“JD.ID Event Amazing 11.11”, JD Golden Ticket yang Merugikan

Tanggal 9-11 November 2018 JD.ID mengadakan event Amazing 11.11 JD Golden Ticket, semacam flash sale untuk barang-barang elektronik dan fashion pada jam-tertentu tertentu. Aturan mainnya adalah pada saat waktu berlangsung, barang siapa paling cepat membeli golden ticket dengan harga 11 ribu maka berhak mendapatkan kesempatan untuk membeli barang-barang yang di-flashsale-kan dengan harga 111 ribu.

Pada kolom syarat dan ketentuannya, golden ticket hanya tersedia 110 buah saja, dan pemenang yang beruntung yang berhak membeli barang-barang tersebut akan diumumkan tanggal 19 November 2018, dan yang tidak beruntung akan dikirimkan voucher. Tambahan, barang yang di-flashsale-kan hanya 1 buah saja, dan saya baru menyadari bahwa event ini merupakan event perjudian/lotre yang terselubung, setelah saya berhasil membeli salah 1 golden ticketnya.

Pada tanggal 9 November 2018 pk 11.00 saya mencoba beli golden ticket-nya untuk smartphone, dan saya berhasil mendapatkannya. Awalnya saya mengira kok gampang sekali dapatnya (dalam hati seumur-umur baru kali ini dapet flash sale smartphone), kemudian saya memberi tahu rekan-rekan saya di kantor, dan mereka langsung mengecek untuk siap-siap ikutan juga di jam flash sale berikutnya.

Namun setelah mereka baca dengan teliti syarat dan ketentuannya, mereka bilang ke saya bahwa itu golden ticket nanti akan diundi lagi, jadi belum tentu sekarang saya dapat hp. Seketika itu langsung saya baca aturan mainnya lagi, dan memang seperti yang rekan-rekan saya bilang.

Pada tanggal 9 November 2018 pukul 13.00​ berbekal keberuntungan saya mendapatkan golden ticket tadi, ada teman saya yang minta bantuan untuk mendapatkan golden ticket untuk produk tas SUPREME, dan lagi-lagi saya berhasil, kemudian teman saya yang membayarnya. Notifikasi pembayaran berhasil dari JD.ID melalui SMS sudah saya terima untuk nomor pesanan 241065160​, namun beberapa saat kemudian pesanan di batalkan secara sepihak oleh JD.ID.

Saya sudah komplain lewat live chat yang jawab hanya robot saja. Pernah juga komplain lewat akun Instagram tapi gak ada respon. Hari ini juga saya komplain tapi dicuekin. Nilainya memang gak besar, cuma 11 ribu saja, tapi menurut saya kalo dibiarkan makin lama makin gak bener dan korban konsumen akan semakin banyak dirugikan.​

Tanggal 20-11-2018 saya mendapatkan voucher yang mereka janjikan, karena saya bukan merupakan para pemenang. Lucunya voucher-nya hanya 11 ribu saja (oke gapapa), yang lebih lucu lagi voucher hanya bisa digunakan untuk beli buku saja (ada di list) dan ada minimal order 50 ribu agar voucher bisa dipake. Saya coba lihat di Instagram JD.ID ternyata banyak orang yang mengalami hal serupa, bahkan ada yang sampai puluhan golden ticket.

Kejanggalan: Pembelian golden ticket itu seperti membeli barang, setelah dikirim kita diminta untuk membuat review. Di persyaratan tertulis hanya tersedia 110 ticket per produk, tapi di kolom review ada lebih dari 110 orang yang me-review. Padahal orang yang dapat me-review hanyalah para pembeli kan? Saya pikir JD.ID cuma memanfaatkan dana yang terkumpul dari para pembeli saja untuk diendapkan di bank sehingga dapat bunga nantinya, belum lagi voucher dari pembeli yang gak dipake.

Mukhlas Arihutomo
Sidoarjo – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Mukhlas Aritomo

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Mukhlas pada 22 November 2018 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk ““JD.ID Event Amazing 11.11”, JD Golden Ticket yang Merugikan

  • 22 November 2018 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Kemarin sempat kecewa gak kebagian golden ticket JD, lha masa baru sedetik aja udah habis. ? Tapi setelah baca ini merasa beruntung jg gak kebagian, lha wong dibalikinnya dalam bentuk voucher. ?

    E-commerce2 skrg pada berlomba2 bikin flash sale buat naikin “traksi” mereka buat ditunjukin ke investor kalo mereka sanggup mendatangkan pengunjung jutaan setiap hari. ? Lha skrg Bukalapak jg ikut2an kek JD.ID, bikin promo “Serbu Seru”, harga 11rb bisa dapat gadget harga jutaan. Tapi ya kemungkinan menangnya 1 banding puluhan ribu, karena sistemnya undian. Untungnya kalo ini dibalikin ke dompet digitalnya Bukalapak kalo gak menang, bukan dalam bentuk voucher. ? Tapi intinya sih sama aja, berlomba2 naikin daily active users buat naikin performa di mata investor..hehe.?

  • 22 November 2018 - (21:00 WIB)
    Permalink

    namax undian gak ada yg bener, yg bener tuch klo d Gojek yah Voucer2 yg kita tukar, truz bisa dpt pot ini itu , klo d bank lbh rumit lg, biasax cm nasabah Prioritas yg dpt hadiah dr pihak bank, misal nich dpt parcel ato bunga ato payung hahahahha, tp yg gn2 dpt HP, klian pkr toko ato e-commerce mau buang2 duit bg klian hahahahaha

  • 27 November 2018 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Tgl. 23-11-2018 sekitar pk. 1 siang lebih, saya mendapatkan telp dari CS Jd.id, intinya dia ingin meminta maaf atas keluhan saya entah dari live chat, IG, ataupun dari mediakonsumen. Mengenai golden ticket saya yang terbatalkan akan di bantu untuk refund ke rekening pengirim, dan voucher belanja khusus barang tertentu dengan min order akan dirubah tanpa persyaratan.

    Tgl. 27-11-2018 skitar pk. 9 pagi, saya mendapatkan telp lagi dari CS Jd.id, mereka menjelaskan tentang refund akan segera diproses, dan meminta kita untuk melihat mutasi rekening.
    Saya sempat bertanya, kenapa kok tiba2 saya dihubungi oleh Jd.id, padahal respon di live chat dan keluhan di IG aja tidak ditanggapi, dan ternyata keluhan di mediakonsumen.com ini mereka juga pantau, dan sepertinya lebih mereka pentingkan untuk diselesaikan, mungkin untuk menjaga citra saja. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada mediakonsumen.com, karena berkenan memposting keluhan saya sehingga dapat respon dari Jd.id

    Terakhir, saya melihat ada iktikat baik dari Jd.id untuk menyelesaikan permasalahan dengan konsumen, namun sebagai masukan untuk Jd.id kedepannya agar bisa tetap survive, jadikanlah konsumen itu sebagai prioritas, berikan perhatian lebih pada keluhan2 mereka, perbaiki respon live chat, karena itu adalah fitur penghubung antara jd.id dengan pelanggan, manusiakan mereka, perhatikan mereka, jgn dicuekin karena itu sangat menyakitkan, jgn sampai keluhan diblowup baru direspon. Untuk Jd.id, saya mohon maaf atas tulisan saya ini jika ada yg kurang brkenan. Makasih

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

“JD.ID Event Amazing 11.11”, JD Golden Ticket yang Merugik…

oleh Mukhlas Arihutomo dibaca dalam: 2 menit
3