Surat Pembaca

Surat Terbuka untuk Debt Collector Pinjaman Online

Assalamualaikum WrWb., Selamat Malam untuk pembaca setia Media Konsumen,

Alasan mendasar saya menulis Surat Terbuka ini hanya sekedar untuk berbagi opini. Saya sendiri sebagai “Korban Pinjaman Online/Fintech”. Opini sifatnya tidak selalu benar, juga tidak selalu salah.

Pada dasarnya setiap manusia tidak bisa memilih dilahirkan/ditakdirkan untuk menjalani kehidupan dan situasi seperti apa yang akan dilaluinya kelak. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Contoh kecil yang sedang ramai adalah para korban pinjol.

Ada di mana situasi kita benar-benar terhimpit masalah ekonomi, benar-benar terhimpit dan sangat terjepit sekali, kita butuh pertolongan pinjaman dana, tetapi teman/saudara/kenalan, mereka juga sangat pas-pasan. Sangat egois jika kita terlalu cepat menilai bahwa mereka pelit, tega, dsb. Tentu sebagai “manusia” kita juga harus mengerti keadaan orang lain.

Datanglah iklan pinjol di Facebook, Youtube, dll. Penasaran, coba apply, APPROVE!! (wah enak ya, gak malu, gak ribet, 10 menit approve). Pasti awalnya beranggapan BISA BAYAR dengan gaji UMR kita ini. Tiba-tiba ada kebutuhan mendadak datang, orang tua sakit lah, adik butuh perlengkapan sekolah lah, dan sebagainya. Namanya orang hidup.

Terus si gaji UMR ini gak bisa buat nutup si pinjol pertama (Sebut aja Pinjol A), cari-cari deh di Playstore, dapat Pinjol B buat nutup si Pinjol A, dan begitu seterusnya. Di situlah awal mula kita terjebak. Sampai benar-benar habis aplikasi pinjol kita pakai dan yang tersisa hanya aplikasi-aplikasi fake yang cuma niat ambil data saja (lama-lama kita bisa bedakan mana yang asli pinjemin duit, mana yang cuma menyuguhkan pilihan aplikasi, mana yang cuma ingin ambil data) ?

Dan pada akhirnya kita berada di titik lelah dan berhenti. Atau mungkin sebenarnya sudah lelah tapi terpaksa terus gali lobang tutup lobang karena saking takutnya oleh bayang-bayang debt collector Pinjol yang kita baca di Media Online atau baca review di aplikasi tsb. Hanya kepada Tuhan kita berharap agar kita dapat jalan keluar terbaik karena kalau kita berharap terhadap sesama manusia, kita akan merasakan banyak kecewa.

Satu per satu debt collector mulai menelepon, chat WA, ada yang dimulai dari santun dulu terus lama-lama horor. Ada juga yang langsung horor. Suara & chat debt collector perlahan membuat kita stres, putus asa, “mengapa bisa sampai begini?” Cuma itu yang ada di benak kita.

Teruntuk kawan-kawanku, jika saat ini Anda memiliki 1 atau 2 pinjol, STOP! Jangan paksakan bayar dengan meminjam di aplikasi lain. Lebih baik telat dan mencari pinjaman lain yang tanpa bunga, misalnya dari teman, saudara, kenalan. Percaya saja, tidak semua orang jahat, tidak semua orang kesusahan, dan tidak semua orang beku hatinya. Tidak apa-apa Anda malu, tapi anda tidak jadi masuk ke jeratan rentenir online ini.

Untuk kawan2ku yang SUDAH TERLANJUR terjerat. Bersedekahlah, dekatkan diri pada Tuhan, terbukalah pada orang-orang terdekat, jangan nekat, jangan halalkan segala cara untuk membayar hutang Anda. Hutang uang bisa lunas, rasa percaya dari orang terdekat belum tentu datang 2 kali.

