Surat Terbuka untuk Pemerintah dan Divisi terkait Mengenai Pinjol

Perkenalkan, saya Denni, saya merupakan karyawan PKWT BUMN. Berhubung tingginya biaya hidup, kami terpaksa meminjam pinjol sejak bulan September 2018 dengan tanpa niat jahat sedikitpun untuk tidak membayar sehingga data yang kami berikan jujur apa adanya dengan segala konsekuensinya.

Awalnya atas nama saya, tapi lama kelamaan untuk menutupi pinjol-pinjol tersebut saya menggunakan nama istri dan jumlah aplikasi yang saya instal atas nama saya dan istri 40 aplikasi lebih, baik yang di bawah pengawasan OJK ataupun non OJK dengan total nominal mungkin di angka Rp40 juta. Per akhir Bulan Januari 2019, keuangan saya mulai tidak stabil, pinjol mulai tidak terbayarkan, tagihan lewat telepon, sms, dan wa mulai bermunculan.

Awalnya kata-kata tagihan halus, lama kelamaan, muncul ancaman-ancaman, baik itu penyebaran data, menelepon ke semua kontak, ataupun DC datang ke rumah. Walaupun sudah dijelaskan keadaan saya, pinjol tidak mau tahu. Dan akhirnya apa yang mereka ancam terjadi berupa penyebaran data pinjaman, menelepon ke semua kontak dan DC datang ke rumah hal ini terjadi ke saya dan istri.

Untuk saya sendiri, saya memberikan penjelasan ke rekan-rekan kerja dan keluarga mengenai keadaannya, tapi akhir-akhir ini dari pihak kantor sudah mulai gerah karena banyaknya telepon. Saya tidak tahu sampai kapan kantor bertahan. Untuk istri saya sendiri, karena yang ditelepon dan di-WA kebanyakan para tetangga, dia mengalami depresi, tidak mau keluar rumah. Kalau keluar langsung buru-buru pakai helm, di rumah suka marah dan tidak tenang, dan terakhir dari tetangga kami mendengar ada rencana untuk pengusiran kami karena dianggap telah mengganggu ketentraman warga.

Karena saya bingung harus bagaimana, saya browsing ke semua website mengenai korban pinjol termasuk di media konsumen, ternyata sudah ribuan orang sudah menjadi korbannya sejak bulan Juli 2018, dan tetap berlanjut s.d. sekarang (Feb 19). Saya berkesimpulan, walaupun sudah ada laporan ke OJK, ke kepolisian, LBH ternyata pinjol ini begitu sakti karena masih terus bermunculan. Dan pihak peminjam, ataupun korban, tetaplah selalu disalahkan.

Sebagai pemerintah yang tugasnya mengayomi rakyatnya, melindungi hak asasi warga negaranya, tidak adakah terbesit hati nurani untuk segera menangani hal ini? Tidak sadarkah tingkah laku pinjol ini sudah meresahkan warganya, tidak sadarkah pinjol ini sudah membuat ratusan mungkin ribuan orang terancam di-phk, tidak sadarkah pinjol ini bisa membuat gesekan sosial karena mengadu domba antar tetangga, antar rekan kerja, maupun antar keluarga, tidak sadarkah pinjol ini bisa menyebabkan warga menjadi depresi dan bahkan mungkin berniat bunuh diri karena malu.

Saya dan mungkin ribuan orang berharap, pemerintah segera turun tangan, tolong dengarkan hati nurani rakyatmu, tolong bantu kami, tidak ada niat kami untuk tidak membayar kewajiban kami karena keadaanlah kami begini. Mungkin ini harapan kami semua.

