Surat Pembaca

Penutupan Kartu Indosat Indosat Dipersulit, Tagihan Jalan Terus

Ini merupakan komplain saya yang kesekian kalinya ke Indosat. Saya sudah berkali-kali menghubungi CS Indosat untuk meminta kedua nomor pascabayar Indosat saya 62815194329** dan 62815194345** agar di-suspend karena saya sudah dijebak oleh sales yang menawarkan program bundling pada saat pembelian handphone di salah satu toko di Bogor pada bulan Oktober 2017 yang lalu. Saya mengira kontraknya berlaku hanya satu tahun karena informasi dari sales-nya kontraknya otomatis akan berakhir dengan sendirinya di bulan Oktober 2018 , tapi faktanya pada bulan November 2018 saya masih dikirimkan tagihan. Ini indosat memang parah banget tidak ada pemberitahuan apakah customer ingin meneruskan atau tetap lanjut dengan program tersebut.

Akhirnya saya menghubungi CS Indosat dan minta segera menutup kartu saya, namun CS nya infokan untuk penutupan kartu hanya bisa dilakukan melalui datang ke gerai, sangat merepotkan customer ya.

Oke saya datang ke gerai dan minta segera ditutup kedua kartu tersebut, syarat penutupan kartu saya harus melakukan pembayaran tagihan yang sudah berjalan untuk kedua kartu tersebut biar masalah cepat selesai saya pun melakukan pembayaran untuk kedua tagihan kartu tersebut sekitar Rp300 ribuan dan pada saat itu saya minta dipastikan tidak ada penagihan lagi.

Pada awal Januari 2019 saya menghubungi CS Indosat kembali untuk memastikan apakah kartu Indosat saya sudah di-suspend namun info dari CS nya kartu masih aktif, benar benar ed*n! Saya sudah datang ke gerai dan punya bukti untuk suspend kedua nomor tersebut tapi tak diproses.

Saya komplain ke CS-nya minta segera ditutup karena saya sudah melaporkan sebelumnya, tapi CS-nya memang tidak profesional dari data kedua nomor HP indosat yang sudah saya berikan tidak bisa melihat data saya di sistemnya kalau saya sudah komplain berkali-kali dan bahkan saya sudah bayar tagihan yang sebenarnya kuota internetnya tidak saya gunakan sama sekali. CS tetap menanyakan kapan datang ke gerai? Dengan CS siapa? Berapa tagihan yang dibayarkan..bul**t nih benar-benar bikin emosi jiwa. Dan akhirnya saya diminta untuk mengirimkan bukti permintaan suspend ke email cs@indosatooredoo.com, lagi-lagi saya penuhi tuh kata si CS saya kirimkan buktinya dan saya minta agar ini yang terakhir kalinya saya komplain.

Memang benar CS Indosat tak profesional saya mendapatkan jawaban email dari CS-nya kartu belum bisa ditutup karena masih ada tagihan dan saya harus ke gerai kembali untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Bukankah ini bisa dikatakan Indosat seperti “LINTAH DARAT?” Saya sudah bayar masih ditagih juga, dasar ed*n mungkin Indosat ini perlu diviralkan juga ke sosial media dan YLKI.

Satria Putra Tarigan
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Persis seperti yang kakak saya alami.
    Bahkan akhir2 ini bnyak konsumen spt digiring ke arah untuk Pasca bayar. Setelah itu..penutupan kartu pasca seperti dipersulit. Padahal saya & keluarga pengguna Indosat selama 15 tahun bahkan lebih. Saya sangat kecewa. Dimana provider lain memberikan keistimewaan untuk para pengguna loyal nan setia, tapi yg saya alami malah sama persis seperti yg surat pembaca lain bilang.. "Lintah Darat".
    Sangat.. Sangat.. SANGAT KECEWA!! Saya & keluarga sebagai pengguna Indosat selama ini.