Untuk para Debt Collector Pinjol Yang Terhormat,

Kita semua tahu bahwa hidup tidak selalu lurus-lurus saja. Contoh kecilnya, jika hidup Anda (debt collector pinjol) Tanpa hambatan, mungkin saat ini anda tidak berprofesi menjadi debt collector. Mungkin saat ini Anda menjadi dokter, guru, pengusaha, atau profesi-profesi baik lainnya. Adakah seorang siswa sekolah yang ingin menjadi debt collector? Kalau ditanya pasti inginnya jadi dokter, pilot, polisi, TNI, astronot, dan profesi-profesi keren lainnya.

Jadi, dengan rendah hati Saya berharap agar Bapak/Ibu debt collector bisa mencari pekerjaan lain. Bapak/Ibu memang tidak mencuri atau menipu, tapi apakah ada sedikit di hati Bapak/Ibu terpikir “bagaimana ya, kalau yang ditagih adalah keluarga saya?” Atau siapapun orang yang Anda pedulikan. Saya yakin Bapak/Ibu debt collector dalam kesehariannya berhati baik, cuma karena target yang begitu tinggi Anda harus “ber-akting” untuk menjadi jahat. Tidakkah Anda gelisah menjalani hidup seperti itu? Tegakah Anda memberi makan anak, orang tua, atau adik-adik Anda dengan cara seperti itu? Cuma Anda dan Tuhan yang tahu. ?

Hidup tidak selalu di atas, tidak pula selalu di bawah. Saat ini Anda menjadi debt collector, bisa jadi tahun depan Anda diteror debt collector, tidak ada yang tahu.

Dulu saya marketing KTA/Personal Loan di sebuah bank selama 4 tahun. Saya sangat mengharapkan nasabah-n saya Approve agar saya mendapatkan komisi. Yang saya pikirkan hanya bagaimana caranya membuat nasabah-nasabah approve. TANPA memikirkan bahwa sama saja saya mengajak orang untuk terjerat dalam RIBA. Dan sekarang saya menuai hasil apa yang saya perbuat dulu. Sekarang saya sendiri terjerat dalam riba. Tuhan maha adil, sementara manusia maha rakus.

Semoga Surat Terbuka ini dapat mengetuk hati Bapak/Ibu debt collector dengan tidak lagi bekerja sebagai debt collector. Setidaknya Anda akan mendapat 2 hal yang tidak terbeli oleh uang, ketenangan dan keberkahan.

Terima kasih bagi yang sudah membaca surat saya ini, semoga tidak ada lagi korban-korban pinjol berikutnya.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Aditia Putri Azshry
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • saya sangat setuju dengan ini..semoga para debt collector tobat... kalian mati2an kejar target demi komisi yang mana itu dri hasil RIBA.. belum lagi kalian kadang mengintimidasi /mengancam..mepermalukan. apa yang anda dapet dari kerja macam begitu? apa gak kasian orang yang anda kasih makan dri hasil kerja begini?

    • Banyak permasalahan pinjol yang berawal dari ketidak tahuan bagaimana mengelola hutang jangka pendek ,hampir 1500 laporan melalui chat dan email mengawali dengan kata terpaksa meminjam dan ada juga yang iseng lalu “ketagihan”,sampai akhirnya “meledak”
      Solusi awal dalam menghadapi masalah ini adalah kejujuran dan keterbukaan kepada orang2 terdekat anda ,istri kepada suami,anak kepada orang tua,bawahan kepada atasan,APAPUN RESIKONYA

      Masalah anda sekalipun belum selesai akan terasa jauh lebih ringan dalam menjalaninya dan anda bisa terfokus kepada penyelesaian dan bukan masalahnya

      Kepada rekan rekan yang membutuhkan saran ,curhat dan konsultasi GRATIS silakan menghubungi rekan CS kami melalui WA :

      WA 0819-7709-0818 ( Enda )

      Semoga kami bisa membantu meringankan beban mitra yang membutuhkan teman bicara

      Salam KoFin
      KOFIN CONSULTING LAW PARTNER
      JL Kemang 1 no 11.Bangka ,Mampang
      Jakarta Selatan

