JNE Tidak Memenuhi Janji, dan Tanggapan Customer Care Tidak Ada Tindak Lanjut

Saya mempunyai 2 kiriman paket JNE yang mana kedua paket tersebut menggunakan paket YES (Yakin Esok Sampai) dengan estimasi pengiriman maksimal 1 hari = 24 jam.

Kiriman pertama saya berasal dari Kota Medan yang dikirimkan ke Surabaya dengan nomor AWB 041510042447818 yang dilakukan pada tanggal 22 November 2018 pk. 16.14 dan harusnya sampai di Surabaya tanggal 23 November 2018 dengan maksimal sampai juga 16.14 (1 hari/24 jam).

Dan kiriman kedua saya berasal dari Jakarta yang juga dikirimkan ke Surabaya dengan nomor AWB 010471399256418 yang dilakukan pada tanggal 23 November pk. 01.13 dini hari dan jika sesuai estimasi maksimal sampai di tempat saya tanggal 24 November pk. 01.13 dini hari.

Untuk barang yang pertama saya sudah mengajukan komplain ke customer care karena barang saya baru rencana dikirim pada tanggal 24 November. Namun saya sudah meminta baik-baik kepada pihak customer care untuk mengirimkannya sebelum pukul 2 siang dikarenakan alamat tsb adalah alamat kantor saya yang pada hari Sabtu tutup pukul 14. Orang-orang di customer care bersikukuh bahwa mereka telah memberikan laporan dan memprioritaskan kiriman saya. Nyatanya dilapangan hal tersebut adalah nihil. Saya sudah bicara dari nada yang baik hingga nada tinggi kepada pihak customer care baik itu lewat telepon, Twitter, maupun lewat email.

Dan saat terakhir kali saya melakukan komunikasi via telepon dan menyatakan bahwa saya mau estimasi pastinya barang saya sampai kapan dan ada dimana sekarang, pihak customer care tetap tidak mau menghubungi secara langsung bagian operasional di Surabaya. Dengan alasan bahwa mereka berada di Jakarta dan tidak tahu menahu operasional telepon di Surabaya. Bayangkan sendiri bagaimana bisa salah satu kurir pengiriman terbesar di Indonesia bisa tidak tahu menahu telepon tanggapan masing-masing di cabang perwakilan di kota?

Dan saat barang saya tiba di tempat tujuan, saya ditelepon pihak kurir bahwa tidak ada orang di kantor (karena barang tsb baru dikirim pk 16. Dan otomatis kantor saya sudah tutup) dan kurir tsb menyatakan bahwa tidak menerima pelaporan untuk memprioritaskan kiriman saya agar dikirimkan terlebih dahulu karena kantor saya tutup. Lantas apa gunanya saya sebelumnya marah-marah tapi tidak ada hasil???

Lalu kurir tersebut mengatakan bahwa alamat saya yang awalnya dikirim ke kantor bisa dirubah ke pengiriman di rumah saya dan akan dikirimkan hari ini. Tapi hingga saat ini saat saya melacak paket kiriman saya status di tracking tidak berubah! Hanya status “new address”. So kapan barang saya mau dikirim? Janji pengiriman paket YES 1 hari tapi hingga detik ini tidak ada kejelasan. Kalau ujung2nya barang saya akan dikirimkan besok, Buat apa saya memilih kiriman paket 1 hari dengan pembayaran lebih mahal?

Begitu juga paket kedua saya yang menggantung tak jelas. Dan saya pastikan hal ini akan menjadi terakhir kalinya saya menggunakan jasa kurir yang tak profesional seperti ini! Lebih baik menggunakan jasa kurir yang baru karena mereka bekerja jauh lebih profesional daripada JNE.

Dian Cahyani Santoso Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ya anda tidak sendiri. Layanan YES dari JNE hanya kebohongan semata dan jangan pernah percaya. Masih ada kurir lain yg lebih jujur dan profesional daripada JNE