Emergency Contact Bank Mega Ditelepon Penagih ke Kantor

Saya adalah ‘Emergency Contact’ yang tercantum pada lembar pengajuan kartu kredit saudara saya. Awal bulan Desember 2018 ini, saya mulai dihubungi oleh pihak DC Bank Mega ke handphone saya. Karena saya berniat membantu saya terus merespon dan membantu DC tersebut untuk menghubungi saudara saya.

Berhari-hari, hingga kata-kata kasar dan penuh emosi pun keluar dari DC tersebut. Padahal saya tidak pernah kabur/lalai tidak mengangkat teleponnya.

Hingga, suatu hari DC tersebut mulai teror telepon ke kantor saya bisa sampai 10 kali dalam sehari. Mengancam operator saya untuk meneruskan kepada saya (padahal dia tidak menghubungi hp saya sama sekali). Kenapa harus menghubungi ke kantor dan memaki operator kantor saya? Dan saya tidak pernah sekali pun memberikan nomor telepon kantor saya kepada siapa pun, termasuk sebagai emergency contact. Saya merasa sangat terganggu, setelah saya tanyakan tahu dari mana mengenai nomor telepon saya pihak DC mengatakan dapat dari internet. Seharusnya ini tidak boleh dilakukan, karena sudah di luar dari batas data yang diberikan oleh bank.

Terlebih saya bukanlah pihak yang BERHUTANG.

Sungguh tidak pantas apabila DC tersebut sampai harus mencari tahu keberadaan kantor dan nomor telepon kantor saya dan berbicara dengan operator saya dan mengatakan bahwa SAYA BERHUTANG. Ditambah lagi DC tersebut mencari tahu alamat kantor saya, dan mengancam apabila saudara saya tidak segera membayar, DC tersebut akan menagihkan terus ke saya.

Ini sangat merugikan saya, karena saya hanya sebagai EMERGENCY CONTACT terancam kehilangan pekerjaan hanya karena ulah DC yang benar-benar tidak kooperatif. Saya selalu menghubungi saudara saya, dan hp-nya selalu tidak aktif. Hp saya selalu aktif dan apabila DC telepon saya bersedia MEMBANTU dan selalu angkat.

Namun, entah kenapa DC ini memberikan pressure berlebihan kepada saya sebagai EMERGENCY CONTACT dengan telepon ke kantor saya dan mempermalukan saya dengab kata-kata kasar.

Saya sangat tidak merasa nyaman dengan situasi seperti ini, dengan kata-kata kasar dan penuh tekanan. Di lingkungan maupun telepon pribadi. Terlebih mengancam menghubungi atasan saya sungguh membuat saya tidak nyaman dan ini sangat mengancam hidup saya.

Bersamaan dengan ini, saya sangat memohon untuk Bank Mega dapat menghapus segala data yang berkaitan dengan saya sehingga saya tidak dihubungi terus oleh pihak DC. Terlebih, apabila untuk pihak berhutang masih dapat dihubungi.

Kalau situasi ini terus menerus berlanjut, terpaksa saya akan melaporkan kelakuan debt collector Bank Mega sesuai dengan Pasal KUHP 310 KUHP mengenai pencemaran nama baik dan juga pasal 335 AYAT (1) KUHP, tentang perbuatan tidak menyenangkan dari bank Mega karena prosedur tidak sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No 11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu dan juga Surat Edaran BI No. 11/10/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

Terima kasih.

Daniel Hendarsin
0812115674**
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Mega atas Surat Bapak/Ibu Daniel Hendarsin

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Bapak/Ibu Daniel Hendarsin di mediakonsumen.com (14/12), “Emergency Contact Bank Mega Ditelepon Penagih ke Kantor“,...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Emergency Contact Bank Mega Ditelepon Penagih ke Kantor

  • 16 April 2019 - (01:27 WIB)
    Permalink

    saya dan istri juga mengalami hal yang sama padahal itu bukan hutang kami.
    apakah kita benar benar butuh “people power” untuk mengatasi ini? dengan cara beramai ramai datang ke KEPOLISIAN, OJK, BI, WALIKOTA, DPRD dan GUBERNUR atau bahkan PRESIDEN? karena hal ini sudah sangat meresahkan dan agar berita pelanggaran ini tersiar ke seluruh Indonesia
    bagi yang tinggal di Semarang dan sekitarnya silahkan hubungi saya,
    bagi yang diluar Semarang maupun yang dikita bisa melakukannya dengan hashtag di twitter agar menjadi trending topik dan membuat topik lalu vote ke change.org
    Semoga kita bisa
    Salam

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Emergency Contact Bank Mega Ditelepon Penagih ke Kantor

oleh Daniel Hendarsin dibaca dalam: 2 menit
1