Kategori: Surat Pembaca

Cara Penagihan Pinjol Tangbull di Luar Etika

Saya sedang terjerat pinjol dan menunggak, salah satunya di pinjol Tangbull. Saat saya mulai terlambat membayar, saya sudah berusaha konfirmasi dengan Tangbull yakni mengangkat telepon dan bilang belum bisa bayar sampai akhirnya jatuh tempo saya sudah 14 hari. Dan tiba-tiba atasan saya WA karena beliau mendapatkan sms dari Tangbull mengenai hutang saya.

Saat itu saya langsung berusaha menghubungi pihak Tangbull tapi telepon nada sibuk atau tidak diangkat. Hingga akhirnya menurut perhitungan Tangbull keterlambatan saya sudah 3 bulan. Hari ini kolektor Tangbull melakukan kunjungan ke rumah saat saya sedang bekerja, posisi di rumah hanya ada anak saya dan asisten rumah tangga.

Yang membuat saya merasa dirugikan adalah:

  1. Pihak Tangbull menghubungi salah satu kontak saya padahal kontak tersebut tidak ada kaitan dengan hutang saya dan saya pun tidak mendaftarkan kontak yang dihubungi Tangbull sebagai nomor darurat.
  2. Kolektor Tangbull memberikan selembar surat saat kunjungan dikarenakan saya tidak di tempat. Surat tersebut diberikan ke anak saya yang notabene masih di bawah umur (usia anak saya 9 tahun) dengan kondisi surat tidak diberi amplop sehingga isi surat terbaca oleh anak saya. Selain itu pihak kolektor menyuruh anak saya foto dengan dia sebagai bukti surat telah diberikan ke pihak saya.

Apakah HARUS cara penagihan seperti ini? Dimana ETIKA dan SOP penagihan? saya bertanggung jawab atas keterlambatan bayar, tapi apakah ada aturan yang memperbolehkan hal yang dilakukan oleh pihak Tangbul tsb di atas?

Tidak ada telepon atau paling tidak sms pemberitahuan sebelum dilakukan kunjungan. Katanya aplikasi terdaftar dan dibawah pengawasan OJK, seperti ini ya kalau di bawah pengawasan OJK?

Nia Yuliawati
No Kontrak: 2377635
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Sy sudah banyak baca surat pembaca tentang pinjaman online dan komentar2 dari para korban. Sy doakan semoga masalah kalian cepat selesai. Tp yg jadi pertanyaan besar sy, bagaimana cara mereka bisa mendapatkan kontak hp/wa dari teman2/keluarga peminjam? Karna

    • Maaf terpotong.
      Karna rata2 yg saya baca cara DC menagih itu dgn mempermalukan peminjam dgn cara menghubungi teman2/keluarganya bahkan menyebar foto. Ada yg bisa bantu jawab? Terima kasih.

  • bnr dr pt.tangbull ga mba..soalna kl dr pt yg bnr kn biasanya logo asli ga copyan gt ..tp ga tau jg ya..mdh2an mba dpt solusi trbaik ya.kl sya jd mba mgkin sya akn dtg k kntornya sblm byr..memastikan ap bnr itu dr tangbull dan stau sya tangbull mmg blm ojk dh kyanya..

  • setau saya tangbull saat ini ganti nama aplikasi jadi modal nasional. trus yang aneh kenapa tagihan diminta melakukan pembayaran kepada karyawan pt? buka transfer ke nomer virtual account kita?
    aplikasi yang suka gonta ganti nama memang belum ojk.

  • Ya allah saya jg sama mb..ad tunggakan di pinjol Tangbull..sampe separah itu ya...
    Saya ada beberapa yg nunggak..perdana(rupiah plus),kantong darurat,cashcepat,popcash dan tunaiku itu sampai berapa ga tau krna hape saya ga bisa download...udah hampir 2 bulan...cari pibjaman kesana kesini ga dapat..masa mau pi jam ke pi jol jg..bisa2 terlilit hutang...

    • Saya lebih parah mba,, sudah utang rentenir pun gak terbyt pinjolonya,jdi double,, suami saya tdk tau saya berutang sama rentenir,,, udah buntu saya,,rentenir tiap hari datang kermh.. Pusingg...

    • sy jg ditagih popcash/skrng jd duta deal tp sdh sy bayarkan, dan mash ada 10pinjol lg dngan total 10jtan, dr cash cepaqt jg mnta dilunasi hr ini, modal nasional/tangbull jg blm sy bayar, sy bngung hrs kmana

  • Ya memang seperti itu cara penagihannya. Gak ada aturan sama sekali. Saya pernah di datangi pada jam 20.45 ke rumah namun saat kondisi rumah kosong. Akhirnya DC mendatangi ketua RT saya namun oleh ketua RT saya di bentak balik karena waktunya sudah tidak masuk akal.

  • Saya terjerat pinjol tangbull, butuh solusi, tolong masukan ke grup WA, ini nomor saya 081234335025

  • Saya jg sama punya masalah sama tangbull,, tapi disaat mau bayar aplikasinya ga ada.. Tlong masukin grup biar ada masukan 082214558855

  • Pertama Tangbull tidak terdaftar di OJK. Silahkan hub 021157, itu telp OJK. Tapi percuma pihak OJK hanya memberi saran dengan win win solusiion. Tapikan apa mau pihak Tangbull kaya gitu, jelas ga bisa mrk tetap minta di bayar sesuai tagihan. Lagian di manaa kantornya ?
    Sebaiknya jangan berurusan sama Tangbull lagi, telat hari pertama 80 rb. seterusnya 22 rb. Semakn hari semakin besar bunganya, dan mereka ga peduli.

    • Kalo gasalah itu kantornya di green lake city,daerah jakbar deket sma rumah aku,alamat pastinya ga tau tapi kalo mau tau coba tanya sama security aja

    • Kantor tangbull ada di wilayah jakarta barat
      Tepat nya ruko greenlike city

      • Bener ga kantor nya di situ karna rumah saya dekat dr situ,mngkn klo sdh ad dana datengi aja kantor nya dan minya keringanan kali ya

  • Masuk in saya ke grup wa dong saya juga punya masalah yang sama ama tangbull
    089622792***

Penulis
68