      • Inginnya saya seperti itu bisa berbagi cerita ke suami, atau saudra" yg lain... Tapi semua itu tidak sya lakukan karna suami saya ringan tangn.. dan tak pernh mau mendengarkan penjelasan apapun dr saya...makanya sya skrng takut sekalo kalo DC dr pinjol yg belum saya bayar datang kerumah... Sedangkan saya sendiri telah keluar dr rumah itu karna ada hal yg gk bisa saya ungkapkan disini... Skrng ini jangankan untuk membayar mereka untuk makan pun saya masih kesusahan... Skrng saya hanya bisa pasrah pada allah... Dan berdoa semoga habis lebaran ini saya bisa mendapatkan pekerjaan baru dan bisa membayar hutang" saya pada pinjol sedikit demi sedikit entah sampai kapan lunasnya saya pun tak tau...
        Semoga bapk/ibu DC mau membuka hatinya membrikan keringanan dan maaf bukan saya tidak mau angkt tlpon atau baca wa karna pertama x saya terima wa dr DC itu sudah buat saya hampir bunuh diri padahal baru jatuh tempo 1 hari tp saya sudah di bilang maling,, dbilang tak beritikad baik, dan lain laun padahal disitu saya masih angkat tlpon dan membalas wa kalian.. saya tak akan lari dr tanggung jawab saya tp untuk saat ini saya benar" tak punya apapun untuk bisa dibayarkan.... Tolong bantu saya untuk bisa mengatasi maslah ini

  • Sangat betul sekali...
    Untuk pinjol Go Rupiah juga telah menyebarkan data dan foto adik saya di kontak hp milik adik saya..
    Kenapa masih ada saja pinjol yg seperti itu dimana otak dan hati kalian apa tidak bisa berpikir kah anda para dept Coll pinjol...saya masih simpan no wa kalian yg menyebarkan data adik saya...apa perlu saya tulis no wa dept Coll yg menyebarkan data adik saya di kolom ini atau saya laporkan ke polisi aj atas pencemaran nama baik??Terutama utk dept Coll aplikasi Go Rupiah...Mohon utk ditutup saja aplikasi ini bunganya sangat tinggi, pinjamannya jg TDK sesuai yg kita pinjam karna dipotong terlbh dulu dan kita mengembalikannya jg bunganya tinggi dlm jangka waktu 2minggu aj.

    • ga usah di bayar mba, kalo sampai mereka menyebar data /mempermalukan kita, untuk harga di permalukan itu tdk bisa di bayar dengan duit mereka

    • Banyak permasalahan pinjol yang berawal dari ketidak tahuan bagaimana mengelola hutang jangka pendek ,hampir 1500 laporan melalui chat dan email mengawali dengan kata terpaksa meminjam dan ada juga yang iseng lalu “ketagihan”,sampai akhirnya “meledak”
      Solusi awal dalam menghadapi masalah ini adalah kejujuran dan keterbukaan kepada orang2 terdekat anda ,istri kepada suami,anak kepada orang tua,bawahan kepada atasan,APAPUN RESIKONYA

      Masalah anda sekalipun belum selesai akan terasa jauh lebih ringan dalam menjalaninya dan anda bisa terfokus kepada penyelesaian dan bukan masalahnya

      Kepada rekan rekan yang membutuhkan saran ,curhat dan konsultasi GRATIS silakan menghubungi rekan CS kami melalui WA :

      WA 0819-7709-0818 ( Enda )

      Semoga kami bisa membantu meringankan beban mitra yang membutuhkan teman bicara

      Salam KoFin
      KOFIN CONSULTING LAW PARTNER
      JL Kemang 1 no 11.Bangka ,Mampang
      Jakarta Selatan

  • Ya..emg kita dengan terpaksa harus pinjem riba..krna saat kita pinjem ke sdra..teman dan lainnya kita tidak dapat trs kita ambil salah 1 jalan ke pinjaman online...jujur sangat menyesal knp harus pinjam ke online..semoga kedepannya kita bisa lebih baik..sampai saat ini saja saya masih dalam penagihan..yg saya sampai khilaf ada 5 aplikasi..yg semua nya sudah jatuh tempo..

