Penutupan Kartu Kredit UOB Harus Tunggu Masa Berlaku Habis

Saya pengguna kartu kredit UOB Platinum One Card sejak 2015. Selama pakai pembayaran saya terbilang lancar dan tidak pernah ada tunggakan. Hingga sampai pada hari ini 4 Maret 2019 saya ingin menutup Kartu tersebut, pembayaran sudah saya lunasi hingga koma-komanya bahkan ada lebih bayar sebesar Rp3.062.

Hari ini saya hubungi CS UOB di 14008. Setelah dikonfirmasi bahwa sudah tidak ada tagihan telepon saya dipindahkan ke bagian penutupan kartu dan diterima oleh Ibu Heni. Seperti biasa ditawari promo macam-macam agar tetap pakai kartu ini. Akhirnya Ibu Heni konfirmasi bahwa tagihan sudah beres namun untuk status kartunya masih aktif sampai dengan bulan Juli 2019.

Saya tegaskan ke Ibu Heni “Berarti kartu saya masih bisa digunakan kembali?” dan dijawab masih dapat digunakan sampai bulan Juli 2019. Aneh sekali bukan, saya minta tutup kartu tapi harus tunggu masa berlaku kartu tersebut habis dahulu? Lalu saya minta diblokir saja kartu saya. Ibu Heni menjelaskan bila ingin diblokir maka akan dikirim ulang kartu baru. Untuk apa tujuannya? Mengapa sangat berbelit sekali.

Saya tegaskan ke Ibu Heni “Saya tidak ingin dikirimi kartu apa-apa lagi dan tolong tutup saja kartu saya.” Namun pernyataan saya tersebut mental saja dan Ibu Heni menjelaskan dari awal bahwa saya “Harus tunggu masa berlaku kartu habis.” (ID Laporan: 190304103284)

Dan pada akhirnya saya mengalah dipaksa menerima ketentuan seperti ini.

Wahai UOB sungguh zalim sekali Anda memberlakukan kebijakan seperti itu. Waktu awal penawaran kartu tidak ada penjelasan seperti itu. Ini seperti “JEBAKAN” agar nasabah terus menggunakan kartu Anda.

Tolonglah sistem “Jebakan Nasabah” seperti ini jangan diberlakukan. Kalau memang nasabah ingin tutup kartu ya sudah langsung di “CUT” saja dan non-aktifkan status kartunya.

Rizki Budi Raharjo
Tangerang – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank UOB:
[Total:12    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Bank UOB Indonesia atas Surat Bapak Rizki Budi Raharjo

Dengan hormat, Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Rizki Budi Raharjo yang dimuat dalam rubrik Surat Pembaca Media Konsumen...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Penutupan Kartu Kredit UOB Harus Tunggu Masa Berlaku Habis

  • 5 Maret 2019 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Aneh bener ada KK yang tidak bisa/boleh ditutup begini. Jadi catatan buat saya supaya tidak coba-coba apply kartu ini wkwkwk.
    Hati-hati saja, sudah SOP bahwa sebelum masa berlaku kartu habis, akan otomatis dikirimi kartu baru dengan masa berlaku diperpanjang 4 tahun ke depan. Lah jadinya tidak akan tertutup dong…

    • 6 Maret 2019 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Sangat disayangkan sebenarnya dengan nama besar UOB yang sudah terkenal tetapi jadi sedikit menyisakan ketidakpuasan dari eks nasabahnya. Saya tidak pernah ada masalah dengan UOB atau bank-bank lain yang pernah saya gunakan fasilitas kartu kreditnya. Entah itu memang sudah menjadi SOP atau bagaimana kita tidak tahu.

      Masalah ini sudah ditanggapi oleh UOB dan saya sudah dihubungi via telepon dan sudah dipastikan kartu saya sudah non-aktif per tanggal 05 Maret 2019.

      Harusnya hal seperti ini tidak perlu sampai dipublish dimedia bila tidak ada masalah pada proses penutupan kartu kredit.

