Proses Refund JD.ID Setelah Pesanan Dibatalkan Tak Kunjung Ada Kejelasan

Pada tanggal 21 Desember 2018 saya melakukan pembelian produk popok Pokana Pants seharga Rp144.000 melalui aplikasi JD.IDdengan no pesanan 247661549. Pada keesokan harinya suami saya juga melakukan pembelian produk berupa handphone dengan merek Samsung Galaxy J8 (4/64GB) Black seharga Rp2.874.000 dengan no pesanan 247738765. Pada tanggal 23 Desember 2018 dikarenakan statusnya dengan keterangan masih di-sorting di DC Marunda dan kami beranggapan barang yang kami pesan akan lama sampainya maka dari itu kami menggunakan fitur : “BATAL” Transaksi.

Pada tanggal 26 Desember 2018 saya menghubungi call center JD.ID di line telephone 1500618 dan diterima oleh customer service laki-laki (saya lupa namanya) untuk memastikan proses pembatalan saya sudah sampai di mana. Customer service JD.ID menginfokan kepada saya proses refund akan dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam di mana pihak JD.ID akan menghubungi saya via email atau telepon untuk proses refund. Namun, pada tanggal 29 Desember 2018 status refund saya masih belum ada kejelasan (tidak ada telepon ataupun email dari JD.ID) dan di aplikasi JD.ID status pesanan saya menjadi “LOCKED”.

Karena khawatir terhadap proses refund tersebut saya kembali menghubungi call center JD.ID di line telepon 1500618 dan diterima oleh customer service bernama Rizki (wanita). Setelah saya bertanya sampai di mana refund tersebut CS tersebut memberikan jawaban yang terkesan berbelit-belit. Dia menyatakan proses refund dapat dilakukan bila barang sudah diterima dan saya meng-cancel-nya kepada kurir yang mengirimkan barang. Padahal saat saya menelepon ke call center sebelumnya jawaban customer service yaitu saya cukup menunggu 3 x 24 jam. Karena rasa penasaran saya, saya bertanya kepada CS yang saat itu saya hubungi “sudah sampai di mana barang saya saat ini?” Namun pihak JD.IDtidak mengetahuinya.

Saya merasa sangat kecewa kepada JD.ID karena informasi yang berbeda-beda dari setiap customer service terhadap proses refund saya. Melalui surat pembaca ini saya berharap dana saya dapat segera dikembalikan dan JD.ID bisa meningkatkan pelayanan yang prima terutama pada saat customer melakukan pembatalan pembelian.

Salam hormat.

Meta Kurnia Utami
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Meta Kurnia

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Meta Kurnia pada 5 Januari 2019 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya