CS Toped Tidak Memberikan Win-win Solution Terhadap Keluhan Pembeli

Bermula dari pembelian saya rak Hotwheels/TOMICA di Toped tanggal 26-12-2018 dengan nomor resi 22160032649818 dan nomor invoice INV/20181226/XVIII/XII/252053802. Saya membayar di Circle-K, agar saya bisa langsung dapatkan resi transaksi, waktu itu pembelian dengan Kaldu Alsultan

Pada tanggal 1 Jan 2019 saya mendapat informasi pengiriman mengalami kendala dari Toped. OK, it’s fine mungkin karena biasanya JNE dalam 2 hari sampai,mungkin terbentur dengan momentum pergantian tahun. Barang akhirnya tiba tanggal 2 Jan, packing kayu rapi di luarnya dibungkus wrapped bubble,tapi setelah di-cross check, yang notabene pengerjaan oleh manusia, bisa saja terdapat cacat toh?

Saya ajukan komplain karena masih dalam masa tenggang 2 hari pengajuan komplain sesuai dengan ketentuan dari Toped. Dan saya pun juga memberikan solusi untuk penukaran unit yang baru. Bersamaan dengan itu saya mengirimkan gambar di mana ada salah satu sisi rak yang tidak merekat, mungkin di mata seller hal ini biasa, tapi di mata customer mungkin ini tidak lolos QC (Quality check). Dan sebagai pembeli wajar saya komplain.

Ditanggapi kemudian oleh Admin Toped,yang mana bukti-bukti yang saya kirimkan kurang jelas. Kali ini diberi batasan waktu sampai dengan tanggal 6 Jan pukul 19.00 WIB atau komplain saya dianggap VOID (batal).

Saya langsung merespon dengan mengirimkan kembali bukti-bukti terlampir melalui chat dengan Admin Toped. Dapat terima respons lagi dari Admin, di mana masih kurang jelas juga, dan saya diminta untuk mengirimkan video sebesar 20MB, dan durasi waktu juga masih sama tidak berubah. Hari itu tanggal 6 Jan, saya seharian lagi di luar rumah, sementara posisi rak HW di rumah. MasyaAllah dalam hati, dengan gambar saja apa kurang jelas?

Di sini saya menilai Toped seperti mengulur-ngulur waktu,dengan tidak diresponnya email dari pembeli. Toped akhirnya meneruskan dana ke si penjual, dan problem SOLVED.

IMHO, Toped lebih mengedepankan dari sisi seller di mana belum ada win-win solution dengan pembeli, karena menurut kami komunikasi hanya searah via chat di kolom resolusi Toped. Yah memang pembeli sudah mendapatkan barang yang dibeli,tetapi bukannya komplain pembeli ditanggapi sembari lalu saja. Pelajaran untuk para shopper di situs e-commerce siapkan mental jika barang yang diterima tidak berkenan, jangan harap bisa komplain. Karena prosedur yang terkesan mengulur waktu,dan tidak memihak kepada pembeli. Dan di kolom testimonial saya memberikan penilaian dan komen apa adanya, sayangnya tidak direspons dengan baik oleh penjual. Tapi itu memang hak dari konsumen yang membeli barang tapi tidak puas.

Di sini saya tidak mendiskreditkan pihak Toped sebagai situs e-commerce atau pihak seller, mereka semua punya andil besar masing-masing dalam perputaran uang, yang saya sesali saja hanya cara menyikapinya.

Wassalam,

Putu A.
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “CS Toped Tidak Memberikan Win-win Solution Terhadap Keluhan Pembeli

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

CS Toped Tidak Memberikan Win-win Solution Terhadap Keluhan Pembeli

oleh Putu Arjawa17 dibaca dalam: 2 menit
1