    • Sama mbak saya juga lunya 6 pinjol dan itu semua sudah jatuh tempo...
      Maslh data saya belum tau soalnya belum ada yg hubungi saya tp gk tau juga sudah atau belumnya data saya disebar luaskan... Cuma salah satu pinjol pernh wa saya akan menyebarkan data saya dengan kata kata yg ya lumayan buat saya putus asa dan hampir bunuh diri...

      • Iya mba saya juga sama seperti mba. Saya ada 8 pinjol ( uangme, do-it, dana rakyat, shopintar, kredit pintar, akulaku, Rupiah cepat, tunai kita) yang saya pakai dan semua nya sudah keterlambatan bayar, saya di ancam akan di laporkan ke ojk dan akan di bawa ke hukum, data saya akan di sebarkan dan lain sebagai. Saya stres menanggapi semua nya, mana saya dipecat grgr pinjol juga mau kmna lagi saya cari uang kalau seperti ini dan mana bisa juga saya melunasi nya. Saya stress dengan semua ancaman pinjol itu apa lagi aplikasi uangme bilang dia akan kerumah aduh tambah takut saya mba. Was was banget apa lagi orang tua engga tau dan lagi ada masalah saya bingung.

    • Ya ad sebagian yg bisa di cicil...dan memberi solusi..tapi kalau kita sudah usaha cari pinjaman jg tidak dapat harus gimna lagi..emg nama nya hutang harus di byr..saat mereka meminjam kan ke kita jg mereka tidak pandaang sapa kita..entah sdra atau org lain..tali saat kita tidak bisa byr tepat waktu mereka jg akan mencaci maki..saya sudah mersakan itu semua..
      Jujur saat ini sudah hampir 1 bulan saya belum byr ..krna saat terima gaji jg sudah di potong hutang sana sni...dan saat mau byr buat cicilan pinjol..uang nya tidak ad..
      Memang berat memikir kannya..kalau ada yg dapat memberi solusi dan jalan kluar nya..yuk kita sma2 untuk tidak saling menjelk kan dan menjatuh kan..

  • Saya sendiri dipecat dari perusahaan karena ulah DC Dana Flash yang sengaja membuat group untuk menggalang donasi guna membantu membayar hutang saya.
    Hutang kecil, mengakibatkan saya tidak lagi memiliki pekerjaan. Sedangkan saya harus menafkahi 3 org anak seorang diri.
    Para DC tidak memiliki hati nurani karena telah menutup lahan rejeki para nasabahnya.

    • Ya..sebener nya dgn membuat gruop seperti itu apa hutang kita kan terbayar..tentu tidak..ini yg dinamakan menjatuh kan citra diri seseorang..
      Sebenr nya tidak perlu membuat group yg dapat membuat si punya utang akan kena PHK..krna dgn seperti itu memutus kan rezeki seseorang.. Mari kita saling menjaga itikad baik kita.

    • nasib kita sama mba??, jangan prrnah membayar aplikasinya lg , kalo sdh sempat di permaluKn

  • Tlong msukin ke grup wa dong 081224262527 saya terjerat 10 apliksi bunga ny sngt mncekik bngt

    • Banyak permasalahan pinjol yang berawal dari ketidak tahuan bagaimana mengelola hutang jangka pendek ,hampir 1500 laporan melalui chat dan email mengawali dengan kata terpaksa meminjam dan ada juga yang iseng lalu “ketagihan”,sampai akhirnya “meledak”
      Solusi awal dalam menghadapi masalah ini adalah kejujuran dan keterbukaan kepada orang2 terdekat anda ,istri kepada suami,anak kepada orang tua,bawahan kepada atasan,APAPUN RESIKONYA

      Masalah anda sekalipun belum selesai akan terasa jauh lebih ringan dalam menjalaninya dan anda bisa terfokus kepada penyelesaian dan bukan masalahnya

      Kepada rekan rekan yang membutuhkan saran ,curhat dan konsultasi GRATIS silakan menghubungi rekan CS kami melalui WA :

      WA 0819-7709-0818 ( Enda )

      Semoga kami bisa membantu meringankan beban mitra yang membutuhkan teman bicara

      Salam KoFin
      KOFIN CONSULTING LAW PARTNER
      JL Kemang 1 no 11.Bangka ,Mampang
      Jakarta Selatan

  • Kalu sudah terlanjur hadapi dengan senyuman.