    • Sama,nasib sy jg sama.ada ga sie yg bs ditanya untuk kelanjutannya bagaimana? Sy baru proses pengajuan,dan betul sekali sangat2 dipersulit.mau nutup aja harus bayar tagihan 2 bulan yg kuota nya ga d pakai sama sekali.pengen nanya2 bgmn kelanjutannya ,apakah sdh berhasil stop berlangganan pasca bayar atau tetep terpaksa dilanjutkan?

      • 2 bulan belakangan ini lebih konyol lagi ada yang kirim wa untuk melakukan penagihan ( debt collector ) infonya saya belum bayar dan minta segera lunasi tunggakan....saya sudah bilang itu kejadian 2 tahun yang lalu kog masih diungkit 2 dan tagihan sudah lunas dibayar dan minta dia kirim buktinya sudah bayar....ya ampuun apa mereka gak punya data base ya? lama2 gerah juga nih sepertinya langsung komplain ke OJK kayaknya.

        • Saya juga persis sama seperti yang dibilang di atas, bagaimana kelanjutannya kak? Apakah tetap harus membayar? Dan bagaimana cara menonaktifkan kartunya? kalo ada teman teman yang bisa bantu jawab makasih banyaak

      • Proses pengajuannya datang ke gerai kaa? Saya tadi dpt telpon cuma dikasih tau tagihan akan dikirim, tapi ngga ada info lebih lanjut.. bisa tolong kasih info baiknya gimana ya? Merasa dirugikan banget, 300k skarang itu bukan uang yg sedikit:( kalau ngga dibayar gimana ya?

      • Saya juga sama, hari ini tgl 1 september tiba2 ada tagihan 300rb buat pascabayar indosat dari mulai januari,
        awalnya saya beli hp sekitar bulan july 2019 itu bundling dengan indosat, ditawari gratis kuota selama 6bulan dan setelah itu jika tidak ada pembayaran maka otomatis akan terblokir, ya saya mau aja waktu itu karna lumayan juga, setelah digunakan mungkin beberapa minggu saya langsung buang tu kartu karna ga kepake sama sekali, sinyal jelek amat dan saya langsung ganti kartu, tp kaget banget tiba2 ada wa dari penagih utang yg menyuruh saya bayar indosat pascabayar mulai januari 2020 sampai bulan ini april 2020, gilakkk gw harus bayar apa yg gua ga gunakan dan nikmati sama sekali ?
        Gimana dong kawan2 nih ? Ada yg bersedia bikin grup wa dan kita diskusi untuk permasalahan kita, lalu bareng2 lapor ke ojk, semoga bisa diselsaikan, terus terang saya resah dengan WA para penagih itu, karna bener2 saya ga menggunakan pascabayar tersebut

        • Saya juga sama, awalnya beli Hp baru di erafone bulan Juli 2019 itu bundling dgn indosat gratis kuota 6 bulan. Bulan Januari kartunya saya buang karna sinyal jelek. Saya pikir akan otomatis terblokir. Kaget bulan september 2020 saya terima watsapp dari debt collector indosat menyuruh saya bayar paket pascabayar bulan Maret&April 2020 sebesar Rp312.649.. Saya mau datang ke gerai indosat untuk bayar dan mau officially non-aktif, tapi setelah baca2 pengalaman orang lain, katanya dipersulit untuk berhenti dan ada juga yg tagihannya tetap jalan meskipun sudah konfirmasi non-aktif ke gerainya langsung... Sebelum saya datang ke gerai mohon petunjuknya dari saudara2 apabila sudah ada yg berhasil berhenti paket bundling ini, saya takut tertipu lagi setelah bayar...

          • sama nih mba kasusnya, pembelian hp bundling nomor indosat, nomornya pun tidak dipakai... saya juga baru mau proses datang ke gerai.. apakah sudah ada kelanjutannya??jika dibiarkan apakah tagihan terus membengkak ya?

