Aftersales Kulkas AQUA Japan Mengecewakan

Tanggal 15 Februari saya beli produk Aqua Japan berupa kulkas inverter dua pintu tipe AQR D275R. Di hari itu juga kulkas di antar si penjual ke rumah saya. Sampai rumah saya coba dan kulkas pun hidup. Karena rumah saya belum beres ada tukang yang sedang kerja dan masih acak-acakan juga, maka hari itu juga saya bungkus plastik lagi dan masukan dus lagi kulkasnya.

Akhir Februari rumah saya sudah 90% beres, maka saya buka lagi dus dan plastiknya, saya pasang kulkasnya. Nah malamnya mulai ada keluhan dari si kulkas, kipas di freezer-nya berisik sekali. Saya komplain ke si penjual dan saya kirim bukti video kalau kulkasnya berisik. Si penjual bilang itu karena baut kipasnya kendor! Alhamdulillah, selang berapa hari suara kipas hilang sendiri. Mungkin karena membeku jadi tidak kendor, tapi entahlah.

Nah awal bulan Maret entah tanggal berapa saya lupa, saya dikagetkan dengan tangisan anak saya. Anak saya sedang buka kulkas mau ambil cemilan dia kenapa nangis. Karena anak saya tidak bisa saya tanya karena baru 1,2 tahun. Saya cek kenapa bisa nangis, ternyata setelah saya pegang body kulkasnya ternyata NYETRUM! Sekeliling bodynya nyetrum, hanya body depan yang tidak, mungkin karena dari keramik yang tidak menyalurkan listrik. Untuk ukuran saya yang sudah dewasa saja setrumannya bikin saya kaget, karena lumayan besar setrumnya.

Tanggal 5 saya telepon no telepon yang tertera di body kulkas, saya telepon CS Aqua Japan mengeluhkan soal kulkas yang menyetrum. Si CS bilang kalau produk-produk mereka tidak ada yang menyetrum. Lah terus kenapa ini bisa nyetrum tanya saya?! Si CS bilang nanti akan ada mekanik yang datang ke rumah saya 1-3 hari kerja untuk mengecek.

Saya tunggu sampai 3 hari tidak ada yang datang, satu minggu saya tunggu tidak ada yang datang juga. 1 minggu lebih dari tanggal 5 saya telpon lagi CS-nya dengan sedikit ngegas. Setelah saya telpon lagi baru deh 2 minggu dari tanggal 5 pas saya telpon si mekanik datang. Datang ke rumah, dia cek kulkasnya pakai tangan dan obeng listrik ternyata memang MENYETRUM!!! Berikut kurang lebih percakapan saya dengan si mekanik:

M: Ini kulkasnya dipasang di sini pak?
S: Iya pak di sini.
M: Pak punya paku besar dan kabel?
S: untuk apa pak?
M: Ini kan kulkasnya nyetrum pak, listriknya mesti disalurkan pak!
S: maksudnya gimana pak, saya masih kurang faham.
M: Iya ini pak, nanti kabel dipasang ke kulkasnya, kabel dililitkan ke paku, terus pakunya ditancapkan ke tanah!
S: Lah maksudnya mesti ditancapkan ke tanah itu mesti bobok lantai granit saya?
M: (Sambil senyum). Iya pak. Atau pasang ke tembok pak pakunya!
S: (KAGET) Wah kalau gitu mah saya gak mau pak, apa-apaan masa kulkas baru di kaya gituin pak? Dan itu merusak lantai saya dong, kalau saya mau pindahkan kulkasnya jadi susah dan ribet, masa mesti bobok lantai saya lagi. Ini kan kulkas baru pak, bukan kulkas lama, dan saya beli juga lumayan mahal 3 juta lebih belum ongkos kirimnya juga. Masa after salesnya kayak gini doang?!
M: (mekanik diam)
S: Tidak di bisa di servis aja pak biar gak ada keluhan gini?
M: Mesin sih ga ada masalah pak.
S: Lah terus ini kenapa bisa nyetrum gini pak? Kalau mesti pasang ini itu di kulkas baru saya, saya tidak mau, kalau bisa saya mau tukar unit baru saja yang tidak bermasalah, lagian ini kulkas belum satu bulan juga.
M: Oh iya pak, nanti saya sampaikan dulu ke pusat, paling bapak mesti nunggu lama.
S: Ya kalau bisa jangan lama-lama juga pak, kan kulkasnya mau saya pake.
M: Iya pak saya usahakan. (Mekanik pamit)

