JD.ID dan J-Express Tidak Mengantarkan Paket Pesanan Saya ke Tujuan

Pada tanggal 26 Desember 2018, saya membeli telepon seluler Xiaomi Mi A1 4/64 Gold dengan nomor pesanan 248076183 yang saya kirimkan ke alamat rumah orang tua saya di Magelang. Pada tanggal yang sama, saya melakukan pembayaran melalui kartu kredit. Pesanan saya kemudian diproses pada tanggal 29 Desember 2018 dan berdasarkan tracking, tanggal 31 Desember  2018 pesanan saya sudah sampai di Magelang.

Pada tanggal 1 Januari 2019 , diberitahukan bahwa pesanan sedang diantarkan oleh kurir, akan tetapi nomor kontak kurir yang terlampir tidak dapat dihubungi. Saat dicek melalui tracking di web J-Express, ada pernyataan bahwa pesanan gagal dikirimkan, dan akan dikirimkan pada tanggal 2 Januari.

Hingga berhari-hari kemudian sama sekali tidak ada kabar apapun dari J-Express. Saya mencoba menyampaikan keluhan melalui email ke J-Express tidak ada balasan, sedangkan keluhan melalui telepon juga tidak diperoleh jawaban yang memuaskan, di mana pihak CS hanya mengatakan untuk menunggu karena harus konfirmasi dengan tim di lapangan.

Pada tanggal 12 Januari siang, saya melakukan pengecekan tracking, ternyata di laman web J-Express maupun aplikasi JD ID menyatakan bahwa pesanan saya sudah diantarkan ke tujuan pada tanggal 11 Januari 2019 malam. Akan tetapi ketika saya konfirmasi ke rumah orang tua saya, mereka sama sekali tidak menerima paket apapun pada tanggal 11 Januari 2019.

Saya coba menanyakan melalui live chat JD ID juga hanya disuruh menunggu kabar dalam 2×24 jam. Berkali-kali saya berusaha mengajukan keluhan, tapi respon dari CS cukup lama dalam menjawab chat, seperti terputus, dan setiap mengajukan keluhan hal yang sama, selalu harus diulang dari awal. Dan pihak CS live chat juga selalu bilang untuk menunggu.

Saya mencoba menelepon pihak CS JD ID terkait masalah ini, dan saya meminta nomor kontak pihak pengiriman di kota Magelang. Saya langsung diberi nomor telepon Bapak Aditya, akan tetapi ketika saya telepon, Bapak Aditya menyatakan bahwa dirinya sudah tidak bekerja lagi di J-Express, dan sebagai gantinya, memberikan kontak nomor Bapak Sapto yang merupakan penanggung jawab pengiriman di area Magelang.

Saya kemudian menghubungi Bapak Sapto, menanyakan barang pesanan saya. Dari Bapak Sapto saya memperoleh informasi bahwa pesanan saya memang belum diantarkan (saya tidak tahu kenapa di bagiaan tracking dinyatakan bahwa pesanan saya sudah diterima), dan saat ini telah dilakukan retur. Pada tanggal 16, Januari, saya kembali menghubungi Bapak Sapto, dan diberitahu bahwa pesanan saya berada di Jakarta. HIngga saat ini masih belum ada kabar sama sekali mengenai keberadaan pesanan saya.

Hingga surat pembaca ini saya sampaikan (tanggal 24 Januari 2019) saya tidak mendapat info yang jelas, baik dari pihak JD ID maupun pihak J-Express. Setiap saya mengajukan keluhan, tidak ada respon yang baik, bahkan live chat juga tidak ada kelanjutan. Saya merasa bahwa keluhan saya selama ini tidak pernah ditindaklanjuti.

Saya hanya ingin pesanan saya sampai ke tujuan, atau jika memang ada masalah dalam pengiriman untuk wilayah Magelang, bisa dialihkan ke alamat saya sendiri di kota lain yang sekiranya lebih mudah dalam urusan pengiriman.

Terima kasih banyak untuk pihak mediakonsumen.com karena sudah memuat surat saya.

Surya Adi Pratama
Surabaya – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Surya Adi

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Surya Adi 24 Januari 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Tips belanja di JD.ID atau Lazada: pilih opsi pembayaran COD. Kalo gak tersedia, lebih baik pilih belanja di tempat lain, daripada makan ati... ?