Surat Pembaca

Mohon Bank DBS Berikan Keringanan untuk Nasabah yang Mempunyai Itikad Baik

Saya pemilik kartu kredit Bank ANZ yang sekarang beralih ke Bank DBS dengan nomor xxxx7928 dengan limit Rp30 juta. Total tagihan saya Rp36 juta saat ini berikut bunga (sudah over limit) dan sekarang ini saya sedang mengalami kesulitan keuangan, Dengan saya datang empat kali ke DBS pusat di Jalan Juanda, seharusnya kalian paham saya ada itikad baik. Tidak selamanya hidup berjalan lancar–lancar saja.

Gaji yang saat ini saya terima hanya UMR sehingga tidak mampu untuk membayar tagihan ini. Saya mencoba untuk mediasi dengan datang ke DBS Pusat Juanda (tempat collection) memohon untuk kebijaksanaan DBS memberikan keringanan untuk program diskon (di mana saya mampu hanya Rp12 juta) itupun saya harus jual motor saya. Sekalinya ada saya disuruh sekali bayar Rp30 juta atau hanya hapus bunga.

Saya bukannya tidak mau membayar tapi saya mohon diberikan keringanan tapi sampai saat ini tetap menemui jalan buntu (dan ini berlangsung selama 1 tahun).

Saya sungguh tersinggung dengan ucapan desk collection Anda (Bank DBS). Setiap hari ditelepon sama desk collector dengan nada sangat tidak sopan, memaki-maki saya setiap hari setiap saat. Dengan nada marah desk collection itu menyuruh saya melunasi saat ini juga. Desk collection juga terus menelepon saya ke kantor. Saya persilakan kalau mau menelpon tapi kalau Anda mengganggu saya bekerja, mengganggu resepsionis, HRD dan semua teman saya.

Apakah memang tidak ada keringanan sama sekali dari Bank DBS dan negosiasi untuk nasabah? Karena dari bank yang lain mereka memberikan keringanan dan program untuk ini. Seharusnya niat baik jadi pertimbangan bank untuk bisa memberikan keringanan, bukan dengan debt collector yang meneror nasabah yang mengalami kesulitan.

Saya sudah tidak tahu mau ngomong apa lagi. Mohon juga untuk pihak bank agar bilang sama collection mengenai peraturan untuk cara menagih nasabah seperti apa. Kalau mau bukti rekaman percakapan akan saya kirimkan kalau ada yang meminta bukti percakapan dari collection bank.

Mohon solusinya dengan pihak Bank DBS. Dan semoga surat terbuka saya ini ada tanggapannya. Karena saya sudah buntu menghadapi tekanan mereka yang semakin hari semakin menggila. Terima kasih sebelumnya.

Fransisca
Cideng Barat, Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Fransisca

Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan MediaKonsumen.com...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Cb aj ke DBS yg di kota bu ..saya dlu KTA..sya dtg ksna ngomong baik2..dpt keringanan denda...

  • Masalahnya sama seperti yang saya alami, saya adalah pemegang kartu kredit ANZ dan beralih ke DBS. Sekarang sudah menunggak selama 4 bulan karena kondisi keuangan, tiap hari ditagih collector ke hp & kantor dengan cara menagih yang tidak sopan dan cenderung merendahkan, sama seperti yg Ibu Fransisca alami saya masih punya itikad baik membayar dengan meminta keringanan pembayaran namun mereka bersikeras tidak program seperti itu. Bagaimana Ibu fransisca sudah ada solusi dari DBS? email saya ya bu roe_84@yahoo.co.id

  • Sy jg pemegang kartu credit dbs dan cashline,sdh nunggak 2 bln.saat ini sy mnta bantuan pngacara utk hadapi kasus spt ini.DC yg sdh sewenang2 dan tidak mngikuti aturan,bisa d laporkan pihak berwajib.

    • Boleh saya minta kontak pengacaranya mba makasih krn trz trg sy tkt byk penipuan

      • Hati2 menggunakan jasa pengacara, apalagi yg sering dikirim penawarannya melalui broadcast sms. Penipu itu mah. Saya adalah menjadi korban penipuan mereka.

  • Halo Mba Sisca, kabarnya sudah ada solusi dari DBS mba? boleh dishare solusi penyelesaiannya mba? kebetulan saya memiliki masalah yang sama nih.... mohon bantuannya ya mba... terima kasih...

    • Yg jelas tidak ada solusi sampai sekarang. Mereka mau bantu solusi dibayarkan 22jt 3 atau 4 kali bayar.. memang gajinya brp suruh bayar 3x cicil. Dbs bilang saya seenaknya... bukannya terbalik. Ga jelas dh

      • Selesaikan sendiri saja, Mbak. Gak usah tertipu dg penawaran2 jasa pengacara. Bullshit itu. Pengalaman saya pribadi, justru reputasi saya di mata perbankan jadi hancur, gegara tertipu jasa mediasi pelunasan kredit ke bank. Sudahlah uang habis utk bayar fee mereka, ternyata DBS mengatakan kl mrk tdk kerjasama dg lawyer. Akhirnya, saya sendiri yg menyelesaikan DBS. Dan orang yg tdnya ngaku2 sbg lawyer, tinggal kipas dan ongkang2 kaki. Krn sdh terima fee, tp gak kerja apa2.

        Demikian saran dari saya. Semoga bermanfaat

  • minta bayar pokoknya utang saja bu yang benar2 memang kita pakai. Minta keringanan penghapusan bunga dan denda ...

    • Bisa mnta bantuan ke OJk,ada bagian LAPS yg bsa jdi penengah pihak bank dan nasabah.

      • Naah... Begini lebih bagus. Minta bantuan OJK, sbg lembaga yg resmi dan kredible.

  • Met pagi mba..
    Apakah ada solusi setelah komunikasi dan minta bantuan pengacara mba..?
    Saya jg ada masalah yg mirip sepeti itu dgn DBS bank juga.
    Mohon kontak pengacaranya mba.
    08163425** wa saya. Txs

    • Saran saya, urus sendiri saja. Krn Bank DBS menolak dan akan mengatakan bahwa mereka tdk kerjasama dg pengacara.

      • saya sdh 9 tahun, krn dari awal saya sdh blg saya kena tipu dan record mereka sdh tau semua, cuma akhir2 ini DC datang lgi dan uda mulai agak kasar, rcn saya mau ke DBS lg