    Kalo sdah ada maka segera dibayar.. Kalau pun tidak ada uang ya... Kita abaikan dulu aja lah..
    kalau pun di tlp ya... Diangkat...
    Klo pas lagi malas mengakat tlp...
    Tinggal kita blokir aja..

    Mudahkan...

    Kalau mereka mengancam...
    Biarkanlah...
    Save aja bukti ancaman..
    1x 2x 3x kita save aja dulu...

    Perusahaan seperti itu hanya mempekerjakan orang Untuk menagih saja...
    Ketika orang yang dipekerjakan penagihannya diluar batas kewajaran...

    Jika si pekerja tersangkut masalah akibat penagihan yg ditimbulkan...

    Perusahaan akan lepas Tangan...

    Buat para pekerja Desk Call...!!
    Kalian di Gaji berapa sih...??
    Kerja kalian cuma duduk di ruang ber AC
    Cuma untuk untuk tlp ke Nasabah yg lagi pada Nunggak.. Teriak-teriak di tlp untuk membuat nasabah supaya bayar..??
    Mereka sebetulnya mau bayar... Karena mungkin ada suatu keadaan membuat mereka tidak mampu bayar..
    Jadi ga usahlah kayak gitu" pakai main ancam. Teriak teriak... Stres sendiri malahan kalian.
    Klo emang nasabah tersebut ga mampu... Mau km tempelin golok ke leher...
    Klo punya uang pun suruh milih buat beli susu anak apa bayar hutang... Tetep pilih
    Beli susu anak..

    Klo pun gagal bayar... Itu resiko bisnis bos...

    Dan bagi perusahaan...
    Kalo orang punya duit ga bakalan minjem online boss....
    Perusahaan km sendiri yang kasih pinjam uang dengan mudah...
    Kalao kasih pinjaman pakai jaminan yg memadai...
    Di ikat dengan hukum dan aturan yang jelas..
    Hak Tanggungan atau Dengan Fiducia..
    Kadang aja masih ada nasabah nunggak
    Apalagi yang tanpa jaminan

    Lho pikir ngapain nasabah pinjem kalo punya uang... Ato sedang terlilit hutang..
    Hari gini kasih pinjem duit tanpa jaminan...

    Mikir...

    • Setuju. Komen ini sesuatu banget.
      Perusahaan Fintek brengsek juga ngasih data ke pihak ketiga. Pihak ketiganya brengsek ga ada etika penagihan.
      Semuanya harus DITUTUP!!!

    • Ohyah sy setuju,
      Tapi kira2 kalau tlpnya kita gak angkat2 dampaknya parah tdk yah?
      Soalnya ad 1 pinjol yang sm sekali sy gak angkat (karna pinjol yang sebelumnya itu tlp2nin trus)

  • Artikel yg sangat bagus. Sy dulunya hampir terjerat dengan rayuan iklannya dan tanpa jaminan, tapi setelah buka playstore dan baca ulasan dari beberapa orang banyak yg mengeluh tentang cara DC nya menagih dgn cara kasar. Akhirnya sy urungkan niat untuk download aplikasinya dan cari pinjaman lain, memang sih tidak sebanyak yg di tawarkan oleh pinjaman online, tapi setidaknya bunganya rendah hanya 1% perbulan dgn jaminan bpkb.

  • Hai smua . Ap ad pihak ojk atw team pinjol yg mnwrkan bntuan agr hutang qt bisa mrka bntu. Tp ad biaya admin ny ..
    Dn semua apliksi akn hntikan oleh pihak ojk u tidk mngih slm 2bln . Dn bunga d hntikan . It bnrn g ya .
    1 gie team pinjol twrkan ccln u smua apliksi dng lmit 10jtaan . Klo lbh dri it hrus byr dlu ssnya . Nah yg 10jt boleh d ccl slm 1thn..
    Bnran g y. Ad yg pernh stju dng phk mrk. Infony dong biar sya tdk terjbak.
    Soalny dri td sya ragu .. Png cpet lunas tp tkut mlh terjbak .. ??

