Lifetime Warranty Treadmill Kettler Mengecewakan

Percaya pada awalnya dengan nama besar KETTLER sebagai produk alat olahraga dan PT. Maharupa Gatra (MG SPORTS) sebagai pemegang merk KETTLER di Indonesia, ditambah dengan slogan LIFETIME WARRANTY (garansi seumur hidup).

Pada tanggal 30 Januari 2017 saya membeli produk KETTLER TREADMILL PACER BLACK 7888 100 di KETTLER Istana Plaza Bandung (MG SPORTS & MUSIC), dengan Nota No. MG043/EUIS/2017, seharga Rp19.755.000 (bukti terlampir).

Pada sekitar bulan OKTOBER 2018, treadmill mengalami masalah di monitor dan keypad control speed dan incline, di mana ketika dipakai lebih dari 20 menit speed dan incline berubah sendiri (kecepatan bertambah/berkurang dan menanjak/menurun sendiri), sangat membahayakan sekali terlebih ketika orang tua yang sedang diatas treadmill tersebut.

Akhirnya saya menghubungi pihak KETTLER Bandung, dan diberikan kontak teknisi dengan nama Bpk. Dede. Tanpa pengecekan unit, teknisi hanya meminta saya mendokumentasikan saat treadmill dihidupkan dan meminta saya mengirim via Whatsapp. Akhirnya sesudah video dikirimkan, teknisi melakukan kunjungan dan membongkar panel monitor serta mengganti 2 “kaki” dari tombol speed/incline. Sebagai info, treadmill tersebut hanya digunakan untuk pemakaian pribadi dan dipakai maksimal 30 menit, 2-3 kali seminggu.

Setelah perbaikan saya tidak sempat mencoba karena kesibukan saya, dan baru dipakai untuk olahraga kembali sekitar bulan Desember, treadmill kembali error (speed dan incline berubah sendiri), semakin parah karena rusak hanya dalam pemakaian sekitar 10 menit saja (speed dan incline berubah sendiri).

Saya kembali menghubungi teknisi, dikatakan bahwa panel kontol rusak dan harus diganti 1 panel. Kemudian saya menghubungi service center MG Sports Jakarta (Pusat), dan mempertanyakan kenapa treadmill rusak (TIDAK BISA DIGUNAKAN) padahal usia pemakaian baru 1 tahun lebih, dengan AROGAN direspon oleh pihak service center bahwa walaupun harga mahal bukan berarti tidak akan rusak. Luar biasa, berarti meskipun KETTLER merupakan brand yang cukup ternama, dan dengan harga yang cukup mahal, masih dianggap NORMAL apabila dalam jangka waktu 1 tahun lebih TREADMILL KETTLER SUDAH RUSAK HINGGA TIDAK BISA DIGUNAKAN LAGI.

Sejak saya mengajukan komplain sekitar bulan Desember baik kepada teknisi dan MG Sports Jakarta, saya tidak pernah mendapatkan update kabar apapun baik dari teknisi (Bpk. Dede) maupun dari pihak MG Sports Jakarta. Baru kemudian pada bulan Januari, saya berinisiatif sendiri untuk kembali bertanya kepada teknisi dan dijawab sedang mengajukan penggantian monitor kepada pihak jakarta dan akan memakan waktu selama 3 bulan(?).

Apakah ini yang dimaksud dengan lifetime guarantee? Dimana dengan pemakaian seminggu 2-3 kali selama 30 menit dan dalam jangka waktu 1 tahun lebih produk TREADMILL KETTLER seharga hampir Rp20 juta SUDAH TIDAK DAPAT DIGUNAKAN dan menjadi barang rongsokan/pajangan rumah?. Dan saat mengklaim garansi (dimana sewaktu pembelian pihak sales dengan sangat meyakinkan mengatakan garansi seumur hidup), baik MG SPORTS JAKARTA maupun teknisi sangat TIDAK KOMUNIKATIF DAN CUSTOMER ORIENTED, di mana apabila saya tidak menghubungi maka tidak ada info juga kepada saya selaku konsumen?.

Ternyata nama besar KETTLER dan harga produk tersebut SAMA SEKALI TIDAK mencerminkan after sales dan kualitas barang, terlebih ketika terdapat masalah produk. Cenderung hanya bisa menjual produk dan tidak peduli terhadap konsumennya, terlebih ketika ada kerusakan membutuhkan waktu yang SANGAT LAMA dengan alasan suku cadangnya tidak tersedia. Lebih baik sales toko tidak perlu merayu calon customer dengan lifetime warranty apabila tidak terjamin ketersediaan suku cadangnya untuk produk yang bersangkutan.

Berhati-hatilah dan berpikirlah ulang sebelum membeli produk KETTLER, supaya tidak bernasib seperti saya, dimana keinginan untuk berolahraga dan sehat, tetapi dalam waktu 1 tahun lebih anda akan memiliki barang pajangan/rongsokan di rumah dengan merk KETTLER, tidak komunikatif dan tidak customer oriented, diminta menunggu lama untuk spare part, dan kerusakan fatal sampai barang tidak bisa dipakai lagi pun masih dianggap normal oleh pihak MG SPORTS selaku pemegang hak merk KETTLER di Indonesia.

Freddy Gunawan
Bandung – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Gimana gan skr komplainnya apa sudah ditanggapi? Saya rencana mau beli treadmill kettler jg nih

  • Wah betul. Barusan lihat2, MG Sport katanya agen resmi kettler di indonesia. Tapi setelah lihat komplain ini jadi agak ragu. Apalagi kalau cuma lewat online, tidak bisa datang ke tokonya langsung.

  • Gara2 covid,tmpt fitness tutup, jd kepikiran beli treadmil.. klo liat brandnya mengarah ke life fitness (d tmpt fitnesan) atau kettler (brandnya terkenal, ad servis resminya jg). Cm hbis baca kisahnya kok jd ragu2 ya.. apa gw mending beli yg merk2 biasa yg cm 5jtaan aj apa ya.. sambil berharap covid udh beres dlm setahun.. fitnessan udh buka lg..

  • Halo semua.. kebetulan sy juga user treadmill kettler.. kemungkinan besar kejadian diatas sama halnya dengan kondisi treadmill dirumah (sy pakai track S6) yaitu tombol konslet, jadi suka beralih mode sendiri, pemakaian 15 bulan.
    tapi berbeda pelayanan yaa yg kami dapatkan..
    Begitu rusak, kami komplain ke sales advisor tempat sy membeli (di PS jakarta) kemudian beliau yg bantu ajukan komplain ke service center..
    memang respon dr service center lama, jadi kudu di follow up terus..
    Setelah teknisi datang (anw domisili kami di kalimantan selatan, jd unit dikirim pake cargo dr jkt-kalsel) ternyata konslet diakibatkan keypad yg rusak, air yg merembes (mungkin keringat / kena spray desinfektan)...

  • Saya juga baru membeli kettler di bulan mei dan baru 3 bulan udah rusak dan keluar tulisan E2 atau E3 sampe sekarang tidak ada penggantian part dan tidak bisa dipake