Surat Pembaca

Dibutuhkan Ketegasan dari Pihak Tokopedia

Saya ingin menuliskan surat ini kepada pihak Tokopedia agar dapat memberikan ketegasan kepada penjual maupun pembeli.

Pada tanggal 16 Desember 2018 saya menanyakan kepada salah satu penjual di Tokopedia dengan nama “Gitar Apple” untuk ketersediaan Ipad Pro 11 Inch 256 Gb Wifi Only dan apakah barang siap dikirim pada tanggal 17 Desember 2018 dengan Grab-Instant. Pada tanggal 17 pukul 01:00 dini hari, penjual memberikan jawaban “ready”dan kemudian saya melakukan pemesanan pada pukul 04:00 pagi.

Pada pukul 10:00 pagi di hari yang sama, saya mengirimkan pesan kepada penjual tetapi tidak ada balasan. Kemudian pada pukul 12:00 saya mengirimkan pesan lagi untuk menanyakan apakah barang tersebut akan dikirimkan. Penjual menjawab “”iya nanti boss, karena kita baru buka”, sampai di sini saya masih sabar menunggu.

Pada pukul 16:00 barang belum sampai dan status pesanan masih “pembayaran sudah diverifikasi”. Karena saya memerlukan barang tersebut secara cepat, maka saya membatalkan pesanan tersebut agar dapat membeli produk yang sama dari penjual yang berbeda.

Pembatalan pembelian tidak semudah itu, walaupun barang belum diproses bahkan status masih “pembayaran sudah diverifikasi”. Saya mengirimkan pesan melalui Tokopedia & Whats app, tidak ada balasan, bahkan saya menelepon, tetap tidak diangkat. Saya melakukan komplain kepada “Customer Service” Tokopedia, tetapi disuruh menunggu 1 x 24 jam karena pihak Tokopedia tidak dapat membatalkan dari satu pihak. Saya menunggu pesanan tersebut akan “expire“, tetapi penjual sangat pintar, 1 jam sebelum pesanan expire, maka pesanan tersebut akan diproses. Saya mengirimkan pesan kembali kepada pihak Tokopedia untuk membantu membatalkan pesanan saya, karena saya curiga dengan penjual dengan beberapa bukti sebagai contoh: pesan tidak dibalas dan ada juga pembeli lain yang sudah melakukan pesanan dari tanggal 15 Desember tetapi barang tidak sampai dan no resi yang dimasukan tidak dapat dilacak.

Pada tanggal 18 dini hari, penjual mengirimkan pesan “besok diinfokan boss”. Pada pagi hari saya menanyakan kembali kepada penjual tetapi tidak ada balasan. Saya menanyakan juga kepada pihak Tokopedia, tetapi jawaban sama hanya disuruh menunggu. Hari yang sama pada pukul 14:00 pesanan berubah menjadi terkirim (1 jam sebelum pesanan expire), tetapi no resi tidak seperti no resi yang biasanya digunakan pada Grab.

Pada pukul 15:00, penjual mengirimkan pesan kepada saya untuk masuk ke pusat resolusi agar mengajukan pengembalian dana, padahal saya sudah membatalkan pesanan pada tanggal 17 Desember pukul 16:00, hanya saja penjual tidak merespons dan pihak Tokopedia hanya menyuruh untuk menunggu.

Saya harapkan pihak Tokopedia dapat memperbaiki layanan “customer service” yang menurut saya sangat kaku, tidak membantu dan hanya seperti robot. Sehingga jawaban yang diberikan tidak menjawab komplain yang pembeli berikan. Saya juga mengharapkan pihak Tokopedia dapat dengan tegas memberikan sanksi kepada pengguna Tokopedia yang “nakal” dengan bukti-bukti yang ada.

Likoh Timothy Nicholson
0821760707**
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: