Data Saya Digunakan oleh Orang Lain untuk Pengajuan Kredit di Home Credit

Kepada PT Home Credit Indonesia,

Saya Salmiah dengan no hp 0852 XXXX 7802. Saya berdomisili di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berprofesi sebagai pedagang online selama 3 tahun lebih. No HP saya tersebut juga sudah saya miliki selama lebih dari 3 tahun.

Sebagai seorang pedagang, nama dan no hp saya telah diketahui oleh banyak orang, tetapi tentu saja saya tidak mengenal mereka satu per satu. Foto/scan KTP saya juga mungkin saja ada orang lain yang menyimpannya, meski KTP yang asli secara fisik masih tetap ada pada saya.

Sejak 3 bulan lalu, November 2018, saya selalu ditelepon oleh debt collector Home Credit pusat dari Jakarta, yang menyatakan bahwa saya harus membayar tunggakan kredit, besarnya (kalau saya tidak salah) lebih dari Rp3 juta.

Tentu saja saya bingung, karena saya tidak pernah sama sekali mengambil kredit apapun di Home Credit. Setelah saya tanya lebih lanjut, ternyata nama dan no hp saya digunakan sebagai referensi/jaminan. Padahal tidak ada satu pun keluarga, teman, atau kenalan saya yang mengajukan kredit di Home Credit.

Saya sudah coba menjelaskan berkali-kali ke setiap debt collector yang menelepon, tetapi sepertinya sia-sia. Karena, debt collector yang selalu menelepon saya ada beberapa orang, dan sebagian besar tidak ingin mendengar penjelasan apa pun, mereka ngotot bahwa saya harus membayar tagihan.

Mohon pihak Home Credit untuk menindaklanjuti masalah ini, Sampai sekarang sudah hampir 3 bulan, debt collector kalian masih sering menghubungi nomor saya. Ini sudah mengganggu kenyamanan saya dan keluarga.

Dan saran saya, lain kali sebelum marketing Home Credit meng-acc suatu kredit, harap diverifikasi dulu no hp yang dimasukkan oleh nasabah, apakah sudah benar. Karena jika salah sambung seperti ini dan sangat mengganggu orang lain.

Terima kasih,

Sitti Salmiah
Kendari, Sulawesi Tenggara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat dari Ibu Sitti Salmiah

Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan dimuatnya keluhan dari Ibu Sitti Salmiah di Mediakonsumen.com pada kolom Surat Pembaca pada...
Baca Selengkapnya