Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan J&T Express

Nama saya Cynthia. Saya adalah seorang seller di Bukalapak. Saya ingin mengeluhkan pesanan saya yang menggunakan jasa J&T Reguler dengan nomor resi JB0018940307. Baru pertama kali ini saya menggunakan J&T dan langsung kecewa dengan pelayanannya yang sangat sangat buruk. Tidak seperti namanya yang express tapi sesungguhnya lelet dan tidak jelas.

Saya dan customer sudah berkali-kali menelepon CS JNT sampai marah-marah. Tapi jawaban dari CS sangat tidak memuaskan. Selalu dibilang sedang dalam proses dan akan dimaksimalkan. Ketika saya tanya kapan kepastian pesanan saya sampai, dia tidak bisa memberi jawaban yang pasti. Bahkan ketika saya meminta untuk mengambil barang sendiri pun dia bilang pesanan sedang diproses. Jawaban yang sangat tidak membantu.

Begitupun dengan komplain melalui email ke JNT, ke Bukalapak dan sosial media JNT tidak ada tanggapan sama sekali. Dan status pengiriman saya hingga detik ini saya menulis masih belum berubah posisinya. Padahal dari Drop Point Sunter ke Kelapa Gading (alamat penerima) terbilang sangat dekat. Cukup sekali saja saya menggunakan J&T dan KAPOK.

Cynthia Laraswati Saragih
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Ibu Cynthia Laraswati Saragih

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dear Ibu Cynthia Laraswati Saragih,

    Sehubungan dengan surat pembaca Ibu dengan judul "Kecewa dengan Pelayanan J&T Express" , kami ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terkait hal ini.

    Kami telah menindaklanjuti keluhan Ibu dan Paket sudah diterima oleh penerima atas nama Danar dengan baik.

    Untuk kritik dan saran lainnya, Bapak/Ibu dapat mengirimkan email ke kami: jntcallcenter@jet.co.id atau di hotline 021 8066 1888
    Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Salam,

    Diego
    Public Relations Officer

    • Selamat sore..saya mau tanya kenapa pengaduan saya ke j&t tidak ada tanggapan? No resi saya JD0051974415..barang saya tidak bisa di kirim,direturn,saya mau ambil paket kembali..pihak j&t tahan..saya harus bayar ongkir 715rb?

      • Tgl 3 september 2023 saya beli paket menggunakan jasa kirim J&T sampai skrng tgl 12 september 2023 masih Transit, are you okey ?
        Beberapa hari yg lalu pesanan sudah sampai di kota saya di Gianyar, pengiriman dari Jakarta, harusnya tinggal di serahkan ke kurir dong?
        KEMUDIAN, kenapa dikirim ke denpasar lagi? Setelah itu kenapa transit ke Bangli lagi? Klo anda bisa baca maps Bangli itu jauh ke utara pulau bali lewat dari Gianyar.. apakah paket saya mau diajak keliling Bali???
        Sebenarnya ini berdampak buruk bagi online shop nya, rating mereka dah bagus jelek gara" ANDA J&T. So sara bagi online shop tolong kasi pilihan lebih jasa pengiriman seperti J&E, hemat, kargo dll biarpun ongkirnya lebih dikit its okey daripada kami was was paket kami diajak keliling AWOKAWOKAWOK

    • J&T surabaya bener" bikin kecewa sekali, saya dapet paket kiriman dari surabaya ke sidoarjo harus nunggu 12hari dan setelah sampe isi paketan di bongkar, tolong dong kurir dan pihak j&t hargai privasi atau paket orang lain ga asal buka paketan orang aja asli ga bakal mau pake expedisi ini lagi buruk banget

    • Kronologi lengkap :
      *Saya membuat pesanan pada tgl 26 maret melalui aplikasi shopee
      *Tgl 27 maret, seller telah mengirimkan barang pesanan
      *Tgl 29 maret paket diterima oleh kakak saya dirumah, namun saat saya cek paket ternyata tertukar.
      *Saat saya teliti ulang, kesalahan terjadi krn pihak jnt ternyata salah menempelkan sticker label pengiriman (Seller mengirim 2 paket saat itu)
      *Jadi karna keteledoran staff, paket saya ke switch sama punya orang lain
      *Krn di paket ada label yg ditulis oleh seller mengenai penerima sebenarnya, beserta no. Hp, saya langsung menghubungi nomer yg tertera, dan benar saja, ternyata paket yg saya terima harusnya punya dia dan dia menerima paket yg harusnya punya saya.
      *Tgl 29 maret dihari yg sama saya melaporkan perihal barang yg tertukar. Jnt merespon bahwa pihak jnt akan menjemput ulang paket yg tertukar
      *Tgl 30 maret pukul 4.30 PM, paket diambil oleh kurir