Setelah menunggu berhari-hari tanpa kepastian, saya telpon berkali-kali lagi CS Aqua-nya, untuk menanyakan kelanjutan keluhan saya. Yang bikin jengkel jawaban si CS itu seenaknya saja. Si CS bilang, ya kalau mekaniknya bilang mesti gitu ya mesti gitu pak. Pakai menyalahkan instalasi listrik di rumah saya. Si*lan masa penyelesaiannya kaya gitu, kaya bukan kulkas baru dong, ini kulkas baru! Dan instalasi listrik di rumah saya normal normal saja, karena di rumah itu kulkas ada dua, dan yang satu merk Panasonic tak ada keluhan meski sudah berumur lama, tidak seperti merk Aqua Japan ini baru tapi banyak keluhannya. Aftersalesnya juga SANGAT MENGECEWAKAN! saya sampai telpon Head Officenya segala karena jawaban CS-nya tidak memuaskan. Head Office bilang akan menindaklanjuti keluhan saya.

Setelah telepon Head Office, berapa hari kemudian ada WA masuk entah dari siapa, bilangnya dari kantor cabangnya. Bilang akan ke rumah saya hari minggu 24 Maret , tapi sampai hari ini saya menulis di hari Kamis tanggal 28 Maret tidak ada orang itu datang ke rumah saya.

Saya minta tukar unit saja agar tidak ribet, eh si Aqua malah nolak mulu. Apa seperti ini pelayanan Aqua Japan????! MENGECEWAKAN!!! Menyesal saya beli produk Aqua Japan!

Rendi Setiadi
0878284831**
Subang – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lemari Es AQUA Japan:
[Total:82    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

37 komentar untuk “Aftersales Kulkas AQUA Japan Mengecewakan

    • 1 April 2019 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Gimana bos, sampai hari ini ga ada kejelasan kelanjutan keluhan saya.. kaya gini aftersales aqua japan?

      • 28 Mei 2020 - (06:21 WIB)
        Permalink

        Sama persis kejadiannya seperti yang saya alami, setelah 1 bulan pemakaian muncul suara berisik dan sangat mengganggu, saya laporkan kejadian ini ke pihak penjual, lalu datang team service, dia bilang ada alat yg harus diganti tp harus nunggu karena barangnya dari luar, sya tunggu sudah hampir 2 bilang tdk dtg jga, justru sekarang timbul masalah baru kulkasnya tdk dingin, entah apa yg terjadi, terus terang sya sgt kecewa, mohon dengan hormat kepada pihak yg bersangkutan segera menindaklanjuti permasalahan ini, karena selain merugikan konsumen pihak anda jga untuk kedepan akan merugi karena menjual barang dengan harga mahal tp kualitas tdk terjaga, terima kasih,,

  • 28 Maret 2019 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Dirumah saya, saya pun menggunakan kulkas Aqua yang sama, sampai sekarang untung masih baik2 saja.
    Hanya saja mengingat pengalaman yang bapak alami, saya pun jadi khawatir jika dikemudian hari terjadi masalah dan dilayani CS ataupun teknisi servis macam ini akan sangat-sangat mengecewakan sekali.
    Pengalaman yang buruk dan diketahui banyak org akan membuat citra AQUA pun buruk dimata konsumen lainnya.
    Berharap pihak Aqua dapat memberikan pelatihan yang baik terhadap calon CS dan bagian teknisi nya sebelum dipekerjakan.
    Semoga masalah bapak cepat terselesaikan.

