Surat Pembaca

Cara Penagihan Hutang Aplikasi Bos Uang Mencemarkan Nama Baik

Saya mau sharing dan minta tolong diviralkan atau hanya untuk memperingatkan orang lain agar tidak pernah berurusan dengan aplikasi finance Bos Uang yang ternyata ketika saya cari tau adalah aplikasi ilegal.

Kesalahan dari salah satu keluarga saya (kakak perempuan saya) yang meminjam uang di aplikasi tersebut. Awalnya karena ada keperluan mendesak yang pada akhirnya kakak saya mengajukan pinjaman di aplikasi Bos Uang.

16 November 2018 adik saya bilang kalau saya di-invite di Grup WA. Saya cek ternyata grup itu bertujuan untuk menagih hutang kakak perempuan saya. Kurang lebih 50 orang bergabung dalam grup. Orang yang bergabung di grup itu adalah keluarga, teman, atasan di tempat kerja dan bahkan orang-orang yang hanya kenal kakak saya lewat medsos.

Sebagai adik tentu saja saya shock. Tiba-tiba ada grup WA dengan nama “HUTANG (nama kakak saya)” foto profil GRUP adalah foto kakak perempuan saya. Admin kirim 2 foto kakak saya dan chat seperti ini: “Orang ini banyak dicari kolektor karena utang dia dengan perusahaan ada di mana-mana. Hati-hati bagi yang mengenal orang tersebut .” “Selamat siang Bapak/Ibu . Saya dari agency penagihan. Bagi Bapak/Ibu yang mengenal (nama kakak saya) tolong sampaikan untuk perihal utangnya segera dibayarkan hari ini . Maaf telah mengganggu . Terima kasih!”

Tentu langsung saya japri no yang posting foto kakak saya. Gak lama kemudian dia telepon saya. Kurang lebih seperti ini percakapannya.

Saya: “Apa ini metode baru dalam penagihan hutang, bikin grup dan masukkan no yang tidak ada hubungannya hutang ini”

Kolektor: “Saya Ponco dari Cyber Agensi, bermaksud ingin menagih hutang ybs karena sudah telat 60 hari”.

Saya: “Cyber Agensi mana dari aplikasi apa? Dan berapa total hutang berikut bunganya?”

Kolektor: “Cyber Agensi dari Bos Uang, jadi Apk Bos Uang sudah menyerahkan kasus ini kepada kami. Dan meminta kami yang menagih.”

Saya: “Kenapa gak datangi ke alamatnya dan telepon ke kerabatnya, gak harus bikin grup kayak gini”

Kolektor: “Tim lapangan sudah datang tapi ybs tidak pernah di rumah, tanya tetangga juga dia ga pernah di rumah sudah telepon ke ibu, ayah dan adiknya gak ada yg angkat.”

Saya tanya alamat yang didatangi ternyata alamat rumah yang saya tempati juga. Saya 24 jam di rumah tapi sama sekali tak ada yang datang dari Bos Uang. Dan saya tanya siapa nama ibu ayah dan adiknya tapi tak dijawab. Saya tanya alamat kantor Cyber Agensi tersebut dan dia jawab “Kami Cyber Agensi, jadi kami bekerja melalui cyber online, pembayaran langsung ke rekening Bos Uang bukan untuk kami”

Oke saya ngerti. Apakah pekerjaan seperti itu tidak ada alamat kantor yang jelas? Apa mereka kerja di rumah masing-masing atau mereka cuma komputer? Anda bisa menilainya sendiri.

Yang sangat saya sayangkan kenapa cara penagihannya seperti itu. Bikin grup WA, menyebarkan foto kakak saya dengan memegang KTP dan kata-kata seolah kakak saya seorang penjahat. Bahkan ada salah seorang member yang komen bahwa kakak saya adalah mafia. Padahal yang komen cuma pernah kenal lewat medsos. Bisa anda pikirkan seberapa besar jangkauan orang-orang yang masuk ke grup tersebut.

Kakak saya setiap ada tagihan yang telepon pasti melalui saya dan pasti saya sampaikan, 1-2 hari langsung dibayar, ada buktinya. Kalau ini sama sekali tak ada yang telepon saya dan tak ada yang datang ke alamat yang dia sebutkan (alamat rumah saya). Dan menurut saya wajar jika orang yang berhutang tidak bayar pasti akan dikejar-kejar debt collector ke rumahnya terus menerus, tapi ini sama sekali tidak ada yang datang.

Akhirnya setelah berbicara dengan saya dia berbicara dengan kakak laki-laki saya. Dan banyak beradu argumen dengan kata-kata yang tidak mengenakkan.

Kami dari pihak keluarga yang sama sekali tidak tahu menahu jelas, merasa terganggu dengan apa yang mereka lakukan. Banyak orang di luar keluarga yang masuk ke grup, dan apa tanggapan mereka nantinya tentang kakak perempuan saya? Total hutang hanya Rp1.912.000 semua orang tahu bahkan wali murid anaknya juga ikut diundang bagaimana menurut Anda para pembaca?

Sore harinya dia ganti nama grup menjadi “MALING (nama kakak saya)” dan kirim pesan “tolong sampaikan ke si maling”

Astagfirullah. Ini kakak saya ga tahu kalau dia masih dijelek-jelekkan. Dan besoknya kakak saya bayar tagihan hutang tersebut dan saya share bukti pembayaran di grup. Tapi di grup itu ada banyak yang sudah keluar lalu bagaimana pandangan mereka terhadap kakak saya sekarang???

