Setelah Melaporkan Transaksi Mencurigakan di Bukalapak, Akun Tidak Bisa Diakses

Nama saya Maria, pada tanggal 5 Maret 2019 saya melakukan transaksi pembelian sesuai prosedur di Bukalapak dan transfer ke rekening Bukalapak. Setelah beberapa menit kemudian, saya mendapat konfirmasi dari Bukalapak melalui email dan akun Bukalapak bahwa pembayaran sudah berhasil diverifikasi. Kemudian penjual menghubungi saya melalui chat dan memberikan link yang katanya untuk memproses pesanan.

Dari situ saya curiga dan kemudian saya melaporkannya kepada Bukalapak, bahwa penjual tersebut penipu. Selang berapa menit kemudian, saya tidak bisa akses akun saya. Beberapa kali saya coba tidak bisa dan akun malah hilang. Kemudian saya mendapat telepon yang mengatasnamakan Bukalapak bahwa akun saya dinonaktifkan dan jika ingin mengaktifkan, maka harus membayar sejumlah uang yang baru saya transfer untuk barang yang saya beli di Bukalapak. Saya pun curiga dan merekam semua pembicaan saya.

Bagaimana mungkin Bukalapak yang sudah besar namanya tidak bisa protektif kepada akun pembeli sehingga bisa diretas oleh penjual penipu dan mengambil uang pembeli yang sudah ditransfer langsung ke rekening Bukalapak? Saya mohon bantuan dan tanggapan dari Bukalapak. Karena saya sudah berapa puluh kali menelepon dan mengirim email maupun menggunakan laman bantuan Bukalapak, tapi tidak ada tanggapan.

Saya ingin masalah ini segera ditangani karena bukan uang sedikit yang mereka curi. Mungkin bukan cuma saya yang dirampok oleh penjual penipu itu. Tolong dengan sangat agar Bukalapak bisa profesional dalam menangani perihal ini dan masalah saya dapat teratasi.

Maria HN
Kota Sumenep – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Ibu Maria HN

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Maria Husnul Nurani,
    Berarti Anda login di link yang diberikan ya?..
    Kalau begitu itu kesalahan Anda juga, otomatis id dan password anda dibaca.
    Saat itulah uang anda diambil oleh penjual, jadi saat sdh transfer, seller membatalkan pesanan setelah tw user id dan password, otomatis uang kembali ke akun tp akun sudah dikuasai penjual, lalu penjual menggunakan uang tersebut untuk membeli pulsa, atau apalah dalam bentuk elektronik.
    Saya pernah kena soalnya 4juta, tp Alhamdulillah uang kembali.

    • Halo Suniansyah, Jadi dikirim link juga dan dibuka?lalu bagaimana bisa uang kembali?

  • Maria Hn
    Saat itu seketika itu juga beberapa saat saya trf, login di halaman palsu (tanpa sadar kalau itu fake dan bukan halaman bukalapak) kenapa langsung dibatalkan transaksinya, saya langsung curiga, lalu buka diaplikasi bawaan aslinya yg dari playstore, ternyata dah ga bisa login, lalu Saya lapor ke bukalapak (prosesnya saya lupa karena sdh lama sekali).

    TAPI PENDAPAT SAYA
    Kita jangan buka link dan jangan login dihalaman yg bukan milik bukalapak.
    KESALAHAN BUKALAPAK (saat itu) ga tw sekarang bagaimana, Seharusnya saat Seller membatalkan transaksi, dana baru bisa ditarik setelah 1x24jam, setelah dana dikembalikan tidak boleh ganti password 3x24jam (waktu tenggang tersebut untuk memberi waktu pemilik akun melapor ke bukalapak) dan tidak memberi waktu kepada para phising mengakses akun kita.

    MENGAPA UANG DIKEMBALIKAN??
    Saya tidak tahu kenapa dana dikembalikan, tapi yang jelas waktu itu saya tidak ada jeda saat online, saat dibatalkan transaksinya, saya langsung curiga, dan aktif lapor ke bukalapak.

  • ican77 sans
    Betul, saat kita login diakun fake, id dan password kita mereka baca.