Perubahan Kepemilikan Kartu Halo Tanpa Persetujuan Pelanggan oleh Telkomsel

Saya menjadi pelanggan kartu Halo Pascabayar – Telkomsel sejak tahun 2013 dan selama ini selalu membayar tagihan, serta aktif menghubungi call center/datang ke GraPARI bila ada kendala dalam mengakses jaringan seluler. Pada tanggal 12 April 2019, sinyal di HP saya tertulis “No Service”. saya sudah me-restart hp, mengeluarkan SIM card, dan mencoba menggunakan SIM Card di handphone lain namun tetap tidak memperoleh sinyal.

Saya berinisiatif menelepon Call Center Telkomsel dan terkejut ketika ditanyakan identitas perusahaan sebab saya tidak bekerja di corporate agency dan tidak pernah ditanyakan identitas kantor oleh pihak Telkomsel sebelumnya. Oleh customer service, saya diinfokan bahwa telah terjadi penggantian data/no telepon pada tanggal 11 April 2019 dari penggunaan pribadi atas nama saya menjadi penggunaan perusahaan atas nama PT. AIA Financial tanpa sepengetahuan saya. Pihak Telkomsel juga tidak meminta izin dan tidak melakukan verifikasi/konfirmasi atau pemberitahuan terlebih dahulu kepada saya yang masih berstatus sebagai pengguna sah no Kartu Halo tersebut (atas nama Fadila Ayu Hapsari dengan no Kartu Halo terdaftar: +6281191637**).

Hanya sebuah SMS bertuliskan: “penggantian kepemilikan KartuHALO Anda telah berhasil.” yang tidak saya pahami pada tanggal 11 April pukul 16.59.

Pada tanggal 12 April 2019, saya ke GraPARI Gandaria City dan menyatakan permasalahan tersebut. Oleh Customer Service, saya diinfokan bahwa nomor GSM yang semula atas nama saya kini menjadi nomor telepon/akun corporate sebab sebelumnya nomor tersebut adalah milik perusahaan yang kemudian dijual lagi oleh Telkomsel dan saya beli.

Oleh pihak perusahaan (PT. AIA Financial atas nama Person in Charge-PIC : Stefanus), nomor Halo tersebut lalu diaktifkan (menurut informasi CS GraPARI, pihak corporate yang sudah lama tidak menggunakan nomor Halo, bisa mengaktifkan sendiri nomor tersebut tanpa perlu ke GraPARI atau menghubungi pihak Telkomsel). Padahal, saya tidak berafiliasi dengan perusahaan PT. AIA Financial (baik hubungan profesional-pribadi dan keluarga serta sebagai customer).

Oleh pihak CS, saya disarankan untuk membawa e-KTP asli dan bukti tagihan 3 bulan terakhir yang kemudian akan diurus surat pengaduannya 7×24 jam (cukup lama menurut saya untuk mem-follow up pengaduan pelanggan yang diambil haknya/diubah data tanpa izin). Pihak CS di GraPARI pun menyatakan bahwa kejadian ini pertama kali dialami Telkomsel yang kemudian membuat saya mempertanyakan reputasi dan jaminan keamanan data-data pelanggan yang berjumlah jutaan di Indonesia.

Sayangnya, e-KTP saya hilang dan harus di urus minggu depannya. Saya membawa surat keterangan hilang dari kantor kepolisian dan KTP lama namun tidak diterima, begitupun menggunakan identitas lain seperti passport asli. Saya juga mengontak CS melalui twitter namun jawabannya tidak membantu.

Saya merasa sangat dirugikan, sebab saya khawatir data pribadi saya yang sudah terdaftar di Telkomsel melalui nomor tersebut dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Selain itu, Telkomsel tidak bertanggungjawab menjaga kerahasiaan data pelanggan, maupun menjaga database nomor pelanggan terdaftar. Aturan yang dibuat berbelit-belit untuk pelanggan pribadi rupanya tidak diberlakukan sama untuk pihak corporate.

