Pesan Barang via Akulaku 1 Bulan Belum Sampai tapi Status Sudah Diterima

Maaf saya to the point saja, pada hari Minggu tanggal 3 Februari 2019 pada pukul 09:04 lalu saya melakukan DP untuk kredit Kulkas di aplikasi Akulaku sebesar Rp222.000,- dengan no pesanan 154915945444143670320.

Di aplikasi tertera bahwa DP telah diterima dan barang sedang diproses oleh seller. Lalu pada hari yang sama, pada tanggal 3 Februari 2019 pukul 12:04 status pesanan saya di aplikasi berubah menjadi dikirim. Sekedar info, nama seller di aplikasi Akulaku itu adalah JD.id. Akulaku melalui seller JD.id mengirim pesanan saya dengan jasa pengiriman ‘Other’ ,saya kurang paham kenapa begitu namun saya coba tunggu perkembangannya.

Pada tanggal 6 Februari 2019 saya mengirim email ke CS Akulaku dengan alamat cs.id@akulaku.com untuk menanyakan masalah pengiriman sekaligus meminta info jasa pengiriman yang dipakai dan resinya agar bisa saya tracking prosesnya.

Pada esok harinya, tanggal 7 Februari 2019 CS Akulaku membalas email saya dan memberikan keterangan bahwa jasa pengiriman yang dipakai adalah J-Express dengan nomor resi 251945119.

Namun, begitu saya cek resi tersebut di website J-Express, hasilnya cukup mencengangkan karena ternyata pada tanggal 4 Februari 2019 barang saya telah dikirim oleh kurir bernama Sahrul namun diantarkan ke alamat orang lain, tentu saja dicancel pemilik alamat karena tidak merasa memesan.

CS Akulaku yang biasa respon, kali ini mulai agak lama balasnya.

Hari demi hari berlalu tanpa kejelasan. Tiba-tiba pada tanggal 19 Februari 2019 status barang saya di aplikasi Akulaku berubah menjadi ‘diterima’. Padahal barangnya saja saya belum pernah menerimanya, melihat saja belum.

Akhirnya saya kembali menghubungi CS Akulaku melalui telepon, menjelaskan semuanya, dan saya ingat CSnya menjawab bahwa jangan dikhawatirkan, pihak Akulaku akan meneruskan ke pihak terkait masalah pengiriman barang saya, okelah batin saya.

Saya juga mengirim email di tanggal 20 Februari tentang kejadian yang saya alami ini, karena menurut peraturan Akulaku, jika barang belum diterima dalam waktu 2 minggu, kita harus segera laporkan ke mereka.

CS Akulaku kembali tidak merespon.

Hari demi hari berlalu, sampai saya sadar sudah 22 hari atau kurang lebih 3 minggu sejak saya memesan barang, saya sadar sebentar lagi sudah harus bayar cicilan 1, kan lucu saya harus membayar cicilan dari barang yang belum saya terima.

Saya kirim email lagi ke CS Akulaku, kali ini saya minta agar di-refund saja, karena kesabaran saya sudah mulai habis, bagaimana tidak, hanya karena masalah ini saya jadi harus me-reschedule rencana saya untuk memulai usaha kecil-kecilan di rumah.

Lagi lagi CS Akulaku menghilang bak ditelan bumi.

Akhirnya tibalah hari ini, sudah 1 bulan lebih saya menunggu, tanggal 10 nanti cicilannya sudah mau jatuh tempo, mohon maaf saya tidak mau membayar tagihan dimana barangnya belum pernah saya terima.

Kepada pihak Akulaku, tolong hargai pelanggan kalian, meskipun kami hanya niat kredit barang, mungkin bagi kalian uang 200rb tidak seberapa, tapi kalian melupakan hal yang besar dibalik itu, selain uang, kalian telah menghambat orang untuk membangun usaha, seandainya saya tahu sejak awal, saya tidak akan ambil barang disini.

Tolong respon surat saya ini. Terima kasih Media Konsumen atas kesempatan yang diberikan.

