Sistem Billing Telkom Bermasalah, Dapat Surat Tagihan dari Kantor Pengacara Negara Kejaksaan Agung RI

Telkom luar biasa — Hati-hati dengan Telkom-bila anda sudah tidak berlangganan Indihome, minta surat keterangan bahwa Anda tidak mempunyai tunggakan Indihome, foto dan simpan baik-baik semua data walau bertahun-tahun. Karena bila tidak sewaktu-waktu bisa ada tagihan yang diluar dugaan yang dikirim dari Kantor Pengacara Negara Kejaksaan Agung RI.

Ini terjadi pada saya. Setelah 2 tahun yang lalu saya memutus pemasangan Indihome yaitu pada tanggal 1 Desember 2016, semua peralatan Indihome sudah diserahkan dan sudah selesai serah terima dan semua urusan pembayaran juga sudah selesai sehingga sudah tidak ada lagi urusan dengan Indihome Telkom. Nah yang tidak disangka-sangka kemarin hari Sabtu tanggal 29 Desember 2018 pukul 14.30 saya menerima surat dari KANTOR PENGACARA NEGARA KEJAKSAAN AGUNG RI yang ditanda tangani oleh a.n. Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata usaha Negara, Direktur Perdata selaku pengacara Negara, yang isinya harus segera membayar tunggakan Indihome 2 bulan, yaitu tagihan 20 Desember 2016 dan 20 Januari 2017 sebesar Rp721.000 paling lambat 31 Desember 2018 HARUS SUDAH DIBAYAR lewat transfer ke rekening Telkom/Plasa Telkom. Apabila tidak melakukan pembayaran maka akan diajukan ke jalur hukum.

Wah jalur hukum!! Saya takut karena tidak pernah berurusan dengan hukum, seram luar biasa Telkom, masalah duit segitu aja akan diajukan ke jalur hukum. Mending kalau data tuntutannya benar, yang ada hanya bikin susah saya sebagai pelanggan.

Sebelumnya saya sudah mengkonfirmasi ke CS 147 dan CS Plasa Telkom Rawamangun – Jakarta tentang surat tersebut dan mereka membenarkan keberadaan surat itu dan adanya tunggakan tagihan 2 bulan yang harus segera dibayar 31 Desember 2018. Tapi dengan adanya bukti data yang kuat dan saya merekam percakapan, akhirnya saya dapat memenangkan debat dengan CS Plasa Telkom Rawamangun. Dia hanya berkata enteng: “Ini ada kesalahan sistem di bagian penagihan.”  Jawaban simple dan mudah yang susah untuk dimengerti. Logikanya Telkom menyimpan data melalui sistem di komputer yang dapat diakses oleh bagian tertentu, enggak mungkin datanya berbeda. Aneh kalau bilang ada kesalahan di bagian penagihan karena bagian penagihan pun melihat data di sistem yang sama. Ini human error atau akal-akalan? Untuk memperkuat bukti saya minta ke CS surat keterangan yang menyatakan bahwa nomor Indihome a.n. saya sudah tidak ada lagi tunggakan alias lunas untuk prepare data kalau saya dituntut di pengadilan.

Yang menjadi pertanyaan untuk Telkom:

  1. Kalau saya tidak mempunyai bukti data, dan saya tidak bisa membayar per tanggal 31 Desember 2018, sesuai dengan surat dari Pengacara Negara Kejaksaan Agung RI, apakah saya tetap akan dituntut di meja hijau oleh Telkom dan bila terbukti bersalah akan dihukum?
  2. Apa jadinya kalau saya sudah membayar sebesar Rp721.000 ke Telkom karena saya kalah debat tidak punya bukti data? Siapa yang akan dirugikan? Apa yang akan Telkom lakukan atas kerugian tersebut?
  3. Apakah bisa dibenarkan dengan jawaban CS yang aneh dan simple, yang beralasan ada kesalahan sistem di bagian penagihan. Bukankah bagian penagihanpun menggunakan sistem yang sama?
  4. Apakah ini bisa dibilang kasus penipuan yang bisa dilaporkan ke Kepolisian? Karena dengan waktu pemberitahuan setelah 2 tahun close langganan, mungkin dianggapnya pelanggan sudah tidak mempunyai bukti data dan jangka waktu pemberitahuan surat yang mepet cuma 3 hari di waktu libur harus segera membayar kalau tidak akan diajukan ke jalur hukum. Ini bikin pelanggan panik sehingga akan segera membayar.