    • 1 April 2019 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Ya terimakasih gan.. tapi kayanya bakal lama.. buktinya sampai hari ini ga ada itikad baik dari aqua, jangankan tukar unit baru seperti yg saya mau, lah ngehubungi saya saja engga.. bosen saya telpon csnya, udah ngabisin pulsa, jawabannya juga tidak memuaskan..

      • 8 Mei 2020 - (04:48 WIB)
        Permalink

        Bukan kulkas nyaa yg rusaak tapppppi emg rumh bapak mesti pake grounding . Saya beli brand yg lain juga bgtu tp bnr rumahbsaya yg listrik yg ga stabil . Teknisi nya mls kali org udh di bilangin pasang ground malah g prcya .

      • 2 Juli 2020 - (12:29 WIB)
        Permalink

        Wah nyesel saya terlambat membaca artikel ini terlanjur beli prodak ini, beli tanggal 13-06-2020 setelah 5 hari udah langsung muncul gangguan2, dari mulai tidak dingin sampai suara kipas kayak yang mau meledak. Dan pengalaman aftersalesnya sama seperti anda, sampai sekarang tidak ada yang menangani keluhan saya. Semoga seluruh jajaran pegawai di service centernya tidak terjangkit corona.

    • 17 Agustus 2019 - (23:18 WIB)
      Permalink

      Memang kualitasnya kurang baik , denger-denger untuk barang yg diproduksi dalam negeri hanya kulkas 1 pintunya , sisanya kalau kita perhatikan ,tulisan impor dan made in china , jd kemungkinan spare partnya tidak ada ,karena mereka beli jadi dari china ,mending yang pasti pasti saja lah, saya hampir beli kulkas yg besar nya , yang ternyata tidak ada SNI nya ,jd langsung saya putuskan beli merk s*m*ung yg sudah jelas kwalitas dan aftersalesnyaa

  • 28 Maret 2019 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Iya. Itu sungguh pelayanan after sales yg sangat buruk. Saya menduga ada kerusakan dibagian power atau kabel-kabel di kulkas tersebut bukan karena instalasi listrik di rumah anda. Barang baru bisa saja stok lama. Atau bisa rusak saat proses pengiriman. Cuma sayangnya pihak Aqua lepas tangan dg masalah ini. Mereka seolah tidak mau tanggung jawab bila barang sdh tngn pembeli. Minta garansi kerusakan saja pak.

    • 1 April 2019 - (11:00 WIB)
      Permalink

      Ya sudah pak, tapi pihak aqua kukuh kalau mesin mah tidak masalah, ini masalahnya cuma kelebihan listrik katanya, dan listrinya harus disalurkan ke tanah. . Lah emang ada kulkas merk lain yg ada fitur kabel dan paku tambahan, plus bobok lantai.. haddeuh..

  • 28 Maret 2019 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Jadi OGAH mau beli produk elektronik merk aqua.

    Terima kasih sudah berbagi pengalamannya, yang sabar yaa Mas.

  • 2 Mei 2019 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Ko ceritanya sama..awal’a emang berisik ‘saya beli kuskas AQUA udah mau setaun baru ngeh pas bulan kemarin ko body kulkas’a nyetrum..terus paksu tlp k CS ngomongin semua keluhan’a ..hahh poko’a ribet .intinya sampe sekarang pihak AQUA belum datang alesannya kompresor inverter’a belum ada..padahal kulkas mahal tapi ko gini ya? #mengecewakan