Mohon maaf, jika ada kata kata saya yang kurang berkenan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 06 Februari 2019, pukul 23.20

Denni Novriyadi
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 3.2]

109 komentar untuk “Surat Terbuka untuk Pemerintah dan Divisi terkait Mengenai Pinjol

    • 9 Februari 2019 - (07:03 WIB)
      ada beberapa yg datang. tapi ga semua bahkan mayoritas cuma intimidatif doang lewat telpon, apalagi yang bukan terdaftar di OJK, cuma kuat di mulut doang. kadang malah dengan beraninya mengatas namakan Bank Indonesia
      • 30 April 2019 - (22:43 WIB)
        Saya juga korban Pinjol yang coba mencari solusi. Saya coba buat petisi, yang senasib mungkin bisa menandatangani bersama sehingga bisa menjadi bahan laporan untuk dipertimbangkan oleh Pemerintah atau Pihak yang berwajib mengenai keluhan kita semua
        berikut Link petisinya
        http://chng.it/vnpv2fvRxL
        • 9 Juni 2019 - (13:36 WIB)
          Setuju pak,saya dari bulan meu akhir sampai skrg ga sanggup bayar pinjol,masih banyak yg nawarin tapi saya sudah tobat,semakin saya gali semakin besar beban,ada 11 aplikasi yg gagal blm saya bayar,saya jg berharap mudah2an dikemudian hari Tuhan bukakan rezeki sehingga bisa menutypi satu persatu
      • 9 Februari 2019 - (08:15 WIB)
        Oh ya…
        Klo boleh tau lokasi bpk dmn?
        Trus pas mreka dtng krmh bilang apa aja..makasihh
          • 20 Juli 2019 - (10:32 WIB)
            ,, Lah saya kan juga orang sidoarjo Mas. . . . . Saya juga kena masalah pinjol ini,, dan sudah 7 Aplikasi belum bisa saya lunasi.
          • 20 Juli 2019 - (12:30 WIB)
            Saya jg terjerat pinjol,minta tolong masukin ke grub saya daerah Surabaya..
      • 23 Juli 2019 - (06:35 WIB)
        Sy jga bernasib sma pak,saat ini pinjol yg sdh lewat jatuh tempi bru 1 dan bbrp hari kedepan akan menyusul sbb sy sdh tdk mampu byr,kmaren sy nego dgn kilat dana dn sy memohon agar sy dpt menyicil pinjaman sy mreke setuju dgn cicilan 500rb sbb hanya itu dana sy punya namun saat sy melakukan pembayaran sesuai dgn no VA yg mreka kirimkan slalu ggl bahkan dgn nmr VA yg berganti2 dikirimkan jga ggl,akhirnya sy tanyakan knapa no VA yg anda kirimkan berbeda dgn yg ada di app lantas mreka suruh sy kirim dana dgn no VA yg adadi app,tpi ttp ggl,sy pusing dn akhirnya sy pasrah sdh sbb seperti mreka mau ngulur waktu sja,smua kejadoan ini sdh sy screenshot
  • 9 Februari 2019 - (01:37 WIB)
    satu satu nya jalan untuk membasmi pinjol..
    kita buat 1organisasi nyata..
    yg tergabung dari semua korban pinjol..
  • 9 Februari 2019 - (07:48 WIB)
    Wow… Saya mau juga dong gabung k grup 082157992859.
    Sebenarnya saya lancar” aja dengan pinjol.oleh karena saya 2x d kecewakan dgn 2 aplikasi pinjol yg berbeda, aplikasi” yg lain juga kenak saya dendamin krn kekecewaan saya haha..

    Kekecewaan pertama,uang saya yg sudah d transfer ke pinjol (Pinjaman Go ) gak bs d kembalikan lagi krn kmren 2xtransfer. Mreka hanya mengeluarkan kata MAAF. Pdhal d lerjanjian tidak ada hal sprti itu..

    Lalu yg k2, saya di iming”in kebaikan limit pd pinjol (lioncast)kyknya gak ada lg d playstore. Nahh ketika saya sudah buru” melunasi agar bs mendapatkan promo kenaikan limit, ehhhh no cs pinjolnya gak aktiv lagi..kan bego’ 😢😢😢

    Nah dr situlah saya mulai malas utk membayar semua pinjol” yg saya pinjam uangnya.tohh uangnya bukan utk saya makan.malahan utk galilubang tutup lubang hahaha…

