Surat Pembaca

Mohon Penjelasan JD.ID atas Pelayanan Customer Service

Saya melakukan pesanan di JD.ID tanggal, 7-12-2018 dengan no pesanan 244347434. Tapi hingga kini pesanan tersebut tidak ada kejelasan kapan akan sampai. Anehnya pesanan tersebut saat ini sedang berada di MEDAN, sedang lokasi pengiriman ke Tanjung Pinang.

Saya sudah tanya melalui live chat selalu diminta menunggu. Tanya lewat Twitter diminta untuk memberikan info via DM tapi tidak direspon. Sungguh aneh ketika saya bandingkan dengan CS online shop lainya, ketika CS minta dikirim detail via DM pasti dijawab. Di DM, di JD.Id memang luar biasa berbeda, ternyata tidak direspon, buat apa coba kasih saran untuk kirim DM hanya untuk dicuekin ?? Setelah saya cek ternyata bukan hanya saya yang tidak diacuhkan DM-nya, meski pihak JD.Id sendiri yang minta (silakan cek sendiri di Twitter).

Saya masih berpikiran positif oh mungkin sibuk (rada aneh juga kalau sibuk kan harusnya ketahuan tuh sibuk balas Twitter, setelah saya cek ternyata Twitter yang dikirim sudah 1 hari yang lalu ??? Lagi-lagi aneh, memang luar biasa JD.id.

Saya masih berpikiran positif akhirnya saya kirim email ke cs@jd.id menanyakan pesanan saya, dan sama saja jawabannya tetap muter-muter dengan alasan banyak pesanan ??? Kalau sudah tak sanggup handle pesanan kenapa masih terima order ?? Close saja dulu, selesaikan pesanan yang telah dibayar. Padahal saya minta jawaban logis, kenapa pesanan saya ada di Medan ?? Sedang saya di Tanjung Pinang (biasanya nih ya, online shop lain, jujur mau mengakui kesalahan apabila terjadi misroute kiriman paket (apalagi ekspedisi yang digunakan J-Express yang notabene masih 1 group ???).

Karena merasa dipermainkan dan tidak mendapatkan apa yang menjadi hak saya (meski hanya penjelasan yang logis dan jawaban DM), saya memutuskan untuk tidak berbelanja lagi di JD.id dan mengisi petisi di bawah ini :

https://www.change.org/p/lembaga-perlindungan-konsumen-boikot-jd-id-indonesia

Saya tahu dan sadar bahwa produk yang saya pesan ada unsur baterai sehingga harus dikirim lewat laut dan saya memahami itu. Yang saya harapkan adalah kejelasan dan tanggal pasti kapan pesanan saya dikirim lewat kapal. Tidak hanya disuruh menunggu tanpa jadwal pasti, sampai kapan, kita mau naik pesawat saja sudah pasti kapan kita berangkat.

Mudah-mudahan kali ini, apa yang menjadi keluh kesah saya ditanggapi dengan serius oleh pihak JD.id yg memang LUAR BIASA. Dan mudah mudahan yang selalu diiklankan “MAKE JOY HAPPEN” benar benar bikin “JOY” bukannya “JOKE”.

Wahyu Febrianto
Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Wahyu Febrianto

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Wahyu Febrianto pada 5 Januari 2019 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Iya memang sekarang layanan JD.id agak lelet, apalagi pas 12:12 lelet nya bikin pusing

  • Yang Terhormat
    Bapak Iwan Arigayota
    Head of Customer Service JD.ID

    Saya tunggu tunggu kenapa anda dan team anda tidak Menelepon saya ?
    Dan lebih luar biasa lagi hari ini saya dapat email yang menyatakan bahwa pesanan telah selesai??
    Bagaimana ini
    Padahal kalau saya track di jx expresd paket masih ada di medan

    Bagaimana pertanggung jawaban JD.ID ??
    Is it realy “Make Joy Happen ? Or “Make Joke happen” ?

  • Pesanan saya di JDid juga mengalami missroute, seharusnya ke SC Tegal namun dikirim ke SC Bandung dari tanggal 30 Desember 2018 sampai hari ini 14 Januari tidak perubahan. Saya harap permasalahan Anda dapat segera terselesaikan.