Komplain Pembelian Mesin Bor di Online Shop Tokopedia

Saya beli mesin bor merk BOSCH di online shop TOKOPEDIA, nama Seller Maju Jaya 2 dengan nomor pesan: INV/20181210/XVIII/XII/244906001, dan dengan metode pembayaran cicilan kartu kredit di tanggal 10 Desember 2018.

Keesokan harinya saya terima produk tersebut dengan dibungkus kantong plastik kresek hitam dan hanya diselotip sedikit bagian atasnya. Dari awal penerimaan saya sudah curiga melihat paket yang terlihat asal-asalan, ketika saya buka plastiknya saya temukan kardus produk tersebut sudah usang, kaget pastinya namun saya masih berpikiran baik saja mungkin produk lama di toko yang tak laku-laku. Waktu saya buka kardus tersebut hanya saya dapatkan produk (mesin bor) dan buku panduan yang sudah lecak tanpa invoice dan kartu garansi. Jelas sudah yang saya terima adalah produk bekas/tidak original (logikanya walaupun produk lama pastinya ada kartu garansi kalau produk tersebut memang BARU).

Lalu saya komplen meminta kirim kartu garansi dan invoice. Info dari seller ini kalau produk dari distributor memang begitu adanya (tanpa kartu garansi). Hellooooo … saya beli produk merk terkenal (BOSCH) Tidak Ada Kartu Garansi ??? Sehari sebelumnya saya beli mesin gerinda dengan merk yang sama dan saya terima lengkap dengan kartu garansi dan invoice, sayangnya di seller tersebut mesin bor sedang kosong.

Seller Maju Jaya 2 meminta untuk retur saja dan refund dana, jelas saya gak mau, karena metode pembayaran saya cicilan kartu kredit. Kalau terjadi refund dana akan ribet sekali urusannya, kena charge pembatalan cicilan dan produk lain yang saya beli bersamaan dengan produk ini harus saya bayar full (tanpa proses cicilan). Saya tetap ngotot minta kirim kartu garansi dan invoice atau tukar barang, namun seller Maju Jaya 2 tetap minta retur dan refund.

Sekitar 2 tahun lalu saya pernah bekerja di online shop yang cukup terkenal di Indonesia. Saya tahu dan mengerti sekali TRIK LICIK seller-seller nakal macam begini, mereka akan kirim barang asal-asalan karena kalau nanti pelanggan komplain ya tinggal retur dan refund saja, selesai.

Dari pihak Tokopedia pun tidak ada bantuan yang berarti terhadap masalah saya. Online shop terkenal sekelas Tokopedia tidak mempunyai layanan telepon, layanan chat tersembunyi, saya tidak temukan walaupun sudah saya cari lewat Google. Akhirnya saya komplain melalui pesan di Facebook itupun tidak menghasilkan apa-apa, hanya template permintaan maaf yang dikirimkan.

CUKUP SUDAHLAH KEPERCAYAAN SAYA TERHADAP TOKOPEDIA, sudah bertahun tahun saya belanja online di berbagai toko online di Indonesia, baik besar maupun yang kecil, baru kali ini saya tertipu. Untuk Seller MAJU JAYA 2, silahkan makan uang haram kalian, tidak berkah bisnis yang kalian jalankan. Untuk TOKOPEDIA, jadilah online shop yang profesional, mengedepankan kepentingan pelanggan. Jangan iklan saja yang diperbanyak di televisi.

Wassalam.

Agung Wahyudi
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Komplain Pembelian Mesin Bor di Online Shop Tokopedia

  • 17 Desember 2018 - (04:09 WIB)
    Permalink

    mrp Zalora yg gak pnya no.telp customer ,yg ada cm chat lwt balasan datar sesuai data mereka, mungkin ke depan lbh hati2, rugi selisih kita belanja 200rb ato 300rb belanja di toko konvensional , ketimbang kena tipu toko online, coz resiko besar klo kita kena tipu.

    • 17 Desember 2018 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Ok Randy .. thanks masukannya .. sekarang memang harus extravaganza hati hati

  • 17 Desember 2018 - (15:35 WIB)
    Permalink

    HAHAHA Tokped memang gitu. Perusahaan robot customer service useless. Anda mendingan ditawarinn refund. Saya beli barang mahal, dikasi barang jelek mau minta refund atau penggantian barang ga dikasi sama sekali sama tokped. Ba*** emang

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Komplain Pembelian Mesin Bor di Online Shop Tokopedia

oleh Agung Wahyudi dibaca dalam: 2 menit
3