Surat Pembaca

Penyalahgunaan Limit Shopintar Dipakai Orang, Muncul Transaksi yang Bukan dari Saya

Saya Alvina Cecilia, pengguna aplikasi Shopintar dengan nomor akun 0822217XXX92 lokasi, di Surabaya. Pada tanggal 11 Maret 2019 tiba-tiba ada transaksi pulsa Telkomsel sebesar 100 ribu sebanyak 10x dengan nomor tujuan 082127751725 dan 082178798178. Nomor tersebut bukanlah nomor saya dan saya tidak kenal, kenapa tiba-tiba ada transaksi ke sana?

Belum selesai pulsa 100 ribu, ada transaksi pembelian baju seharga Rp76.000 dan pembelian dompet seharga Rp330.100. Semua dikirimkan ke alamat fiktif Jalan Manis KM. 12 Kertapati Palembang, Sumatera Utara. Oleh pihak JNE paket diamankan karena alamat tidak ada.

Total transaksi yang tiba-tiba masuk ke akun Shopintar senilai Rp1.781.500, dan ini bukan transaksi yang saya lakukan, kenapa ditagihkan ke saya? Saya tidak pernah memberitahukan password dan nomor HP Akun Shopintar saya kepada siapapun, dan password yang saya gunakan adalah kombinasi huruf dan angka yang pasti akan sangat susah ditebak.

Saya sudah menghubungi ke CS Shopintar berkali-kali dan habis pulsa banyak, tetapi jawaban CS seperti robot yang hanya menjawab sedang dilakukan pengecekan, bahkan sampai hari ini belum ada kabar lagi. Mohon tindak lanjutnya dari pihak Shopintar, karena saya tidak mau membayar transaksi yang TIDAK saya lakukan. Saya hanya bersedia membayar untuk transaksi yang saya gunakan sendiri di kantor polisi terdekat tempat saya dan dengan bukti pembayaran yang SAH. Sudah saya buat laporan juga ke Polres agar ditindaklanjuti.

Terima kasih.

Alvina
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Shopintar atas Surat Ibu Cecilia

Kepada Yth Ibu Cecilia Alvina Kristanti, Menanggapi surat Ibu Cecilia melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 21 maret 2019 berjudul “Penyalahgunaan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Shopintar ini apa mbak? Aplikasi kredit online semacam Akulaku dan Kredivo yah? Terus itu limitnya dipake belanja di mana? Kok bisa beli pulsa, dompet, dll? ?

    • Aplikasi yg melayani pembelian barang secara kredit online, Seperti e-commerce + layanan kredit. Dari aplikasi shopintar juga bisa isi pulsa. Saya cuma pakai untuk beli HP, beberapa hari kemudian tiba-tiba ada tagihan siluman muncul pembelian Pulsa, dompet dan Baju.

        • Barusan 10/05/2019 nasib saya jga sama..pas pulang kerja tiba" dapat SMS soal penarikan uang dari shopintar sebesar 1jt rupiah dan belum lagi transaksi pembelanjaan ..padahal saya baru pakai shopintar belum ada seminggu dan saya jga tidak pernah mendaptarkan nomor rekening saya. Karna memang saya sama sekali tidak punya ATM..abis itu sya langsung hubungi cs shopintarnya cs yg pertama bicara aga kurang jelas..setelah itu saya tlpn kembali.. Alhamdulillah cs yg kedua bisa membantu saya dgn membekukan limit shopintar sya..dan cs yg kedua jga tau klo saya tidak mendaptarkan no rekening apapun di shopintar..

          • Saya juga kak kenapa pembelian pulsa sebanyak 3juta , aku udh buat grup untuk org2 yg ketipu oleh shopintar kak . Ternyata banyak juga yg ketipu kami kumpulkan jadi satu, aku udh lapor ke Polda juga

      • Sy juga korban dr pembajakan akun shopintar tagihan yg hrs sy bayar 1,5jt padahal sy tdk pernah melakukan transaksi pulsa smpe jutaan, isi tagihan sy adalah pengisian pulsa nominal 100rb sebanyak 11x.. sy jg sudah menghubungi cs shopintar tp tdk pernah di respon, pd saat jatuh tempo banyak sekali yg nlp dan sms juga wassap yg mengatasnamakan shopintar, sbg debt colektor, tp saat sy suruh dtg ke rmh mereka malah marah, fan menganggap sy menantang, pdhl sy punya niat baik dan hanya ingin kejelasan dr angsuran sy.

        • Ini juga kasusnya sama kayak saya, saya kena tipu pengisian pulsa 7x 100rb. Sedangkan saya belun pernah melakukan pengisian pulsa di apk tersebut. Bodohnya saya download apk shopintar. Penipuannya bener2. Saya telpon csnya, eh csnya dengan begonya malah nyuruh kita bayar. Aplikasi macam apa yg spt ini. Saya udah laporkan ke polrestabes bdg perihal ini. Tutup aja apknya sekalian ya daripada nyengsarain kita2 yangbga tau apa2..

    • Saya sudah berkali2 tlp cs dan email tp gak ada tanggepan ..
      Gimana ini pihak shopintar..

        • Sama mba, saya jg korban.. Bru hri ini bgt sya ngalami nya, tiba2 ada 10x transaksi pulsa 100rb,total jdi 1.3jta..saya kaget, tp saya langsung lapor k kntor polisi trdekat, dan sya bikin surat laporan dlu d kantor polisi, trus polisi memberi saran agar jgn prnah bayar tagihan yg bukan kita lakukan, klo msih ad debt. Coll yg nagih ajak aj k kntor polisi agar d slesaikan d kantor polisi.. Ayo kita sama2 berantas pembobolan data kita.. Biar mreka jera, dan tdak ad lagi korban yg d rugikan.. Krna prcuma nlp cs juga ga prnah d tanggapi,cuma ngabisin plsa aj, saya jga curiga itu ada orang dalem yg brmain,,

    • Email saya pun nggak pernah di bales. Semua penipuan shopintar itu udh jangan pada di bayar biarin aja

    • Kasusnya sama seperti sodara saya, tiba* ada orng yg nelpon menanyakan tagihan padahal sodara sya tidak pernah melakukan transaksi apapun.
      .Barangkali ada saran/usulan dari rekan* apakah harus dibayar meskipun itu bukan transaksi kita atw dibiarkan tanpa harus dibayar atw dilaporkan?
      Trimakasih

    • Saya telp puluhan kali cuma buat dengerin nada sambung y doank,pada kemana sih cs y..pembayaran sy dimakan kolektor nih..

  • Disini ada yang sudah didatangi pihak Shopintar ke Rumah.

    Daerah mana saja.

    Bener2 meresahkan....
    Kemarin saya juga ditelfon sama orang yang ngaku pihak Shopintar buat verifikasi katanya.
    Tapi ujung2nya minta kode verifikasi.

    Anehnya dia tau semua nama saya, tempat tinggal saya, limit yang saya punya & Nomor HP saya, serta transaksi terakhir saya.
    Itu koq bisa...
    Apa jangan2 ada main dengan karyawan shopintarnya juga ya?

    • Emang kaka udah pernah d datangi oleh pihak shopintar gitu ?
      Terus gimana reaksi nya kalau udah pernah?

  • Ini sebenarnya permainan dari pihak aplikator karna syaa sudah membuktikan dengan cara menghubungi pihak cs dan tidak ada respon. Berikutnya saya mengunjungi alamat yang tertera di aplikasi tapi tidak ada sama sekali kantor shopintar disana...ngapain kita harus bayar karna bukan kita yang bertransaksi
    Nanti bisa di cek dr ip adres melalui IT.
    Ayooi kita bantai pembajakan akun karna merugikan masyarakat

      • Saya bayar nya yang punya cicilan saya baru bulan kemaren 248 ribu baru 1x angsuran
        Eh ini pas mau angsuran ke 2x bulan mei 21 2019 saya harus bayar 2,5 juta lebih lah saya duit dari mana coba?
        Anak aja masih butuh susu jajan sama kebutuhan lain nya
        Bingung saya bulan ini masa saya yang harus tanggung jawab semua nya
        Kan saya cuma punya cicilan hp doang sebulannya 248 ribu selama 9x angsuran eh tiba" s anjing hecker parah bikin kacaw semua nya tau kaya gitu mah ogah saya punya aplikasi penipu ini bikin pusing

  • Saya jg mengalami.apa perlu di bayar walaupun itu bkn transaksi kita?