  • 9 Februari 2019 - (18:16 WIB)
    Saya dan istri juga punya masalah pinjol.. Awalnya lancar tapi lama kelamaan mencekik.. Mulai tutup lubang dr pinjol lain sampai numpuk sekarang dr Januari blm bayar.. Sering di ancam mau dilaporkan ke pihak berwajib, ke HRD kantor saya dan mau kerumah. Saya sdh tegaskan untuk iktikad baik dengan cara di cicil perbulannya..namun mentah. Mereka tetap saja menagih. Saya dan istri jadi noid klo ada motor yg berhenti depan rumah dan ada orang yg gak kami kenal. Depresi total yg saya alami.. Kasian istri lagi hamil calon anak kedua dan anak pertama mau sekolah.. Ya ALLAH… Tiap hari hanya bisa berdoa berdoa dan berusaha..
    Klo ada grup tolong masukan saya 08121022548.

    Terima kasih.

  • 9 Februari 2019 - (18:16 WIB)
    Hr ini sy d dtgin DB dr kredit pintar, untungnya sy ngga ada d rm..dia taro surat d pager rm yg intinya pjman sy hrs d byrkan hr ini jg..langsung badan sy lemes, jantung deg2an..sy takut klo bsk blm d byr mrk dtg lg..ada yg pernah ngalamin keq sy ngga?
      • 14 Februari 2019 - (20:28 WIB)
        Iya bener..itu br satu aplikasi yg dtg tp ttp sampe skrg sy jg blm bs bayar, sy takut..uda ga enak tidur ga enak mkn..tiap hr was2 trs, apalagi klo dgr suara motor berenti d dpn rm..
          • 14 Februari 2019 - (20:33 WIB)
            Iya mba klo DC nya ngerti, mrk kan ga mau tau alesan kt..sy ngga ada niat u ga byr tp emg saat ini blm ada sm skli, klo pun ada yg sy utamakan pasti urusan anak dulu..
    • 30 Maret 2019 - (09:38 WIB)
      sy prnah mba kredit pintar jg, dr bulan juni, trs bulan sept dia dtg krumah saya yg nemuin ortu saya, dia nagih, sy blg awal okt sy bayarin tp pokoknya pinjamannya aja, lalu hp saya hilang, trs bbrp blan dpt hp baru lalu sy install kredit pintar dan mau login, eh pake no tlfon yg lama, yasdh gabs trs smpe skrng gaprna lg mba
      • 3 Juli 2019 - (22:45 WIB)
        Selamat malam bapak denni. Perkenalkan nama saya lilis. Saya mengalami hal yg sama spt bapak. Saya juga terjerat pinjol dan pihak pinjol pun sudah menyebarkan data2 saya. Pak saya apakah blh mnta no wa bapak? Siapa tau qt bsa saling sharing pak. Terima kasih.
    • 14 Mei 2019 - (18:19 WIB)
      Mba saya juga ada di Kredit pintar dan sudah didatangi DC, alhamdulillah saya bicara baik2 dan dia mengerti dan saya tlp suami sy agar menjelaskan knp bisa telat sampai 2bln dan DC memberikan solusi kepada saya dan suami utk membayarkan pokoknya saja, sebernya kalo ada yg datang sambut saja mba kalo dia sudah datang dan dengan bentak2 atau ada unsur pemaksaan teriakin aja maling nanti juga digebukin warga
      • 30 Mei 2019 - (07:58 WIB)
        Hari ini saya jatuh tempo kredit pintar,,, kalo boleh tau hari ke berapa DCnya datang kerumh mbak… Soalnya saya benar” gk punya uang sama sekali… Kemarin saja anak saya smsan dengan pinjol UKU sudah menjelaskan kondisi kami skrng mereka gk mau tau tetap meminta untuk membayar,,, pinjaman atau perpanjangnnya… Anak saya minta waktu beberapa hari untuk perpanjangan pinjaman malah disms kalo hri ini tidak membyarkan pinjaman atau perpanjangannya data saya akan di backlist dan diserahkan ke BI..
        Kalo saja saya punya uang pasti saya bayar… Jangnkan untuk membayar mereka untuk makan pun saya kesulitan.. bahkan saya sendiri sudah terusir dr rumah mertua/suami dengan membawa 4 anak yg 3 masih kecil”.. kalo pun saya jual hp ini gk akan cukup untuk membayar semuanya…