  • 31 Mei 2019 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Untuk alat elektronik nyetrum sih biasanya di instalasi listrik yg gk ada grounding jadi bakal nyetrum, saat bagian tubuh kita nyentuh alat tersebut karna kita sebagai grounding nya… Biar alat-alat elektronik nya ga nyetrum benar kata teknisi nya harus ada grounding ke tanah atau tembok, misal kalau instalasi rumah sudah benar atau sudah ada ground nya bisa coba putar colokan kabel nya ke arah berbeda

  • 10 Juni 2019 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Punya saya juga nyetrum bang, tipe sama dengan punya agan, tapi tidak tau apa gara gara saya kasih tatakan/dudukan kulkas dari plastik, akhirnya saya kasih kabel ground,
    Kalau punya agan sudah beres saya dikabari y? Kali aja bisa komplain juga hehehehe

  • 28 Juni 2019 - (11:25 WIB)
    Permalink

    sama saya beli kulkas aqua AQR D275R bikin es batu tidak jadi-jadi sudah 3 bulan,kalau di matiin dulu 24 jam di nyalakan lagi baru bisa jadi es batu,setelah beberapa hari es batu kembali mencair lagi.complain nya gimana ya caranya ya

  • 28 Juli 2019 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Aqua japan itu sebenarnya merk china, dulunya sanyo sekarang udah di akuisisi sama perusahaan Haier asal china.

  • 4 Desember 2019 - (01:44 WIB)
    Permalink

    Sama kulkas yg saya belik 1 hari merk 1pintu nyetrum tegangan tinggi sampai panas tangan saya krn kesetrum… saya dtgin ke toko nya Alhamdllah toke nya mau minta di tukar dan saya tukar tambah yg merk lain sp… dh tenang pikiran…

  • 19 Januari 2020 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Aq juga di rumah pake kulkas 2 pintu merk aqua..belm 1 tahun ..tp suara kulkas nya berisik ..entah itu apa nya y yg berisik..di tmbah karet kulkas yg pling ats udh gk mau nempel..baru x ini punya brng elektronik yg hrga lumayan mahal tp kualitas jelek..aq udh pernh ounya merk sanyo,LG kuat tahunan..yg 1 pintu malahm murah juga hrga nya ..aq tadi nya mau komplen ke toko nya ..tp liat masalah ini jd mkir lg..di tanggepin gk y nnt komplenan nya

  • 2 Mei 2020 - (00:03 WIB)
    Permalink

    jadi gk heran banyak keluhan.
    sy aja beli chest freezer 2 pintu karetnya bs gk rapat, gk kya freezer GEA yang rapat, dan pembatas antar pintunya selalu membeku karna karet yg tdk bs menepel alias cct design untuk kedua pintu, karna sekat atau mebpatas antar pintu membeku lama2 menekan karet dan kadang pintu sampe agak melayang alias gk menyentuh body sama skali, perkiraan tiap beberapa hr sekali harus dibersihkan bunga es di antara pintu kalau mau pintu rapat (walaupun gk bs rapat banget).
    dibandingkan merek lain dengan harga setara punya Aqua tdk ad pengukur suhu digitalnya jadi kadang cma bs tebak2an suhu brp gk kya gea ada digitalnya.
    mesin lbh berisik bandingin Gea.
    dan gea lbh dingin mungkin karna tutupnya rapat

  • 28 Mei 2020 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Minggu kemarin sy pusing mau milih kulkas 1 pintu antara Aqua Aqr D191 atau Polytron 18 Hov, dan Sanken .
    Tergiur Aqua d191 karna frezzer nya gede luas, tp pas cek2 built qualty bahan2 nya tipis, akhirnya ga jadi, dan karena Polytron type yg dimau jg kosong smua, akhirnya iseng liat Toshiba terbaru GR-RD235CC yg trnyata kualitan jauh lebih bagus, lebih berat lebih kokoh, lebih tebal, dan import quality Vietnam, lisensi Jepang. Mantaapp,
    Baru di colok 5 mnit lsg dingin, 30 mnit jd es batu, jos gandoss Toshiba tanks.