Setelah dibayar admin Ponco tak balas chat saya. Padahal di telepon dia sudah janji akan japri satu per satu no yang pernah masuk grup dan minta maaf. Dan ternyata hanya HOAX belaka. Diajak ketemu dia gak mau, padahal saya dan keluarga hanya ingin kalau dia minta maaf kepada kakak saya dan menagih janjinya setelah hutang dilunaskan.

Sekarang malah adik laki-laki saya yang kena. Mungkin karena admin Ponco itu kesal dimaki-maki oleh adik saya dia malah pakai foto adik saya di profil picturenya dan mengganti namanya menjadi nama adik saya. Saya dari awal balas chat admin Ponco gak pakai foto asli saya karena saya takut seperti ini, ternyata malah adik saya yang kena. Ini sudah benar-benar mengganggu dan membuat kami tidak nyaman.

Banyak orang di grup bertanya dapat nomor mereka dari mana karena no hp adalah privasi tapi dengan mudahnya orang lain dapat melacaknya. Apakah itu tindakan yang legal dilakukan oleh orang seperti mereka??

Saya ingin melaporkan ini ke polisi atas perlakuan yang tidak menyenangkan, pencemaran nama baik, dan identitas palsu (karena sudah menggunakan foto adik saya untuk hal seperti ini). Apakah ada diantara para pembaca yang mengalami hal serupa?

Yayang Birhatitin
0822973301**
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • ini tidak bisa dibiarkan, urusan utang ya utang tidak sepantasnya nagih utan seperti itu apalagi urusan utang orang lain jadi tau, laporkan saja biar mereka jera tuh para rentenir dan tuntut agar aplikasinya di blokir, pidanakan mereka, ini pelanggaran UU ITE

    • Saya juga ingin melaporkan mereka tapi kakak saya ga mau memperpnjng masalah dengan bawa2 polisi. Maksud saya juga supaya mereka jera, apa lagi sekarang orng yang bernama Ponco itu pakai foto adik saya di profil nya.

      • wah parah amat ya, knp ga di laporkan aja mbak, DC itu pake nama asal2an supaya klo di serang balik mereka ga kena, jng percaya klo bilang dari cyber, yang saya tau klo orang2 cyber ga sembarangan buka2 data orang lain. klo mereka bilang pake nama agensi harusnya mereka bisa kasih alamat agensinya. pakai logika aja klo orang berpendidikan proses penagihannya ga akan seperti itu, bisa kita liat proses penagihan kartu kredit bank2 mereka punya prosedur, dan ga asal main menyebarkan data orang. yg kaya gini yg harus di perhatikan, @OJK coba respon nya mana untuk masalah seperti ini. @LBH apakah bisa dibantu untuk masalah2 yg seperti ini....?????

        • Iya saya juga baru tau kalo kasus kaya gini udah banyak terjadi. Saya udh screenshoot semua bukti percakapannya, sayang hanya bisa melampirkan 1 foto saja. Harusnya DC sudah paham seperti apa krjaan mereka. Geregetan bgt saya, saya tantangin buat ketemu malah ga mau kasih alamat kantornya. Kerjaan cyber agensi juga bukan untuk ngurus utang piutang orang kali ya! No yg di gambar semua masih bisa di hubungi.

  • kasus ini bisa dilaporkan ke kantor polisi,sudah ada buktinya..dilaporin aja
    orang2 sperti mereka gak bakaln berani face to face,mereka beraninya cm di balik wa dan tlp dan mereka berani jelek2in kita krna gak akan yg dtg jg kekantor karna apa??krna mereka tidak akan memberikn alamat kantor mereka,,itu sudah aturan mainnya mereka
    sabar yaa,,biar ALLAH yang bales kelakuan mereka.

  • mungkin cm kss Ratna sarumpaet yg cpt di proses hahahhahhaha, kss merugikan sep ini ,mana ada pihak yg peduli ckckckckckckc

  • izinkan aplikasi membaca kontak? ya!/tidak!,,// dsinilah semua kontak itu di ambil,, saya jga mendapat pesan dri org" tersbut krna no hp saya disimpan di kontak yg meminjam, dn dimasukan ke group wa nya.., isi pesan tersebut sebuah ancaman, gmna rsanya sh di ancam tmpa tau sebab suruh sia A bayarlah klau gk kmu akan di ini itu tiap hari?,
    jdi yg mau minjam k pinjaman ilegal gitu tips dri saya hpuslah semua kontak ckup simpan kontak yg bsa bkerja sma dgan anda aja jdi ntar klau gk bayar tuh pinjaman jdi dah tau nomor" yg bklan didtangkan ancaman.. dn satu hal lgi pinjaman ol ilegal gitu berkemungkinan cma bertmpat satu wilayah tak mungkin buka cabang, klau didtngin toh tinggal cot aja tuh ptugas ke polisi krna tlah mengancam anda, saya sdah mmbuat lporan jga ke polisi dan menunggu kdatangan petugas pinjaman ol aja kerumah yg meminjam
    toh saya gk tau apa-apa kok saya yg diteror pesan" tdak mngenakan?,,,,

Penulis
Birhatitin Yyng