Tokopedia Memoderasi Toko Saya tanpa Tahu Pelanggaran yang Dilakukan

Saya adalah salah satu pengguna aktif Tokopedia dari tahun 2017. Pada pertengahan 2017 saya mulai memanfaatkan toko online Tokopedia dan beberapa aplikasi online untuk berjualan sebagai tambahan pemasukan. Di Tokopedia sampai saya menjadi member Platinum 1 dan Silver Seller.

Pada bulan Maret ini saya memanfaatkan Power Badge Tokopedia saya berlangganan 1 bulan Rp199.000, pikir saya toko saya akan lebih menarik jika saya berlangganan. Dan benar di bulan Maret ini saya mendapat lebih banyak pesanan dari bulan sebelumnya. Tapiii… tiba-tiba Tokopedia melakukan moderasi toko saya dengan alasan saya “menyalahi aturan, dan melakukan manipulasi”. Ketika saya tanya, transaksi mana yang melanggar syarat dan ketentuan, CS Tokopedia hanya menjawab:

“Perihal moderasi toko Ibu, seperti yang sudah diinfokan sebelumnya bahwa toko Ibu dengan nama ‘ZaZahra.co.id’ statusnya dimoderasi secara permanen karena melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia sehingga toko tersebut tidak dapat dibukakan kembali. Perihal moderasi toko Ibu, kami rasa info yang telah kami sampaikan cukup jelas bahwa toko Ibu melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia. Kami memohon izin untuk menutup Pesan Bantuan ini ya Bu. “

Saya tanya lagi, transaksi yang mana? Tapi tidak ada jawaban jelas. Menyebabkan saya sebagai member merasa dikecewakan, dan saya merasa dirugikan karena saya sudah berlangganan power badge untuk 1 bulan, dan masih berjalan sampai sekarang.

Semoga Tokopedia bisa lebih bijak dalam memperlakukan pelanggannya. Sedikit saran agar Tokopedia bisa melayani customer via telepon agar komunikasi bisa lebih baik, karena CS via email dan pusat bantuan tidak menyelesaikan masalah. Terima kasih.

Ninik Rahmawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Tokopedia Memoderasi Toko Saya tanpa Tahu Pelanggaran yang Dilakukan

  • 15 Maret 2019 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Begitulah Tokopedia, semua serba sistematis, keputusan terakhir ada pada sistem, tidak bisa diganggu gugat. Tugas CS hanya copy paste jawaban sistem. ???

    • 15 Maret 2019 - (08:41 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai member platinum mendapat “layanan pelanggan prioritas live chat” saya juga sempat mendapat ucapan selamat karna sudah berada di level platinum “via telepon” tapi ketika akun saya di moderasi, saya coba telepon nomor tokopedia yang sebelumnya menghubungi saya, tapi tidak ada jawaban dari pihak tokopedia. saya sangat menyayangkan kejadian ini

  • 15 Maret 2019 - (10:57 WIB)
    Permalink

    “Kami rasa info yang kami sampaikan cukup jelas”
    Ini yang ngomong/ngetik/bikin script-nya/bikin SOP/programmer/manager/supervisor/whatever else sekolah atau tidak sih?
    Jelas-jelas itu yang disampaikan amat sangat tidak clear/jelas: “dimoderasi permanan” oke jelas, terus alasannya apa? “melanggar s & k” oke, lah s & k segitu bejibun, apa yang dilanggar? Karena sudah jelas seller tidak mungkin melanggar SEMUANYA kan (ya iya lah, mustahil). Berarti kan ada juga s & k yang sudah diikuti. Nah jadi, yang dilanggar apa/yang mana?

    Itu yang GAK JELAS.

    Btw, ambil contoh aja yang dihakimi gestun, kemudian ternyata AKHIRNYA TIDAK JADI/dibatalkan keputusannya (terbukti dari duit 15% yang dikembalikan). Lah, jadi ini melanggar atau tidak?
    Pertamanya juga diputuskan (secara sepihak) melanggar kan, tanpa cek ricek & nanya-nanya dulu memberi kesempatan pada tertuduh untuk memberikan bukti-bukti counter-argument.
    Akhirnya setelah dihakimi duluan, & setelah konsumen susah payah, gampang aja dibilang: oke, ternyata gak jadi melanggar s & k…..

    Sebetulnya metode begini legal atau gak sih?
    Bukannya di dunia nyata main hakim sendiri itu ilegal? Mesti masuk pengadilan dulu, di mana bukti-bukti disampaikan dari 2 belah pihak, sebelum akhirnya hakim/juri mengambil keputusan SETELAH menimbang bukti dari 2 belah pihak.

  • 16 Maret 2019 - (03:42 WIB)
    Permalink

    Toped emang mau menang sendiri, buat aturan sendiri, moderasi sendiri, ibarat kacang lupa ama kulitnya, sudah berasa besar dan menghakimi sendiri, hanya dia dan Tuhan yang tau saja.

    mengajak masyarakat, mau membina UMKM kecil bullshitt bgt……
    tanpa adanya member hari ini juga ga bakal jadi seperti ini, semoga kena batunya biar kapok…

  • 5 Februari 2020 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Toko saya kena Moderasi 3x. Sampai skrg belom kebuka. Padahal sudah sesuai prosedur. Ditanya salahnya apa bagian mana jawabannya melanggar S&K poin B no 7. gak jelas. Toko saya di moderasi pas lagi naik trafiknya. Saya kecewa. Padahal saya gabung komunitas Seller Tokopedia di daerah saya. Banyak temen2 seller komunitas saya yg juga mengalami Moderasi. Banyak kawan-kawan saya yg kecewa. Bahkan berencana mau pindah Marketplace. Semoga Tokopedia membaca ini.

  • 21 Maret 2020 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Saya topseller penjual buku, fokus seluruh produk jualan buku, traffic seminggu bisa diatas 17rb visitor.

    Di banned permanen di sangka jualan tembakau…

    Sekarang masih di urus,
    Pengen tak goblok goblokin itu CS, tapi apa daya hanya jadi member…

  • 1 Juni 2020 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Sama persis kita mbangun toko cukup lama reputasi oun baru naik tau tau dimoderasi oermanen tanpa alasan yg jelas, ayo kita laporin ke YLKI seenaknya saja menutup toko trus bilang melanggar apa yg dilanggar gak jelas.

    • 1 Juni 2020 - (18:57 WIB)
      Permalink

      saya juga habis kena moderasi permanen, tnpa ada peringatan diawal dan tida diberi tahu secara detail kesalahan saya, padahal saya ya jual normal tnpa aneh2, secara dropshipe

      • 1 Juni 2020 - (23:01 WIB)
        Permalink

        Saya jg berjualan dengan sistem dropship. Dan per hari ini toko saya di moderasi permanent secara tiba2 dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Ketika saya tanya melalui email ke CS dasar letak kesalahannya dimana, pihak CS hanya bisa menjawab merujuk pada syarat dan ketentuan poin B no 9. Ketika saya tanya lagi dibagian mana saya melakukan kesalahan? Tidak diberikan respon yg jelas, hanya merujuk ke pasal tersebut. Pdahal saya baru mau mulai berjualan.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Memoderasi Toko Saya tanpa Tahu Pelanggaran yang Dilakukan

oleh Ninik Rahmawati dibaca dalam: 1 menit
11