        Sekrng sya cuma bisa pasrah karna baru tau td pas shaur kerabat saya menanyakan saya apakah saya punya hutang , karna ada tlpon ke kerabat saya meminta untuk membayarkan hutang saya .. dan sudah pasti semua contak sya di tlpon dan di sms.. cuma mereka belum berbicara pada saya… Dan anehnya saya dibilang membawa kabur uang perusahaanya… Dan beritikad buruk…
        Ya allah tolong yg punya solusinya semakin hari badan saya smakin kurus karna pikiran saya terbagi” dan anak saya juga terbawa imbas dimaki maki sama mereka … Sekali lagi saya minta solusinya
        • 30 Mei 2019 - (19:10 WIB)
          Malam bu lia, sy ikut prihatin atas apa yg ibu alami.. Sedikit banyak sy jg merasakan,, mungkin yg saya lakukan pertama kali, sampaikan apa yg ibu alami sejujur2nya ke orang terdekat.. Kemudian, abaikan semua pinjol, pindah ke rumah yg lain yg jauh dari rmh sebelumnya, kemudian fokus utk mencari uang utk anak2 terutama,setelah semua dilakukan, pikiran kembali tenang, bayar satu persatu hutang tsb.. Semoga sedikit membantu..
    • 30 Juli 2019 - (07:58 WIB)
      setau saya kredit pintar ga ada DC nya
      krn dia ilegal
      kalo ampe dia sebar data ga usah bayar
      ingat itu
  • 9 Februari 2019 - (21:19 WIB)
    Bagaimana solusinya data tetap aman dan selalu diancam menghubungi kontak saya terlirit hutangonline mohon infonya
  • 9 Februari 2019 - (22:09 WIB)
    Salam hormat,pengalaman bapak/ibu sekalian dsini adalah pengalaman yg jg dirasakan ribuan orang korban diluar sana yg mgkn tdk paham hrs mengadu dan menceritakan penderitaan nya pada siapa. Sy sgt berharap media konsumen dpt menjembatani permasalahan yg sgt penting ini, karna ini menyangkut hajat hidup masyarakat indonesia. Lingkaran setan pinjol ini mmng membutuhkan perhatian nyata oleh pemerintah, karna negara Indonesia berlandasakan pancasila.dan sy tdk paham, dimana pancasila itu sekarang. Apakah pemerintah akan berdiam diri saja dgn permasalahan ini? Mohon kiranya media konsumen dpt meneruskan permasalahan ini kepada pihak terkait. Yg mgkn ingin berbagi, membutuhkan wadah untuk saling mendukung dan mengingatkan bahwa pinjol ini adalah salah satu bentuk rentenir digital dan kita harus sadar bahwa ini adalah riba.Dan ingin tobat nasuha tdk ingin gali lubang tutup lubang dgn riba ini, dpt kiranya bergabung bersama kami,yg membuat komunitas2 anti riba. 085647772757#komunitasantiriba
  • 11 Februari 2019 - (11:46 WIB)
    Aku mau juga dong masuk grup
    081298228172
    Kasus aku , pinjam di apk danaQ dari tangbul karena hp aku rusak jadi harus ganti , giliran mau di download ulang apk nya di playstore ga ada ,
    Karena bingung harus bayar ke man a, akhirnya di biarin aja , dan dari pihak pinjol pun ga ada ngehbungi , tau tau setelah 1 bulan tiba tiba mereka ngebhungi kontak tmn tmn aku bilang kalo aku udah telat bayar pinjaman di apk danaQ , aku malu sampe data di sebar gtu
    Dendanya pun mencekin bgt
  • 12 Februari 2019 - (11:38 WIB)
    saya juga trjerat tp alhamdulillah satu persatu saya bayarkan .
    awalnya saya emg butuh krna kebutuhan mendadak lalu krna msalah pekerjaan dan saya di keluarkan dri krja . akhirnya saya telat membayar , emg gila penagihannya itu para DC . ada bbrp DC yg datang kerumah kredit pintar , uang teman , tangbull , finmas , akulaku . saya kasian sama ibu saya . saya jadi makin giat untuk mncari kerja yg bru , apapun kerjaannya saya terima . akhirnya saya kerja lg walau gaji tidak sprti dlu bahkan kecil gaji saya tp saya mau gak mau spya dapat uang .

