Buruknya Penyelesaian Kasus Transaksi Antarbank di BNI

Yth Pimpinan tertinggi PT Bank Negara Indonesia (BNI) TBk.,

Saya sebagai nasabah BNI sangat kecewa atas tidak jelasnya penyelesaian laporan saya oleh tim terkait atas kasus transfer antar bank (BNI ke Maybank sebesar Rp4.950.000) melalui internet banking BNI. Di mana status transfer sukses dari BNI tapi tidak masuk ke rekening tujuan milik saya (Maybank). Kejadian tsb saya alami tanggal 31 Januari 2019. Pasca kejadian saya langsung kontak call center BNI 1500046 untuk menyampaikan pengaduan. Saya minta kepada staf call center untuk membuatkan laporan urgent. Beberapa menit kemudian keluarlah nomor pengaduan 11814452680. Saat itu mereka kemudian menginformasikan kepada saya bahwa proses penyelesaian laporan saya maksimal 14 hari kerja.

Hari berikutnya (1 Februari 2019) saya kembali kontak call center untuk menanyakan progres penanganan aduan saya, dijawab oleh staf call center “Maaf masih dalam proses pak dan laporan udah disampaikan lewat email ke pihak terkait”. Mendengar jawaban itu saya pun bertanya balik kepada mereka, berapa lama prosesnya? “Maaf kami tidak mengetahui pak, bapak tunggu saja informasi dari kami….”

Karena tidak ada kejelasan mengenai penyelesaian aduan ini, tanggal 2 Februari saya kembali merogoh kocek dengan mengontak lagi call center untuk menanyakan progres penyelesaian. Saya bertanya kepada staf call center, “Sudah sejauh mana progresnya? mereka menjawab sama, maaf laporannya masih dalam proses pak. Saya pun bertanya balik, kok masih dalam proses terus, tidak bisakah dikonfirmasi ke pihak terkait mengenai progres penanganannya. “Maaf kami tidak bisa kontak pak, kami hanya bisa follow up lewat email” jawab staff Call center.

Mendapat jawaban itu, saya tambah penasaran, dan berpikir, masa perusahaan sekelas BNI yang berplat merah ini pelayanannya ribet banget. Kok pihak terkait yang menangani tidak bisa dikonfirmasi lewat telepon oleh call center (hanya bisa lewat email) dan email pun katanya belum ada dijawab.

Jadi dari percakapan tersebut, saya bisa ambil kesimpulan bahwa pelayanan terhadap persoalan nasabah di BNI selama ini sangat tertutup. Sama sekali tidak ada transparansi. Padahal zaman sekarang sudah serba digital dan canggih. Masak cuma menangani masalah sepele seperti yang saya alami ini ribet banget dan memakan waktu cukup lama. Dugaan lain, kemungkinan pihak BNI CS ada unsur sengaja memperlambat refund uang saya untuk dimanfaatkan buat kepentingan lain. Wallahualam.

Hasbi
Samarinda, Kaltim

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BNI atas Surat Bapak Hasbi

Menanggapi keluhan Bapak Hasbi di media online www.mediakonsumen.com pada tanggal 4 Februari 2019 berjudul “Buruknya Penyelesaian Kasus Transaksi Antarbank di...
Baca Selengkapnya

Komentar