Achmad Ratriono
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Layanan Pelanggan Akulaku:
[Total:87    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

20 komentar untuk “Pesan Barang via Akulaku 1 Bulan Belum Sampai tapi Status Sudah Diterima

  • 20 Maret 2019 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama sudah seminggu barang belum sampai di aplikasi dikirim oleh J&T namun ketika dicek resi selalu valid,,sudah mnghubungi email akulaku,contac servis namun jawaban tidak kunjung pasti,,pak Achmad Ratriono apakah membayar cicilannya atau tidak,soalnya saya juga tagihan tanggl 10 April 2019 namun barang blum diterima,,bagai mana jika saya tidak bayar cicilannya,,mohon sharingnya pak soalnya saya juga baru pertama mnggunakan Akulaku,,trims

    • 16 Januari 2020 - (20:10 WIB)
      Permalink

      Saya juga seperti itu mesan laptop sudah DP. 615000 sudah seminggu barang tak kunjung datang merchat sudah di kirim ke pihak jasa card sampai saat ini belum juga datang. Kalau sampai tanggal jatuh tempo belum datang saya akan merefund barang saya karana sistem nya sangat kacau dan membuat custemer kecewa.

    • 30 Januari 2020 - (17:33 WIB)
      Permalink

      Tanggal 22 januari kemarin saya sudah memesan kamera canon m100 dengan harga 4,6jt secara cash transfer via mBanking. Namun sampai saat ini kameranya belum juga saya terima. Saya bingung butuh kepastian dan penjelasannya kenapa. Beberapa hari yang lalu saya lacak status pesanan sedang dikirim via JNE oleh pihak toko yang bernama Digital Data dan ada no resinya. Namun beberapa hari kemudian saat saya lacak pesanan kembali, tiba-tiba status pesanan masih “sedang dikemas” dan no resinya pun menghilang. Itu kenapa ya? Uang segitu tidaklah sedikit, saya khawatir. Saya ingin dikirimkan barangnya secepatnya, kalaupun barangnya habis saya minta usahakan kembalikan uang saya 4,6jt itu. Saya sangat mohon bantuannya Akulaku yang terhormat.

      • 18 Februari 2020 - (21:40 WIB)
        Permalink

        Barang nya sdh sampe blm? Soalnya saya jg sama mesen udh dr tgl 9 sampe skrg blm dtg no resinya jg bodong resi orang…. mohon itikad baik nya donb akulaku.

      • 26 Februari 2020 - (00:06 WIB)
        Permalink

        Gimana perkembangan nya? Sy jg sama order m100 tp kredit, dari tgl 18 msh pengiriman jne tp resi nya gabisa di lacak alias bodong, tlp cs juga nunggu seminggu, pdhl udh seminggu

  • 15 Juli 2019 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama, saya pesan kulkas di akulaku pada tgl 26 juni 2019,terus tgl 29 juni 2019 status pesanan berubah telah dikirim, udah komplain berulang kali pesanan belum sampai, lha hari ini tgl 15 juli 2019 status pesanan berubah sudah diterima padahal pesanan belum saya terima. Mohon bantuannya

  • 23 Juli 2019 - (12:03 WIB)
    Permalink

    wah ternyata banyak, saya kira cuma saya ajah yang jadi korban, saya sudah 3 barang tidak ada yang saya terima tetapi tiba2 buka aplikasi keterangan paket telah diterima. lah dari pagi saya tunggu ga ada paket yang dateng kok tiba2 paket telah di terima??? mau ngadu kemana ga ada yang respon, intinya kapok dah belanja di akulaku ga jelas…..

  • 2 Agustus 2019 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Waduh saya pesan di akulaku dp 3.380.000
    Dan pembelian cash 5.200.0000
    saya merasa kawatir karna merchant Tekno Garage di chat gk ada balasan, Apakah yg saya hrus lakukan kalau barang yg saya pesan tidak sampai ke tangan saya.

    • 28 Oktober 2019 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Sudah diterima belum pak barangnya? Saya juga ada order di toko yang sama pak, 3 hari yang lalu, dan pihak tekno garage tidak ada membalas pesan saya.

