Minimum Pembayaran Cashwagon Tidak Mengurangi Pokok Hutang

Saya adalah salah satu nasabah PT Cashwagon INDONESIA. Saat ini saya memiliki tagihan sebesar Rp2.550.000 yang belum bisa saya bayarkan sampai dengan hari ini. Diantara fintech-fintech yang lain, saya merasa bunga dan denda Cashwagon ini sangat mencekik sekali, padahal Cashwagon ini terdaftar di OJK. Kronologi hutang saya jika diringkas kurang lebih seperti ini:

1. Tanggal 8 Desember 2018 saya mengajukan pinjaman kembali ke Cashwagon setelah sebelumnya melunasi tagihan. Jumlah pinjaman saya adalah Rp2.100.000 dengan tenor 30 hari, dan uang yang masuk ke rekening saya hanya Rp1.500.000.

2. Tanggal 8 Januari 2019 adalah Jatuh Tempo yang pertama dan saya belum bisa melunasi. Mulai hari itu setiap hari saya ditelepon oleh pihak Cashwagon, sehari lebih dari 10 kali telepon. Bahkan di keterlambatan hari ke 3 saya mendapat WA dari seseorang yang mengaku bahwa no teleponnya saya cantumkan sebagai kontak darurat di Cashwagon sehingga dia merasa terganggu dan dirugikan atas hutang saya. Dan mengancam jika saya tidak melunasi segera, foto anak saya akan disebar ke sosmed.

3. Tanggal 15 Januari 2019 saya melakukan minimum pembayaran sebesar Rp750.000 sesuai dengan yang tertulis di aplikasi dan teror telepon pun berhenti sampai jatuh tempo 30 hari kemudian. Saya pikir minimum pembayaran ini akan mengurangi pokok hutang saya ternyata tidak.

4. Tanggal 14 Februari 2019 adalah jatuh tempo saya yang ke-2, dan ketika saya lihat di aplikasi total tagihan saya saat ini sudah mencapai Rp2.550.000. Lalu uang yang sudah saya bayar sebesar Rp750.000 untuk min pembayaran bulan sebelumnya larinya kemana? Dan di aplikasi saat ini tertera min. pembayaran Rp600.000. Apakah saya harus melakukan min. pembayaran terus untuk menghindari teror telepon yang tiada henti setiap hari? Sementara saya belum ada dana yang cukup untuk melakukan pelunasan.

Menurut petinggi -petinggi OJK kita tidak perlu khawatir dengan untuk melakukan pinjaman ke fintech yang terdaftar di OJK, tapi mana buktinya???? Cara penagihan yang berpura-pura menjadi orang lain yang dirugikan karena hutang saya, lalu menetapkan bunga dan denda dengan perhitungan yang tidak jelas. Apakah hal semacam ini tidak perlu dikhawatirkan? apa seperti ini fintech dalam pengawasan OJK?

Semoga pihak dari Cashwagon ada yang membaca tulisan ini, begitu juga dengan para pemerintah di luar sana agar tidak tutup mata mengenai masalah seperti ini. Jangan hanya konsen terhadap cara penagihan yang kasar dll, tapi penetapan bunga dan denda yang mencekik seperti ini juga harus diperhatikan. Agar dengan adanya fintech bisa sesuai dengan fungsinya, yaitu membantu masyarakat yang sedang kesulitan keuangan. Jika seperti ini bukannya membantu, yg ada hanya menambah masalah dan beban pikiran.

Eka Sri Wulandari
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Cashwagon:
[Penilaian Rata-rata: 2.1]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Minimum Pembayaran Cashwagon Tidak Mengurangi Pokok Hutang

