Kartu Kredit BRI Tidak Pernah Ada Kejelasan, Terkesan Mempermainkan Nasabah

Cerita ini lanjutan dari cerita pengalaman saya berurusan dengan pengajuan kartu kredit Bank BRI. Sedikit flash back, sebelumnya tanggal 17 Desember 2018, saya mendapatkan sms bahwa pengiriman kartu saya gagal, dan sejak tanggal 17 Desember 2018 saya terus menerus menghubungi 14017 dengan no. pelaporan 67975 menanyakan kejelasan pengiriman kartu kredit saya.

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan bahwa info yang saya dapatkan dari CS 14017 selalu berbeda beda, dari pertama yang infonya bahwa kurir tidak dapat menemukan alamat kantor saya, terus kurir tidak dapat menemukan saya, terus saya tidak dikenal di kantor. Hingga tanggal 11 Januari 2019, saya mendapat telepon dari nomor telepon. +0622130049800 sekitar pukul 2 siang yang mengatasnamakan dari Bank BRI bagian pengiriman kartu kredit. Info yang saya dapatkan bahwa kartu kredit saya tersebut sebenarnya diretur dan saat ini dalam proses kirim ulang dan dijanjikan akan bisa saya terima dalam waktu 1 hari kerja. Jika benar 1 hari kerja, berarti kartu kredit tersebut sudah pasti akan saya terima pada hari Senin tanggal 14 Januari 2019 dan paling telatnya pada hari ini tanggal 15 Januari 2019. Namun hingga hari ini saya pun belum ada menerima kartu tersebut.

Dan hari ini tanggal 15 Januari 2019 saya mencoba menghubungi 14017, dan info yang saya dapatkan benar-benar membuat saya kecewa dan marah. Sekitar pukul 3 siang saya menghubungi 14017, info yang saya dapatkan bahwa ternyata estimasi saya mendapatkan kartu kredit tersebut adalah 14 hari kerja terhitung dari tanggal 18 Desember 2018. Dan terkait dengan hingga hari ini saya belum mendapatkan kartu kredit tersebut, akan dibuatkan pelaporan baru dengan estimasi 14 hari kerja kembali terhitung sejak hari ini tanggal 15 Januari 2019, dan jika dihitung kembali 14 hari kerja. Berarti paling telat tanggal 4 Februari 2019 kartu tersebut bisa saya terima, itu juga jika tidak ada kendala.

Di sinilah timbul kekesalan dan pertanyaan di kepala saya. Bagaimana profesionalitas pihak bank sekelas Bank BRI yang disini terkesan seperti mempermainkan nasabah? Bagaimana bisa info yang saya dapatkan selalu berubah-ubah dan tanpa ada kejelasan ?

Sedikit intermezzo, sebenarnya sebelumnya saya sudah mendapatkan info dari orang-orang yang pernah berurusan dengan Bank BRI terkait dengan pengajuan kartu kredit tersebut yang mengalami masalah yang sama. Awalnya saya mengira mungkin saya rekan-rekan saya sedang tidak beruntung saja disaat tersebut, oleh karena itu saya mempercayakan untuk mengajukan kartu kredit di Bank BRI dan menolak pengajuan kartu kredit dari bank lain. Namun, ternyata hasil yang saya dapatkan tidak jauh berbeda dari rekan-rekan saya yang mana pihak Bank BRI hanya mampu sekedar memberi omongan dan alasan tanpa ada kejelasan.

Jika dibandingkan dengan bank-bank lain penerbit kartu kredit, baru Bank BRI ini lah yang bagi saya sangat tidak profesional dan sangat bertele-tele, terkesan mempermainkan nasabah. Singkat saja, tanggal 17 Desember 2018, kesalahan kurir saya harus menunggu 20 hari kerja, tanggal 15 Januari 2019 info dari CS 14017 ternyata bukan 20 hari kerja melainkan hanya 14 hari kerja, dan akan diproses ulang 14 hari kerja kembali terhitung sejak tanggal 15 Januari 2019. Terkesan bertele-tele dan mempermainkan nasabah bukan? Mari dilihat bank lain penerbit kartu kredit yang pernah saya ajukan, selalu menepati janji dan omongan dari yang ditawarkan bahwa jauh lebih cepat dari yang dijanjikan.