      Setelah semua itu, saya sama sekali tdk diberi tau kelanjutan paket dimana. Selaku customer, pasti ada ke khawatiran bila tdk dpt melacak paket.
      Perhitungan saya, paket dari Surabaya-Tulungagung paling cuman 2 hari. Tapi sampe sekarang, tgl 4 april barang belum saya terima dan gk jelas. Saat menghubungi pihak jnt jawabannya selalu mohon ditunggu, kami akan memaksimalkan laporan keluhan dan mohon utk nomer hp nya selalu diaktifkan. Jawaban yg sama selalu diberikan. Saat saya menanyakan apa bisa dibantu untuk melacak posisi dan status paket saya, saya cuman diberi jawaban yg sama bahwa pihak jnt akan memaksimalkan pelayanan dan hp disuruh stand by.
      Ini sampe sekarang paket gk jelas posisinya dimana, sedangkan di aplikasi shopee uang sudah masuk ke seller. Tapi saya belum terima barang. Lalu bagaimana pertanggungjawabanya pihak jnt?!!

      Sumpah kecewa pake bgt. Tau gtu kemaren gk usah lapor barang tertukar. Kenapa saya gk inisiatif kirim ulang manual aja pake expedisi lain. Mungkin barangnya sekarang sudah sampe ditangan saya.

      No resi saya : JP1761929256
      No resi yg diterima : JP5880923574

    • JP0275765250 tolong di liat. Kata nya operasional 365 hari. Tanpa libur.. TIPU!!!
      MASA TRANSIT 3 HARI?? DAN BARU DIKIRIM HARI SENIN. GAUSAH BIKIN BIKIN KETERANGAN 365 DAYS NON STOP KALAU SORTIR BARANG AJA SAMPAI 3 HARI. DI KERJAIN GA ATAU SENGAJA DI TUNDA. SUDAH BEBERAPA KALI SAYA PAKAI J&T BERMASALAH TERUS. PROSES NYA TERLALU RIBET GA SEPERTI EKSPEDISI LAIN NYA. MASIH BAGUS JNE ATAU SI CEPAT. KOMPLAIN KE CS. JAWABANNYA AKAN DI SAMPAIKAN TERUS. DISAMPAIKAN SIAPA!? ASLI DEH BUAT ONLINE SHOP MENDING PAKAI ESKPEDISI LAIN DEH. UNTUK BUYER ATAU SELLER DARI PADA DI KOMPLAIN MULU. KECEWA BGT DEH INI SAMA J&T. TIDAK SESUAI DESKRIPSI PAKET YG DI TULISKAN.

    • 2x paket saya nyasar
      Pertama ke bandung,skrg ke semarang
      Gilaaa padahal paket gw cuma sekitaran jabodetabek,, nyasar sampe jauhh ,,yg bikin gw panik,itu isinya Makanan
      Gimana sih pekerja JNT

    • Paket saya muter-muter gak nyampe-nyampe
      Dari bandung ke lampung. Tgl 1 dikirim dari bandung, tgl 2 sampai di bandar lampung, eh malah di kirim lagi ke bandung terus dari babdung malah ke labuan batu di sumatera utara. Abis itu dikirim lagi ke jakarta.
      Ya ampun, padahal saya cukuo puas dengan kecepatan J&T, karena biasanya saya pake J&T karena cepat. Maksimal 3 hari sudah sampai. Kali ini saya kecewa karena paket saya kemana-mana -,-

  • J&T MEMANG PARAH ! PAKET SAYA HANYA DARI JAKARTA KE DEPOK SAJA SUDAH 4 HARI BELUM SAMPAI ! CEK AJA NIH JD0034124731 , INI BUKTINYA !

    SANGAT TIDAK PROFESIONAL DAN SANGAT TIDAK BISA DIANDALKAN !

  • Dear j&T paket saya tanggal sejak tanggal 5 mei 2019 setatus masih di DC pegadungan
    tidak bergerak sampai degan saat ini tgl 8 mei 2019
    paket di kirim sekitar tanggal 2-3 mei 2019 Dengan no resi JP7709570326
    kenapa begitu lama paket tertahan di DC Pegadungan