          • Duhh syaa jadi takut ni mba. Saya juga mau nutup pascabayar. Kartu saya juga sempet ga bisa di pakai sama sekali kuotanya, tagihan tetap jalan. Dateng ke CS udah bolak balik, ga ada perubahan sama sekali. Bilang nya, offline ka, di tunggu aja ya. Saya tunggu seminggu. Masih ga bisa, akhirnya saya Tweet di twitter ke Indosat. Allhamdulilah tuh di respon, akhirnya kuota saya bisa di pake. Sekarang saya mau nutup pascabayar jadi bingung ini ke gerai kah, atau cukup Tweet di twitter dan menuhin Syarat yg di kasih. Bantu Jawab dong mbaa

  • Konsumen setelah saya malah lebih parah.. dya prabayar.. setiap tgl 1 isi 25-50rb. Tapi dya barusan complain 300rb dya hilang.. Yg ada tinggal 25rb doang katanya. Pdahal pemberitahuannya sebelum tgl 3 Feb harus diisi. Dya blg gak pernah pake telpon. Dya bingung, kasihan banget..
    Klo saya diubah ke pasca bayar, sebelumnya prabayar sisa 40rbuan hangus tanpa pemberitahuan sebelumnya, kartu langsung non aktif. Gak ada pemberitahuan.. Ckckk.. sampe speechless.. pdahal saya pengguna 15 tahun. Kayaknya kakek itu pengguna superlama..

  • Ka cara penutupan kartu pascabayar ke gerainya bilang apa ya ka? Saya juga pengen nonaktifkan kartu. Soalnya saya bingung melakukan tagihannya, itu transfer ga terkirim.

  • Ternyata bukan saya aja yg ngalamin tagihan paket bundle atas nmr yg udh lama gak saya pakai..kesel kecewa rasanya tiba2 dpt tagihan 700rb dr satu nmr indosat. @indosat-ooredoo-care uang tagihan yg kalian dpt tuh gak bakalan berkah klo caranya memeras konsumen sprti itu. Dgn adanya kejadian ini jdi sangat lost respect buat tetep gunain provider indosat utk paket data. Jgn cari keuntungan dgn jalan yg merugikan org lain lah. Uang segitu msh sangat bermanfaat utk dikasih ke fakir miskin drpada bayar riba atas paket data yg sm skali gak digunain customer!

    • Iyess benee banget, ini gw baru proses mau nutup aja ribet banget. Tagihan udah dibayar aja masih minta dtg ke gerai, katanya ada tagihan lahi bulan ini , yg ibu nayar bulam lalu.. lahhh... konyol banget ga pernah pakai kuotanya juga. Mana ga tau gegara ikut paket bundle beli hp tapi ga pernah minta konfirmasi apakah mau lanjut atau engga. Tiba2 aja datang tagihan haduhhhh.... cari duit dengan ngejebak customer

  • sama persis seperti saya, ketika mau melakukan penutupan dipersulitnya minta ampun dengan alasan yang klasik "Sistem lagi Offline"..
    Saya ga pakai sama sekali tapi tagihan terus mengalir.
    Dan ketika ada salah satu cs yang merespon, saya harus bayar dulu tagihan sebelumnya dan tagihan berikut nya karena memang KATANYA sudah masuk. Dan setelahnya jelas2 kartunya sudah diambil dan saya sama sekali tidak mengaktifkannya masih ada tagihan GAIB yang mengalir. GILA emang.

    Kita perlu viralin nih daripada banyak korban.
    Dan mudah mudahan aja pihaknya segera BANGKRUTTT.
    AMIN.

  • @CS Indosat :
    Kalian bisa bantu tindak lanjuti apa?
    Kalian hanya BUDAK-BUDAK SISTEM, gaakan bisa bantu...!!!

  • Nah ini jebakan indosat parah. Saya juga dapet tagihan 300rban gara2 bundling sudah habis dia otomatis perpanjang. Otomatis ada tagihan. Dan tidak di kirimin tagihan. Saya disuruh download cek via aplikasi indosat. Kan ngga semua org punya aplikasi indosat. KEZEL!!! Malah gerai pada tutup lagi. Kondisi lagi corona gini. Saya dsruh ke gerai margonda. What the hell banget deh

Penulis
Satria Poetra Tarigan