    DC nya msih bsa di ajak kerja sama stiap gajian saya bayarkan . yg pnting lunas satu persatu .
    DC uang teman yg mnurut saya msih sopan saat dtang kerumah dan kasih saya keringan dgn byr pokoknya aja .

    yg saya gak suka adalah pinjaman yg gak trdaftar di OJK mreka lebih parah .

    jujur saya nyesel , mending saya jual barang dibanding hrus pinjam uang online apapun keadaan nya dan mendesaknya kita .

    sampai saya taubat gak lagi” , mending kalian ga usah pikir panjang . mnding ga usah pinjam online

    krna klo kita ga pinjam ke mereka , mereka ga akan ada konsumen yg pinjam ke mreka lg

  • 12 Februari 2019 - (20:18 WIB)
    Saya juga korban pinjol..saya pikir hanya saya yg pinjam dr satu pinjaman ke pinjaman lain untuk menutupi pinjaman itu…yang akhirnya jd bertumpuk hutang bukan karena pinjaman yang saya pakai untuk kebutuhan tapi untuk menutupi bunga dan pinjaman yang lain…kalau ada grupnya saya mau ikutan masuk ke grupnya…no saya 085311261626…tolong gabung ke grup ya…saya pengen dapet solusinya dan share sama yang lain…makasih..
  • 21 Februari 2019 - (14:03 WIB)
    masukan saya ke group dong saya juga terkena korban pinjol ini ini no wa saya 085811514*** sampai resah bingung harus gimaana
  • 22 Februari 2019 - (20:45 WIB)
    Nama saya andry lokasi saya di jakarta timur.
    Saya menunggak banyak pinjaman online,
    Dari tunaiku, kta kilat, tangbull, pinjamyuk, do it, dan pinjam pro yang sekarang ganti ke pinjaman petir. Aplikasi tersebut semakin besar bunganya dan lagi. Dept colector dari salah satu aplikasi tersebut (kta kilat) menelpon ke seluruh kerabat, orang tua dan juga atasan saya (hrd) sampai sampai semua orang di divisi saya hampir semuanya tau. Saya mohon maaf karna saya belum bisa melunasi satu satu. Tapi mengapa pinjaman tersebut meminjamkan pinjaman yg tidak sesuai dengan nominalnya(bahkan lebih rendah) tapi bunganya besar sekali, dan melakukan pengancaman untuk menyebarkan ke semua kontak atas data pribadi saya. Saya gasanggup membayar semuanya dengan bunga yg semakin lama semakin membengkak.
    Padahal semua itu terjadi karna untuk nutup lubang sana sini.
    Saya gatau lagi harus gimana. Dan gatau juga akan bagaimana kedepannya. Toh kalo dipecat saya mau bayar pake apa, dan mau ditaro mana muka saya bila dipermalukan lebih lagi.
    Mohon undang saya ke komunitas atau grup di watsap : 087786685357.
    Saya butuh teman untuk sharing.
  • 23 Februari 2019 - (03:37 WIB)
    Saya juga punya problem di app.perdana.
    Masukin saya dong di grub .saya buruh teman buat sharing
    082370702142
  • 23 Februari 2019 - (21:52 WIB)
    saran saya mintakan SLIK di OJK yang terdepat di lokasi anda… nantinya jika di data tidak terdapat tagihan PINJOL nantinya sebagai nasabah kita bisa email minta outstanding payment selama ini bisa, Nantinya untuk email di Cckan ke pihak konsumen OJK juga. lalu terkait data bisa dibuatkan laporan dan di Cckan ke pihak cybercrime terkait data yang sudah disebar. ini yang saya sedang lakukan. semoga membantu. dengan banyak laporan yang masuk nantinya akan menjadi tolak ukur pihak OJk dan yang lainnya karena PINJOL yang terdaftar masih dalam proses registrasi atau pengawasan biasanya tiap 3 bulan akan direvisi kembali sehingga banyak PINJOL yang berganti nama dengan cepat. mari kita yang pernah mengalami teror ataupun intimidasi dari parara DC Pinjol bisa kita buatkan laporannya.