    • 11 November 2019 - (18:15 WIB)
      Permalink

      Bang.. Terus skr update infony gmn.. Soalnya saya juga beli laptop, DP 3.2jt sampai skr masih pengiriman dr pembelian tgl 31.tlp cs akulaku jawaban standart menunggu 14 hari

  • 22 Agustus 2019 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Terlalu banyak yg komplain terhadap sistem akulaku. Saya pun bolak balik bertanya kenapa pesanan saya yg dikirimkan pada 6 agustus tapi belum kunjung datang. tp pada saat meminta pembatalan katanya mau di follow up. lalu tgl 22 agustus status berubah menjadi diterima, tlp cs katanya gak usah khawatir. padahal tgl 25 agustus udah tagihan pertama, jawabannya malah harus teteo dibayarkan. jelas gak mau karna barang tidak pernah diterima kenapa harus dibayarkan.. mohon infonya kalo di sini ada yg tidak bayar tagihan, apakah akan berdampak pada nama kita di BI ceking?

  • 22 Agustus 2019 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Kepada semuanya, mohon maaf apabila saya baru sempat membalas komentar.
    Untuk permasalahan ini saya terangkan permasalahannya sudah selesai sekitar 3-4 bulan lalu, sebagai informasi saja, pada saat saya posting surat ini, saya masih belum mendapatkan kepastian sehingga saya terpaksa membayarkan cicilan dari barang yang belum saya terima tersebut selama (kalau tidak salah) 2 atau 3 kali cicilan berjalan sambil menunggu kepastian dari pihak terkait.
    Oh iya, untuk permasalahan saya itu ternyata ada kendala dari merchantnya, yaitu JD.id, setelah saya konfirmasi kepada JD.id via email, pihak JD.id menjawab kendalanya karena barang kosong, juga banyaknya permintaan pada saat harbolnas, dsb.
    Singkat cerita, setelah menunggu lama, dana (DP + 2 atau 3 kali cicilan) yang sudah saya keluarkan selama proses menunggu (kurang lebih 2-3 bulan) akhirnya telah direfund semuanya, berikut limit Akulaku juga sudah kembali.
    Pada kasus saya ini, saya tidak bisa mengambil kesimpulan siapa yang salah, biar para pembaca saja yang menilai, karena bukan berarti kasus saya ini pasti terjadi pada anda, cukup anda lebih jeli saja.
    Sejak saya mengalami kasus ini, saya beropini kadang tidak melulu semua masalah itu karena pihak Akulaku, tapi bisa juga disebabkan karena dari pihak Merchant.
    Jadi harapan saya semoga Akulaku dapat lebih cepat lagi complain handlingnya, karena nama Akulaku bisa ikut tercemar meskipun sepenuhnya bukan kesalahan dari pihak Akulaku, jadi doa saya semoga pihak Akulaku semakin jaya terus, dan makin lebih baik lagi kedepannya.
    Tips dari saya, lain kali anda berbelanja, jangan mudah tergoda iming iming harga yang murah, dilihat juga apakah musim belanja online sedang padat, cek ketersediaan barang, dll.
    Semoga ulasan saya membantu, terimakasih sekali lagi, dan salam sukses.

    • 16 Januari 2020 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum, bang pada saat itu bagaimana caranya agar uang cicilan bisa di refund , kasusnya sama dengan saya. Baru tadi malam barang di terima jam 2 dini hari padahal saya tidak menerima barang pesanan saya.

  • 6 September 2019 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Saya membeli barang d akulaku dan d status sidah d kirim dengan exspedisi yunlu tapi resi tidak bisa d cek dan belakangan saya tau yunlu dan J&T sama jadi saya cek d J&T dan pesanan masih d cina da setelah itu tidak ada lagi postingan, sedang d aplikasi pesanan saya sudah d terima, sudah komplen sana sini tapi tidak ada yg merespon apakah ini penipuan atau gimna ?

  • 9 November 2019 - (22:43 WIB)
    Permalink

    Saran buat semuanya, kalo mau beli baranh cobalah tanyakan dulu kepada pihak penjual, masih tersedia kah barang yang ingin kita beli. Dan lihat respon nya, jika mereka lambat dalam merespon, lebih baik tahan dulu untuk membeli sebelum pihak toko memastikan barang yang akan dikirim benar2 akan dikirimkan.

