Surat Pembaca

Kecewa Belanja di Official Store Bukalapak

Tanggal 20 Februari 2019 saya melakukan pembelian untuk 1 buah sandal wanita dari official store Bukalapak yang nama tokonya adalah Dr. Kevin. Saat itu karena saya mengalami kendala dalam mengubah ukuran sandal, saya tetap membeli ukuran 40. Setelah membayar tidak lupa saya mengirim pesan kepada penjual untuk meminta ukuran 37 sesuai ukuran saya.

Begitu barang dikirim dan saya terima, saya terkejut karena barang yang dikirimkan tetap ukuran 40. Langsung saat itu juga saya melakukan komplain pada penjual dan menanyakan kenapa barang yang dikirim tetap nomor 40, padahal sebelumnya saya sudah meminta ukuran 37. Belum juga seller membalas, pihak admin Bukalapak membalas komplain saya dan mengatakan bahwa komplain tidak berlaku dikarenakan barang yang dikirim sudah sesuai deskripsi. Jika penjual tidak membalas komplain dalam 1×24 jam, uang akan diteruskan ke penjual.

Tentu saja saya protes dong, di peraturan jelas tertulis jika penjual tidak membalas komplain dalam 3×24 jam, uang akan dikembalikan ke penjual. Ini malah sebaliknya, penjual tidak membalas diskusi, dianggap transaksi berhasil.

Pada akhirnya penjual sama sekali tidak membalas komplain saya, dan benar saja komplain saya ditutup sepihak oleh Bukalapak dan transaksi dianggap berhasil. Saya tidak bisa menerima hal ini dan saya pun melakukan komplain ke Twitter layanan pelanggan Bukalapak di @BukaBantuan, namun jawaban yang saya terima tetap sama. Mereka seolah tidak menanggapi komplain saya.

Wahai Bukalapak, beginikah cara kalian melayani komplain pelanggan? Kalian malah membela penjual yang sama sekali tidak aktif untuk menyelesaikan masalah. Beginikah official store yang katanya memberikan layanan terbaik? Menurut saya malah jauh lebih baik penjual biasa yang lebih care pada konsumennya. Pihak Bukalapak juga seolah menganakemaskan official store-nya, padahal pelayanannya buruk begini dalam menghadapi komplain pelanggan.

Saya menunggu itikad baik dari pihak Bukalapak dan official store Dr. Kevin untuk menyelesaikan masalah ini. Saya yang tadinya berencana meretur barang dan meminta barang yang sesuai, sekarang sudah menjadi kecewa dengan pelayanan begini.

Shiela Hartiningtyas
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Ibu Shiela Hartiningtyas

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • iya sama, saya komplain barang tidak sesuai…
    sudah seminggu, no transaksi 192267351123. sudah telpon ke CS: 021 50813333 sudah 2x telpon. akan di teruskan ke admin…. lah adminya manusia apa robot…
    seminggu lebih dari komplain saya kecewa. pelapak tidak kooperatif, pembeli jadi korban. sampai ketemu di akherat. mau hidup berapa tahun????

    salam
    M stiyahadi

  • Bukalapak harusnya memperbaiki kinerjanya dalam pelayanan dan perlindungan kepada buyer. Tolong diperhatikan dan coba ikut membantu setiap pelanggan yg bermasalah dengan pelapak mengenai transaksi mereka. Harusnya lebih obyektif lagi dalam melihat masalah, jangan terkesan malah melindungi pelapaknya, jangan mudah memberi feedback positif apabila konsumen belum memberi penilaian, saya belanja diolshop lain kalau saya belum memberi penilaian, maka tidak muncul penilaian. BL itu mengutamakan kepuasan pelanggan atau olshop pencitraan???

  • betul sekali mas stiyahadi dan mba fenty. Saya merasakan sendiri bagaimana belanja di official store bukalapak pun tidak menjamin kualitas yg didapatkan bisa lebih baik daripada toko yg bukan offcial store. Yg ada malah sebaliknya.
    Intinya jika mengalami kendala, jangan menyerah untuk terus melakukan komplain ke CS mereka. Jika tidak mendapat tanggapan, jangan ragu untuk menuliskan kendala ke media konsumen. Bagi saya media konsumen sangat membantu untuk melindungi hak kita sebagai konsumen yang seringkali ditindas oleh perusahaan-perusahaan besar.

  • iya saya juga komplain pengembalian dana …
    sudah seminggu lebih, no transaksi 202630590995. sudah telpon ke CS: 021 50813333 sudah lebih dari 5x telpon. akan di teruskan ke admin tapi gak kolerasi semuanya ..
    seminggu lebih saya di diskusi komplain saya kecewa. admin bukalapak tidak tegas menanggapi pelapak yang tidak kooperatif, pembeli jadi korban karena keputusan admin bukalapak yang lebih dominan ke pelapak.

    salam
    Radza