Dana Ditahan oleh BukaLapak dengan Alasan Sepihak

Saya pengguna atau konsumen Bukalapak yang sudah lama, tapi baru pertama kali menjual barang di Bukalapak. Namun baru pertama kali menjual barang, sudah dirugikan. Awal ceritanya, saya menjual satu smartphone saya Asus Zenfone 5 Ze620kl. Karena butuh dana cepat, saya terpaksa menjualnya di bawah harga pasaran meski second. Saya pasang harga 3 jutarupiah. Pas baru saja saya upload, sudah ada 3 orang yang kontak saya menanyakan stok. Dan yang beruntung berhasil mengorder hp saya itu satu kota dengan saya, cuma beda kecamatan, sekitar 20-25 KM jarak saya dengan dia.

Dia lakukan pembayaran di jam itu juga, malam hari. Lalu ada notifikasi kalau dana dari si pembeli sudah Bukalapak terima. Kemudian saya pilih terima pesan, dan pagi harinya saya langsung pergi ke jasa pengiriman J&T yang ada di kampung saya sekitar pukul 7-an.

Saya tanya ke pihak jasa pengirimannya, “Pak, ini saya mau kirim barang tapi jaraknya dekat, bisa dikirim hari ini juga gak ya?”(saya bilang begitu karena saya berharap bisa cepat uang penjualannya). Dijawab oleh kurirnya “Oh iya pak bisa, kebetulan kita mau berangkat untuk antar barang!”. Saya tanya lagi, “Bisa diterima hari ini kan pak?”. Dijawab “Iya pak, insya Allah bisa”. Senanglah saya dengar jawaban si kurir. Saat itu juga saya langsung dapat nomor resi pengirimannya. Namun karena ada kesibukan saya lupa dengan input resi itu.

Siangnya sebelum pukul 12 siang saya teringat kalau saya ada resi yang mesti saya input. Saya bukalah aplikasi Bukalapak untuk meng-input resi. Namun saya dibuat kaget ternyata cara memasukkan resi itu tidak semudah yang saya kira, mesti ada langkah-langkahnya. Mesti booking apalah saya gak tau, mesti dibuka di webnya Bukalapak, mesti di-print dan ditempel di paket yang saya kirim.

Karena saya kaget, saya telpon CS-nya Bukalapak, untuk menjelaskan kalau saya ini sudah kirim paketnya sejak pagi dan sudah dapat resinya, tapi saya tidak bisa input resinya karena saya tidak mengikuti metode yang Bukalapak tetapkan. Maklumlah saya baru pertama kali menjual barang di bukalapak. Singkat cerita si CS meng-input-kan resi yang saya dapat ketika saya kirim barangnya secara manual.

Naaaah permasalahannya mulai di sini. Selang 2,5 jam dari saya telepon CS Bukalapak, barang yang saya kirim sudah diterima si pembeli, dan konfirmasi penerimaan, plus kasih komen baik karena saya cepat mengirimnya dan kasih foto barangnya. Setelah saling kasih feedback bagus, saya dibuat kaget karena uang hasil penjualan HP saya itu tidak ada di aplikasi saya, alias tidak diteruskan ke saya oleh Bukalapak.

Saya di situ kaget dan saat itu juga saya telepon Bukalapak lagi. Dan jawaban si CS bikin saya kaget dan naik pitam, katanya penjualan saya itu tidak valid karena terindikasi penipuan, karena pengiriman dan penerimaan sangat cepat! Laaaah, kalau penerimaan cepet itu mamang salah saya? Terus seenaknya bilang saya melakukan penipuan?

Saya sudah jelaskan sejelas-jelasnya, kalau saya itu sudah kirim sejak pagi barangnya dan memang si pembelinya itu jaraknya tidak terlalu jauh, jadi wajar kalau di hari itu juga sampai. Kalau hitungannya jam dari sejak saya kirim ke jam penerimaan barang itu sekitar 7-8 jam. Tapi Bukalapak hitungnya dari saya telpon CS soal masukkan resi ke penerimaan barang cuma 2,5jam saja. Kalau masalahnya karena terlalu cepat barang diterima, terus kenapa pengiriman Gojek atau Grab tidak dipermasalahkan? Kalau misal di kampung saya ada Gojek atau Grab udah saya pake salah satunya, tapi karena tidak ada makanya saya pake J&T.

Tolonglah itu uang hak saya, saya sedang butuh uang cepat makanya saya jual HP saya di bawah harga pasaran. Malah ditahan oleh kalian. Kalian sudah mendzolimi saya! Saya sudah telepon CS berkali-kali sampai pulsa habis. Saya sudah email berkali-kali serta lampirkan foto resi yang saya dapat, karena CS Bukalapak memintanya. Malah saya suruh menunggu 5×24 jam untuk kalian cek dulu, yang belum tentu 5×24 jam itu uang saya kalian bayarkan.

Tolong berikan hak saya, itu bukan uang kalian, itu uang saya! Seenaknya saja kalian tahan uang orang lain! Ini nomor transaksinya 181515038824.

Rendi Setiadi
Kabupaten Subang – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Rendi Setiadi

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya