Proses Refund Pembatalan Sepihak AirAsia Mengecewakan, 7 Bulan Dana Belum Kembali

Dear Media Konsumen,

Saya memesan tiket pesawat AirAsia Jakarta-Tokyo (Pulang Pergi) pada tanggal 13 Juli 2018 untuk penerbangan tanggal 18 November 2018. Tanggal 9 Agustus 2018, saya menerima email bahwa penerbangan tersebut telah dibatalkan secara sepihak oleh pihak AirAsia dengan alasan “keselamatan penumpang”, dan menyarankan untuk mengganti rute penerbangan dari Bali ATAU Full Refund. Proses refund telah saya ajukan melalui website Air Asia di tanggal yang sama (9 Agustus 2018).

Pada tanggal 16 Agustus 2018, saya menerima balasan email yang berisi pemberitahuan refund telah diproses dan dana akan dikembalikan dalam waktu 10-15 hari. Setelah 15 hari, dana belum dikembalikan, lalu saya menelepon call center dan diinformasikan bahwa proses refund memakan waktu 30 hari. Proses ini sangat berbelit-belit dan hanya ditanggapi dengan jawaban “mohon sabar” tanpa memberitahu proses refund yang sedang berjalan.

Kemudian, pada tanggal 6 DESEMBER 2018, (4 bulan kemudian!) saya kembali mendapat balasan e-mail bahwa refund telah diproses kembali, sehingga saya kembali mem-follow-up pihak AirAsia pada tanggal 31 Januari dan 1 Februari SECARA BERTURUT-TURUT hanya untuk dikecewakan dengan tanggapan yang sama seperti sebelumnya, “Permintaan akan segera diproses, mohon kirimkan kembali rekening koran”.

Sampai surat ini saya kirimkan, dana refund belum saya terima. Saya sangat kecewa dengan perlakuan pihak staff AirAsia, mohon kepada konsumen lain berhati-hati dan jangan mudah tergiur untuk promo penerbangan AirAsia, terutama untuk penerbangan internasional.

Nomor Kode Booking: BK2VRI
Kode Penerbangan: XT-407

Thanks and regards,

Cindy Novita
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai AirAsia:
[Penilaian Rata-rata: 1.4]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Proses Refund Pembatalan Sepihak AirAsia Mengecewakan, 7 Bulan Dana Belum Kembali

    • 12 Maret 2019 - (15:34 WIB)
      Wah memang sudah ada e-mail tanggal 6 Desember bahwa refund sudah diproses, BUKAN ditransfer. Sudah 3 kali saya kirim rekening koran dan tidak ada dana masuk dari AirAsia.

      Dari Pihak CS AirAsia menyarankan untuk tanya ke Bank apabila ada transfer dari AirAsia, dan pemasukan dana membutuhkan konfirmasi dari nasabah? Hello? Proses untuk penerimaan dana di Bank sifatnya pasif, dan Bank tidak akan memberikan notifikasi mengenai dana yang masuk, karena apabila MEMANG ADA DANA YANG MASUK, dana akan masuk sendirinya dan tidak memerlukan konfirmasi apapun. Tolong CSnya lebih dilatih lagi mengenai sistem transfer bank yaaaah.

  • 12 Maret 2019 - (14:08 WIB)
    Percuma kirim pesan ke email yg di tunjuk air asia karena yg di dapat cuma kebohongan, bukan solusi…karena air asia sudah di ajarkan cara berbohong dan skrg sudah merajalela dan mahir dalam hal membohongi konsumen
  • 10 April 2019 - (11:04 WIB)
    Saya juga nih sama jkt narita dibatalin air asia udah 8 bulan bilangnya diproses, difollow up, mana ngga ada follow up juga, tetiba nerima email kasus ditutup. Sampai putus asa ngga tau lagi harus lapor kemana. Telepon tiap bulan, dateng ke sarinah, twitter, fb, instagram, semua ngga ngebantu. Air asia tukang bohong, customer service ngga bisa bantu sama sekali. Minta rekening koran, bilang udah diproses ke agen, banyak ngeles aja.. intinya duit ngga balik! Gak mau lagi naik air asia! Jelek bgt sumpah after servicenya! Kalo orang-orang yg penerbangannya dibatalin dan refund ngga balik udah lewat 6 bulan ke atas pada demo, saya ikutan deh.. sumpah abis pulsa buat telepon air asia.
    • 28 Mei 2019 - (12:07 WIB)
      Wah sudah 8 bulan ya? Terus sekarang gimana mb kabar terupdatenya? Saya sudah 7 bulan ga balik2. Sudah bingung juga harus bagaimana

 Apa Komentar Anda mengenai AirAsia?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Proses Refund Pembatalan Sepihak AirAsia Mengecewakan, 7 Bulan Dana Be…

Cindy Novita 1 menit
6