Mungkin ini terakhir kali saya akan berurusan dengan Bank BRI dan akan menyarankan ke orang-orang terdekat saya untuk lebih baik menghindari berurusan dengan Bank BRI terutama dalam hal pengajuan kartu kredit agar tidak mendapatkan kekecewaan dan kekesalan seperti yang saya alami. Yap, dari masalah yang saya alami, tidak ada profesionalitas dari pihak Bank BRI dan terkesan mempermainkan nasabah.

Dan akhir kisah, saya pun mengajukan pembatalan kartu kredit saya tersebut, dan info yang saya dapatkan dari cs 14017 ? “Akan diproses dalam 14 hari kerja dan paling cepat 2 hari kerja akan dihubungi oleh pihak bank BRI terkait pembatalan pengajuan kartu kredit tersebut”. Oke berarti mari dilihat dalam 2 hari ke depan apakah benar saya akan dihubungi atau tidak ? Apakah pihak Bank BRI benar tidak profesional ? atau kembali untuk pembatalan kartu kredit saya yang tidak jelas tersebut saya harus mendapatkan kekecewaan?

Bony Haranda
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Kartu Kredit BRI Tidak Pernah Ada Kejelasan, Terkesan Mempermainkan Nasabah

    • 16 Januari 2019 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Yang saya butuhkan bukti dari omongan para cs di line telp. 14017 kalian yang mengatakan bahwa CC saya memang sudah approve dan memang sudah ada fisik CC nya. Jangan hanya memberi janji tapi bukti tidak ada. Jangan hanya mengejar market tapi kepuasan dan kepercayaan nasabah di abaikan.

  • 16 Januari 2019 - (02:44 WIB)
    Permalink

    setau saya yg berpengalaman d CC itu bank BNI, BRI itu khusus KUR, BNI juga gesit d KPR, BTN lah sebenarx yg khusus KPR, kenapa hrs milih2 bank buat bkn CC, coz SDM, ada istilah bedah godokan, bank2 seperti BNI,BCA,Mega lbh berpengalaman di dunia CC, Danamon juga pnya bagian CC, so klo BRI coba2 ke sana, curiga sich, kartu anda dr awal itu sdh di tolak, tp berhubung anda orng yg kekeh dan BRI kaget dpt nasabah mrp anda, biasax nasabah2 lain itu udah nyerah, toch tak ada Billing and kartu yg dtng, tp hati2 dua ato tiga taon ke depan, tnpa kita ketahui tiba2 kena BI checking, coz ada iuran tahunan dr CC BRI yg tdk anda terima, bisa saja ini permainan dgn marketing, coz tiap data yg masuk ,mereka dpt komisi, entah Analis pusat loloskan ato tdk, itu bkn urusan mereka lg, curiga sich sep itu…klo anda sebenarx dari awal di tolak, tp seolah2 lolos dan di kirim hehehehhe, prnah kss CC gw yg BCA, mrp anda katax udah di kirim, gw telp Halo BCA, katax data gw gak ada, pdhal gw ajuin langsung ke BCA Pusat di kota gw, di mana BCA itu lbh suka nasabah mereka ketimbang orng luar buat ajuni CC, modal cm Rekening koran tiga bulan, wait sebulan dan dtng lah kartu itu, dgn perjuangan dan malu nnya langsung ke bagian kartu BCA di kota saya, coz klo dr HALO bca berkata data saya gak ada, wah berarti marketing gak krm dong data saya hehheheehhe

    • 16 Januari 2019 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya kalau di telaah kembali, salah nya ada di saya, saya terlalu percaya dengan bank BRI yang tidak akan mungkin bertele – tele seperti ini. Tapi kekeuh saya berdasarkan info setiap saya menghubungi 14017 yg mana infonya CC saya benar sudah di approve dan CC nya benar sudah ada, hanya kesalahan kurir dalam hal pengiriman. Berdasar info seperti itu yg menjadikan saya seperti ter iming – imingi bahwa benar CC saya itu ada. Ditambah lagi setiap saya posting keluhan seperti ini selalu di komentari oleh account halo BRI. Namun dengan kejadian seperti ini memberikan pelajaran bahwa jangan percaya dengan info yang diberikan. Kembali, mungkin cukup 1x ini saja berurusan dengan bank BRI

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit BRI Tidak Pernah Ada Kejelasan, Terkesan Mempermainkan Na…

oleh bony haranda dibaca dalam: 2 menit
4