    • coba buka website OJK / tanya langsung ke OJK via email. dibalas kok walaupun lama. setau Saya OJK & LBH belum bisa menangani secara kongkrit permasalahan Pinjaman Online (Koreksi Saya jika salah)
      apalagi memberikan dana talangan untuk melunasi pinjaman online. Saran Saya Mba berhati2, jaman sekarang penipu bisa berkedom sebagai siapa saja. jangan sampai kita sudah jatuh tertimpa tangga. Saya berdoa Mba & Temen2 disini segera dapat jalan keluar. Saya jg terjerat tapi mulai gajian januari kemarin Saya cicil2in hutangnya 200rb/300rb per-Aplikasi. kita jg harus adil kalau ada hutang dibeberapa tempat. jelaskan saja kpd Collection yg menagih. daripada kita ga masukin uang sama sekali. mendingan dibayar kan walaupun cicil? lagipula itu sbg tanda bahwa kita benar2 ber-itikad baik untuk membayar pinjaman sampai lunas.

      • Mba adtya.. Mmng boleh y d ccil stiap bln. Soalny sya jg gjianny blnn ..
        Sya jg png cpt klwr dri pinjol .. Sdh lelah ...

      • hai mba salam kenal ya saya Lia. saya mau tau dong gimna caranya itu dicicil ya.
        Mereka datang ke rumah atau bagamna ya mba. Soalnya saya juga mau menyelesaikannya.

        Trims

    • Banyak permasalahan pinjol yang berawal dari ketidak tahuan bagaimana mengelola hutang jangka pendek ,hampir 1500 laporan melalui chat dan email mengawali dengan kata terpaksa meminjam dan ada juga yang iseng lalu “ketagihan”,sampai akhirnya “meledak”
      Solusi awal dalam menghadapi masalah ini adalah kejujuran dan keterbukaan kepada orang2 terdekat anda ,istri kepada suami,anak kepada orang tua,bawahan kepada atasan,APAPUN RESIKONYA

      Masalah anda sekalipun belum selesai akan terasa jauh lebih ringan dalam menjalaninya dan anda bisa terfokus kepada penyelesaian dan bukan masalahnya

      Kepada rekan rekan yang membutuhkan saran ,curhat dan konsultasi GRATIS silakan menghubungi rekan CS kami melalui WA :

      WA 0819-7709-0818 ( Enda )

      Semoga kami bisa membantu meringankan beban mitra yang membutuhkan teman bicara

      Salam KoFin
      KOFIN CONSULTING LAW PARTNER
      JL Kemang 1 no 11.Bangka ,Mampang
      Jakarta Selatan

  • Banyak permasalahan pinjol yang berawal dari ketidak tahuan bagaimana mengelola hutang jangka pendek ,hampir 1500 laporan melalui chat dan email mengawali dengan kata terpaksa meminjam dan ada juga yang iseng lalu “ketagihan”,sampai akhirnya “meledak”
    Solusi awal dalam menghadapi masalah ini adalah kejujuran dan keterbukaan kepada orang2 terdekat anda ,istri kepada suami,anak kepada orang tua,bawahan kepada atasan,APAPUN RESIKONYA

    Masalah anda sekalipun belum selesai akan terasa jauh lebih ringan dalam menjalaninya dan anda bisa terfokus kepada penyelesaian dan bukan masalahnya

    Kepada rekan rekan yang membutuhkan saran ,curhat dan konsultasi GRATIS silakan menghubungi rekan CS kami melalui WA :

    WA 0819-7709-0818 ( Enda )

    Semoga kami bisa membantu meringankan beban mitra yang membutuhkan teman bicara

    Salam KoFin
    KOFIN CONSULTING LAW PARTNER
    JL Kemang 1 no 11.Bangka ,Mampang
    Jakarta Selatan

Penulis
Aditia Azhr