    • 8 Juni 2020 - (17:44 WIB)
      Permalink

      Wowww, kok bisa sama ya. saya juga ngincer kulkas merek Toshiba type GR-RD235CC. Desain elegan dan kualitas materialnya sangat bagus.

  • 30 Mei 2020 - (01:49 WIB)
    Permalink

    Diluar pelayanan after sales aqua yg entah bagaimana, sebenarnya kalau hanya untuk bikin kabel ground tidak perlu pakai paku, bobok lantai dst, cukup dilihat saja kabel power kulkasnya berisi berapa kabel kalau cuma 2 buah – & + berarti harus ganti dengan kabel yg berisi 3 yg berarti 1+, 2- dan yg ke 3 ground, lalu yg kabel ground hubungkan ke body kulkas,….

    Dan terakhir jangan lupa stop kontak juga dimodif, yaitu kawat yg berada diatas bawah lubang colokan, hubungkan ke kabel groun (-) yg dari PLN….. dan selesai….

  • 2 Juni 2020 - (09:44 WIB)
    Permalink

    Saya baru beli kulkas kemarin, baru aja kemarin siang di kirim Merk Aqua AGR D181. Td pagi tgl 2 mei 2020 saya nyalain kulkas nya dari jam 6 smpai mau jam 10 , jalan mau 4 jam Mau bikin es batu tdk jadi jadii.. Frezer nya gak terlalu dingiinn kyk kulkas yg lain. Ada suara berisik kyk genangan di belkang kulkas.. Kok gni ya merk aqua baru nyoba beli kulkas mrk aqua pertama kali MENGECEWAKAN!! saya beli pnya kulkas merk lain seperti sharp ato panasonic yg harga nya sepadan aqua yg saya beli ini. Tidak ada keluhan seperti ini. Sekali ini saha tau merk aqua kualitasnya ga bgs.. Udh ga mau beli mrk ini lagi. Mngecewakan! Buang buang duit! Dan buang listrik aja!!!!

  • 2 Juni 2020 - (09:47 WIB)
    Permalink

    * AQUA AQR-D181 220 volts/50Hz 1 pintu
    Gmn kalau bs pengembalian uang saja , bs tdk dari pihak aqua?

  • 8 Juni 2020 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Wah baca baca share pengalaman disini jd semakin yakin untuk tidak beli merek Aqua. krn dirumah ada kulkas merek sanyo mau bikin es batu susah sekali bekunya. akhirnya sudah fix kapok beli kulkas merek aqua. meskipun mungkin tidak semuanya seperti ini, pasti quality controlnya bagus. tp sebagai customer wajar jika kecewa berdasarkan pengalaman pemakaian memakai merek ini.

    • 18 Juli 2020 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Saya juga pengguna kulkas aqua, sbg tmbhan aja, ada baiknya cek dulu kelistrikan rumah anda, apa groundingnya ada dan terkoneksi dengan baik?
      Dan kulkas itu sudah terpasang grounding atau tidak, ya memang diperlukan tambahan koneksi kabel ke ground tanah, kalau tidak pasti ada efek namanya tegangan bocor di body, tegangan bocor itu terjadi dari induksi listrik secara tidak langsung, bukan dari pengkabelan, setiap elektronik pasti ada induksi, seperti tv, kulkas, komputer, mesin air, kipas. Karena sebagian menggunakan body plastik jadi tidak terasa langsung, ditambah grounding ke tanah untuk kulkas itu wajib, semahal apapun kulkas yang dibeli,

      Untuk masalah berisik pada kipas saya juga mengalami, setelah dicek itu karena ada material es yang menempel di sekitar kipas dan terjadi gesekan dengan kipas makanya jadi berisik, es yang membeku itu ada karena isi freezer terlalu penuh, jadi menghalangi sirkulasi udara dingin, karena sistem kulkas ini dry ice jadi menyebarkan udara ke semua ruangan, tdk seperti wet ice yang terjadi pembekuan es di dinding kulkas,
      Atau es itu terbentuk karena setting kulkas terlalu dingin,
      Jadi bijak menggunakan agar elektroniknya awet lama..