  • 25 Februari 2019 - (19:19 WIB)
    sya jg gt mba. byr prolong tp ga ngurangi nilai pokok.mkanya sya dtg k kntornya aja.d simatupang situ..
    • 26 Februari 2019 - (08:13 WIB)
      terus etelah dtg ke kantor hasilnya gimana mba? mba bayar pelunasan? apakah dpt potongan atau gimana? disana bertemu siapa?
  • 26 Februari 2019 - (00:45 WIB)
    waduh…klo anda pake credit card, udah byr min pembayaran itu udah tenang, pake CC ada jatuh tempo 15 hari dr tgl cetak buku lho, tot brapa 45 hari anda diberi kesempatan buat byr, ini mnta 2 juta, mk 1.5 truz bunga besar lg, apes bener pake gn2, kedepan minjam ke bank aja, ato gade perhiasan di Pegadaian, bunga kecil dan anda bisa bobo tenang hhehehehehe
  • 8 Maret 2019 - (09:54 WIB)
    Iya kak sya juga gitu pinjaman 2 juta klu bayar paa japo 20hari 2*00.ktna blom ada dana sy malah disuruh bayar perpnjangan 1juta untuk 30 hari, stlh japo 30 hari hutang saya masih 2600 jadi kita bayar 1000+600=1600 ini bunga saja dalan waktu 20hari dan 30 hari.gimana masyarakat nggak tercekik.
  • 8 Maret 2019 - (10:19 WIB)
    iya skrg aja saya diminta bayar lagi perpanjangan 600 rb, tapi saya belum bayar. takutnya nanti malah mkin besar lagi tagihannya sama aja bohong. jadi seperti bayar denda di awal
  • 27 Maret 2019 - (00:26 WIB)
    sama mba , saya juga lagi dikejar sama cashwagon jatoh tempo saya tgl 7 tp sampe skrg saya bisa bayar dan pihak cashwagon minta utk diperpanjang dulu dan itu nominalnya 1jt utk 10 hari .
    saya sempat mikir bayar bunganya aja 1jt tp gak mengurangi tagihan sedangkan pinjaman saya hanya 2250 .
    saya bingung antara mau bayar tp perpanjangan waktu yg gak mengurangi pinjaman pokok .
    • 9 September 2019 - (19:07 WIB)
      Aduh teryta bukan saya saja y yg jadi korban caswagon benar2 mencekik bunganya,saya jg perpanjang dengan pinjaman pokok 3.500 malah jadi 4.900 sedgkan waktu itu mereka tidak menjelaskan ttg bunga perpanjang akan sebesar itu, bunganya besar bgt,saya gak terima harus byr segitu, solusi nya gmna y takutnya kalo saya perpanjang tambah lagi bunganya,
  • 10 Mei 2019 - (10:21 WIB)
    Saya juga pengguna cashwagon udh telat bayar baru 1 hr,pertanyaan saya di sini ad yg pernah telat kira2 berminggu2 ga trus gmn cara penagihan mereka
  • 28 Mei 2019 - (19:55 WIB)
    Halo ibu Eka, apakah masalah ibu sudah selesai atau masih berlanjut? Jika masih berlanjut, apakah ibu bersedia untuk dipublikasikan permasalahan ibu lewat youtube?, makasih
  • 10 Agustus 2019 - (00:45 WIB)
    Ternyata bukan cm saya saja yg alami hal tersebut, banyak rekan2 jg, saya pinjaman 2,5 jt tenor 21 hari kalau g salah,kembalikan 2,9 . Rencana mau lakukan pelunasan pd japo,tp karena sesuatu hal cm perpanjangan bayar 400rb, begitu bayar di aplikasi langsung berubah status pinjaman saya di perpanjang 10 hari, dgn tagihan 2,5 jt,saat itu saya g keberatan…tp alangkah kaget nya, ke esokan hari nya iseng saya buka aplikasi cashwagon lg..ternyata tagihan saya jd 3jt dgn perpanjangan 10 hari artinya untuk perpanjangan 10 hari saya harus merelakan bayar perpanjangan 400rb+ tagihan saya bertambah 100rb jd 500 rb untuk perpanjangan 10 hari , sdh sy komplain jawab nya system yg menentukan,kalo system yg menentukan knapa bsa berubah2?di waktu br saya lakukan perpanjangan, dgn hari berikutnya berbeda? Mohon di jdkan perhatian kepada pihak terkait hal yg seperti ini lbh kejam dr rentenir, kok y dapat ijin dr OJK??? Bukti ss..sdh saya simpan.
  • 15 Agustus 2019 - (09:37 WIB)
    Hal seperti itu saya alami juga mba, pinjaman 2,7jt diperpanjang 540rb, kita semua tahunya seperti kartu kredit sebagai minimum pembayaran dan mengurangi pokok pinjaman.
    Di cashwagon aneh Hutang saya menjadi 3.150,000 dari mana ini perhitungannya
    apa sesuai dengan OJK penerapan hal tersebut

    Pinjaman Pokok 2,700,000.-
    Biaya perpanjangan 540,000
    Tagihan menjadi 3,150,000.-

    Ini bukan membantu malah mencekik

  • 6 September 2019 - (16:20 WIB)
    Kita Ke OJK aja rame2 bikin laporan, masa yang kaya gini OJK gak cepat tanggap sih. setau saya bunga pinjaman online perbulan itu paling tinggi cuma 24%. saya mau lapor dan push lewat twitter dan menyertakan Screenshot. kalo perlu tag ke presiden.
  • 21 Oktober 2019 - (16:28 WIB)
    Kaswagon sangat tidak professional,saya melakukan kesalahan pembayaran virtual account,tetapi tetep masuk ke account kaswagon dengan mama yg lain,Dan sdh melaporkan ke customer care dari tgl 9 okt kmren tetapi sampai saat ini setiap di telp tidak Ada yg angkat alasan operator sibuk,padahal saya sudah Ada nomer pelaporan,tetapi pihak penagihan menelpon dengan berganti2 ganti orang,sangat tidak professional,Dan bunga berjalan terus di aplikasi…tolong bantu saya bagaimana berhubungan dengan pihak kaswagon utk menyelesaikan permasalahan saya ini..terima kasih
  • 22 Oktober 2019 - (10:57 WIB)
    Jadi di sini ada nggak yang menunggak pembayarannya di cashwagon berhari2, terus gimana penagihannya? Soalnya aku juga cuma bayar perpanjangan tapi malah nggak ngurangin pokoknya

 Apa Komentar Anda mengenai Cashwagon?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Minimum Pembayaran Cashwagon Tidak Mengurangi Pokok Hutang

ekasriwulandari 2 menit
16