Saya mohon kepada Telkom untuk penjelasannya agar hal ini bisa dikoreksi dan dipahami oleh pelanggan lain. Dan mudah-mudahan dengan adanya sharing kejadian saya ini, para pelanggan Indihome tidak akan terjebak dengan hutang yang bisa berujung masuk penjara. Terima kasih.

Yudi Mardani
Buaran, Jatinegara
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Telkom atas Surat Bapak Yudi Mardani

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terimakasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Yudi Mardani pada tanggal 01-Januari-2019 terkait...
Baca Selengkapnya

33 komentar untuk “Sistem Billing Telkom Bermasalah, Dapat Surat Tagihan dari Kantor Pengacara Negara Kejaksaan Agung RI

  • 18 Januari 2019 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Pak Yudi, apakah artinya bapak masih menyimpan bukti pemutusan langganan? Karena kasus saya sama seperti bapak, tapi saya sudah tidak simpan lagi buktinya..

    • 18 Januari 2019 - (17:44 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yg sama nih, baru diterima suratnya hari ini, saya belum berhenti dr indihome, tp dikatakan blm membayar bill 2 tahun lalu selama 2 bulan sedangkan kami ada bukti pernah membayarnya

      • 18 Januari 2019 - (21:58 WIB)
        Permalink

        Bisa dibuatkan surat pembacanya bu? Klo bisa lengkap dengan foto bukti bayar dan surat yg diterima dari kantor pengacara negara. Krn itu mungkin bisa bantu saya untuk jadi bukti bahwa sistem telkom ngaco (krn saya uda ga simpan bukti cabut berlangganan).

  • 19 Januari 2019 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Kasus yang sama dengan saya. Hari ini 19 Januari 2019 saya baru dapat surat tagihan dr kejaksaan. Anehnya, tagihan tersebut tertulis di tahun 2017. Memang tahun 2017 saya sudah memutuskan layanan indihome dan semua pembyaran sudah dibayarkan. Decoder pun sudah diambil, jd saya tidak ada kehambatan punya hutang. Untuk bukti pembayaran di tahun 2017 saya sudah tak tau kemana. Itu bagaimana ya solusinya?

    • 20 Januari 2019 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Saya rasa banyak yang bernasib seperti kita ini bu (sudah hilang/tidak simpan surat bukti pencabutannya), makanya saya mau coba minta utk dishare foto surat & bukti (bagi yg punya). Tujuannya utk buktiin klo sistem telkom emang bermasalah. Klo bs buktiin sistem telkom bermasalah, artinya yg dituduhkan ke kita juga ga benar.

    • 27 April 2021 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Kasus yg sama terjadi dengan saya, saya sudah berhenti, sudah melunasi tagihan dan mengembalikan semua alat indihome, dapat surat tanda buktinya juga, eeh dapat juga tuh surat yg mengatasnamakan kejaksaan tinggi negeri jabar yg menyatakan kalau saya nunggak 2 bulan sejak saya berhenti berlangganan, kalau tidak bayar akan di tempuh jalur hukum, padahal sudah 11 bulan dr berhenti, baru datang tuh surat, untungnya setelah semalaman ngebongkar laci dan lemari akhir ketemu juga tuh surat tanda bukti berhenti berlangganan, detik itu juga saya wa balik, saya wa buktinya juga, terakhir saya kasih note jika masih berlanjut, akan saya tuntut balik atas pencemaran nama baik dan tindak pemeresan.
      Jadi teman2 yg bermasalah juga, coba dicari lagi tanda buktinya, kalau tidak ketemu coba tanya di tempat anda berhenti berlangganan, siapa mereka masih punya salinannya, karena tanpa bukti kita akan kalah di persidangan.
      Semoga berhasil teman2.

