Sekali Lagi Zalora Mengingkari Janjinya dan Sekali Lagi Pula CS Sangat Mengecewakan

Bersama dengan ini saya kembali untuk menyatakan kekecewaan yang sangat mendalam kepada pihak Zalora yang semena-mena. Hal ini terkait dengan artikel yang telah saya publikasi sebelumnya di media konsumen mengenai produk yang salah kirim dan bagaimana buruknya perlakuan customer service Zalora terhadap konsumen.

Singkat cerita, Saya adalah pengorder dengan nomor order 287128246 yang mengikuti promo Harbolnas dan saat barang dikirim tidak sesuai dengan pesanan. Pada saat itu pula menyatakan protes kepada pihak Zalora atas produk yang tidak sesuai pesanan dan tidak menginginkan refund melainkan penggantian barang yang sama namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Sehingga pada akhirnya saya memutuskan menulis artikel untuk dimuat di media konsumen ini sebagai pembelajaran oleh pihak Zalora.

Dan sejak artikel tersebut disebar secara publik, pihak manajemen Zalora dengan sangat baik, cepat, & tanggap langsung menyetujui permintaan saya dan menawarkan produk serupa namun dengan ukuran yang berbeda atau refund uang. Pada saat itu saya dengan SANGAT SANGAT MENGALAH TERHADAP PIHAK Zalora dan betapa saya tidak menginginkan untuk refund kembali dana saya, saya memutuskan untuk mengganti ukuran di mana ukuran tersebut sudah disetujui dan dinyatakan ketersediaannya dan saya di-instruksikan untuk segera mengirimkan produk tersebut ke gudang Zalora. Dan pada hari itu pula sesaat setelah telepon tersebut ditutup saya langsung mengirimkan produk tersebut dengan pengiriman lewat JNE YES untuk mempercepat proses Q&C dan agar barang yang diinginkan bisa sampai ke tangan saya dengan cepat.

Setelah 4 hari sejak barang tersebut diterima (yakni sejak tanggal 19 Desember) masih tidak ada kabar mengenai bagaimana proses kelanjutan Q&C-nya. Oleh karena itu, pada tanggal 23 Desember saya kembali menanyakan kapan produk saya akan segera dikirim melalui fitur chatting di Zalora. Dan betapa kaget-nya saya bahwa pihak Zalora kembali MENGINGKARI JANJINYA yang seharusnya menukarkan produk tapi langsung dengan se-enak-nya me-refund kembali dana tanpa ada-nya konfirmasi kepada pihak konsumen terlebih dahulu dengan alasan bahwa produk tidak layak kirim.

Jika dipikir pakai logika apakah alasan seperti ini benar? Karena saat sebelum-nya pihak CS yang menelpon saya sudah menjanjikan dan memastikan serta mengecek di gudang bahwa barang tersebut ada, namun saat tiba waktunya barang tersebut dikirim pihak Zalora kembali membuat alasan yang sangat tidak masuk akal. Dan yang lebih mengecewakan lagi adalah keangkuhan dr customer service Zalora (saat itu CS yang menangani saya bernama Arum) dalam menyelesaikan masalah yang diperbuatnya kembali terjadi terhadap saya. Dan ini untuk yang kedua kalinya saya sangat tersinggung atas sikap angkuh yang dengan tidak sopan-nya langsung keluar dari obrolan di fitur chatting Zalora saat permasalahan antara saya dengan pihak Zalora masih belum terselesaikan hanya permohonan maaf singkat dan langsung keluar dari obrolan yang sedang berlangsung. Apakah memang seperti ini TRAINING yang kalian berikan kepada seluruh CS kalian?? Didiklah CS kalian dengan baik karena kejadian ini tidak sekali terjadi.

Sekali lagi ingatlah kalian bisa ada karena customer. Sekali customer dikecewakan, saat itu pula lah kepercayaan customer akan menghilang. Perlakukan customer dengan baik. Saya sudah cukup mengalah terhadap sikap Zalora dan sekali lagi saya mendapatkan perlakuan dengan SANGAT TIDAK MENGENAKKAN DAN SANGAT MERUGIKAN PIHAK SAYA!

Dan dengan ini dapat dipastikan ini adalah bentuk kerjasama terakhir saya dengan Zalora karena masih banyak online shop lain yang lebih baik dan lebih menghargai customer daripada harus berbelanja dengan sebuah online shop yang tidak pernah menghargai customer. Saya sudah cukup dikecewakan atas KETIDAKPROFESIONALAN KERJA Zalora dan tidak dihargai sebagai customer.