  • Ini bagaimna caranya ? Apakah kita harus membayarnya walaupun kita tdk melakukan transaksi tsb ?? Tolong bisa berikan penjelasannya ?
    Apa ada yang pernah tidak membayar transaksinya karna bukan kita yang melakukannya ? Apa yang akan terjadi ?
    Mohon jika ada yang tau berikan info ke saya

  • baru saja kemarin 6 mei 2019 papa sy juga kena, ada orang beli hp alamat pengiriman ke kalimantan. begitu tau ada notif pembelian hp langsung sy tlp ke cs tp pihak cs bilang transaksi tidak bisa di batalkan dan tetap harus di bayar.
    akhirnya sy cari cara agar barang tidak terkirim. sy cari kontak penjual dan ketemu. sy minta tolong penjual agar membatalkan pesanan tp alhasil penjual pun tidak mau menolong.
    ini barang masih proses pengiriman pakai jnt..
    terakhir semalam dipakai lagi untuk beli kartu smartfren seharga 100rb..
    habis langsung limitnya..
    parah nih aplikasi, nipu banget..
    males banget suruh bayar hp jutaan padahal barangnya nggak ada..

  • Mas/mba akun saya keluar sendiri ada yg tau ga gmna login lgi soal nya salah aja padahal udah bener nmr sma paswordnya,mohon bantuanya.
    Soal saya mau bayar cicilan gabisa

    • Cara nya .. Reset ulang pw nya lewat nomor mu kk. So jgn panik masih byk jalanya?

  • Hay guys
    Saya Eva
    Saya juga sama pengguna shopintar
    Jadi gini masalah nya
    Saya kemaren tiba tiba GK tau apa apa ada SMS notifikasi gini *pesanan anda sukses pesanan anda sudah kami kirim ke alamat penerima* lah saya jadi bingung kata saya gini ko limit kredit shopintar saya ada yang bobol sih? Padahal saya GK kasih tau nomor hp, kode OTp sama Nik tapi kenapa tiba* limit saya ada yang ngebobol kan saya juga GK ngerti GK tau dan saya bingung
    Saya cuma punya cicilan 248 ribu perbulan masa iya saya bulan mei tanggal 21 2019 saya harus bayar 2,5 juta lebih karena aku saya ada yang bobol
    Lah saya pen hp aja nyicil eh ini lagi ada hecker yang bikin saya nambah pusing
    Saya duit 2,5 juta lebih dari mana coba? Makan aja sehari sekali
    Hayuk atuh tolong bantu saya buat selesain masalah ini saya GK bisa tanggung jawab karena saya juga punya anak kecil yang butuh susu butuh jajan banyak keperluan nya
    Tolong bantu saya banyak orang yang curhat d WA saya sama dia juga sama korban pembobolan shopintar

    • saya juga mengalami hal yg sama,yg tau solusinya,gimana apa mau di bayar apa di diemin aja,terus gimana dengan no rekening kita,bukanya kalaw mau buat akun harus pakai no rekening,tolong yang tau,

  • Permisi teman2
    Saya juga mengalami hal yang sama
    Perihal masalh ini saya sudah melaporkan ke pihak polres dan polda, karna dari pihak aplikasi gak ada tanggapan hanya menuntut buat bayar saja. Tanggapan dari pihak yang berwajib kepada saya,
    "Buat apa kamu bayar yang bukan transaksi kamu" kalau pihak aplikator datang buat menagih sekalian aja ajak ke polres wilayah masing2, nanti akan di lanjutkan kepengadilan dan di lakukan penyelidikan. Jadi kita jangan mau bayar yang bukan transaksi kita

    Contoh
    Si A makan di meja 1
    Si B makan di meja 2
    Di meja 2 sudah selesai makan dan si B pergi begitu aja tanpa bayar, apa Si A yang di suruh bayar? Gak mungkin kan.
    Kalau kita bayar sampai kapan pun penyalahgunaan akun begini akan semakin banyak, mari kita selesaikan di pihak yang berwajib untuk memberantas hal curang begini
    Terima kasih