      • 6 September 2022 - (21:16 WIB)
        Permalink

        Sya juga dpt surat stelah 1 thn berhenti..jdi gimana ka apa tetap dibayrkan atau dibiarkan sja ..secara klo dilaporkan sya juga tkut..tapi modem dan lain nya sdj diambil sma petugas nya

  • 25 Januari 2019 - (23:00 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, saya sudah berhenti berlangganan sejak awal april 2016, segala kewajiban sudah saya selesaikan dan saya ingat prosesnya pun di buat cukup rumit karena saya terus menerima tlp dari pusat untuk konfirmasi (-+ 5x dalam 1 bln), hingga kemarin tiba-tiba saya mendapatkan surat tagihan tertera bulan juni & juli 2016 dengan jumlah tagihan yang berbeda. saat ini saya hanya punya bukti pembayaran terakhir, dan saya yakini ini adalah penipuan

  • 16 April 2019 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Ini valid. Saya juga mendapat surat yang sama berapa hari yang lalu, menyatakan kalau saya ada tagihan selama 2 bulan di 2017. Padahal semenjak 2012 sudah berhenti berlangganan speedy karena pelayanan yang tidak memuaskan. Dan saya masih simpan surat pernyataan berhenti berlangganan, juga sudah saya konformasi ke 147 tidak ada tunggakan atas nama saya di nomor layanan yang dimaksud.
    Silahkan kalau mau menuntut saya secara hukum, saya akan tuntut balik Telkom dengan pasal pencemaran nama baik dan pasal penipuan.
    Bayangkan berapa banyak uang yang di raup Telkom dengan alasan kesalahan system ini.

  • 20 Juni 2019 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Ternyata bukan saya saja yg mengalami hal seperti itu..
    Saya sudah berlangganan IndiHome selama 3 tahun..
    Saya sudah tidak memakai IndiHome lagi selama 2 bulan terkahir dan jaringan pun ter’isolasi alias tidak bisa di pakai ( tidak koneksi dgn internet ) jadi saya mematikan router nya..
    Tapi aneh billing dari IndiHome terus berjalan..
    Saya mendapatkan surat tagihan dari Jaksa Agung muda perdatadan tata usaha negara.. Dengan dituntut untuk segera membayar..
    Jika tidak akan diproses kasus saya ke jalur hukum..
    JUJUR SAYA PRIBADI MENYESAL BERLANGGANAN INDIHOME SELAMA 3 TAHUN

    • 28 Juni 2019 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Mau nanya sama pak asep nih? Dalam kasus bapak, bapaknya sudah berhenti berlangganan atau belum pak? Dan dalam dua bulan mematikan routernya, bapak bayar tagihan gak pak? Pengen mencari kesamaan kasus pak.

      • 3 Januari 2020 - (14:16 WIB)
        Permalink

        berhenti berlangganannya apa sudah membuat laporan ke telkom dan mengembalikan peralatan indihome nya atau hanya mematikan routernya saja ?… krn kalau hanya mematikan saja, tagihan tetap berjalan walaupun tidak terkoneksi dengan internet…

      • 23 April 2021 - (20:46 WIB)
        Permalink

        saya jg mgalamj hal serupa sudah berhenti brlangganan sejak sebulan lalu.smw perangkat sudah diserahkn k telkom.tpi tagihan masih jalan.ini jelas penipuan…jdi bagaimna solusi jelas nya.cara brhenti brlangganan indihome.jika smw sudah diselesaikn sesuai prosedur.tpi tagihan ttp jalan