  • 12 November 2019 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Saya baru-baru ini juga memesan barang laptop di akulaku dengan merchent LAKU_LAKU, DP sudah dibayar pada tgl 8, tanggal 9 status berubah menjadi dikemas, sampai sekarang status belum berubah. Udah telepon cs akulaku tapi katanya kudu nunggu 14 hari kerja baru akulaku turun tangan. Padahal 14 hari kerja otomatis aku harus bayar cicilannya juga dulu. Apakah barang bakal bernasib sama seperti yang lain apa emang ini merchent nya sengaja hold karena stock kosong ?

  • 24 Desember 2019 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Sakit hati saya bayar tagihan tiap bulan tapi barang ga saya terima.udah 3 cicilan lemari plastik.skrng suami saya beli laptop cash di akulaku SDH bye 3 juta kembali 15 tebu SDH 11 hari blm sampel.astghfirullah.pdhl leptop buat ujian ank sbntr lagi.tolong saya tolooooong saya orang sudah jangan nipu kami jangan rampok maling kami

  • 29 Februari 2020 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Saya juga melakukan pembelian Koper make up di aplikasi akulaku pada tanggal 14 februari 2020. Selang Beberapa waktu dihari yang sama saya dihubungi pihak 3 tempat saya memesan barang ( BlessCollection) memberi info bahwa ada selisih ongkos kirim (di aplikasi akulaku tertera 350.000) namun dgn dalih tidak paham sistem dan hasil pengecekan ongkir jne ternyata ongkirnya adalah 630.000 jadi saya diminta menambah selisih ongkir kalau tidak pihak BlessCollection ini tidak mau kirim barang.( saya ditelpon dan di wa dgn bahasa yg mengancam).. saya sdah merasa janggal namun pemikiran saya, saya udah bayar DP yg lumayan sebesar 1.760.000.kalo barang tidak dkirim bagaimana. Singkatnya saya tf juga uang selisih yang diminta.namun setelah menunggu sesuai dgn estimasi barang tdak ada sampai pd tgl 20 feb saya cek langsung ke jne setempat dgn no resi yg blesscollection cantumkan di aplikasi akulaku. Betapa terkejutnya saya mengetahui bahwa barang saya dkirim tidam menggunakan jasa sesuai dgn ongkir yg saya bayarkan (jne oke 630000) nyatanya mereka kirim dgn jne JTR yg hanya 171.000 saja) saya hubungi pihak akulaku menerangkan smua nya namun jawabannya Masalah ongkir adalah kewenangan dari pihak ketiga (akulaku gak mau tau dan tidak memberi solusi, tidak memberikan perlindungan sedikitpun pada konsumen).. ketika saya masih menjelaskan perkara pihak CS akulaku langsung memutus begitu saja percakapan telpon.(sangat tidak sopan). Saya pun akhirnya berusaha menghubungi lagi pihak BlessCollection yang terus berkelit bahwa mereka kirim Barang sudah sesuai Dgn ongkir yg saya bayar. Setelah dibantu bicara oleh pihak jne akhirnya pihak bless bilang kalo mereka juga tidak tau jika memang barang dkirim dgn jtr oleh orang gudang mereka dan janji akan mengecek. Saya tunggu 2hari tdk ada kabar. Saya hubungi kmbali pihak bless dijawab masih proses dan minta no rek saya. Namun sampai hari ini 29 feb tdk ada pengembalian dan no. Hp pihak bless tidak aktif. Saya berharap seharusnya ada perlindungan terhadap konsumennya dari akulaku bukannya malah tidak mau tau dan lepas tangan seperti ini. Jika teman2 ada saran untuk masalah ini boleh bantu saya di kolom komentar.terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Layanan Pelanggan Akulaku?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Pesan Barang via Akulaku 1 Bulan Belum Sampai tapi Status Sudah Diteri…

oleh Achmad Ratriono dibaca dalam: 2 min
20