    • 26 November 2019 - (16:13 WIB)
      Permalink

      Sedang mengalami permasalahan yang sama.
      Setahun lalu ditagih membership fee 550ribu, lalu saya bilang saya gak gunakan kartunya, minta ditutup saja.
      Kemudian disuruh ikut program supaya membership fee bisa dihapus, disuruh belanja 3x, lunasi, setelah itu katanya bisa ditutup.
      Setelah saya ikuti program dan semua tagihan lunas, saya telfon untuk penutupan dibilang belum bisa, nanti tunggu oktober 2019 (ternyata itu waktu expired kartu).
      Saya pikir sudah bs bernafas lega krn kartu expired, tiba2 tadi dpt sms dari UOB saya ditagih membership fee lagi 550K.

      Saya telfon call center, mereka bilang sistem secara otomatis kirim kartu perpanjangan tanpa konfirmasi nasabah (what???). Saya tidak pernah menerima kartu tersebut, mereka bilang dikirim ke alamat kantor saya (padahal saya sudah resign sejak awal 2017).

      Yang saya heran, jika kartu belum diterima nasabah, artinya belum diaktivasi, kenapa bisa ada membership fee lagi?

      Barusan saya telfon lagi call center dengan segala kekesalan saya, tetap prosesnya berbelit2 sampai pulsa saya habis, lalu saya telfon ulang saya record durasi 16menit dipindah kesana kemari. Dan katanya sudah mau dibantu penutupan dan diminta menunggu 2hari kerja. Saya sudah sangat kesal. Sungguh dzalim UOB.
      Saya sangat tidak sarankan buka kartu kredit UOB ini. Mau tutup kartu susahnya astaghfirullah.

      • 26 November 2019 - (18:02 WIB)
        Permalink

        Hi Bu Amai, turut prihatin dengan masalah yang terjadi.

        Sama persis memang kasusnya seperti saya. Tapi saya tidak mau ikutin aturan mereka saya tolak keras dan saya ancam akan dipublish di suara pembaca dengan langsung menulis di Media Konsumen ini. Alhamdulilah surat saya ini langsung ditanggapi oleh UOB dan langsung di eksekusi penutupan kartu saya tanpa ada syarat dan biaya-biaya ghoib itu.

        Mungkin ibu bisa post keluhan ibu dengan membuat thread seperti saya.

        Semoga bisa cepat selesai permasalahan tutup kartunya ya bu.

        Wasalam.

  • 6 Maret 2019 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas tanggapan pihak Bank UOB. Perihal masalah ini sudah diselesaikan dengan baik. Mungkin bisa menjadi masukan untuk UOB agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan nasabah dan memberikan kesan yang positif bagi eks nasabahnya.

  • 6 Maret 2019 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas tanggapan pihak Bank UOB. Perihal masalah ini sudah diselesaikan dengan baik. Mungkin bisa menjadi masukan untuk UOB agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan nasabah dan memberikan kesan yang positif bagi eks nasabahnya.

    Semoga UOB makin lebih baik lagi dalam melayani nasabah.

    Terima kasih.

  • 21 Maret 2019 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Ternyata bukan saya saja yang mengalami nya ya? Saya 2 tahun mau tutup kartu selalu ada alasan berbelit dari UOB sehingga saya tidak bisa tutup kartu. Sampai perhari ini 21 Maret 2019 saya masih belum berhasil tutup kartunya. Apakah memang begini cara UOB memperlakukan nasabah?

  • 9 April 2020 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Saya merasakan yang sama setahun lalu dan masih belum berhasil. Apakah harus dimuat di media baru bisa dilancarkan. Sangat disayangkan sekali jika seperti itu wahai UOB. Saya akan coba telpon sekali lagi dan akan saya rekam biar pada tahu gmn uob bekerja kepada pelanggannya

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank UOB?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Penutupan Kartu Kredit UOB Harus Tunggu Masa Berlaku Habis

oleh Rizki Budi Raharjo dibaca dalam: 1 min
8