  • 23 November 2019 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Hmm ternyata ada juga kasus serupa.
    Pada tahun 2018 lalu sudah memutuskan berhenti berlangganan indihome melalui pegawai telkom dan sudah ada pihak telkom yang mengambil router dirumah.
    Tapi kemarin pada tgl 22 nov 2019
    Ada surat serupa yang mengatas namakan kejaksaan dan meminta tagihan 2 bulan pada tahun 2018 , nah loh…

    Apakah ini semacam penipuan ??
    Soalnya bukti pencabutan sudah tidak ada , jujur takut juga lihat surat seperti itu….

    • 1 Desember 2021 - (07:02 WIB)
      Permalink

      wah saya juga sama nih dpt tagihan denda 2 bulan, padahal udah ga aktif dari 9 bulan yg lalu. tapi saya sistemnya ga mengajukan pemutusan langganan, jadi saya hanya tidak bayar tagihan dgn tujuan berhenti berlangganan. dan saya tidak punya surat bukti pemutusan

      yg saya mau tanya, kmrn Mas ttp bayar tagihan ke telkom atau tidak? saya agak takut juga kalau emang benar sampai dibawa ke jalur hukum. terima kasih, mohon balasannya

  • 28 November 2019 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Beberapa waktu lalu saya mendapatkan surat tagihan dari indihome untuk membayarkan tagihan 2 bulan terakhir, padahal 2 bulan sebelumnya juga saya sudah mengajukan untuk mencopot wifi indihome saya melalui teknisi yang datang langsung dan CS 147, dan ketika itu oleh CS dikatakan akan dibantu untuk memutuskan, saya mengira ketika itu sudah clear sudah dicopot ternyata tidak. Beberapa minggu belakangan saya sering ditelfon oleh CS indihome untuk membayarkan tagihan dan diinstruksikan untuk langsung datang ke plaza telkom dan menyelesaikan pembayaran, di satu sisi saya merasa dirugikan karena saya sudah sempat mengkonfirmasi untuk mencopot dan saya harus membayar tagihan yang mana pemakaian internet saya selama 2 bulan terakhir 0

  • 30 November 2019 - (01:02 WIB)
    Permalink

    Sy juga barusan mengalami hal serupa.. tapi yg terima amplop berisi surat adalah keponakan saya trus katanya disuruh foto foto sambil pegang amplop tsb oleh petugas.. ternyata tagihan indihome Mei dan Juni… persoalannya seingat sy sejak bulan tsb.. sambungan indihome sdh didisconnect krn belum bayar tagihan alias malas bayar krn jaringan internet kurang maksimal. Trus kabel sambungan telkom dari tiang telkom juga sdh diputus.. apakah sy perlu bayar atau gimana ya???

    • 30 November 2019 - (17:30 WIB)
      Permalink

      Saya juga barusan dapag suratnya, permasalahan nya sama seperti bpk.. gmna kira2 dibayar apa enggk pak? Soalnya saya juga rugi kalo internet lemot sama terisolir harus dibayar.

  • 10 Desember 2019 - (00:37 WIB)
    Permalink

    Bukti tagihan tanpa ada tanda tangan yg menerima suratnya apakah itu dianggap benar atau hanya cari pembenaran ya?

  • 12 Desember 2019 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru saja menerima surat yang sama. Dengan tagihan 2 bulan serta ancaman jalur hukum. Saya rasa ini penipuan model baru. Ada-ada saja perusahaan sebesar itu melakukan bisnis yg tidak jujur.

  • 25 Januari 2020 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Penipuan ini jelas merugikan konsumen. Sistemnya todong bawa aparat hukum parah memalukan . Kenapa gak ada sosialisasi sebelumnya karena povider spt mnc , Fm itu klo fasilitas diputus ya tidak dtagih krn sy prnh pakai dan pengalaman buruk skrng pakai indihome.