    mohon tindak lanjutnya secepatnya paket di antar

    • Customer Service jntcallcenter@jet.co.id : Telp 021-8066-1888,

      Informasi Pengiriman
      No Resi : JD0044803204
      Status : Delivered
      History
      Tanggal Keterangan
      02 Aug 2019 18:14:47 Terkirim: Drop Point SIMP POS, MEDAN (Pengantaran senin)
      02 Aug 2019 18:13:27 Sedang Diantar: Drop Point SIMP POS, MEDAN
      02 Aug 2019 14:39:11 Telah Tiba: Drop Point SIMP POS, MEDAN
      02 Aug 2019 13:33:09 Telah Berangkat: Drop Point SETIA BUDI, MEDAN
      02 Aug 2019 04:48:28 Telah Berangkat: Drop Point DC MEDAN TIMUR, MEDAN
      01 Aug 2019 17:09:06 Telah Tiba: Drop Point DC MEDAN TIMUR, MEDAN
      01 Aug 2019 15:53:34 Telah Berangkat: Drop Point LAUDENDANG, MEDAN
      01 Aug 2019 12:19:57 Telah Diambil: Drop Point LAUDENDANG, MEDAN
      Hesron tarigan
      sibolangit

  • Tolong yang amanah dong
    Buat kita jadi kecewa dan tidak percaya
    Tolong ini resi saya JP7293264172

  • Kurirnya direkrut dari oreman jalanan ya?
    Jalan tengah jalan sambil lihat HP, di bel tenggok sebentar tapi ngak merespon.
    Apa bisa J&T EXPRESS bisa lapor polisi?
    Maksudku kalo ada kurir ditabrak artinya kurir yg pantas ditabrak.
    Pecat saja kurir yg naik motor DK6134EO, siang ini dia lewat di jalan jendral sudirman, denpasar, bali.

  • ditempat saya, beberapa bulan lalu atau tahun lalu itu J&T sangat baik dalam beberapa aspek menurut saya. tapi belakangan ini malah buruk saya kira, karna seringkali kurir mengganti status pengiriman 'pesanan telah tiba' sebelum pesanan sampai. udah gitu sering lebih dari estimasi pengiriman normal saya gatau apa karna pergantian kurir atau apa, saya pikir kualitas j&t sudah menurun
    terimakasih..

    • gak usa kirim email, saya beberapa kali kirim gk di tanggapi.
      pengalaman buruk saya, 2x mengalami pengiriman yg bukan cuma lambat, tapi sudah bisa di bilang gk jalan sama skali, 1 provinsi aja pernah 1 minggu lebih, dan yg trakhir skarang ini, dari Surabaya ke banyuwangi sampek 5 hari kerja, senin sampek hari ini (jumat) tidak ada perubahan, status tetap di kantor banyuwangi.

      • Saya seller dari shopee
        Paket konsumen saya dengan nomer resi JP2902446675 tertahan di DC tambun dari tgl 22 November dan tidak ada pergerakan
        Sedangkan penerima paket masih menunggu paket tersebut
        Begini amat ya J&T

  • KECEWA BERAT dgn pelayanannya J&T via tokopedia.sekali pakai jasa pengiriman ini, gak ada bagus2ny..info paket udah diterima oleh ibu, cuma gak jelas ibu siapa (setiap perempuan punya anak, juga bisa disebut ibu)??padahal jelas2 ada nama dan alamat penerima..Kenapa pihak Tokopedia juga gak mereview permasalahan pelangganny terkait jasa J&T ini yah??sampai detik ini paket saya belum saya terima..(no resi 888094836238).

  • Begitu juga dengan saya, SANGAT KECEWA DENGAN PELAYANAN J&T EXPRESS ini. Paket dalam satu propinsi (dari Bandung ke Cipeundeuy Subang) yang di klaim maksimal 3 hari sampai dan hari Sabtu Minggu tetap operasi ternyata tidak benar adanya. Faktanya paket dengan no. JP9089590598 yang dikirim dari tgl 4/7/2019 sampai sekarang tgl 8/7/2019 belom sampai tujuan.
    Sudah beberapa kali saya klaim ke CS J&T, namun jawabannya sangat tidak memuaskan dan tidak membantu.

  • jnt express? halah ga usah pake jargon express kalo dari gudang bekasi ke jati melati aja sampe 12 jam.. di tanya wajar apa ngga bilangnya, pengiriman sampe besok.. oh jadi, kalo bisa lama kenapa mesti cepat?? nomor resi JP01351425698..

  • kecewa dengan pelayanan J&T sub Kotabaru,Pulau Laut.
    paket saya tidak pernah di antar sampai tujuan,padahal dipaket tertera VIP.
    kurir nya telpon saya dan janji mau antarkan ke rumahnya sore,ternyata sampai 4 hari gak diantar juga,di telpon gak di angkat,di WA gak dibalas,sampai akhirnya saya harus ambil paket saya sendiri ke J&T.
    jadi kerjaan kurir J&T buat apa & apa fungsi nya kirim paket lewat VIP kalau gak sampai tujuan???????
    bukan cuma saya yang alami ini,sudah banyak pelanggan di Kotabaru yg merasakan seperti saya

Penulis
Cynthia Saragih