Belajar dari pengalaman ini, saya butuh kejelasan dari pihak Telkomsel terkait:

  1. Status nomor tersebut yang terdaftar atas 2 nama (personal dan corporate), namun kini hanya bisa diakses oleh corporate
  2. Status tagihan nomor Halo saya
  3. Keamanan data pelanggan,
  4. Mekanisme kepemilikan kartu SIM dan pemindahan data pelanggan (pemilik lama ke pemilik baru)

Melalui surat pengaduan ini, saya berharap pihak Telkomsel dapat segera memberikan klarifikasi resmi dan menyelesaikan permasalahan ini, sebab sebagai pelanggan saya berhak memperoleh informasi apabila ada pihak yang berupaya untuk mengubah data kepemilikan kartu SIM saya. Sudah selayaknya provider seluler seperti Telkomsel melakukan verifikasi maupun meminta persetujuan kepada pelanggan apabila ada pihak yang mencoba mengubah data pelanggan terdaftar.

Seharusnya Telkomsel tidak memperjualbelikan nomor atau mengalihkan nomor yang sudah terdaftar secara resmi kepada pihak lain dan memberikan informasi yang jelas serta jujur mengenai kondisi dan jaminan penggunaan kartu pascabayar kepada pelanggan, saya berharap Telkomsel tidak mempersulit upaya pengaduan pelanggan apabila ada layanan jasa yang tidak memuaskan dan butuh segera ditangani.

Fadila Ayu Hapsari
Jakarta selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Perubahan Kepemilikan Kartu Halo Tanpa Persetujuan Pelanggan oleh Telkomsel

  • 18 April 2019 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Ya ampun, parah bener nih nasib pelanggan pascabayar, kok diperlakukan kayak pelanggan gak terdaftar aja.
    Saya juga ada nomor pascabayar Telkomsel, 2 nomor malahan. Jadi ngeri kalau-kalau kena kejadian beginian pula.
    Heran bener sistemnya, lah kalau komputernya mau mengambil alih/mengganti data, emang gak dicek dulu status nomor tersebut bagaimana, tidak bertuan atau sudah ada tuan yang baru? Ini pascabayar loh, identitas pemilik (saat ini) nya amat sangat jelas & jelas-jelas bayar teratur per bulan.

    Kalau kemudian dipaksa ganti nomor, sudah kepalang tanggung nomor berganti, mungkin bisa dipertimbangkan sekalian aja cabut dari provider ini & berpindah ke lain hati — kalau memungkinkan sih, karena kadang urusan sinyal juga susah-susah gampang.
    Yang jelas kartuHalo sih tergolong mahal hehehe

    • 29 April 2021 - (17:13 WIB)
      Permalink

      Customer ID:264202562No. kartuHalo:62811333336**
      Jumlah Tagihan:Rp.66.000,00

      # Sy mendaftar kan 4nomer halo coorporate setelah beberapa bulan berlangganan mendapat email tagihan diluar 4 nomer yang saya daftarkan….

      #Saat ini 2 dari nomer yang saya daftarkan nondisi no service jaringan…bermula sejak hp lama tdk dipakai/mati…cek tagihan (nominal diluar limit) langsung saya lunasi, sudah 3 hari ini blm ada perubahan walau sudah hubungi pic dijanjikan 1x24jam ybs lagi WFH. Saya khawatir 2 nomer saya terjual juga. Besok saya coba ke grapari…

  • 19 April 2019 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Baru kali ini dengar kejadian seperti itu. Telkomsel mengubah kepemilikan nomor pelanggan yang sah ke pihak lain. Biasanya nomor itu akan dijual apabila pelanggan lama sudah berhenti atau menonaktifkan dengan alasan: tidak berlangganan lagi atau tidak membayar tagihan kartu halo selama 3 bulan berturut-turut. Tapi ini aneh. Pelanggan nomor ini masih aktif pakai dan bayar tagihan kok dialihkan kepegguna lain. Sangat kecewalah pastinya.

  • 22 April 2019 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Hari ini, saya mendapat jawaban dari CS telkomsel setelah 2x mengirimkan email. Isi dari email balasan tersebut adalah:

    Kepada Yth.
    Ibu Fadila Ayu Hapsari

    Selamat siang,
    Terima kasih telah menghubungi layanan pelanggan Telkomsel melalui email cs@telkomsel.co.id. Perkenalkan nama saya Milly Customer Care yang akan membantu Ibu Fadila.
    Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Mengenai status nomor Ibu Fadila, saya infokan sebagai berikut:
    1. Saat ini nomor 62811916**** sudah menjadi kartuHalo Corporate dan hanya bisa digunakan oleh pemilik nomor saat ini (corporate),
    2. Untuk informasi tagihan akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar saat ini di nomor tersebut,
    3. Mengenai keamanan data pelanggan, saya bantu koordinasikan kepada tim terkait terlebih dahulu,
    4. Umumnya untuk nomor yang sudah di recycle oleh Telkomsel tidak terikat secara personal ataupun corporate. Namun, untuk kendala Ibu Fadila saya bantu koordinasikan kepada tim terkait.