  • 25 Januari 2020 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Mungkin harus ke lembaga perlindungan konsumen supaya kita dpt perlindungan juga klo kayak gini kita merasa di peras dan di tipu.

    • 10 Juli 2020 - (08:24 WIB)
      Permalink

      iya..sy tadi ke kantor telkom, udah di isolir 3 hari langsung ane cabut semua alatnya, dah 2 buln gak make..eh tiba2 di beri surat bahw udh 800 ribu tunggakan,mmg sih awalnya sy gak melapor, krn pikirku KNAPA SAYA HARUS MEMBAYAR YG TIDAK SY PAKAI…akhirnya kalau mau pmutusan disuruh bayar dlu 800rb..aneh yah PEMERINTAH INDONESIA MUSIM CORONA GINI sempat2nya MOROTIN UANG RAKYAT.yah udah sama salesnya disuruh nunggu surat dari kejaksaan,, entahlah BRAPA TAHUN KITA MENDEKAM DI PENJARA KRENA GAK BAYAR YANG KITA GAK PAKAI..LEB8H BAIK SY P3NJARA AJA DARI PADA NGASIH UANGKU

      • 22 Juli 2020 - (23:45 WIB)
        Permalink

        Saya punya kasus serupa sama Siti ini,, terus kita harus gimana Ya?,,
        Hampir tiap hari di teror terus sama Indihome CS,, Saya juga keberatan kalo harus membayar sesuatu yang tidak pernah saya pake sama sekali.

      • 11 Juli 2021 - (16:33 WIB)
        Permalink

        Terus gimana mbak? Apakah mbaknya ga bayar? Terus diproses hukum nggak?? Soalnya saya juga baru dapat surat

        • 1 Desember 2021 - (07:05 WIB)
          Permalink

          maaf Mas saya juga dpt tagihan dr kejaksaan, kmrn jadinya ttp bayar tagihannya atau gmn ya? karena saya baru telat 1 hari nih di jatuh tempo. agak ngeri juga kalau diancam hukum

      • 1 Desember 2021 - (07:07 WIB)
        Permalink

        maaf mau tanya, jadinya gmn ttp bayar tagihannya atau tidak? soalnya saya juga dpt surat dari kejaksaan nih..

  • 22 Februari 2020 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Yang jelas 1.Telkom Indihome tagihannya makin kesini makin naik

    2. Signal atau jaringan lemot, sering sekali ada gangguan

    Tagihan naik tapi kualitas belum di perbaiki, ini yang sering buat konsumen kecewa. Semoga ada perbaikan sistem dari pihal indihome… Dulu saya pernah bertemu dengan atasannya, orangnya baik dan mau mendengarkan,,, tapi mungkin program perbaikannya belum terealisasikan.

    Dan selalu berhati² dengan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang selalu mencari kesempatan dalam kesempitan

  • 5 Juni 2022 - (00:44 WIB)
    Permalink

    Jangan takut kawan2 yang di ancam sama Telkom pakai surat pengadilan itu. Itu hanya gertak sambal saja tidak berani mereka nuntut kalian. Kalau di tuntut kalian tinggal tuntut balik lagi karna kalian merasa gak dapat layanan samasekali tapi di suruh bayar.. buat orang yang niat bayar saya sarankan jangan bayar nanti kalian menyesal seperti saya karna saya dapet info dari temen saya yang sama kaya kalian. Dia tidak menggubris samasekali ancaman Telkom suruh bayar denda itu dan dia masih aman2 aja gak ada efeknya. Jadi buat kalian yang mau bayar sebaiknya jangan saya memberitahu ini hanya saya tidak ingin kalian seperti saya yang telat dapat infonya. Sekian salam dari korban indiehome

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indonesia?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Sistem Billing Telkom Bermasalah, Dapat Surat Tagihan dari Kantor Peng…

oleh Yudi Mardani dibaca dalam: 2 menit
33