Dian Cahyani Santoso Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Sekali Lagi Zalora Mengingkari Janjinya dan Sekali Lagi Pula CS Sangat Mengecewakan

  • 2 Januari 2019 - (09:02 WIB)
    Permalink

    katanya update 2-3 hari kerja tapi kok hingga saat ini gak ada kabar sama sekali.. REALLY BAD REPUTATION !

    • 30 Desember 2020 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Dear zalora
      Saya telah order 2 produk dengan nomor pesan 265744439 tanggal 14 desember 2020. 1 barang sampai sesuai pesanan tanggal 18 desember 2020. Dan yang 1 nya nyasar. 21 desember 2020, sy confirm ke pihak pengiriman, katanya barang di kembalikan ke pusat, dengan alasan bad address. Padahal sebelumnya pesanan smua nyampe, dengan alamat yg sama. Lalu saya contact cs, yg berharap brngnya di kirim lagi. Ternyata mereka malah pilih refund, tanpa beri pilihan.
      Setelah 6 hri dana di kembalikan, tapi nominal tidak sesuai dengan jumlah yg telah saya bayar.
      Jika terjadi pemotongan untuk pngiriman. Kenapa harus di tanggung consumen. Yg jelas kesalahan bukan pada consumen.
      Bener2 ngerasa di rugikan sih ini.

      Kapok belanja di zalora.
      Nb. Chat dengan cs juga tdk fleksible. Seenaknya mereka close percakapan!!!

  • 20 Oktober 2020 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Dear CEO :Anthony Fung,

    I immensely disspointed in the service of your CS, who constanly trie to prove that zalora send the right product.
    I head CX department in Indonesia, and have worked with 2 different ecommerce before, who are also your competetion.
    One rule for my team, never argues with the customer. Especially if its a loyal customer, with good purchase and transaction behaviour, and then hear them out. Most customers dont have time to waste on chats with CUSTOMER service agents.

    I have been buying in Zalora Singapore since 2015 and ZALORA Indonesia since 2019.
    I am Amazon prime member in Singapore, USA and Australia.

    I placed an order for a dress Branded, Size US 8.
    When i received it , the tag was size 12. I dont care whether it says size 12 or 20.
    As a customer, i buy the same brand and same size every year, multiple times. It fits well.
    I have placed closer 5 dress orders for the same brand in last 1.5 year, with the same size, and never got it wrong.

    However this piece was 2 size bigger. When i complaint to your agent, he said, zalora delivered it correctly ( implying that, i have done a mistake).

    i shared him the pictures of the dress and the order. I also shared the size comparison of old dresses ( same brand, same size) and there is clearly a mistake on the brand, to tag it wrong SIZE.

    Your customer service was impolite, and kept insisting, ZALORA is rightfully delivered correct item. I refused to pay for the pickup. Its not about 15000 rupiah. If i can afford to buy 800.000 – 1.5 million dress every quarter, 15000 rupiah is peanuts.

    I order food, and i give away 15-20000 IDR , just as a tip.

    Its the principles. If zalora/ the brand has done a mistake, they need to pay for it.

    I was not only treated disrespectfully, but shown constantly by your agent , how ZALORA is right.
    I am very disappointed in how ZALORA treats customers. I have cancelled all the orders that my daughter placed using her account. I will be closing my own account as well.

    This is how ZALORA manages to stay back in the game.. losing another 1.5 million rupiah order, and losing 2 customers.

    This is a cost you bear, by not doing free pickup, and not apologising/ acknowledging that your brand must have wrongly tagged the wrong size to the item.

    How easy it was just to accept the return, make a free pickup. refund the money, and apologise. End of the matter…. but no… your agent has to show that zalora is right…!!!

    Pesanan #297949179 Dari 2020-10-18 08:49

    1
    1
    • 30 Desember 2020 - (11:16 WIB)
      Permalink

      komennya kayak pinter gt ya, tapi lebih pinter lagi kalo mungkin email lsg ya, ato di zalora nya langsung, atau buka surat pembaca sendiri gitu, hmmm

 Apa Komentar Anda mengenai Zalora?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Sekali Lagi Zalora Mengingkari Janjinya dan Sekali Lagi Pula CS Sangat…

oleh Dian Cahyani dibaca dalam: 2 menit
5