Headline

Penipuan Berkedok Customer Service Akulaku di Instagram

Saya ingin menyampaikan keluhan saya. Saya memiliki akun Akulaku yang sudah terdaftar dari tahun 2017, dan sudah dikonfirmasi oleh pihak Akulaku dengan limit Rp3,8 juta. Namun saya tidak pernah menggunakannya sama sekali, bahkan saya sempat lupa password-nya.

Singkat cerita, saya ingin coba menggunakan Akulaku sebagai alat pembayaran aplikasi Bukalapak, tapi ditolak dan uang DP pun masuk di saldo Akulaku. Saya pun mencoba mencairkan dana tersebut, dan pada saat saya konfirmasi password, ternyata saya lupa kalau ada otorisasi dengan LinkedIn. Karena ini akun lama, saya benar-benar lupa email apa yang saya gunakan di LinkedIn.

Saya pun mencoba menghubungi pihak Akulaku melalui e-mail, Facebook, IG, namun tetap slow respon. Kemudian saat saya follow akun IG Akulaku, ada banyak akun IG dengan mengatasnamakan @Admin Akulaku, @Customer_service_akulaku. Karena saya orang awam, saya kira akun tersebut memang dikirim Akulaku untuk konfirmasi kesalahan saya.

Singkat cerita, saya DM salah satu akun yang bernama @customer_service_akulaku. Saya meminta bantuan/cara untuk reset password yang melalui otorisasi LinkedIn. Saya cukup yakin, karena admin fast respon, dan langsung meminta SS dan nomor HP. Seketika saya ditelepon oleh customer service yang mengaku namanya Gunawan. Setelah berbicara, pelaku mengatakan akan ada 2 kode OTP, dan mohon dibacakan, karena saya anggap fine-fine saja maka saya bacakan. Kemudian dia bilang, akun akan log out selama 10-15 menit, dan benar setelah itu dia menelepon kembali, dan meminta akun cadangan. Saya berikan akun cewek saya, dan cewek saya percaya-percaya saja, dan diberikan juga kode OTP kepada pelaku.

Terjadilah pencairan dana untuk Pembiayaan Multiguna sebesar Rp600rb + biaya admin jadi total Rp712.000, dan di akun cewek saya sebesar Rp. 695.000.

Seketika saya telepon CS di nomor 1500920 untuk mengadukan penipuan, dan dinyatakan pihak Akulaku tidak bsa membantu dan hanya dapat memblokir limit. Tidak ada penjelasan untuk saya mengganti password tanpa otorisasi LinkedIn.

Yang saya heran:
1. Pelaku bisa mengganti password akun saya, sedangkan saya sendiri perlu melakukan otorisasi dengan akun LinkedIn.
2. Tidak ada history pencairan dana, yang ada hanya pemberitahuan melalui Message.
3. Tidak ada laporan “password telah diganti ” di email.
4. Pelaku mentransferkan dana tersebut ke rekening CIMB Niaga dengan mengatasnamakan saya dan cewek saya hanya saja ditambah nama depan dengan “TRENI”.

Mohon bantuannya di sini, mungkin terdengar konyol, harap maklum karena saya orang awam di dunia seperti ini. Total kerugian saya Rp1.407.000.

Vincentius Alvin Arden Adi Irawan
Semarang – Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga hampir aja ketipu soal ini. Alhamdulillah saya baca postingan ini jadi terhindar dari penipuan. Terimakasih gan artikelnya sangan membantu

  • Saya jg ketipu akulaku ..
    Akun saya di hack
    Skrng sy di suruh byr tagihannya .padahal sy tdk ngambil apa". Sy buka akun sy sendiri GK bs .sy tetep GK mau byr smua tagihan nya krna bukan sy yg ngambil

    • Jgn dibayar bro, buat surat pengaduan,bukti lapor scrennshot,dll.. Surat pernyataan peniouan, surat kronologi. Semua di materai ya..trus serahkan ke polres/polda. Nanti kita dapet surat dari kepolisian. Itu buat senjata kita kalo ada dC datang..
      Saya sudah 6 bulan lebih. Sampai di wA & didatangi DC nya dikantor. Setelah saya tunjukan surat dan bukti" nya sudh tidak ada gangguan lg dari akulaku

    • Jika tdk dibayarkan apakah pihak akulaku tdk menelpon kita terus ? Yg saya takutkan adl jika phk akulaku jg menelpon kontak2 saya...dan kenapa ya system keamana apl akulaku yg notabene apl besar kok sperti ini...

    • Laporkan ke pihak berwajib bro. Setelah itu tdk usahh bayar.. Kalo ada depcolector datang. Tunjukin surat lapor dan bukti butki kasus penipuannya..

      Buat surat pegaduan, surat pernyataan kita kena tipu. Kronologi penipuan. Semua di materai ya.

  • Trs gmn ya .sya jg kena tipu akulaku .akun sy di hack .sekrng sy di suruh byr smua tagihan" klo di total mungkin ada 3 jutaan .klo tdk di byr bunga trs berjalan .trs sy harus gmn ,takut nya klo pihak akulaku dtng kerumah klo tdk di byr...??

    • - Buat surat pengaduan ke polres terdekat.
      - Lampirkan bukti" percakapan dgn pelaku.
      - Buat Surat Pernyataan bahwa tidak menggunakan Akulaku (Tanda tangan + materai)
      - Buat cerita kronologi kejadian. Disertakan no telp/email/instagram/fb pelaku
      .
      Jangan pernah bayar angsurannya. Bulan ke 3, bunganya akan brenti. Jika ada DC. Tunjukan bukti" lapor dari polres

  • MASUKAN SAYA KE GRUB DONG .. INI NOMER SAYA . TOLONG BANTUANNYA 0896300154**

  • Saya mau masuk dong grup nya kak, saya juga baru saja kena tipu 08996505034* dan saya juga domisili Semarang mungkin bisa mint arahan buat pelaporan ke polres nya

  • Saya juga mau masuk grup donk ka, saya juga korban penipuan 0838720088**.terimakasih

  • Tolong masukin grub dong mas,,0838942051** saya korban hack akulaku,,dipakai belanja di Bukalapak total tagihan yang di bebankan 3,500.000...yang saya sesalkan Call Center akulaku 1500920 tidak pernah terhubung/aktiv...jd banyak yg menyalahgunakan mengaku sebagai CS akulaku..

Penulis
Vincentius Alvin