Pelayanan JD.ID Mengecewakan dan Bertele-tele

Melalui surat pembaca mediakonsumen.com saya ingin menyampaikan keluhan kepada JD.ID. Pada 28-01-2019 pukul 02:22:54, saya memesan hp Xiaomi 5 Plus Gold, 3/32 Gb dengan nomor pesanan 251249031 dan melakukan pembayaran via ATM transfer sebesar 1.760.000 rupiah. Dari tracking pesanan saya melihat bahwa barang selesai di sorting di DC Marunda pada tanggal yang sama pukul 10:06:18.

Keesokan harinya tanggal 29-01-2019 saya melakukan pembatalan pukul 14:54:44 karena berubah pikiran ingin mengganti dengan tipe yang lebih tinggi spesifikasinya. Setelah melakukan pembatalan status pesanan saya yang tadinya menunggu diterima berubah menjadi terkunci. Namun di pembatalan juga tidak terkonfirmasi. Karena itu saya menanyakan kepada cs via live chat pukul 16:12 dan tersambung dengan CS bernama Putri. Saya diinformasikan bahwa pembatalan tidak dapat dilakukan karena barang dalam pengiriman. Pada pesanan estimasi kiriman sampai ke alamat saya 1-3 hari terhitung sejak pesanan dilakukan, maka saya memutuskan untuk menunggu.

Tanggal 31 saya coba track di ekspedisi mitra JD.ID yaitu J-express ,dan ternyata pesanan sudah di Bandung tanggal 29-01-2019 pukul 03:44:19. Saya mulai merasa aneh kenapa barang belum sampai juga, toh alamat saya termasuk mudah diakses dan selama ini tidak ada kendala jika saya menerima kiriman via JNE. Pada tanggal yang sama pukul 10:47 saya menghubungi CS lagi via live chat untuk menanyakan status pesanan saya. CS JD.ID menerangkan bahwa terjadi penumpukan di drop point jadi saya diminta menunggu 1-4 hari ditambah 3 hari terhitung dari tanggal 29-01-2019. Di sini saya mulai kecewa karena barang yang saya pesan rencananya akan saya gunakan segera untuk kebutuhan pekerjaan. Saya jadi dilema apakah harus menunggu pesanan yang mulai tidak jelas kapan sampainya atau harus membeli langsung.

Pada tanggal 03-02-2019 saya mencoba komplain via dm Twitter dengan harapan bisa dapat lebih kejelasan. Dan dijawab keesokan harinya pukul 06:35 bahwa status pesanan saya dibatalkan dan diminta menunggu untuk proses refund 1-3 hari. Saya sedikit tenang minimal status pesanan saya jelas dan saya memutuskan menunggu. Setelah 3 hari yang dijanjikan saya kembali menanyakan via twitter namun tidak ada balasan sampai keesokan harinya. Saya mulai kesal dan mencoba menghubungi cs via livechat kemudian terhubung dengan CS bernama Lisa namun saya tidak mendapatkan jawaban pasti dan hanya disuruh menunggu 2 x 24 jam.

Saya penasaran dan mencoba browsing tentang masalah yang ada di JD.ID, ternyata banyak sekali masalah terutama apabila barang dibayar dahulu dan tidak dengan sistem COD. Namun saya memutuskan untuk masih mencoba memberikan toleransi dengan menunggu sesuai waktu yang dikonfirmasikan. Dan alangkah kecewanya saya sampai pada tanggal 08-02-2018 belum ada dana refund yang masuk.

Saya masih mencoba untuk tenang dan kembali menanyakan kepada CS via livechat. Tapi jawaban yang saya terima lagi-lagi tidak masuk akal, saya disuruh untuk menunggu lagi 2×24 jam! Wow apa-apaan ini. Saya merasa CS di JD.ID sepertinya hanya membaca template dan tidak serius menangani keluhan konsumen. Slogan pengiriman cepat dan buyer protection JD.ID tidak terbukti.

Hingga sampai saya menuliskan surat ini yaitu pada tanggal 11-02-2019 status pesanan saya masih belum berubah, tidak ada balasan atau konfirmasi via email ataupun twitter, dan tidak ada dana refund yang masuk.

Tolong kepada JD.ID untuk menanggapi dan memberikan solusi atas permasalahan ini. JD.ID yang notabene adalah e-commerce besar dan pesaing Alibaba ternyata sangat mengecewakan dalam hal pengiriman barang dan pelayanan keluhan konsumen. Semoga kisah saya ini menjadi pelajaran buat yang lain agar lebih berhati-hati jika ingin belanja online.

Terimakasih kepada mediakonsumen.com , saya bersyukur adanya media yang bisa memperjuangkan hak konsumen seperti ini.

Salam hormat,

Egi Jati
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Egi Jati

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Egi Jati pada 11 Februari 2019 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pelayanan JD.ID Mengecewakan dan Bertele-tele

oleh Egi Jati dibaca dalam: 2 menit
0