    Untuk proses koordinasi, silakan infokan nomor Ibu Fadila yang bisa dihubungi (Contact Person).

    Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan. Silakan menghubungi kembali apabila membutuhkan informasi, permintaan, atau keluhan lainnya.

    Terima kasih untuk tetap setia menggunakan produk Telkomsel.
    Hormat kami,
    Milly
    Customer Service Telkomsel

    Sungguh saya amat kecewa dengan jawaban dari telkomsel yang seolah-olah tidak bertanggung jawab terhadap nomor pascabayar yang diberikan kepada pelanggan. bila nomor sudah berpindah tangan tanpa persetujuan pemilik aktif, berarti ada mekanisme yang “putus” antara provider-pelanggan-pengguna baru.

    • 27 April 2019 - (01:44 WIB)
      Permalink

      Ini jawabannya kok enak bener, nomor sudah menjadi nomor corporate, seenak udel nya sendiri dong.
      Kemudian alamat e-mail terdaftar itu e-mail corporate atau e-mail pemilik “sementara” yang sudah sejak 2013 itu?
      Yang terakhir, setelah kasih jawaban seperti itu, kemudian masih bisa bilang “akan dikoordinasikan” kembali, lah ini kasus sudah putus (nomor jadi milik corporate) atau belum sih (karena masih perlu dikoordinasikan).

      Masih berani minta nomor yang bisa dihubungi lagi… kasih aja nomor kartuHalo yang sejak 2013 tersebut.

      LOL asli kejadian ini benar-benar absurd.

  • 25 April 2019 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Mohon masalah seperti ini di sounding di medsos. Karena ini sudah di luar kewajaran. Pihak telkomsel harus bertanggung jwb dalam hal ini.

  • 30 Mei 2019 - (18:58 WIB)
    Permalink

    trus gimana ini nasib nomer Halo nya, bisa balik apa nggak? parah banget sih Telkomsel, gitu amat perlakuannya ke pelanggan.

  • 6 Agustus 2019 - (04:21 WIB)
    Permalink

    Hmm.. agak aneh bnget ya ini case. Kok bs seenak udelnya itu telkomsel tanpa permisi merubah kepemilikan no halo even coorporate sekalipun!. apa iya itu telkomsel gak pnya list nomor2, untuk di gunakan oleh si coorporate dgn cara offering itu company coorporate untk memilih yg lain?. Sedangkan sy pernah minta pke no halo yg lama GAK BISA krn no nya sudah di miliki orang lain, harus pilih yg lain krn itu udh Peraturan dr telkomsel, knapa ini mentang2 coorporate bisa Breaking the Rule?. Emang itu coorporate kontrak pemakaian perbulan nya berapa ratus juta ya smpe sebegitunya ya.. :O
    Coba lapor ke YLKI dah, siapa tau nti YLKI bisa Viralin ke smua media, biar telkomsel dan si pengguna nomor itu jd terkenal.. :))

