dan langsung ada tagihan 800ribu Saya menyesal sekali.
    Kenapa Data Mudah di gunakan orang lain Belum ada 1 bln daftar dan belum pernah menggunakan limit kenapa akun saya langsung di hack orang . apakah saya wajib membayar sedangkan saya tidak menggunakan limit seperakpun. mohon tanggapanya kawan.
  • 22 Juli 2019 - (11:18 WIB)
    Sama juga sangat kecewa dengan sistem penagihan kredivo, saya telat sebulan karena kena pemutusan kerja dan gaji saya belum dibayarkan.
    Pada saat itu ada 3 debt collector yang menagih secara bersamaan dengan 2 melalui telpon dan 1 melalui email.
    Dan saya merespon dengan cukup baik dan bahkan saya mencoba beriktikad baik dengan melakukan cicilan pembayaran secara bertahap setiap 2-3hari dari hasil jualan saya selama tidak bekerja.
    Tapi disini debt collector tidak melihat iktikad baik saya dan selalu menekan bahkan berkata kasar melalui wa. Bahkan sampai tengah malam menghubungi saya. Dan begitu juga yang melalui email sampai membuat somasi, melaporkan saya ke polisi dan melaporkan saya dalam sidang pengadilan , bukan masalah piutang, melainkan daftar pencairian orang dan pengelapan dana ? ???
    Astaga..
    Padahal saya baru sekali ini telat sebagai konsumen setia selama 2tahun. Dan mereka juga tau record saya baik dalam pembayaran . Tapi bisanya mengirimkan email somasi, pelaporan kepolisian pengelapan dana, dan juga sidang pengadilan. Padahal debtcollertor direspon dan pembayaran selalu saya cicil walau masih alakadarnya.
  • 24 Agustus 2019 - (17:36 WIB)
    Jangan takut kalau debt collectornya datang ke rumah dan maksa untuk membayar, di daerah rumah saya ada 2 orang debt collector kredivo berlagak preman sudah babak belur di hajar teman saya, padahal tarung 1 lawan 1 sama teman saya, nangis nangis minta maaf, bilang mereka hanya digaji kecil dan hanya di suruh.. gaya orang timur, pake foto profile wa “satu darah maluku”, biar apa?? Biar kami takut??

    Coba kalau ada orang bogor yang di datengin debt collector kredivo, kirim message ke saya, biar saya bantu selesaikan dengan cara yang baik, bukan dengan cara marah marah menagih bahkan memeras.. ga usah takut.. masa di daerah sendiri takut sama pendatang.. mau gaya baku potong, baku pukul, diladenin..

    Nagih ya nagih, dibayar juga kok, ya saling ngerti aja, yang di tagih harus tetap usaha membayar pelan pelan untuk melunasi tagihan.. kalau yang menagihnya sopan, ya harus tetap di hormatin, tapi kalau yang nagihnya berlagak sok preman.. habisin aja..

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Kredivo?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Apakah Begini SOP Cara Penagihan Kredivo?

DCP 1 menit
9