  • 15 Juni 2020 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Pengalaman yg sm dg sy , baru bbrp bulan kipas ny sdh berisik lalu hilang berisikny tp sdh setahun muncul lg dg suara yg lbh berisik ,,, sangat mengecewakan , ada yg bsa beri tahu merk kulkas ap yg bagus

  • 2 Juli 2020 - (23:01 WIB)
    Permalink

    Standar penggunaan listrik disetiap instalasi wajib ada ground atau arde fungsinya untuk membuang kebocoran arus ke tanah pada instalasi yang dipakai, setiap electronic yang SNI pasti di staker (orng indonesia bilang colokan) pada kedua sisi pasti ada plat bewarna silver itu fungsinya td untuk membuang arus listrik yang bocor ke tanah lewat jalur grounding/arde yang di sediakan setiap stop kontak instalasi rumah, bapak baru buat rumah sama tukangnya dibuat jalur grounding / arde tidak instalasinya? Wajar tanggapan si aqua seperti itu karna masalah ini bersumber di instalasi rumah teknisi ga mungkin bongkar instalasi rumah bapak untuk cari kebocoran tsb makanya kasih tindakan hanya membuat jalur arde manual yaitu kabel yang di hubungkan dari kulkas ke tembok / tanah.

  • 12 Juli 2020 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Sama kulkas saya jg seperti ini kejadiannya malah saat ini sudah tidak dingin sama sekali baru 1 tahun 3 bulan pemakaian

  • 25 Juli 2020 - (12:33 WIB)
    Permalink

    saya juga baru beli showcase aqua japan, suara kompresor nya kenceng banget sangat berisik. seperti itu apakah wajar atau ada kerusakan ya.

    • 4 Agustus 2020 - (20:16 WIB)
      Permalink

      Tadi barusan beli kulkas 1 pintu, untung ga kemakan tawaran seller.. dia nawari yg aqua aqr d181. Ktny sih rekomen… Tp pilihan saya ttp ke sh*rp .

  • 5 Agustus 2020 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Benar sekali prodak yg satu ini memang jelek qualitas ya punya saya baru pakai 1th udh rusak tidak dingin lagi
    Prodak yg sangat mengecewakan
    Telpon castrmerservis nya harus nunggu 3hari sampai sekarang blm da kbr
    Pake ada biaya pengecekan segala lah

  • 6 September 2020 - (18:05 WIB)
    Permalink

    mampir kesini karena ada masalah yang sama.. freezer bunyi berisik, dan dari kemarin beberapa item tidak membeku, mungkin karena kepenuhan, sudah dikurangin pun masih sama tidak membeku juga.. untuk bunyi dan freezer tidak dingin ini solusinya gimana ya.. sy pemakaian sekitar 1 thn.

    • 6 September 2020 - (18:33 WIB)
      Permalink

      mau info untuk temen2, punya saya alhamdulillah sudah bisa normal kembali, jadi saya lap bagian lubang2 yang untuk kipas, saya lap karet2 pintunya juga.. agak kaget tiba2 kulkas mati, karena sy td lupa ga sy cabut dulu stop kontaknya.. setelah itu sy cabut stop kontaknya, lanjut lap2 lagi, pas sy colokin, kulkas sy sudah kembali normal..

      mungkin bagi yang mengalami hal serupa, bisa ikuti cara saya ya..
      semoga ga terulang lagi deh, sayang2 kalau harus beli kulkas lagi padahal baru di pake..

 Apa Komentar Anda mengenai Lemari Es AQUA Japan?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Aftersales Kulkas AQUA Japan Mengecewakan

oleh Rendi Setiadi dibaca dalam: 3 min
37