Kendala Transaksi Menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit di Bukalapak

Sejak menggunakan kembali Bukalapak di bulan Desember 2018, akun saya di Bukalapak (ID: hanry) tidak dapat melakukan transaksi pembelian dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit maupun kartu debit di Bukalapak. Padahal nomor kartu, CVV dan OTP sudah betul semua. Selalu muncul notifikasi: “Maaf terjadi kendala teknis”. Berbagai macam kartu dari berbagai bank sudah saya coba, baik debit sampai kartu kredit tetap gagal terus. Sampai dengan detik ini pukul 23.03 WIB, 23 Januari 2019.

Yang lucunya, pendaftaran kartu debit/kredit di pengaturan akun bisa mendebet kartu kredit dan kartu debit saya sebesar Rp10.000. Namun sewaktu digunakan untuk belanja selalu gagal.

Saya sudah menghubungi BukaBantuan, tapi tidak ada solusi. Diminta logout dan clear cache. Padahal sudah saya coba juga di komputer, tetap gagal juga.

Saya juga telah menghubungi bank penerbit kartu. Menurut konfirmasi dari CS bank, bahwa sebenarnya transaksi tidak ditolak oleh bank, karena kode OTPsudah benar. Yang menjadi permasalahan adalah sistem Bukalapak gagal mendebet transaksi tersebut setelah otorisasi OTP.

Saya lihat ternyata kasus Bapak Djuwanda yang beberapa hari lalu ada di Media Konsumen ini sama persis dengan saya. Sebenarnya ada apa dengan sistem pembayaran Bukalapak? Apakah harus membuat surat pembaca dulu baru saya bisa bertransaksi menggunakan kartu debit/kredit?

Hanry Andrea Jr
Tangerang – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Hanry Andrea Jr

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Kendala Transaksi Menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit di Bukalapak

  • 25 Januari 2019 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Saya kok gagal paham dengan online shop yang menyulitkan konsumen untuk melakukan pembayaran via kartu (debit maupun kredit). Bukannya metode pembayaran tsb sangat umum & bahkan menjadi standar di seluruh dunia? Ini malah semua kartu milik konsumen diblokir, padahal tidak ada alasan/pernyataan bahwa ada kecurigaan penyalah-gunaan kartu (contoh kasus: kejadian yang dialami Bpk. Djuwanda).
    Terlihat seakan-akan online shop ybs malah mendorong konsumen untuk pindah ke online shop sebelah (di mana notabene 99% online shop yang lain tidak ada masalah dengan pembayaran via kartu).
    Benar-benar aneh bin ajaib.

  • 26 Januari 2019 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi,

    Pada tanggal 24 January 2019, pukul 15.19 pihak Bukalapak yang diwakilkan oleh Bapak Raka telah menghubungi saya untuk menjelaskan permasalahan yang ada (muncul akibat kesalahan teknis dari partner pembayaran gateway) dan menjanjikan bahwa transaksi dengan menggunakan kartu debit/kredit akan dapat saya gunakan dalam waktu 1×24 jam kedepan. Pada tanggal 25 Jan 2019, saya mencoba melakukan transaksi menggunakan kartu debit/kredit dan berhasil untuk melakukan pembayaran.

    Terima kasih atas penyelesaian dan follow up dari tim Bukalapak mengenai masalah yang saya alami.

    Hanry Andrea

  • 12 Maret 2019 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Saya baru mengalami hal yang sama untuk pembayaran kartu kredit. Kalau boleh tahu, kendala teknisnya, ada pemblokiran dari bank atau bukalapak ya. Kira-kira solusi nya harus melampirkan identitas diri dan kartu seperti yang dialami pak Djuanda ya.

  • 16 November 2019 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Sama seperti saya gan.agus .saya sudah hampir 4 x lapor pihak penerbit kartu mandiri.cuma di refresh ulang nomor saya.buat belanja via kertu kredit metode cicilan.gak bisa keluar otp.solusinya gimana gan

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kendala Transaksi Menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit di Bukalapa…

oleh Hanry Andrea dibaca dalam: 1 menit
5