Pesan Laptop di JD.ID Hampir 1 Bulan Tidak Kunjung Dikirimkan, tapi Bonus Sudah Diterima

Selamat malam,

Dengan surat ini saya ingin mengeluhkan permasalahan saya mengenai pengiriman barang dari JD.ID yang sangat lamban dan aneh. Saya mengikuti program JD.ID Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang tepatnya pada tanggal 12 Desember 2018. Saya memesan 1 barang yaitu Laptop MSI GP63 Leopard yang kebetulan saat itu mendapatkan free Xbox Controller. Berikut data-data terkait:

  • No order: 245882980
  • Barang yang dipesan: 1 Unit MSI GP63 Leopard 8 RE + Free Controller Xbox
  • Tanggal Pesan: 12 Desember 2018

Pemesanan terjadi pada tanggal 12 Desember 2018, selesai melalui proses pengadaan dan sorting di DC MARUNDA pada tanggal 15 Desember 2018. Lalu tidak ada kabar lebih lanjut dari JD.ID walau diemail dan ditelepon.

Pada tanggal 24 Desember terdapat pengiriman paket dari Pos Indonesia, Tetapi bukannya laptop yang dikirim melainkan cuma Xbox Controller-nya saja. Pada aplikasi JD.ID di tanggal 25 Desember 2018 langsung di-update pesanan selesai. Keesokan harinya saya langsung menelepon JD.ID kembali untuk permasalahan ini dan alhasil dibuatkan laporan dan sayapun disuruh melaporkan menggunakan layanan Purnajual JD.id.

Pada tanggal 28 Desember terdapat tanggapan dari agen After Sale JD.ID melalui Email untuk melaporkan kembali jika barang tidak dikirimkan. Sayapun pada tanggal 30 Desember melaporkan kembali dan hingga sekarang tidak diberi kabar lagi.

Hal yang menjadi kejanggalan bagi saya adalah ketika tanggal 30 Desember, saya mencoba membeli barang kembali yaitu Mouse Pad melalui JD.ID dengan No Order: 248372098. Lalu pada hari yang sama yaitu 30 Desember barang tersebut sudah sampai pada DC Marunda untuk dilakukan penyortiran. Pada tanggal 31 Desember barang sudah dikirimkan dan sampai pada rumah saya yang jaraknya hanya 30 menit dari Marunda. Ini menunjukan ketidakefisienan sistem pengiriman JD.ID. Di mana pengiriman tanggal 11 Desember dan 12 Desember ditunda-tunda/dikebelakangkan. Tetapi order yang baru masuk langsung dikirim dan ditanggapi dengan cepat. Padahal banyak orang sudah komplain atas permasalahan ini, tetapi tidak di selesaikan/ tidak ditanggapi dengan baik oleh JD.ID sendiri.

Ini Pertama kalinya saya mengalami permasalahan yang cukup serius seperti ini dalam pengalaman berbelanja online. Saya sangat berharap JD.ID dapat membaca dan menanggapi pesan ini, serta menyelesaikan permasalahan ini secepatnya. Karena banyak orang-orang di luar sana juga yang mengalami nasib buruk yang sama seperti saya.

Saya juga berharap agar CS JD.ID bisa lebih responsif dan sigap akan permasalahan yang dialami oleh Customer JD.ID agar customer dapat merasa nyaman dalam berbelanja online di JD.ID. Saya juga berharap Sistem Logistik JD.ID tidak terbatas hanya bergantung pada JX Express saja, melainkan JD.ID harus dapat menyikapi pengiriman yang overload dengan bekerja sama dengan agen logistik lain seperti JNE, Gojek, Grab, dan alternatif lainnya yang mendukung sistem pengiriman pada JD.ID.

Sekian pesan dari saya, terima kasih.

Dede Franco
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Dede Franco

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Dede Franco pada 3 Januari 2019 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya