Tarik Tunai di Mesin ATM BNI, Saldo Berkurang Tapi Uang Tidak Keluar (Sudah 16 hari kerja)

Saya Putri, nasabah Bank BNI. Pada tanggal 23 Maret pukul 17.39 WIB di mesin ATM Link (di Mall Golden Truly). Saya berencana mengambil uang sebesar 400 ribu rupiah, saat itu saldo saya hanya 400 ribu rupiah. Saya masukkan ATM dan melakukan proses pengambilan uang tetapi mesin ATM menampilkan tulisan “Error…” yang intinya uang tidak keluar.

Saya sempat mencoba mesin ATM lainnya (sampai 3 kali) dan hasilnya sama, katanya “Error“. Setelah Maghrib saya coba buka mobile banking dan menemukan bahwa tabungan saya sudah berkurang sebesar 400 ribu rupiah pada pukul 17.39 WIB. Saat itu saya langsung menghubungi call center BNI di nomor 1500046, tetapi saya disuruh menunggu terus karena call center masih melayani nasabah lainnya. Saya coba telepon terus menerus sampai menghabiskan pulsa lebih dari Rp20 ribu (karena menunggu juga menggunakan pulsa).

Akhirnya saya berhasil menelepon call center BNI pada tanggal 24 Maret pukul 0:44 WIB. Saya jelaskan kronologinya dan di akhir call center memberikan pernyataan bahwa aduan saya akan dikerjakan maksimal selama “14 HARI KERJA”. No Pelaporan: 11850151092

Kalau saya hitung, hari ini tanggal 16 Maret 2019 adalah hari kerja ke 16 setelah saya membuat aduan ke call center. Saya sudah mulai was-was karena uang saya tidak segera masuk rekening.

Hari ini, sebagai ikhtiar, saya coba datangi kantor cabang BNI (Komplek Angkasapura Kemayoran). Saya datangi customer care menceritakan dan meminta konfirmasi. Hasil terakhir saya ke sana adalah customer care mengatakan “ADUAN SAYA MASIH TAHAP INVESTIGASI” kemudian saya diminta untuk menunggu lagi sampai waktu yang tidak bisa ditentukan (bahasa halusnya “secepatnya”).

Mengingat banyaknya informasi yang saya baca di kolom komentar instagram @BNI46, banyak aduan sejenis dengan saya, besar harapan saya untuk mendapatkan konfirmasi pasti dari bank BNI “Kapan tabungan saya bisa kembali?”

Putri Juanita Wahab
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BNI atas Surat Ibu Putri Juanita Wahab

Menanggapi surat Ibu Putri Juanita Wahab di www.mediakonsumen.com pada tanggal 18 April 2019 berjudul “Tarik Tunai di Mesin ATM BNI,...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Tarik Tunai di Mesin ATM BNI, Saldo Berkurang Tapi Uang Tidak Keluar (Sudah 16 hari kerja)

  • 18 April 2019 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Mba gimana kelanjutannya per hari ini? Sudah balik belom saldonya? Saya juga punya kasus yg sama ATM link gagal transaksi tapi saldo terdebet 1jt. Lapor BNI dr tgl 25 maret belom dibalikan juga saldo saya.

    • 24 April 2019 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Belum mba, jawaban BNI selalu begitu ya “aduan sudah disampaikan ke unit terkait” :(. Kemarin saya sampe telfon OJK, tapi dari OJK bilang “kalu BNI sudah cut bilang ngga bisa melayani baru diproses sama OJK”. Kalau begini berasa disuruh nganggap duitnya ilang, ngga ada yang melindungi kita gitu ya.

      • 3 Mei 2019 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Dana saya sudah kembali pada tanggal 02 Mei 2019, hari kerja ke 25 setelah pengaduan. Semoga tulisan ini membantu nasabah lain yang mengalami kebingungan ketika mengalami masalah yang sama.

        • 27 September 2020 - (16:01 WIB)
          Permalink

          Saya barusan mengalami hal serupa, narik uang di ATM BNI, struk keluar dan terpotong, sedang uang tidak keluar, udah telpon ke customer care, lama banget respon nya.

  • 21 Desember 2020 - (22:09 WIB)
    Permalink

    PENARIKAN UANG DI ATM TAPI TIDAK KELUAR

    Sejujurnya saat ini saya sangat cemas, karena dari tanggal 17 November 2020 sampai hari ini, keluhan yang saya alami sepertinya belum ada titik temu, walaupun berbagai cara sudah saya lakukan, baik lewat telpon ke BNI pusat pas hari kejadian, balas membalas email yang menurut saya terlalu banyak maupun empat kali ( dua kali tidak sempat dipanggil CS kantor cabang karena terbatas jam kerja dan dua kali ke kantor cabang yang keluhan saya tersampaikan ), namun pernyataan BNI yang menyatakan transaksi uang di ATM sebesar 800.000 dinyatakan NORMAL menurut saya harus diselidiki lebih mendalam , yang tentunya BNI mempunyai mekanisme tersendiri untuk melakukan itu dan saya pastikan tidak ada oknum jahat setelah saya melakukan transaksi tersebut, silahkan BNI bisa lihat rekaman CCTVnya, maka dari itu saya sangat berharap melalui forum ini, BNI bisa membantu merespon keluhan saya dan segera uang saya kembali.
    melalui forum inipun sampaikan maaf saya ke CS cabang cirebon karena saya menolak surat pernyataan tersebut karena saya ingin menjaga kepercayaan BNI terhadap saya ( saya bukan pembohong ) maka dari itu saya tidak akan pernah mengakui pernyataan BNI tersebut dan akan terus kejar sampai BNI mengembalikan uang saya.
    Semoga Tuhan mempermudah urusan saya dengan BNI, Amin

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Tarik Tunai di Mesin ATM BNI, Saldo Berkurang Tapi Uang Tidak Keluar (…

oleh Putri Wahab dibaca dalam: 1 menit
7