  • 17 September 2019 - (14:43 WIB)
    Permalink

    pelayanan telkomsel sunguh parah, saya juga mengalami hampir serupa hanya saja saya mengalami pembobolan pada kartukredit dengan menggunakan e ktp palsu mengaku sebagai saya dan melakukan pergantian simcard menjadi kartu halo tanpa menggunakan surat kehilangan kepolisian mereka bisa memberikan sim card baru dengan alasan 3 nomor terakhir yang menghubungi benar (padahal nomor yg menghubungi adalah pelaku yang meminta nomor kode otp dan saya tidak pernah memberikan kode otp tersebut) dan kartu kredit dan no sim card telkomsel saya yg asli berada dirumah dan tidak ada yang hilang . hingga saat ini banyak bank masih proses investigasi dan ada bank yang sudah mengkreditkan tagihan saya dan juga ada bank DBS yang tidak mau mengkreditkan atas tagihan yang bukan saya lakukan yang dikarenakan alasan pertama ” kode otp yang dikirimkan sukses kenomor yg terdaftar pada bank tersebut dan tidak ada melakukan pemblokiran kartu kredit tersebut sebelumnya “dengan kondisi kartukredit berada dirumah mereka tetap dengan alasan tersebut lalu saya lemparkan masalah ini ke GRAPARI Emporium yang dimana tempat ini pelaku melakukan pergantian simcard dengan mengaku sebagai saya , hingga saat ini saya menghubungi team leader telkomsel tidak ada respon lebih lanjut mengenai kerugian yang saya alami . mereka hanya menanyakan mengapa bank tersebut dapat membocorkan data nasabah seperti no kartu kredit, kode CVV dan kadarluasa kartu .lalu dari pihak dari bank DBS merespon dengan ” setiap bank memiliki kewajiban untuk menjaga data sesuai peraturan adapun kode cvv kami tidak mempunyai informasi untuk cvv kartukredit dan hanya pemegang kartu kredit yang mengetahui dari setiap kartu diterima” saya cukup terheran-heran dengan perbankan dbs dan pihak telkomsel dengan penangan lambat .

  • 1 Agustus 2020 - (11:50 WIB)
    Permalink

    REGISTRASI KE KARTU HALO.

    SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN MEMAKAI KARTU HALO PASCAPRABAYAR. SAYA SANGAT MENYESAL DENGAN TINDAK SALES NYA, SECARA TIDAK LANGSUNG DIA MEMAKSA KAMI MENERIMA PENAWARAN NYA. KENAPA SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN? BERIKUT ALASAN DARI SAYA :

    1. MAU GA MAU KALIAN HARUS BAYAR TAGIHAN TIAP BULAN JIKA DIPAKAI ATAU TIDAK
    2. KALAU KARTU TIDAK MAU DIPAKAI LAGI, LANGSUNG KONFIRMASI KE GRAPARI, DATENG LANGSUNG. MEREPOTKAN BUKAN?
    3. KARTU TAGIHAN SEPERTI RENTENIR YANG KALIAN PASTI BAKAL DITAGIH TIAP BULAN VIA TELEPON
    4. JIKA TIDAK KONFIRMASI KE GRAPARI DAN KARTI TIDAK DIPAKAI LAGI, YA TAGIHAN TETAP BERJALAN GUYS, KALIAN TETAP BAYAR MESKI GA PAKAI LAGI KARTUNYA ,☺️

    SANGAT MENGESALKAN BUKAN?

    SAYA DISURUH BAYAR 200000 TAGIHAN BERJALAN 2 BULAN, PADAHAL SAYA TIDAK MEMAKAI TETAPI TETAP HARUS BAYAR,
    SILAHKAN PIHAK TELKOMSEL HALO MENERIMA UANG SAYA, TAPI SAYA PASTIKAN ITU ADALAH UANG HARAM.
    SILAHKAN DIPAKAI ☺️

    UNTUK PELANGGAN SETIA TELKOMSEL, APABILA KALIAN MENERIMA TAWARAN REGISTRASI KE KARTU HALO, JANGAN MAU YAAAAA
    APAPUN YANG TERJADI JANGAN MAU!!!

    KARENA ITU SANGAT MEREPOTKAN DAN SANGAT MERUGIKAN.

  • 1 Agustus 2020 - (11:58 WIB)
    Permalink

    MIGRASI KE KARTU HALO.

    SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN MEMAKAI KARTU HALO PASCAPRABAYAR. SAYA SANGAT MENYESAL DENGAN TINDAK SALES NYA, SECARA TIDAK LANGSUNG DIA MEMAKSA KAMI MENERIMA PENAWARAN NYA. KENAPA SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN? BERIKUT ALASAN DARI SAYA :

    1. MAU GA MAU KALIAN HARUS BAYAR TAGIHAN TIAP BULAN JIKA DIPAKAI ATAU TIDAK
    2. KALAU KARTU TIDAK MAU DIPAKAI LAGI, LANGSUNG KONFIRMASI KE GRAPARI, DATENG LANGSUNG. MEREPOTKAN BUKAN?
    3. KARTU TAGIHAN SEPERTI RENTENIR YANG KALIAN PASTI BAKAL DITAGIH TIAP BULAN VIA TELEPON
    4. JIKA TIDAK KONFIRMASI KE GRAPARI DAN KARTU TIDAK DIPAKAI LAGI, YA TAGIHAN TETAP BERJALAN GUYS, KALIAN TETAP BAYAR MESKI GA PAKAI LAGI KARTUNYA ,☺️

    SANGAT MENGESALKAN BUKAN?

