Surat Pembaca

Status Barang Pesanan di Akulaku Tidak Jelas

Saya membeli laptop Lenovo pada tanggal 29 Maret 2019 dengan seller bernama IT Solution. 2 minggu berlalu namun pesanan saya tidak kunjung datang ke rumah. Lokasi alamat tujuan saya di Kota Bogor dan seller berada di Jakarta Barat. Nomor pemesanan 155387778083650867598. Pesanan saya statusnya sedang dalam pengiriman kurir si cepat tetapi untuk nomor resi tidak bisa dilacak atau tidak ditemukan.

Saya sudah email ke CA akulaku namun gagal terus. Lalu saya menghubungi CS akulaku di nomor 1500920 pada tanggal 10 April 2019 dan saya diminta untuk menunggu 3 hari kerja untuk proses pengecekan status barang saya. Saya diberi nomor telephone & whats app seller dengan nomor +62 878-8799-xxxx segera saya whatsapp nomor seller tersebut namun tidak direspon.

Pada tanggal 12 Maret 2019 saya hubungi kembali CS akulaku untuk bertanya status barang saya kembali dan masih akan dilakukan pengecekan karena tracking number tidak ditemukan. Saya diminta untuk menunggu 3 sampai 5 hari kerja kembali dan diberi nomor telepon lain dari seller tersebut. Saya whatsapp kepada seller terkait namun jawaban dari seller tersebut adalah dia baru daftar menjadi seller di aplikasi akulaku. Laptop yang saya pesan tidak dijual di tokonya melainkan toko lain yang mencantumkan nomor telephone IT Solution. Sudah saya infokan nomor pemesanan kepada seller tersebut dan katanya sedang dicek ke akulaku namun belum ada kabar lagi sampai sekarang.

Saya ingin cancel pemesanannya namun tidak bisa karena di aplikasi statusnya “sudah dikirim kurir si cepat”. Sebentar lagi cicilan laptopnya akan jatuh tempo. Apakah saya harus membayar cicilan perbulannya namun barangnya belum saya terima dan belum jelas keberadaannya di mana. Apabila tidak dibayarkan akan terkena denda. Mohon bantuannya, terima kasih.

Laela Siti Muzdalipah
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Ibu Laela Siti Muzdalipah

Terimakasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Laela Siti Muzdalipah pada tanggal 15 April 2019 dengan judul...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dan saya mengalami hal yang serupa, barang statusnya sudah dikirim dan no resi sudah keluar, hanya barangnya dikirim dari luar negeri, di cek nomornya not found. Pembayaran kedia sudah keluar dan sidah dilakukan pembayaran. Sebagai orang yang memiliki moral saya akan tetap melakukan pembayaran, hanya dari pihak yg terkait no respon (masih adakah moralnya?).

    • Saya atas nama MURNI
      Saya pesan barang di akulaku samsung galaxy M11 di toko MRL STORE sudah satu bulan belum kunjung datang saya pesan dari tanggal 22 agustus sampai sekarang tanggal 22 september akulaku sekarang udah rusak isinya penipu semua tolong pihak terkait perijinan OJK di tindak lajuti

  • saya memesan laptop H* EliteBook 8440p dng harga total 2.590.000 pda toko Valent Shop bintang nya 4,2 no.pesanan 116212911
    pembayaran uang muka 389.000 pda tgl 17 Maret 2020 no.resi 36851 49911 78122 3 bingung rasa.a mau komplain kmna, udh nelpon CS akulaku yg jawab robot mungkin karna covid jdi karyawan di liburin..
    intinya mah skrng kalo mau ngambil kredit barang mending lewat MP kya sho*pe tok*pedia atau buk*lapak jadi uang.a bisa di tahan sma pihak MP.. sekedar saran aja, jng sampai ada korban lagi

  • Saya pesan Hp ke seller MAGNET GAME lewat Akulaku, sudah 7 hari barang tak kunjung sampai.
    No resi yg d berikan tidak bisa d tracking.
    Saya mencoba menghubungi kurir tsb untuk memastikan tp pihak kurir menyatakan bahwa no resi tsb tidak bisa d track alias tidak ada pesanan atas nama saya dan saya mencoba menghubungi CS Akulaku dan di suruh menunggu 5 - 7 hari kerja.
    Pihak seller pun d chat tidak pernah di balas.

  • Saya juga sama mengalami hal tersebut, banyak yg dirugikan oleh akulaku.
    Kemana lagi ini harus mengadu

  • Saya kasus nya sama dengan @lala muzdalifah tapi saya baru 5 hari barang pesanan pun tak kunjung datang.saya minta tolong bantuanya kak

  • Saya juga mau tanya kak paketan HP saya beli HP 1 dari akulaku barabg dikirim dari Hongkong mengunakan jasa SEN HONG, namun sampai sekarang belum sampai juga, setelah saya cek barang saya tertahan di Bea Cukai, keterangan di website Bea Cukai saya harus konfirmasi kepenlengara POS/PJT, maksud nya apa ya kak, soal nya barang tersebut belum keluar juga di Bea Cukai, saya mau hubungi langsung ke pihak Bea Cukai tapia bingung ke Bea Cukai mana, saya tinggal di Kota Tangerang.

  • Ini bener bener kebangetan pesenan ga dateng dateng udah seminggu lebih. Pesen dari Akulaku pengiriman via sen_Hong, status pengiriman tapi gak dateng2, ga jelas ini penipuan. Harus di tindak lanjutin.

  • saya juga mengalami hal yang sama,,pesan handycam di madness store,,tgl 21 September 2020, dengan kurir sen hong sampai sekarang belum sampai,malah laporan diakulaku barang sudah diterima,, Cicilan harus segera dibayar,,mohon solusinya

Penulis
Lala Muzdalifah