    • 26 Juni 2019 - (18:48 WIB)
      Bisa dbuat grup untk ini mb,, agar qt bisa bersama” menjerat lingkaran pinjol ini,? 0877840820** ini no sya mb,, smoga mb yg udh berpengalaman bisa membatu smua ny,,
  • 2 Maret 2019 - (00:30 WIB)
    Ada yang didatangi DC dari DR RUPIAH? saya mau bayar TDK ada SMS masuk untuk no kontrak nya,saya buka aplikasinya tidak bisa, tapi aneh ada yang masih dpt pinjaman di akhir Februari, bagaimana solusinya ini, untuk pinjaman 2 juta brp yg hrs dibayarkan berikut bunga dan denda,, hadeee…bener bener mencekik bikin ga enak makan ga enak tidur
  • 16 Maret 2019 - (19:33 WIB)
    sepertinya pemerintah akan bertindak kalau korban pinjol sudah dari sabang sampai merauke pa!
    sabar dan tawakal pa,pasti ada jalan. coba bapa gabung dengan kofin,insha alloh dibantu dana talang dan ada pendampingan hukum.
    saya pun skrg sdg diproses oleh kofin
  • 16 Maret 2019 - (19:35 WIB)
    Sepertinya nanti kalo korban pinjol sdh tersebar dari sabang sampai merauke pa,baru pemerintah melek pinjol!
    Sabar dan tawakal pa,pasti ada jalan keluar.
    Coba gabung dg kofin pa,selain ada pendampingan hukum juga ada dana talang.
    Saya juga sdg di proses oleh kofin.
    Semangat pa!
  • 26 Maret 2019 - (13:37 WIB)
    Saya juga ada masalah di salah satu pinjol, tapi saya tdk bisa masuk ke aplikasi pinjol tersebut, setiap habis instal dan mau di buka selalu muncul tulisan “hapus aplikasi berbahaya” begitu terus keterangannya, jadi sampai saat ini masih ada tunggakan yg belum saya bayar, dan yg minat gabung ke grup WA pinjol silahkan di (http://bit.ly/GRUP_PINJOL)
    Agar bisa saling sharing dan berbagi info
    • 20 Juli 2019 - (11:02 WIB)
      Masukin group mas.ini nomer q.0896821525** saya sidoarjo jga.qt bisa kopdar bareng utk cari solusi
  • 27 Maret 2019 - (13:47 WIB)
    Bagi yg mw bertemu debt collector pinjol, dc dan warga bakal datang k rmh saya jam 3 sore hari ini 28 maret 2019, di komplek permata biru blok at 34 cinunuk cileunyi bandung.
    Mohon bantuan dan supportnya..
  • 10 Juni 2019 - (14:01 WIB)
    Selamat siang rekan2 disini Ada yg pernah pinjam di finmas g, Saya sudah telat 10 Hari td Ada yg tlp harus dibayarkan jam 2 Saya dah nego minta jam 5 g bisa kalau tidak dibayarkan jam 2 Akan dikirim DC kenkantor.. itu betul atau tidak?
    kemudian pinjol says dah 20 aplikasi dah hampri 55 just mohon bantuan Cara until menutup y karena sudah g mau lagi gali lobang tutup lobang..
  • 20 Juli 2019 - (08:48 WIB)
    ada undang undang yang melindungi rakyatnya dari intimidasi/pencemaran nama baik…………jelas ini tugas pemerintah…….hallo pak jokowiiiiiii…….
  • 20 Juli 2019 - (08:52 WIB)
    mau sampe kapan kalau pemerintah hanya diam….nunggu rakyatnya pada bunuh diri????
  • 20 Juli 2019 - (08:56 WIB)
    undang undang no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen …sudah jelas…jadi saudara@ yang merasA JADI KORBAN INTIMIDASI PENCEMARAN NAMA BAIK Jangan pernah Takut……sekian terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 109 komentar sampai saat ini..

Surat Terbuka untuk Pemerintah dan Divisi terkait Mengenai Pinjol

Denni Novriyadi 2 menit
109