    SAYA DISURUH BAYAR 200000 TAGIHAN BERJALAN 2 BULAN, PADAHAL SAYA TIDAK MEMAKAI TETAPI TETAP HARUS BAYAR,
    SILAHKAN PIHAK TELKOMSEL HALO MENERIMA UANG SAYA, TAPI SAYA PASTIKAN ITU ADALAH UANG HARAM.
    SILAHKAN DIPAKAI ☺️

    UNTUK PELANGGAN SETIA TELKOMSEL, APABILA KALIAN MENERIMA TAWARAN MIGRASI KE KARTU HALO, JANGAN MAU YAAAAA
    APAPUN YANG TERJADI JANGAN MAU!!!

    KARENA ITU SANGAT MEREPOTKAN DAN SANGAT MERUGIKAN.

  • 6 Agustus 2020 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal yang persis sama. Nomor saya terakhir diisi pulsa bulan mei, dibulan juni nomor saya tiba2 ilang signal pas lapor ke grapari udah ga bisa diproses karena data2nya bukan lagi atas nama saya/ktp saya. Pdahal nomor itu sudah saya pake belasan tahun dan untuk bisnis catering. Skrg nomor itu banyak meminta kiriman pulsa dan uang pada teman2 dan komunitas saya. Lapor ke grapari dibilang ” itu tanggung jawab customer atas kartu milik sendiri, soalnya mereka ga bisa proses kalo bukam atas nama pelapor”. Saya lapor ke polda dr polda pas buka data2nya yang dibacakan adlaah data saya semua. Kecewa sekali dengan telkomsel. Katanya nomor mati hanya waktu 1 bulan di recycle dan dijual lagi.

  • 21 Agustus 2020 - (17:54 WIB)
    Permalink

    Seperti yang sy alami bulan juli kemarin sebagai perantau karena kerja yg kemalingan tas bawaan berikut didalamnya ada hp dan dompet yg berisi identitas dan atm…
    Berbekal foto KTP & KK yg tersimpan di google drive, surat kehilangan dari Kepolisian dan kelurahan domisili sementara, sy bisa urus SKDS (Surat Keterangan Domisili Sementara masa berlaku 1th) dari Kecamatan tempat sy saat ini, ATM BRI dan simcard pengganti no.Smartfren untuk semetara itu yg terpenting menurut sy
    Sedang no.Telkomsel masih menggantung karena harus ada eKTP asli / Resinya, yg berarti sy harus balik kampung dulu utk urus KTP dulu yg berarti ga bisa sesegera mungkin karena terikat kerja jg masa pandemi menurut, cs grahapari cuma beri solusi untuk isi pulsa no.tsb biar dalam masa aktif sampe bisa ada eKTP asli / resi
    Telkomsel bukan untuk pelanggan setia, bisa jadi no.sy nanti hangus llu dijual lagi !!!

  • 6 Desember 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Halo, salam kenal.
    Saat ini saya menggunakan kartu Halo yang saya beli melalui Tokopedia dan menggunakan proses resmi di Telkomsel. Mendapatkan kartu baru dan proses aktivasi.

    Beberapa hari kemudian banyak WA masuk ke nomer saya termasuk tagihan-tagihan TV Kabel atas nama seseorang di Purwokerto.

    Lalu coba saya lacak nama tersebut di media sosial. Rupanya, kartu Halo saya ini bekas pakai orang. Lalu hangus dan dihidupkan lagi oleh Telkomsel.

    Banyak juga WA ucapan ulang tahun pada suatu hari hingga akhirnya saya membuat tulisan klarifikasi proses mendapatkan nomer tersebut dan hak kepemilikannya. Tulisan itu saya kirim ke nomor-nomor yang salah kirim itu dan saya minta mereka menghapus kontak saya.

    Saya pernah kerja di Telkomsel kebetulan sales Kartu Halo. Dulu saya pikir hal itu tidaklah mengganggu. Sekarang saya jadi agak kesal dengan kebijakan Telkomsel tersebut.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Perubahan Kepemilikan Kartu Halo Tanpa Persetujuan Pelanggan oleh Telk…

oleh Fadila Hapsari dibaca dalam: 2 menit
14