Surat Pembaca

Pesanan Tokopedia Ditolak Penjual, Dana Tidak Di-refund Secara Full

Saya bertransaksi di Tokopedia dengan no invoice INV/20190203/XIX/II/266719929 dalam satu invoice ini terdapat 2 barang. Barang A dengan harga Rp430.000 plus ongkir Rp14.000 dan Barang B dengan harga Rp95.000 plus ongkir Rp14.000.

Dikarenakan saya membayar dengan kartu debit, saya terkena biaya admin sebesar 1,5 persen. Biaya 1,5 persen ini saja dari peraturan Bank Indonesia tidak boleh dikenakan oleh merchant kepada pembeli. Namun Tokopedia tetap mengenakan biaya tersebut kepada pembeli. Namun ternyata setelah pembelian saya ditolak oleh penjual A, dana saya hanya direfund sebesar harga barang dan nya saja, sedang biaya admin tersebut sebesar 1,5 persen tidak dikembalikan kepada saya..

Saya sudah meminta kepada CS Tokopedia agar mengembalikan dana saya secara full termasuk biaya admin tersebut, namun ditolak oleh CS Tokopedia dan diberitahukan bahwa biaya admin tidak dapat direfund. Apakah begini cara Tokopedia mengambil keuntungan dari penggunanya?

Semoga semua pengguna Tokopedia dapat berhati-hati dalam bertransaksi, karena biaya admin memang kecil namun dikali berapa pengguna Tokopedia? Bila di-cancel maka biaya admin menjadi hak Tokopedia. Semoga Tokopedia mengembalikan apa yang sudah menjadi hak Saya.

Terima kasih kepada redaksi mediakonsumen.com yang telah memuat keluhan saya.

Thanks and regards,

Bun Fie
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Penulis
Bun Fie